SEO Tools : Definisi dan Beberapa Tools yang bisa anda Gunakan!

seo tools

“SEO itu mudah! Cukup masukkan kata kunci dalam konten. Nanti, Google akan mengindeks konten Anda. Hanya masalah waktu sebelum konten Anda mendapat peringkat dengan cara tertentu. Pokoknya, selesai!”, begitu kata master. Kita semua setuju bahwa belajar SEO Tools sebenarnya sangat mudah. Prinsipnya, Anda hanya perlu memilih kata kunci pencarian yang sesuai untuk mendapatkan posisi teratas di Google.

Hanya saja, bukan berarti praktik SEO itu sendiri mudah. Banyak penelitian dan analisis sedang diselesaikan. Apalagi terkait dengan kata kunci. Layaknya sebuah rumah, kata kuncinya adalah fondasinya. Jika kata kuncinya salah, rumah bisa roboh dan roboh.

Oleh karena itu, jangan heran jika banyak perusahaan berinvestasi besar-besaran pada alat SEO. Ambil Ahrefs sebagai contoh. Platform SEO dan analisis web ini membebani banyak biaya. Untuk fitur termurah saja, Anda perlu mengeluarkan $ 99 per bulan. Untuk fungsi yang paling mahal, kalikan saja dengan sepuluh atau mendekati Rp. 15 juta per bulan.

Untungnya, Anda tidak perlu mengeluarkan uang sebanyak itu. Karena ada banyak alat SEO gratis di Internet. Dengan alat SEO gratis ini, Anda juga dapat bersaing dan mendominasi hasil pencarian Google.

Definisi SEO Tools

seo tools

Untuk mendapatkan kata kunci yang tepat, Anda membutuhkan SEO Tools. Alat SEO adalah alat yang digunakan untuk mendapatkan kata kunci yang baik, sehingga artikel yang dibuat memiliki kemampuan untuk memenangkan persaingan di mesin pencari atau search engine. Ada banyak alat SEO untuk penelitian kata kunci, baik gratis maupun berbayar. Kali ini Jojonomic akan membagikan beberapa tool SEO gratis terbaik yang bisa memaksimalkan efek pencarian kata kunci!

SEO Tools gratis terbaik untuk penelitian kata kunci

seo tools

SEO Tools : Google Keyword Planner

Alat SEO pertama yang Jojonomic sarankan untuk Anda pilih adalah Google Keyword Planner. Google Keyword Planner adalah bagian dari platform periklanan Google, layanan untuk mencari dan menganalisis kata kunci yang akan ditargetkan. Selama ini, karena database kata kunci selalu diperbarui dan disertai dengan angka kompetitif di mesin pencari, alat perencana kata kunci Google selalu menjadi alat bagi banyak orang untuk menemukan kata kunci yang benar. Dengan database kata kunci yang lengkap, Anda dapat dengan mudah menentukan kualitas kata kunci yang ingin Anda gunakan.

SEO Tools : Ubersuggest

Alat selanjutnya adalah Ubersuggest, yang merupakan salah satu dari 7 alat SEO gratis terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan. Untuk ukuran alat SEO gratis, Ubersuggest adalah alat yang menyediakan fungsi lengkap, dimulai dengan gambaran umum kinerja domain, memperoleh informasi rekomendasi kata kunci, laporan kinerja SEO per halaman, data backlink, dan bahkan ide konten.

Selain semua fitur yang disediakan, Ubersuggest adalah alat dengan antarmuka pengguna yang sangat ramah dan intuitif. Tentunya, bahkan bagi orang yang baru pertama kali menggunakan platform tersebut, tidak butuh waktu lama untuk memahami cara kerja platform tersebut.

SEO Tools : Keywordtool.io

Jika Anda sedang mencari alat yang dapat memberikan informasi tentang kata kunci ekor panjang yang menerapkan teknik SEO, Anda dapat menggunakan Keywordtool.io. Platform dapat memberikan saran untuk kata kunci berekor panjang terbaik yang dapat Anda targetkan. Dengan alat ini, Anda tidak hanya dapat mencari kata kunci di mesin pencari Google, tetapi juga kata kunci di YouTube, Bing, eBay, Play Store, Instagram, dan Twitter.

KWFinder

KWFinder merupakan alat dengan fungsi tampilan halaman yang lebih fleksibel, yang dapat memberikan banyak informasi dan memudahkan pengguna dalam menggunakan platform. Anda dapat menemukan informasi ini di panduan KWFinder, panduan penelitian kata kunci, bagian belajar SEO dan SEOPedia.

KWFinder bekerja mirip dengan alat kata kunci SEO lainnya, tetapi di bagian Mangools platform, Anda juga dapat menemukan analisis tautan balik, pelacakan peringkat, analisis SERP, dan bahkan metrik dan wawasan SEO.

Aliran kata

Alat yang disebut WordStream adalah alat kata kunci yang membantu pemasar di seluruh dunia melakukan pemasaran online. WordStream menyediakan berbagai software khusus untuk pemasar melalui berbagai media. Ini juga mencakup perangkat lunak untuk usaha kecil dan menengah.

Fungsi pada Wordstream terbagi menjadi dua kategori yaitu fungsi untuk pengiklan dan fungsi untuk agensi pemasaran. Setiap kategori fungsi juga dilengkapi dengan alat pendukung yang membantu meningkatkan kinerja. Untuk pengiklan, berbagai alat tersedia, termasuk peringatan hemat waktu dan alat alur kerja, dasbor pelaporan lintas platform, dan solusi kreatif periklanan yang mudah digunakan.

Pada saat yang sama, untuk agensi pemasaran, terdapat beberapa alat yang dapat menyederhanakan pekerjaan strategi pemasaran digital, seperti alat terintegrasi untuk mendorong bisnis baru, laporan berbasis AI di beberapa pelanggan, dan alat sederhana untuk mempermudah periklanan kreatif.

Pelacak kata

Alat SEO yang disebut Wordtracker adalah alat SEO, dan juga dapat berfungsi ganda sebagai alat riset pasar. Pada halaman yang sama, Anda dapat menemukan kata kunci biasa serta kata kunci iklan berbasis bayar per klik (PPC). Wordtracker tidak hanya memiliki desain tampilan dan antarmuka pengguna yang mudah dipahami, tetapi Anda juga dapat menemukan berbagai opsi tampilan data.

Kata kunci LSI

Kata kunci LSI adalah platform yang memungkinkan Anda mencari kata kunci utama dan topik terkait konten yang ingin Anda buat. Untuk mendapatkan rekomendasi kata kunci yang akurat, Anda dapat memasukkan hingga 10 kata kunci sekaligus.

Kesimpulan

seo tools

Di atas, kami telah meninjau alat SEO gratis mana yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk penelitian kata kunci. Seperti biasa, setiap alat memiliki fitur dan kekurangannya masing-masing. Inilah SEO Tools gratis terbaik yang dapat Anda gunakan untuk penelitian kata kunci.

Cobalah satu per satu, lalu pilih beberapa sekaligus untuk mempermudah menemukan kata kunci yang cocok dengan konten Anda. Jika Anda menargetkan kata kunci ini, ada peluang lebih besar untuk volume pencarian tinggi dan persaingan rendah. Semoga artikel ini memperkenalkan alat SEO gratis terbaik untuk penelitian kata kunci yang dapat membantu Anda memenangkan persaingan di mesin pencari.

Anda pun bisa mencoba software pengelola keuangan terbaik dari Jojonomic, yatiu JojoExpense. Kelola data pelanggan dengan lebih mudah,
JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun.

Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda. Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, Anda perlu memeriksa aplikasi Anda dengan cermat. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di depan meja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan pengelolaan marjinal pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!