Marketing Tools : Definisi dan Jenis-Jenisnya yang wajib anda ketahui!

marketing tools

Di era pemasaran digital saat ini, produk pemasaran yang digunakan untuk layanan menghadirkan tantangan dan peluang. Dikatakan bahwa ada tantangan karena tren pemasaran berubah semakin cepat. Setiap saat, pedagang harus selalu siap menghadapi perubahan, terutama dalam cara berperilaku konsumen, termasuk dengan marketing tools!.

Tentunya tantangan ini membawa peluang baru. Mereka yang bisa beradaptasi dan pandai membaca apa yang terjadi adalah para pemenangnya. Untuk ini, Anda membutuhkan alat pemasaran yang tepat. Dengan alat pemasaran yang tepat, Anda dapat melakukan banyak hal, tidak hanya untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga membangun merek agar konsumen selalu mengingat keberadaannya. Selain itu, artikel ini akan membahas tentang pengertian dan definisi alat pemasaran.

Definisi Marketing Tools

marketing tools

Alat pemasaran adalah alat yang digunakan oleh perusahaan atau perusahaan untuk mengembangkan produk dan layanan. Dalam artikel ini, istilah “alat” mengacu pada teknik, strategi, dan materi. Sebagian besar perusahaan menggunakan beberapa alat pemasaran yang berbeda, seperti periklanan, surat langsung, dan riset pasar, untuk meningkatkan penjualan.

Dan sebagian besar perusahaan juga dapat menggunakan berbagai alat pemasaran. Beberapa di antaranya didedikasikan untuk meningkatkan penjualan, sementara yang lain berfokus pada pengumpulan data konsumen. Kedua tujuan tersebut tidak salah, karena data perusahaan di masa mendatang dapat digunakan untuk menentukan strategi peningkatan penjualan.

Penting untuk memahami alat mana yang terbaik untuk bisnis Anda. Dengan kata lain, alat yang Anda inginkan harus dapat mendukung tujuan utama Anda. Biasanya, kebanyakan orang menggunakan beberapa alat pemasaran secara bersamaan.

Anda harus mengetahui beberapa hal penting. Banyak perusahaan menggunakan alat pemasaran untuk menyampaikan informasi perusahaan, merangsang minat konsumen, dan membujuk mereka untuk membuat keputusan. Untuk membangun bisnis yang baik dan berinteraksi dengan konsumen, beberapa strategi pemasaran yang terintegrasi harus digunakan.

Jenis Marketing Tools

marketing tools

Berikut adalah beberapa alat pemasaran yang harus Anda ketahui, dan deskripsi singkatnya. Dan mengapa begitu banyak bentuk bisnis yang menggunakannya.

Iklan Baris

Iklan baris sangat bermanfaat untuk meningkatkan calon pelanggan. Leadership yang artinya calon konsumen. Iklan baris dapat membuat orang mengunjungi situs atau halaman tertentu. Iklan baris juga dapat menarik orang untuk mencari informasi lebih lanjut.

Media sosial

Di era pemasaran Internet sekarang ini, media sosial adalah alat pemasaran di mana Anda dapat membangun hubungan online yang interaktif dengan konsumen. Tujuannya bukan untuk mendapatkan data tentang mereka, tetapi untuk membangun kepercayaan.

Blogging, posting, berbagi, dan tweeting adalah beberapa alat pemasaran yang paling populer. Dalam hal ini, pemasaran Internet mengacu pada aktivitas pemasaran yang hanya terjadi secara online. SEO (atau organisasi mesin pencari) dan periklanan online adalah contoh aplikasi pemasaran Internet.

Ada beberapa cara untuk meningkatkan SEO. Langkah pertama adalah memastikan nama domain yang andal dan sederhana. Nama domain harus terkait dengan situs, industri, atau kata kunci yang ingin Anda targetkan. Dalam hal ini, “pengoptimalan mesin telusur” dimaksudkan sebagai teknik untuk meningkatkan tampilan situs web di beranda mesin telusur.

Marketing Tools: Polling

Survei sangat berguna untuk menentukan produk yang akan diproduksi dan untuk meningkatkan atau meningkatkan proyek yang sudah ada. Dalam hal ini komoditi adalah produk atau jasa. Jika Anda ingin membandingkan dengan pesaing, survei juga sangat berguna.

Sebuah survei dapat menanyakan sampel perwakilan konsumen seberapa puas mereka dengan produk atau pesaing Anda. Anda dapat menggunakan berbagai metode untuk melakukan survei ini. Anda dapat melakukan survei tatap muka, Anda dapat melakukan survei melalui telepon, atau Anda dapat menggunakan posting, dan metode yang paling populer saat ini adalah dengan melakukan survei online.

Banyak alat telah dibuat untuk memudahkan orang melakukan survei online. Google Docs dan Surey Monkey adalah beberapa alat yang dapat Anda gunakan. Ketika seseorang bertanya, profesional pemasaran menggunakan survei sebagai alat pemasaran terpenting mereka.

Google Analytics

Jika Anda memiliki bisnis online atau situs web, Google Analytics adalah alat yang sangat berguna. Ini dapat memberi Anda gambaran kasar tentang sumber pengunjung Anda. Google Analytics juga akan memberikan informasi tentang jenis pengunjung dan konten apa yang terbaik yang Anda suka dengan begitu banyak pengunjung. Anda juga dapat menggunakan Google Analytics untuk meningkatkan konversi. Data yang Anda dapatkan sangat berguna untuk menentukan strategi untuk meningkatkan rasio konversi.

Marketing Tools: Surat langsung

Singkatnya, surat langsung adalah bentuk pemasaran Internet yang secara khusus ditujukan untuk pelanggan potensial. Sejak munculnya Internet dan email, metode ini telah secara luas dianggap sebagai salah satu metode terbaik dalam pemasaran digital. Dengan cara ini, Anda dapat menargetkan pasar sasaran tertentu dan pasar apa pun yang dapat menarik mereka.

Alat pemantauan media

Alat pemasaran ini digunakan untuk memindai situs web dan memberi tahu Anda tentang percakapan yang terkait dengan perusahaan, produk, atau merek Anda. Alat-alat ini memindai, misalnya situs media sosial, forum, blog, dan video. Melalui pemantauan ini, Anda dapat mengetahui apa yang dikatakan orang tentang produk atau layanan Anda secara online, sehingga dapat merespons atau bereaksi terhadap percakapan, sehingga mengurangi penyebaran berita negatif, dan bahkan meningkatkan brand awareness produk, layanan, atau perusahaan Anda.

Program Loyalitas Pelanggan

Dalam hal ini, loyalitas pelanggan mengacu pada kemungkinan pelanggan lama akan kembali lagi. Dengan kata lain, seberapa sering pelanggan ini kembali ke produk atau layanan Anda? Yang terpenting, ini berbeda dengan loyalitas merek.

Di antara banyak alat pemasaran, program loyalitas pelanggan adalah salah satu program yang paling diabaikan. Faktanya, program loyalitas pelanggan jauh lebih efektif dalam mempertahankan penjualan daripada menemukan pelanggan baru. Pakar pemasaran menemukan bahwa mendapatkan pelanggan baru lebih mahal daripada mengurus pelanggan yang sudah ada.

Otomatisasi

Otomasi adalah alat pemasaran yang dapat menghemat banyak waktu. Pemasar dapat mengurangi waktu yang terbuang dalam melakukan tugas sehari-hari seperti menyimpan file dan email ke spreadsheet. Anda dapat menggunakan berbagai alat untuk membuat rantai fungsional. Misalnya, buat pernyataan bersyarat sederhana seperti “If This Then That” atau “If This Then That”. Fitur ini dapat berjalan di Facebook, Twitter, FitBit, Google Drive, dan Gmail.

Kesimpulan

marketing tools

Di luar sana banyak sekali marketing tools. Banyak diantaranya yang sangat powerfull sehingga bisa berkontribusi meningkatkan skala bisnis anda. Anda hanya membutuhkan beberapa saja. Jadi, Anda harus selektif memilih marketing tools terbaik untuk Anda.

Jika masih bingung menentukan marketing tools yang ingin digunakan, silakan untuk berkonsultasi dengan penyedia hosting dan domain dimana Anda berlangganan. Provider domain dan hosting terbaik akan semaksimal mungkin memberikan solusi untuk pelanggannya.

Kunjungi Jojonomic untuk mendapatkan artikel terupdate tentang dunia website. Cek juga beragam software yang cocok untuk perusahaan / personal hanya untuk Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen manual ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!