Point Of Sale Record Pencapaian Dan Indikator Langkah Selanjutnya 

Point of sale adalah sebuah penemuan yang sangat revolusioner dari bidang ritel. Dahulu sempat dikenal dengan mesin kasir, sepenuhnya mesin ini beroperasi berdasarkan kepada metode konvensional. Berbeda dengan POS yang sudah sepenuhnya mengintegrasikan sistem perangkat lunak dan juga konvensional. Artinya ketika perusahaan menggunakan perangkat lunak dengan basis POS ini mereka bisa mengefisienkan pengeluaran dan pemasukkan. 

Walaupun pada kenyataannya penggunaan POS ini akan lebih cenderung kepada perusahaan yang berbasis ritel. Tapi sebenarnya dalam penggunaannya perangkat lunak ini lebih jauh lagi, jadi tidak hanya berfungsi untuk proses transaksi. POS juga sering digunakan untuk kepentingan stock opname atau pengecekkan ketersedian barang dan lain-lainnya. 

Jadi pada dasarnya utility seperti point of sale ini memang dibutuhkan oleh berbagai perusahaan. Apalagi jika perusahaan tersebut berfokus kepada pembuatan produk. Jika melakukan penghitungan stock opname secara konvensional maka diperlukan waktu yang sangat panjang. Jika hal seperti ini terus terjadi maka besar kemungkinannya perusahaan anda akan mengalami hambatan profit. 

Point Of Sale Dan Penggunaanya Pada Beberapa Perusahaan 

Point of saleSebagai salah satu utility yang harus dimiliki oleh beberapa perushaanPoint of sale masih sering disalah pahami sebagai mesin transaksi saja. Padahal jika melihat dari kegunaannya, aplikasi ini lebih jauh dari hal tersebut. Mungkin imagenya yang sering ditemui pada beberapa perusahaan ritel. Menyebabkan point of sale selalu disangkut pautkan dengan hal tersebut. 

Jenis perusahaan yang paling sering menggunakan perangkat lunak dengan basis POS ini tentu saja adalah ritel segala jenis penjualan. Umumnya POS akan lebih mudah ditemukan pada beberapa supermarket, lebih lanjut perusahaan yang juga ikut menggunakannya adalah berbagai jenis resto. Integrasi POS juga semakin berkembang dari masa ke masa. 

Sebab basic dari sebuah point of sale adalah pencatatan pengeluaran dan pemasukkan. Termasuk pencatatan transaksi, maka dasarnya perangkat lunak itu diharuskan untuk memiliki penyimpanan. Dahulu integrasi POS ini hanya terpaku kepada media komputer saja. Selebihnya perangkat lunak ini tidak bisa dipakai. Tapi syukurlah dengan adanya teknologi android operating system. 

Hal tersebut bisa dengan otomatis dipatahkan. Karena dengan adanya sistem OS android maka perangkat seperti tablet bahkan ponsel pintar bisa dipakai untuk menjalankan POS. Kemudahan seperti inilah yang kemudian menjadi semakin ramainya penggunaan POS. Usaha cafe start up yang baru saja berkembang sudah memakai fasiltias POS ini dalam hal perhitungan pemasukan dan pengeluarannya. 

Integrasi Informasi Pembayaran Via Banking 

Hebatnya fasilitas point of sale ini bisa menjadi salah satu yang termutakhir karena telah langsung terintegrasi dengan berbagai bank ternama. Bahkan karena sekarang sudah banyak solusi pembayaran virtual yang bisa dilakukan. Jika tidak bisa mengintegrasikannya maka perusahaan bisa tertinggal dalam segi kemajuan finansialnya.  

Pada dasarnya konsep seperti ini sudah dikenal sejak lama. Tapi pengintegrasian dengan perangkat lunak mungkin baru bisa dilakukan beberapa tahun kebelakang. Sehingga masih saja banyak pengusaha yang kurang bisa mengoptimalkan penggunaannya. 

Kian hari fasilitas yang ditawarkan oleh perangkat lunak point of sale semakin komplit. Dimana dahulu saat pertama rilis mungkin masih sangat terbatas. Tapi justru semakin kemari, potensi dari perangkat lunak seperti ini semakin terbuka. Mungkin karena terjadinya sebuah hubungan yang sinergis antara perangkat lunak ini dan penyimpanan cloud 

Seperti yang sudah diketahui bahwa POS ini memerlukan integrasi langsung dengan penyimpanan. Karena basisnya memang untuk penarikan informasi dan juga penyimpanannya. Semakin besar penyimpanan yang dimiliki perangkat lunak ini maka, kegunaan dari software ini akan lebih menguntungkan untuk dimanfaatkan secara langsung. 

Cloud System Dalam POS 

Point of saleSebelum membahas lebih mendetail tentang point of sale pengusaha sudah paham dengan cloud?. Cloud ini adalah sistem penyimpanan melalui internet. Jadi ketika anda menyimpan data secara konvensional di komputer maka akan ada batasan. Sedangkan dengan penyimpanan yang dipakai melalui internet keterbatasan tersebut bisa diterobos begitu saja. 

Konsepnya adalah para penyedia fasilitas cloud dan storage server membuat sebuah penampungan. Kemudian penampungan tersebut disambungkan ke internet. Disebut cloud karena memang penyimpanan yang dilakukan ini terkesan tidak akan ada batasnya. Cloud sendiri bisa berarti awan, jika secara hafiah mungkin masuk akal saja disebut dengan awan. Kita bisa menyimpan data tapi tidak bisa melihat secara fisik perangkatnya. 

Perbandingan Presisi Dari POS Lebih Tinggi 

Mesin kasir secara konvensional ini memang sampai sekarang masih digunakan untuk membackup seluruh kebutuhan POS. Tapi faktanya mencatat bahwa tingkat presisi atau kebenaran dari POS lebih tinggi. Karena mesin kasir masih menggunakan teknologi konvensional maka hasil akhirnya akan selalu menghasilkan berbagai bentuk kesalahan. 

Jika terus berlanjut maka pengusaha perlu untuk melakukan koreksi yang akan memakan waktu. Istilahnya adalah audit, tindakan audit ini tidak hanya berfokus kepada finansial saja. Tapi jika sebuah perusahaan melakukan audit maka seluruh hal didalam perusahaan akan dicek kembali. Termasuk stock dan lain sebagainya.  

Bayangkan jika perusahaan masih memakai tehnik konvensional ketika menjalankan pencatatannya. Maka pihak audit akan sangat kerepotan dan tidak efisien. Pernah saya melihat dalam sebuah perusahaan melakukan audit pada satu cabang brand saja sampai menghabiskan waktu 1-2 hari. Inilah mengapa dikatakan tidak efektif, padahal banyak waktu yang bisa disimpan. 

Sekarang zaman telah sangat maju, jangan mau lagi untuk terus tertinggal akibat tidak menggunakan cara-cara yang revolusioner. Termasuk ketika para pekerja anda melakukan berbagai tanggung jawabnya. Gunakanlah dengan segera perangkat lunak JojoTimes untuk mengoptimalkan pencatatan dan absensi yang akan dilakukan oleh karyawan perusahaan. 

Absensi Efektif Dengan JojoTimes Untuk Pastikan Efisiensi Penggunaan Waktu 

JojoTimes ini adalah sebuah perangkat lunak absensi yang sangat revolusioner. Dimana seluruh kebutuhan anda terkait absensi akan terpenuhi ketika menginstal perangkat ini. Pertama dengan ada fasilitas absensi langsung melalui perangkat lunak. Biarkan seluruh pegawai melakukan absensi melalui perangkat lunak ini untuk memberikan hasil yang optimal lagi. 

Kondisi pekerja yang akan melaksanakan laporan absensi bulanan pasti akan selalu tertekan. Tapi semua tekanan itu bisa ditanggulangi dengan efisien jika anda menggunakan perangkat lunak JojoTimes. Tidak perlu lagi khawatir masalah laporan absensi karena perangkat lunak ini akan memberikannya dalam kurun waktu yang singkat untuk anda. 

Pertimbangkan dengan penggunaan perangkat lunak JojoTimes untuk memaksimalkan seluruh pengurusan absensi di perusahaan. Apalagi perangkat lunak ini telah terintegrasi dengan penyimpanan cloud. Sehingga seluruh berkas terkait dengan absensi bisa tersimpan didalam perangkat lunak ini dengan lebih aman. 

Ingin merasakan seluruh kemudahan ini?. Instal saja langsung perangkat lunak JojoTimes versi demo. Maka anda akan mendapatkan berbagai bentuk keuntungan yang sudah dijelaskan diatas tersebut. Kemudahan absensi akan ada ditangan anda ketika sudah menggunakan perangkat lunak ini.