Value Investing Pada Para Pelaku Industri UMKM

value investing

Value investing sering terdengar pada dunia perinvestasian. Dengan melakukan atau menerapkan hal ini mungkin saja perusahaan mendapatkan keuntungan yang besar. Value investing ini membantu bagi para investor untuk mendapatkan keuntungan yang luar biasa. Banyak juga parainvestor- investor yang menerapkan value investing ini dalam bisnis investasinya. Karena dengan adanya hal ini para investor mendapatkan keuntungan yang besar dengan harga yang murah.

Bagaimana para investor-investor tidak tergiur dengan strategi ini? Apalagi terbukti bahwa sangatlah menguntungkan bagi mereka. Dan hal ini juga dapat digunakan siapa saja. Karena value investing mencakup harga yang murah sehingga cocok untuk para investor yang memiliki modal minim. Berikut informasi lebih lanjut mengenai adanya value investing pada perusahaan.

Pengertian Value Investing

Value investing adalah strategi yang dilakukan dalam dunia perinvestasian agar mendapatkan saham yang besar tetapi dengan harga yang murah  bahkan lebih murah dari harga biasanya yang di bandrol. Strategi ini berpusat pada fundamental perusahaan, contohnya laba, arus dari kas perusahaan tersebut, prospek masa depan perusahaan, bagaimana atau cara membayar hutang, Salah satunya yaitu price to earning ratio atau bisa di singkat PER dan masih banyak lagi. Walaupun saham yang didapatkan murah belum tentu juga ya kalau saham tersebut ternyata murahan atau tidak jelas.

Menerapkan Strategi Value Investing Dalam Bisnis

Sebelum melakukan Value investing ini pastikan untuk mempelajarinya terlebih dahulu. Jangan sampai salah melakukannya sehingga bukannya memperoleh keuntungan tapi mendapatkan kerugian. Jangan mentang-mentang murah maka langsung menyambarnya saja. Anda harus menganalisi terlebih dahulu saham yang ingin diambil. Pelajari semuanya terlebih dahulu sampai mengerti dan paham sejelas mungkin. Kemudian juga liat fundamental dari saham tersebut. Lalu lihat kondisi pasar dan tambahannya.

Setelah semuanya beres, carilah sektor yang lagi hipe saat itu. Contoh nya sektor pertanian, sektor perkapalan dan lain- lain nya. Lalu terapkanlah value investing yang cocok dengan sektor yang lagi hipe saat itu. Maka anda dapat mendapatkan keuntungan dalam hitungan hari. Selanjutnya pilih pasangan yang akan menjadi patner dalam berinvestasi. Anda akan mendapatkan kurang lebih lima ratus emiten atau pilihan saham yang ada. Lebih baik menggunakan screening untuk memilih mana saham dengan laba yang tinggi. Maka akan ditemukan sepuluh teratas dan memilihnya lagi sesuai dengan keinginan yang dimiliki. Tentang harga saham, yang dihitung sebenarnya adalah harga aslinya. Kemudian pastikan telah mengecek fundamental dari saham itu kembali yaitu melalui laporan keuangan terbaru. Atau bisa juga anda menanyakan hal yang ingin ditanyakan pada kotak pertanyaan atau tempat bertanya yang ada.

Manfaat Value Investing Untuk Bisnis UMKM

  1. Value investing ini dapat menjaga perekonomian Indonesia saat dalam masa pandemi Covid-19 yang sampai sekarang menghantui baik di Indonesia maupun di seluruh dunia. Value investing ini dapat menjadi pelindung, pertahanan, dan juga meningkatkan adanya pelaku perekonomian di Indonesia
  2. Meningkatkan ada nya pertumbuhan investasi. Dengan begitu dapat melonggarkan syarat-syarat dari pembiayaan atau kredit atau pendanaan bagi UMKM ini. Hal ini dapat meringankan pembayaran bagi pihak UMKM. Investasi adalah salah satu cara meningkatkan perekonomian. Dan semua orang dapat berinvestasi bahkan dari modal yang kecil pun itu.
  3. Dapat juga mendukung adanya kegiatan impor dan ekspor. Dengan beegitu devisa negara bertambah dari pajak cukai impor ekspor. Karena adanya kegiatan ekspor dan impor membuat perusahaan yang ada membangun investasi ini. Karena dibatasi kegiatan ekspor impor juga menjadi cepat dan memberi dampak baik bagi perusahaan tersebut. Perusahaan dapat mempercepat dan meningkatkan kegiatan ekspor impor dengan lebih optimal.
  4. Sumber daya konsumsi terjaga. Apalagi pada peningkatan subsidi dan juga bantuan sosial yang diberikan bagi para masyarakat yang membutuhkan. Belum lagi berpusat pada periwisata, transportasi, restoran dan kelas menengah ke atas lainnya. Hal ini memperluas stimulus dari konsumsi yang berfokus pada kelas menengah ke atas.

Resiko Value Investing Pada UMKM

Untuk melakukan value investing pada UMKM juga memiliki resiko yang harus dicermati dengan tekun, berikut ini adalah resiko yang di dapat dari value investing dalam UMKM. Pertama, dalam melakukan value investing ini terkadang dana yang dikumpulkan kurang sesuai jumlahnya atau belum mencukupi untuk melakukan investasi. UMKM juga terkadang sulit dalam hal mengumpulkan dana yang mereka butuhkan ini. Karena dari itu semua memiliki syarat yang ketat dari lembaga keuangan. Karena dari lembaga keuanganlah UMKM mendapatkan dana tersebut. Jadi dari situ juga para pelaku UMKM sulit untuk berkembang lebih baik lagi.

Resiko selanjutnya yaitu sulit mendapatkan investor yang sesuai dengan keinginan UMKM. Mungkin karena itu adalah hal yang besar sehingga harus memiliki investor yang benar-benar masuk kriteria mereka. Terutama yang paling penting juga dapat dipercaya. Selanjutnya juga melihat apakah investor itu memiliki hubungan baik dengan investor-investor lainnya agar jalannya investasi baik-baik saja dan semakin meningkat dengan keuntungan yang lumayan.

Resiko lain mungkin juga kurang menariknya proposal yang diajukan jadi bisa saja dari pihak yang bersangkutan kurang terpikat oleh apa yang mereka lampirkan. Dan bisa saja malahan pada akhirnya mereka tidak mendapatkan dana untuk investasi. Seharusnya proposal itu di buat sedemikian rupa dengan menarik supaya pihak yang bersangkutan dapat memberikan dana yang cukup besar untuk mereka melakukan investasi.

Adapun pada dasarnya value investing dapat juga menjadi hal yang bermanfaat bagi para pihak UMKM. Termasuk memajukan dan juga meningkatkan investasi-investasi di negara Indonesia ini. Berinvestasi bukanlah hal yang menyulitkan. Dengan investasi kita mendapatkan keuntungan dan juga bisa mendapatkan kerugian. Karena tak selamanya kita mendapatkan hal yang enak saja tetapi juga kepahitan. Mungkin saja Anda berminat melakukan investasi dengan strategi value investing ini karena modal yang minim. Sehingga akhirnya menggunakan strategi ini. Tak sedikit orang yang menggunakan strategi value investing ini demi mendapatkan keuntungan dengan harga yang murah tetapi juga tergolong efektif pada prakteknya.

Hal tersebut sebenarnya sama halnya dengan mekanisme pembayaran payroll perusahaan. Tentu dibutuhkan sistem yang efektif serta efisien. Salah satu caranya dengan jalan beralih pada sistem yang ditawarkan oleh JojoPayroll. Dengan produk yang satu ini tentu saja pembayaran payroll karyawan bisa dilakukan secara otomatis kapan saja dibutuhkan. Tidak hanya itu saja, tetapi produk ini juga mempermudah pekerjaan tim keuangan perusahaan dalam mencetak dan mendistribusikan slip gaji secara otomatis.

Tentunya berbagai manfaat menarik di atas dapat tercipta karena fitur-fitur andalan favorit pada JojoPayroll. Misalnya yaitu fitur cetak slip gaji otomatis, maupun fitur payroll yang terintegrasi dengan sistem HRIS secara otomatis. Sehingga pastinya berbagai macam fitur pendukung tersebut cukup meyakinkan bagi yang ingin mencoba segera. Dapatkan coba gratis sekarang juga dan rasakan kelebihan yang ditawarkan tersebut.