Perdagangan Internasional – Pengertian, Jenis, Tujuan dan Manfaat

Perdagangan internasional sudah mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang cukup pesat. Berbagai hal menjadi faktor pendukung terjadinya perdagangan internasional mulai dari teknologi, internet, kerjasama antar Negara dan pasar bebas, tidak heran jika perdagangan internasional menjadi komponen penting dalam proses globalisasi. Untuk itu pengusaha penting mengetahui Pengertian Perdagangan Internasional.

Jika perdagangan internasional menjadi komponen paling penting dalam proses globalisasi, lantas apa sih manfaat perdagangan internasional itu?Untuk itu, pada artikel ini akan dibahas tuntas mengenai pengertian perdagangan internasional, jenis, tujuan, manfaat dan faktor pendorongnya bagi perekonomian Negara.

Pengertian

Pengertian Perdagangan internasional merupakan kegiatan perdagangan (jual-beli) antar Negara satu dengan Negara lainnya. Istilah lainnya adalah kegiatan ekspor dan impor. Jadi, perdagangan antar Negara disebut sebagai perdagangan internasional.

Latar belakang adanya perdagangan internasional adalah karena tidak semua Negara mampu memenuhi kebutuhan negaranya baik dalam segi barang maupun jasa. Oleh karena itu perdagangan internasional dilakukan dan menjadi hal penting yang bermanfaat bagi Negara sehingga bisa memenuhi kebutuhan masyarakatnya.

Perlu diketahui bahwa hubungan ekonomi antar Negara terdiri dari tiga bentuk hubungan yakni sebagai berikut:

  • pertukaran hasil output dari sebuah Negara dengan Negara lainnya (perdagangan internasional)
  • Hubungan dalam bentuk hutang dan piutang antar Negara
  • pertukaran aliran produksi dan sarana produksi.

Adapun tujuan dilakukannya perdagangan internasional adalah untuk meningkatkan Gross Domestic Product (GDP) atau total nilai produksi barang dan jasa dalam suatu Negara selama satu tahun. Dampak yang dapat dirasakan dari dilakukannya perdaganan internasional dapat dilihat dari segi ekonomi, sosial, dan politik yang mampu mendorong kemajuan industrialisasi, transportasi, globalisasi dan hadirnya perusahaan multinasioal.

Perdagangan internasional antar Negara memegang peranan penting dalam pemenuhan kebutuhan suatu Negara yang tidak dapat diproduksi di Negara tersebut, baik itu dalam adanya keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA), Sumber Daya Manusia (SDM), modal maupun kemampuan.

Pihak yang bersangkutan dalam perdagangan internasional bisa antar perorangan (individu dengan individu), individu dengan pemerintah suatu Negara, atau antar pemerintah suatu Negara dengan pemerintah Negara lainnya.

Jadi, perdagangan internasional terjadi atas dasar kebutuhan oleh kedua belah pihak yang melakukan perdagangan guna sama-sama mendapatkan keuntungan.

Jenis

Perdagangan internasional terbagi dalam beberapa jenis, berikut penjelasannya:

Ekspor dan Impor

Jenis pengertian perdagangan internasional ini menjadi perdagangan yang seringkali dilakukan sampai saat ini. Ada dua cara untuk melakukan ekspor yakni ekspor biasa yang melalui ketentuan yang berlaku dan ekspor tanpa L/C atau barang boleh dikirim asalkan melalui izin departemen perdagangan.

Barter

Seperti yang kita tahu bahwa barter merupakan perdagangan internasional yang dilakukan dengan cara pertukaran barang.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Konsinyasi

Konsinyasi merupakan jenis perdagangan internasional yang dilakukan dengan penjualan yang pengiriman barangna keluar negeri namun belum ada pembeli tertentu di luar negeri. Jadi, penjualanya dikakukan melalui pasar bebas atau bursa dagang yang dilakukan dengan cara lelang.

Package Deal

Package deal merupakan jenis perdagangan internasional yang dilakukan melalui perjanjian dagang antar suatu Negara dengan Negara lainnya.

Border Brossing

Perdagangan internasional yang terakhir terjadi dari dua Negara yang saling berdekatan yang memudahkan penduduknya dalam melakukan transaksi. Perdagangan jenis ini menjadi agenda penting dalam suatu Negara bukan hanya mengenai keuntungan semata melainkan juga dari sisi kerjasama antar Negara.

Tujuan

Sudah diketahui bahwa tujuan utama dari dilakukannya perdagangan internasional adalah untuk memenuhi kebutuhan suatu Negara. Namun, perdagangan internasional memiliki tujuan lain sebagai berikut:

  • Perdagangan internasional bertujuan memperluas pasar dan meningkatkan produksi suatu Negara
  • Kegiatan perdagangan nasional maupun internasional mampu meningkatkan devina suatu Negara melalui kegiatan ekspor ke Negara lainnya
  • Perdagangan nasional membantu meningkatkan pertumbuhan sektor ekonomi, menstabilkan harga barang dan menyerap banyak tenaga kerja
  • mampu melakukan transfer teknologi modern untuk meningkatkan efisiensi dalam proses produksi
  • Perdagangan internasional mendorong terbentuknya Sumber Daya Manusia (SDM) yang semakin terampil, unggul dan mahir dalam mengikuti perkembangan teknologi

Manfaat

Perdagangan internasional dapat memberikan banyak manfaat dan keuntungan bagi setiap Negara yang terlibat didalamnya. Adapun manfaat dari perdagangan internasional antara lain sebagai berikut:

  • mampu mempererat hubungan antar Negara baik secara bilateral maupun secara multilateral
  • Perdagangan internasional memungkinkan beberapa Negara akan saling membantu dalam proses pembangunan
  • Dengan adanya perdagangan internasional maka investor asing dapat menginvestasikan modalnya ke beberapa proyek pemerintah maupun proyek swasta di Negara lain yang strategis dan berpotensial sehingga Negara tersebut dapat memperoleh devisa
  • Mampu meningkatkan kesejahteraan bagi suatu Negara melalui pendapatan nasional
  • Dapat memudahkan kehidupan masyarakat dalam memperoleh barang-barang yang tidak bisa diproduksi di Negara sendiri
  • Memperluas kesempatan dan peluang kerja karena perdagangan internasional dapat membantu membuka lapangan pekerjaan
  • Bermanfaat mendapatkan profit baik dalam internal maupun eksternal

Faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Perdagangan internasional terjadi bukan tanpa faktor pendorong didalamnya yang membuat suatu Negara harus mengadakan kerjasama di bidang perdagangan. Hal ini dikarenakan setiap Negara tentu tidak dapat sepenuhnya memenuhi kebutuhan negaranya sendiri sehingga mengharuskan Negara tersebut untuk melakukan perdagangan internasional dari sumber daya Negara lain baik dari sumber daya manusia, sumber daya alam, modal hingga teknologi.

Adapun faktor pendorong timbulnya perdagangan internasional yaitu:

Adanya pasar bebas

Pasar bebas, kebebasan ekonomi atau biasa disebut sebagai liberalism sudah ditanamkan dalam perdagangan internasional. Dalam hal ini siapa saja berhak meningkatkan dan memperluas pasarnya untuk memperjual belikan produknya melalui lintas Negara.

Pasar bebas diperlukan guna meningkatkan kerjasama antar Negara yang berpeluang menambah pendapatan Negara. Kebebasan ekonomi dapat memicu individu atau kelompok untuk menambah pasar dan meningkatkan produksi.

Perbedaan kondisi geografis

Sudah diketahui bahwa setiap Negara memiliki kondisi geografis yang berbeda dengan Negara lainnya. Hal ini menyebabkan sumber daya yang dihasilkan tentu berbeda. Setiap Negara tidak dapat memenuhi semua kebutuhan masyarakatnya sehingga dibutuhkan perdagangan internasional dengan Negara lain.

Perkembangan teknologi dan informasi

Teknologi dan informasi terus berkembang seiring waktu. Sama halnya untuk berinteraksi dengan Negara lain, kita tidak perlu bertatap muka untuk melakuakn komunikasi karena sekarang bisa dilakukan dengan teknologi informasi. Perkembangan teknologi dan informasi  memicu setiap Negara untuk meningkatkan produksinya agar dapat dipasarkan di Negara lain yang tidak dapat menyediakan barang atau jasa tersebut.

Melalui kegiatan ekspor impor, bisnis dan usaha Anda akan lebih mudah untuk berkembang, dan Anda juga akan berkontribusi memajukan negara.

Dalam menjalankan perdagangan internasional, Anda tidak hanya butuh kerjasama dan pasar yang luas, Anda juga perlu adanya pencatatan keuangan yang baik. Kerjasama dan kerapihan administrasi menjadi kunci keberhasilan perusahaan. Untuk membuatnya lebih mudah dan lebih efisien, Anda bisa menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Nantinya keuangan dalam bisnis Anda akan lebih  baik dan efisien. Coba gratis JojoExpense sekarang juga!