Merek Dagang Serta Fungsinya Dalam Peningkatan Bisnis

Merek dagang sebenarnya bukanlah hal asing bagi kita. Hal ini merujuk pada suatu merek yang digunakan pada sebuah benda atau barang dan diperdagangkan. Proses perdagangan benda atau barang tersebut dilakukan oleh seseorang atau beberapa orang secara bersama. Adanya merek pada suatu benda atau barang yang diperdagangkan akan membuat barang tersebut bisa dibedakan dengan barang lainnya. Keberadaan barang atau benda dengan nama merek tertentu sudah pasti ada di sekeliling kita. Banyak benda atau barang yang kita jumpai selalu memiliki merek. Bahkan mungkin Anda menyebuat suatu barang dengan menyebut nama mereknya karena merek tersebut sudah tertanam di benak Anda sejak lama.

Jadi suatu barang lebih dikenal dengan nama mereknya karena mungkin saja sudah ada sejak lama sehingga nama merek telah tertanam benak masyarakat. Atau mungkin saja karena barang tersebut memiliki kualitas yang sangat baik sehingga dikenal dan digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Bisa juga sebuah barang dijual dengan harga yang relatif murah sehingga banyak digunakan oleh konsumen dan mereknya menjadi semakin terkenal. Merek dagang sendiri umumnya berupa sebuah kata atau simbol dan bisa juga merupakan sebuah desain yang digunakan oleh seseorang atau perusahaan untuk membedakan produknya dengan produk lain. Anda bisa melihat berbaga merek dari suatu barang di mana saja seperti misalnya di toko atau mungkin melihatnya di sebuah iklan yang ditayangkan di televisi atau lainnya.

Fungsi Merek Dagang

Memiliki merek dagang pada dasarnya dapat memberikan beberapa fungsi, di antaranya yaitu fungsi-fungsi berikut ini.

1. Tanda pengenal

Suatu barang yang diproduksi umumnya memiliki nama merek tersendiri. Hal ini cenderung dilakukan oleh orang atau perusahaan yang memproduksi barang tersebut dengan tujuan untuk membedakan barang produksinya dari barang yang lain. Sebab sebuah merek pada dasarnya bisa berguna untuk mengidentifikasi suatu produk barang atau bahkan layanan jasa. Oleh karena itu nama merek pada suatu barang atau jasa cenderung dilindungi oleh hukum. Anda tidak bisa mengambil nama merek yang sudah ada untuk produk Anda karena Anda bisa dituntut oleh pemilik merek. Namun dalam hal ini merek yang dilindungi adalah merek yang bersifat unik dan telah didaftarkan sehingga mendapatkan perlindungan secara penuh.

2. Alat promosi

Suatu barang atau jasa yang hadir di tengah masyarakat dengan disertai adanya nama merek maka akan lebih mudah dikenal oleh kalangan masyarakat. Adanya merek tentu dapat membuat masyarakat menjadi selalu teringat dengan barang yang ingin dibeli. Terlebih lagi bila produk tersebut sudah ada sejak lama ada di tengah masyarakat. Dengan menyebut merek tertentu maka seseorang bisa teringat pada barang atau jasa yang ada. Jadi keberadaan suatu merek bisa saja menjadi suatu alat promosi bagi suatu barang atau jasa yang dikeluarkan oleh perusahaan. Jika nama merek semakin terkenal maka barang atau jasa akan semakin banyak digunakan oleh para konsumen. Hal ini tentu merupakan langkah yang tepat dan menjadi bagian dari strategi marketing terbaik.

3. Jaminan kualitas

Seringkali suatu barang atau jasa dikenal karena adanya kualitas yang baik. Jika suatu barang memiliki ketahanan dalam jangka waktu yang lebih lama maka konsumen akan suka dengan produk tersebut. Selain itu adanya layanan jasa yang baik dan berkualitas serta tidak mengecewakan tentu akan banyak disuka oleh masyarakat. Tentu saja merek dari barang atau jasa tersebut akan banyak dipilih dan digunakan oleh masyarakat karena adanya jaminan kualitas yang baik. Dengan demikian maka merek akan semakin dikenal oleh masyarakat dan bahkan nama merek tersebut akan selalu tertanam di dalam benak konsumen. Saat seseorang menyebutkan nama merek tertentu maka akan timbul mengenai produk barang atau jasa yang berkualitas di dalam benak masyarakat.


4. Menunjukkan asal barang atau jasa

Merek dagang juga bisa berfungsi sebagai penunjuk asal dari barang atau jasa yang digunakan oleh konsumen. Suatu merek bisa menandakan suatu barang atau jasa dan membedakannya dari barang atau jasa yang lainnya. Tidak hanya itu saja tetapi nama merek juga bisa mengidentifikasikan suatu produk sehingga masyarakat bisa tahu banyak hal mengenai produk tersebut. Dalam hal ini termasuk pula asal produk atau asal merek. Dengan adanya merek maka suatu produk bisa diketahui secara lebih jelas mengenai asalnya. Tidak jarang suatu produk semakin disukai oleh masyarakat karena asalnya yang turut menunjukkan kualitas produk.

Penggunaan Merek Dagang di Indonesia

Sebuah merek dagang perlu untuk dilindungi karena suatu merek sebenarnya merupakan hasil cipta atau kreasi seseorang. Maka tak heran bila keberadaan merek dari suatu barang atau jasa yang diproduksi ini perlu untuk dilindungi. Mendapatkan perlindungan dalam hal ini bisa dilakukan dengan mendaftarkan merek dagang yang diberikan oleh seseorang atau perusahaan pada produknya. Jika memang merek Anda telah terdaftar maka Anda berarti memiliki hak sepenuhnya untuk menggunakan nama merek yang Anda ciptakan dalam segala kegiatan promosi yang dilakukan. Tentu saja orang lain tidak boleh mengambil dan menggunakan merek Anda dengan seenaknya. Jadi pencurian nama merek dari Anda bisa saja menjadi suatu tindakan yang melanggar hukum.

Hingga saat ini suatu merek yang diciptakan oleh sebuah perusahaan untuk produk yang dikeluarkannya tetap menjadi perhatian bagi pemerintah. Segala sesuatu yang diciptakan dengan didasarkan pada kreativitas seseorang memang sudah selayaknya dilindungi. Perlindungan merek ini sebenarnya sudah sejak lama berlangsung. Hal ini bisa dilihat dari adanya beberapa produk bermerek yang sudah dikenal oleh masyarakat sejak lama dan terus dikonsumsi atau digunakan hingga sekarang. Bahkan timbul kesadaran merek pada diri tiap orang karena adanya beberapa merek yang sudah ada sejak lama. Kesadaran merek ini timbul baik karena merek sudah ada sejak lama maupun karena adanya jaminan kualitas produk sehingga konsumen lebih memilihnya.

Penggunaan merek dagang ini memang merupakan salah satu hal penting bagi perusahaan dan bisnis yang dijalankan. Demikian pula hanya mengatur keuangan perusahaan yang kondusif, efektif dan efisien. Perlu dipahami bahwa pengaturan keuangan perusahaan bisa berjalan lancar dengan penggunaan produk penunjang yang tepat, misalnya saja menggunakan JojoExpense. Dengan demikian maka pencatatan pengeluaran dan pemasukan perusahaan akan lebih rinci dan tercatat dengan baik.

Memang pada dasarnya produk semacam JojoExpense dibekali oleh fitur-fitur brilian, seperti misalnya Multiple Receipts Attachment, Approval Policies by Amount, Multi-stage Approval & Disbursement Flow, Approval Status Tracking Monitor, Monitoring Requester’s Budget Limit, dan masih banyak fitur yang lain. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada produk yang satu ini. Segera dapatkan coba gratis dan rasakan manfaat JojoExpense secara maksimal pada keuangan perusahaan Anda. Jadikan sistem keuangan perusahaan Anda jadi lebih baik, lebih maju dan bebas resiko penipuan.