Narasi Adalah: Ciri, Struktur, Unsur, Jenis dan Manfaatnya bagi Bisnis

Narasi adalah

Narasi adalah suatu bentuk pengembangan dari paragraf dalam sebuah karya tulis. Biasanya, di dalam narasi terdapat penjelasan tentang rangkaian peristiwa secara runut dari waktu ke waktu. Selain itu, ada juga sebagian orang yang berpendapat bahwa arti narasi adalah suatu karangan yang sengaja dipaparkan berdasarkan alur ataupun plot, di mana di dalamnya menceritakan tentang suatu kejadian, konflik, dan tokoh terkait.

Umumnya, suatu narasi berisi cerita berdasarkan fakta atau narasi ekspositorik dan cerita fiksi atau narasi sugestif.

Ada beberapa tujuan pembuatan sebuah narasi. Di antaranya, untuk menyampaikan suatu informasi demi memperluas pengetahuan atau wawasan audiens. Di samping itu juga untuk membagikan suatu pengalaman supaya audiens turut merasakan pengalaman yang sama.

Ciri-ciri narasi adalah

Setiap karangan atau teks narasi pasti memiliki karakteristik tertentu yang membedakannya dengan bentuk karangan lainnya. Nah, berikut ini ada beberapa ciri narasi yang dikemukakan oleh para ahli.

Narasi menceritakan kejadian berdasarkan pengalaman

Menurut Atar Semi, sebuah narasi biasanya menceritakan kejadian berdasarkan pengalaman pribadi sang penulis. Peristiwa di balik cerita tersebut bisa berupa kejadian nyata, imajinasi, atau penggabungan antara keduanya. Secara umum, narasi dibuat berdasarkan konfiks supaya terasa lebih menarik dengan nilai estetika tertentu. Selain itu, dikatakan pula bahwa narasi kerap menjelaskan susunan kejadian secara kronologis.

Narasi menonjolkan unsur tindakan

Menurut Gorys Keraf, suatu narasi lebih menonjolkan unsur tindakan ataupun perbuatan. Suatu narasi bisa dirangkai dalam suatu urutan waktu yang kronologi dan dibuat sebagai upaya untuk menjawab pertanyaan “apa yang terjadi?”. Selain itu, narasi pasti memiliki konflik tertentu yang harus dilalui oleh para tokoh di dalam cerita tersebut.

Struktur dan unsur penting di dalam narasi

Apabila kita mengacu pada pengertian narasi di atas, pada suatu karangan narasi ada beberapa unsur penting yang dibuat dan dibuat berdasarkan struktur tertentu. Berikut di antaranya:

Unsur yang terdapat di dalam suatu narasi

Diketahui, ada beberapa unsur yang ada dalam suatu narasi, antara lain:

  • Tokoh

Tokoh adalah pelaku yang terdapat di dalam suatu cerita dan menggerakkan keseluruhan cerita tersebut.

  • Latar

Latar merupakan keterangan yang menjelaskan tentang waktu, tempat, dan suasana yang terjadi.

  • Urutan kejadian

Bisa dikatakan, urutan kejadian adalah suatu deretan peristiwa yang dijelaskan secara runut berdasarkan kronologis cerita.

Struktur yang terdapat di dalam suatu narasi

Umumnya, setiap narasi pasti memiliki struktur sebagai berikut:

  • Pengenalan

Struktur ini merupakan bagian dari pengenalan tokoh, latar, suasana yang hendak dibangun, dan lain sebagainya.

  • Awal pertikaian

Struktur berikutnya adalah awal pertikaian yang jadi bagian di mana sebuah konflik awal yang dialami tokoh di dalam cerita dimulai.

  • Klimaks

Selanjutnya adalah klimaks yang didefinisikan sebagai puncak pertikaian. Biasanya, konflik selalu dialami oleh tokoh dan jadi inti sebuah cerita yang hendak disampaikan.

  • Antiklimaks

Unsur yang terakhir adalah antiklimaks atau bagian yang menjelaskan tentang penyelesaian masalah dalam suatu cerita. Antiklimaks juga dijadikan penanda, bahwa cerita tersebut berakhir.

Jenis narasi secara umum

Narasi kerap dikelompokkan menjadi empat jenis yang berbeda, seperti di bawah ini:

Narasi informatif

Jenis narasi yang pertama ini bertujuan untuk menyampaikan informasi tentang suatu peristiwa secara tepat. Tujuannya untuk menambah pengetahuan audiens mengenai informasi yang dimaksud.

Narasi ekspositorik

Jenis narasi berikutnya adalah ekspositorik yang menyampaikan suatu peristiwa atau rangkaian kejadian berdasarkan data dan fakta yang sebenarnya. Ada satu tokoh utama di dalam narasi ekspositorik yang kisahnya diceritakan sejak tokoh tersebut dilahirkan hingga akhir hidupnya. Salah satu contoh narasi ekspositorik adalah biografi.

Narasi artistik

Jenis narasi satu ini mengisahkan tentang suatu cerita rekaan yang sifatnya imajinatif. Narasi ini juga sering menggunakan bahasa yang figuratif dengan tujuan untuk menyampaikan maksud tertentu kepada audiens.

Narasi sugestif

Ini merupakan jenis narasi yang di dalamnya mengandung kisah khayalan, rekaan, ataupun imajinasi dari sang penulis. Pada dasarnya, narasi sugestif bersifat fiktif yang melibatkan imajinasi. Tujuannya adalah untuk menyampaikan kesan terhadap peristiwa yang sedang diceritakan oleh penulis.

Narasi adalah

Memahami makna narasi untuk kesuksesan bisnis

Demi tercapainya kesuksesan bisnis dari suatu perusahaan besar, pemimpin seringkali bergantung pada berbagai alat manajerial. Di era yang semakin kompetitif seperti saat ini, para pemimpin perusahaan biasanya menggunakan narasi bisnis untuk mengarahkan para stakeholders supaya kesuksesan bisnis bisa tercapai.

Narasi bisnis memang kerap dianggap sebagai alat manajerial yang mampu membantu para pemimpin korporasi untuk mencapai kinerja superior. Jika diartikan, narasi bisnis adalah bentuk tertulis mengenai rangkaian kejadian yang menyediakan konteks tentang bisnis tersebut beroperasi.

Narasi bisnis sering dianggap sebagai alat manajerial yang ampuh karena dilihat sebagai kunci dari kompetensi pemimpin modern. Kunci kepemimpinan yang dimaksud adalah mengetahui cerita apa yang harus disampaikan dan bagaimana cerita tersebut bisa tersampaikan dengan efektif.

Melalui kedua kunci tersebut, seorang pemimpin bisa menciptakan keterkaitan antara strategi dan juga peran setiap karyawan yang dimilikinya. Narasi bisnis yang efektif juga sangat membantu dalam menyediakan pemahaman, kepercayaan, dan juga motivasi para karyawan untuk ikut berkontribusi dalam kesuksesan bisnis.

narasi adalah

Karakter narasi bisnis yang paling ampuh

Secara fundamental, narasi bisnis memiliki tujuan untuk menjawab tiga pertanyaan, yaitu mengapa kita di sini, apa yang harus kita raih, dan bagaimana seharusnya kita saling terhubung demi mencapai hal tersebut.

Sederhananya, seorang pemimpin cenderung menyusun narasi bisnis yang berupa awal berdirinya korporasi, tantangan yang dihadapi, hal besar yang pernah diraih, hingga semua kesempatan besar yang mungkin bisa diraih. Hal ini disebut sebagai kejadian terbuka yang dihadapi oleh perusahaan, bukan kesempatan yang mungkin diraih oleh orang-orang di luar perusahaan.

Pada dasarnya, narasi bisnis ampuh menyelaraskan kekuatan yang besar di tempat kerja di dalam konteks ekonomi dan masyarakat secara umum. Narasi bisnis juga meningkatkan keselarasan dengan hasrat dan kapabilitas dengan spektrum lebih luas dari suatu korporasi atau perusahaan.

Selain itu, narasi bisnis juga perlu merumuskan berbagai kesempatan bisnis di level tertinggi. Hal ini perlu dilakukan untuk memberikan ruang yang cukup bagi individu ataupun kelompok kecil agar kreatif dalam menentukan aksi yang berdampak signifikan terhadap kondisi tertentu.

Pada akhirnya, narasi bisnis yang ampuh bisa dijadikan sumber motivasi karyawan demi kesuksesan perusahaan itu sendiri. Apalagi, di tengah ketatnya persaingan bisnis saat ini, narasi bisnis mampu memacu karyawan untuk semakin berinovasi dalam memanfaatkan kesempatan yang diidentifikasikan di dalam suatu narasi bisnis.

Narasi bisnis yang ampuh biasanya muncul dari bentuk aksi secara luas dan berkelanjutan dari suatu perusahaan untuk secara konsisten bertindak sesuai dengan narasi bisnisnya. Oleh sebab itu, narasi bisnis memerlukan komitmen, pemahaman yang mendalam, disertai kerja sama dari seluruh pemimpin puncak perusahaan.

Narasi adalah

JojoTimes membantu kelancaran pengolahan data absensi akryawan

Seiring banyaknya usaha mencapai kesuksesan, pastinya diperlukan banyak hal mendasar selain narasi bisnis oleh suatu perusahaan besar. Salah satunya yang juga tidak boleh luput dari perhatian adalah pengawasan dari kinerja tim demi meningkatkan produktivitas dan efisiensi kerja.

Di zaman yang serba canggih seperti saat ini, kamu pun tak perlu repot memikirkan cara tersebut. Pasalnya, ada banyak aplikasi yang bisa membantu kamu untuk memantau aktivitas karyawan, seperti JojoTimes.

Selain itu, aplikasi JojoTimes akan membantu perusahaan untuk menghemat waktu dalam membuat laporan kehadiran bulanan. Bukan hanya lebih cepat, tapi dengan sistem yang mumpuni, semua data tersaji secara akurat.

Menariknya lagi, JojoTimes dilengkapi dengan pengenalan wajah biometric, deteksi identitas palsu, dan lokasi GPS yang akurat sehingga kamu tak perlu khawatir dengan segala tindak penipuan. Bahkan, setiap karyawan bisa melaporkan kegiatan mereka dari jarak jauh sekali pun. Dengan cara ini, kamu bisa selalu memastikan karyawan benar-benar menggunakan jam kerja sehingga produktivitas perusahaan pun bisa tetap optimal.

Jadi, jangan tunggu nanti! Jika masih ragu dan ingin membandingkan, kamu juga bisa mencoba versi gratis JojoTimes!