Membangun Hubungan Industrial Yang Efektif

membangun hubungan industrial

Membangun hubungan industrial pada dasarnya merupakan suatu hal yang  berdampak positif baik bagi perusahaan maupun bagi para karyawan perusahaan. Hubungan industrial sebenarnya merupakan bagian dari suatu sistem hubungan yang terbentuk di antara para pekerja pada suatu lembaga. Tentu saja hubungan industrial ini terjadi dengan didasarkan pada seluruh nilai dari Pancasila dan juga UUD 1945.

Unsur dalam Membangun Hubungan Industrial

Pemerintah

Pemerintah dalam melaksanakan hubungan industrial tentunya memiliki fungsi penting dalam menetapkan suatu kebijakan. Tidak hanya itu saja tetapi pemerintah juga memberikan pelayanan dan juga pengawasan dalam hal menjalankan hubungan industrial. Pemerintah juga akan melakukan penindakan pada setiap pelanggaran yang tentunya bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku terutama yang berkaitan dengan ketenagakerjaan.

Pekerja

Pekerja pada dasarnya merupakan pelaku aktivitas ekonomi pada suatu perusahaan. Jadi para pekerja ini merupakan para pelaku operasional perusahaan. Tentunya para pekerja ini haruslah menjalankan kewajiban dan tugasnya dengan baik. Pekerjaan haruslah dilakukan dengan penuh tanggung jawab sesuai dengan jabatan fungsinya dan deskripsi kerjanya. Tentunya pekerjaan ini bisa dilakukan dengan keahlian dan ketrampilan yang dimiliki oleh para pekerja.

Pengusaha

Pengusaha adalah pemilik perusahaan. Artinya sebuah perusahaan bisa berdiri karena adanya peran dari pengusaha. Umumnya pengusaha adalah pihak pemberi modal pada perusahaan sehingga perusahaan bisa berdiri dan berjalan serta terus berkembang. Pengusaha seharusnya memperhatikan kesejahteraan para pekerja dan menciptakan hubungan yang baik dengan para pekerja di perusahaannya.

Tujuan Membangun Hubungan Industrial

Membangun Hubungan Industrial Untuk Meningkatkan Kondisi Pekerja

Dalam suatu hubungan yang baik maka tentunya pengusaha akan selalu memperhatikan kondisi para pekerjanya. Maka pihak pengusaha akan selalu melakukan berbagai hal yang sekiranya dapat meningkatkan kesejahteraan pekerjanya. Dalam hal ini pengusaha akan memberikan hak para pekerjanya dengan baik dan akan meningkatkan kondisi perekonomian serta keahlian para pekerjanya.

Membangun Hubungan Industrial Untuk Tercapai Hubungan Idustrial Yang Harmonis

Hubungan kerja sudah tentu akan tercipta antara pengusaha dan para pekerja. Sebab kedua pihak ini saling berkaitan dan saling berpengaruh. Oleh karena itu hubungan industrial di antara keduanya sudah seharusnya terbina dengan baik. Dengan adanya hubungan industrial yang baik ini maka hubungan industrial bisa berjalan dengan lebih harmonis.

Membangun Hubungan Industrial Untuk Pengambilan Keputusan Tepat

Suatu keputusan yang berkaitan dengan perusahaan mungkin bisa saja hanya diambil oleh pihak pengusaha. Namun keputusan yang berkaitan dengan perusahaan sebaiknya dirundingkan bersama dengan jajaran atasan di perusahaan. Sebab pengambilan keputusan ini tentunya berkaitan dengan seluruh pihak yang terlibat dalam perusahaan. Sebaiknya pengambilan keputusan tidak bersifat merugikan bagi seluruh pihak yang terkait dengan perusahaan Anda.

Tips Membangun Hubungan Industrial

Memahami perilaku karyawan

Tiap karyawan di suatu perusahaan tentu memiliki karakter dan keahlian masing-masing. tentu saja kelebihan dan keahlian para karyawan ini masing-masing berbeda. Namun sudah seharusnya pimpinan atau atasan bisa memahami berbagai keahlian dan ketrampilan para pekerjanya dengan baik. Tidak hanya itu saja tetapi perilaku karyawan juga perlu menjadi sorotan bagi pihak atasan. Perilaku karyawan perlu diketahui oleh pihak atasan di sebuah perusahaan sehingga penempatan pegawai di perusahaan bisa tepat.

Mewujudkan hubungan yang baik

Hubungan di antara pengusaha dan atasan serta para pekerja haruslah tercipta dengan baik. Hubungan ini perlu diwujudkan dengan baik sehingga baik pekerja maupun pengusaha sama-sama memberikan yang terbaik untu perusahaan. Dengan terwujudnya suatu hubungan industrial yang baik dan harmonis maka pengusaha dan pekerja akan selalu bertindak dengan tepat sehingga perusahaan bisa berkembang. Tentunya hubungan ini cenderung bersifat saling menguntungkan.

Menyediakan fasilitas terbaik

Tentu saja para pekerja membutuhkan saran yang lengkap dan bersifat dapat meningkatkan kesejahteraan termasuk di lingkungan kerja. Jadi pengusaha seharusnya memberikan fasilitas terbaik bagi para pekerja. Fasilitas ini bisa berupa sarana atau fasilitas umum di tempat kerja. Fasilitas ini juga bisa berupa reward misalnya bonus bagi pekerja yang berprestasi. Tentu berbagai fasilitas ini akan semakin meningkatkan motivasi para pekerja sehingga pekerjaannya bisa dilakukan dengan lebih baik lagi.

Manfaat Membangun Hubungan Industrial

Peningkatan produktivitas dari membangun hubungan industrial

Adanya hubungan industrial yang baik dan harmonis di antara pengusaha dan para pekerja tentu saja akan memotivasi para pekerja. Dengan adanya penigkatan motivasi maka produktivitas pekerja juga akan semakin meningkat. Produktivitas yang meningkat ini pada akhirnya akan membuat perusahaan bisa berfungsi degan baik.

Pencapaian tujuan

Adanya produktivitas dari para pekerja yang meningkat tentu akan membawa hasil yang baik bagi perusahaan. Sebab produktivitas pekerja akan semakin mempermudah perusahaan dalam mencapai tujuan. Pekerja yang bekerja dengan baik tentu akan membantu perusahaan dapat berjalan secara tepat sasaran. Target perusahaan bisa tercapai dengan lebih mudah sehingga pada akhirnya perusahaan bisa mengalami pertumbuhan yang cukup pesat.

Perkembangan perusahaan melalui membangun hubungan industrial

Pertumbuhan perusahaan yang berlangsung secara signifikan tentu akan membantu perusahaan dalam berkembang. Perkembangan perusahaan tentu akan berlangsung dengan baik dan bahkan pesat. perusahaan yang semakin berkembang tentu akan semakin mudah pula dalam melakukan pemenuhan kebutuhan bagi para karyawannya. Demikian juga perusahaan ini juga akan semakin meningkatkan pelayanannya pada masyarakat.

Peranan Membangun Hubungan Industrial

Membangun hubungan industrial memang perlu dilakukan di suatu lembaga perusahaan. Sebab hubungan ini pada akhirnya berkaitan pula dengan kesejahteraan para pegawai. Sebab adanya hubungan industrial akan menimbulkan hubungan kerja yang cenderung harmonis di antara para pekerja dan pemilik perusahaan. Dengan adanya hubungan industrial yang baik baik di antara pemerintah dan juga pekerja dan pengusaha maka bersama-sama ketiga pihak ini dapat menumbuhkan perekonomian. Dimulai dari peningkatan ekonomi para pekerja hingga perekonomian perusahaan dan pada akhirnya peningkatan perekonomian negara. Oleh karena itu sebenarnya ssebuah hubungan industrial pelu dibina dengan baik sehingga bisa menguntungkan semua pihak. Jika hubungan industrial di antara semua pihak ini bisa berjalan dengan baik maka nantinya akan terwujud pertumbuhan ekonomi yang baik. Kondisi ini tentunya akan semakin mendukung bagi terciptanya kondisi stabilitas nasional yang baik. Dengan demikian maka kondisi negara ini bisa lebih stabil dan  juga perlindungan terhadap pekerja bisa semakin meningkat.

Membangun hubungan industrial bisa jadi cukup kompleks, seperti halnya saat mengelola absensi karyawan. Namun tentunya hal ini memiliki jalan keluar yang cukup solutif, salah satunya dengan cara menggunakan produk besutan JojoTimes. Dengan produk ini maka sistem absensi perusahaan dapat berjalan lebih efektif dan lebih efisien. Mudah dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa adanya potensi kecurangan absen.

Semua manfaat ini bisa didapatkan berkat fitur-fitur menarik pilihan pada JojoTimes. Misalnya saja adanya fitur geo-tagging ataupun fitur integrasi dengan sistem payroll perusahaan. Oleh karena itu tentu tidak perlu khawatir jika menggunakan sistem yang satu ini. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari lamanya dan buktikan kehebatan JojoTimes pada sistem absensi perusahaan Anda secepatnya.