Menjaga Kesehatan : Definisi, Cara, dan Tips yang bisa dilakukan

menjaga kesehatan

Untuk terhindar dari berbagai penyakit, ada banyak cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Dengan menerapkan cara-cara tersebut maka kualitas hidup yang sehat dapat terjaga. Tidak mudah sebenarnya menggunakan berbagai cara untuk menjaga kesehatan tubuh. Itu saja, Anda harus konsisten. Untuk menggunakan cara ini, Anda harus memulainya terlebih dahulu dengan hal-hal kecil, seperti istirahat yang cukup dan olahraga teratur.

Definisi Menjaga Kesehatan

menjaga kesehatan

Setiap hari, diperlukan berbagai upaya untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini memungkinkan kita untuk selalu dalam kondisi terbaik saat menjalankan aktivitas sehari-hari dan terhindar dari segala macam penyakit yang merepotkan. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak merawat atau merawat tubuhnya dengan baik.

Beberapa orang bahkan menjalani gaya hidup yang buruk, yang akan berdampak negatif pada kesehatan mereka. Lantas, apa yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan tubuh? Padahal, selama Anda memiliki kemauan yang teguh untuk tetap menerapkan berbagai cara menjaga kesehatan tubuh, tidaklah sulit.

Bagaimana menjaga kesehatan tubuh?

menjaga kesehatan

Dianjurkan untuk mengubah gaya hidup agar lebih sehat, ini cara yang disarankan agar tubuh tetap sehat. Beberapa gaya hidup sehat yang bisa Anda jalani adalah:

Makan makanan sehat

Dianjurkan agar Anda makan makanan sehat setiap hari, termasuk protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Sebagai sumber protein, Anda bisa mengonsumsi daging tanpa lemak, susu, produk olahan susu, telur, aneka ikan laut dan ikan air tawar.

Sedangkan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat dapat diperoleh karbohidrat dari beras merah, oat, quinoa dan roti gandum. Makan lebih banyak sayuran, seperti asparagus, brokoli, wortel, kembang kol, kangkung, mentimun, kubis, lobak, jamur, labu kuning, terong, aneka kacang-kacangan dan paprika.

Sayuran mengandung berbagai vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Selain sayur mayur, berbagai jenis buah-buahan juga sangat baik untuk kesehatan, seperti apel, alpukat, pisang, blueberry, jeruk, strawberry, kiwi, mangga, lemon, nanas, pir dan anggur. Buah-buahan ini juga sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang melakukan diet.

Olah raga secara teratur

Cara lain untuk menjaga kesehatan tubuh Anda adalah dengan tetap aktif dan berolahraga secara teratur. Olahraga tidak hanya baik untuk kesehatan, tetapi juga dapat mencegah dan mengatasi masalah kesehatan seperti stroke, diabetes, depresi, tekanan darah tinggi, osteoporosis, artritis dan kanker. Guna memperoleh berbagai manfaat olah raga, dianjurkan berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. Atau luangkan 20 hingga 30 menit untuk berolahraga setiap hari.

Pertahankan berat badan ideal

Kelebihan berat badan meningkatkan risiko berbagai penyakit. Penyakit seperti tekanan darah tinggi, kolesterol, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke dan kanker dapat dengan mudah menyebabkan pasien obesitas atau kelebihan berat badan. Untuk mengontrol berat badan Anda, Anda dapat memeriksa indeks massa tubuh (BMI) Anda.

Berhenti merokok

Bagi perokok, disarankan untuk berhenti merokok secepatnya. Rokok berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain merokok, demi kesehatan tolong hentikan kebiasaan minum minuman beralkohol.

Suplemen untuk kelompok resiko tinggi

Jika Anda sudah memiliki penyakit berisiko tinggi seperti diabetes, penyakit jantung, atau penyakit paru-paru kronis, mengonsumsi suplemen tertentu dapat meningkatkan kesehatan dan memperkuat sistem kekebalan, mencegah komplikasi, dan melindungi Anda dari penyakit menular.

Ini karena senyawa antioksidan dalam suplemen (seperti astaxanthin).Seperti yang kita ketahui bersama, astaxanthin alami dapat menangkal efek radikal bebas yang berlebihan, yang dapat merusak jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit dan organ dalam. Tak hanya itu, kemampuan astaxanthin dalam melawan radikal bebas juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Lindungi kulit Anda

Dianjurkan agar Anda menggunakan tabir surya untuk menjaga kulit Anda terlindungi dengan baik. Selain itu, saat melakukan aktivitas di luar ruangan, mohon kenakan pakaian berlengan panjang atau topi bertepi lebar untuk melindungi kulit Anda, karena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama tidak hanya akan menyebabkan sengatan matahari, tetapi juga meningkatkan risiko penuaan dini dan kanker kulit. .

Seks yang aman

Seks yang sehat tidak hanya mendatangkan kepuasan emosional, tapi juga mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Mereka yang pernah berhubungan seks harus menghindari hubungan seks biasa atau memiliki banyak pasangan. Tujuannya agar terhindar dari penyakit menular seksual yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Jaga kebersihan merupakan bagian Menjaga Kesehatan

Cara lain agar tetap sehat adalah dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitarnya. Dengan cara ini, Anda bisa terhindar dari timbulnya berbagai penyakit. Berikut beberapa cara untuk menjaga kebersihan dengan baik:

  • Mandi setiap hari
  • Cuci tangan Anda sebelum makan atau menyiapkan makanan dan setelah makan.
  • Sebelum memasang lensa kontak atau melakukan aktivitas lain yang akan membuat kontak dengan mata atau mulut Anda.
  • Cuci tangan Anda selama 20 detik dan lap di bawah kuku Anda.
  • Saat batuk atau bersin, tutupi mulut dan hidung dengan tisu.

Menjaga Kesehatan dengan Hindari minum alkohol

Penelitian telah menunjukkan bahwa meminum alkohol dapat merusak sel dendritik, yang merupakan bagian penting dari sistem kekebalan. Seiring waktu, minum secara teratur dapat membuat orang terkena infeksi bakteri dan virus. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Clinical and Vaccine Immunology membandingkan respons sel dendritik dan sistem kekebalan pada tikus yang diobati dengan alkohol dan yang tidak diobati dengan alkohol. Alkohol menekan kekebalan tikus ke berbagai tingkat. Dokter mengatakan bahwa penelitian ini membantu menjelaskan mengapa vaksin tidak efektif untuk orang yang kecanduan alkohol.

Kelola stres dengan baik

Stres adalah fenomena umum, tetapi penting untuk mengelolanya semaksimal mungkin. Stres yang berlebihan dapat meningkatkan kadar kortisol dan mengganggu metabolisme tubuh. Selain itu, stres dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit. Saat menghadapi stres, cobalah berolahraga, berjalan di alam terbuka, berlatih teknik pernapasan, bermeditasi, atau berkumpul dengan teman. Namun, jika stres Anda tidak berkurang atau memburuk, Anda harus segera mencari bantuan psikolog.

Kesimpulan

menjaga kesehatan

Anda dapat mempraktikkan banyak metode untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Agar kesehatan tubuh bisa lebih terpantau, lakukan pemeriksaan fisik secara rutin sesuai anjuran dokter. Pemeriksaan ini dapat memberi tahu Anda sedini mungkin tentang masalah kesehatan atau penyakit yang mungkin Anda derita. Semakin cepat penyakit terdeteksi, semakin cepat pengobatannya.

Meningkatkan efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76%
JojoExpense dapat mengumpulkan data secara otomatis kapan saja, di mana saja, meningkatkan produktivitas dan mencegah penipuan keuangan, serta dengan mudah mengontrol anggaran perusahaan. Lebih cepat, lebih mudah, dan lebih mudah.

Kelola data pelanggan dengan lebih mudah. JojoExpense memungkinkan Anda mengakses keuangan perusahaan dengan mudah kapan pun dan di mana pun. Apakah Anda ingin mengajukan permintaan pengembalian dana atau mengizinkan penarikan uang tunai, Anda dapat melakukannya melalui ponsel Anda.

Anda dapat mengirimkan permintaan Anda secara langsung, atau Anda dapat menyimpannya untuk digunakan nanti, misalnya, jika Anda ingin memeriksa kembali aplikasi Anda. Itu semua tergantung Anda-Anda bertanggung jawab atas pengelolaan keuangan Anda sendiri.

Saat Anda duduk di meja kerja, Anda dapat sepenuhnya fokus pada tugas-tugas penting dan menyerahkan manajemen marjinal ke proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!