Manfaat Online Marketplace, Jenis serta Keuntungannya

online marketplace

Semakin berkembangnya teknologi serta berbagai kemudahan yang diberikan teknologi internet, membuat proses transaksi penjualan dan pembelian banyak dilakukan secara online. Pasti Anda sering mendengar istilah online marketplace dan e-commerce. Meski serupa namun tidak sama, istilah belanja Online kini makin viral dan diminati.

Hal itu membuat transaksi perdagangan online di Indonesia memiliki masa depan cerah dan menjanjikan. Pasalnya, nilai transaksinya terus meningkat selama lima tahun terakhir. Bisnis Online Marketplace adalah salah satu pemain terbesar dalam bisnis ecommerce Indonesia.

Marketplace e-commerce bukan merupakan fenomena baru. Ada Amazon, Walmart, eBay, Jet, Wayfair, dan masih banyak lagi contoh yang bisa Anda lihat. Berbagai marketplace e-commerce ini menjadi bisnis jutaan dolar dengan cara menghubungkan penjual pihak ketiga dengan konsumen potensial mereka.

Apa Itu Online Marketplace?

Istilah belanja Online sangat dekat sekali dengan yang namanya Marketplace online, dimana menurut pendapat Richard Kestenbaum, salah satu kontributor Forbes yang membahas dunia retail. Istilah online marketplace adalah sebuah website atau aplikasi yang menyediakan fasilitas jual beli dari banyak vendor.

Tidak berbeda jauh dengan pendapat kontributor forbes tersebut, pendapat yang umum memperkuat pendapat tersebut bahwa online marketplace adalah tempat jual beli online dimana pihak ketiga dapat berpartisipasi dalam menjual barang atau jasa.

Naun yang perlu Anda pahami agaar tidak salah, pedapat yang mengatakan bahwa semua online marketplace adalah e-commerce. Ternyata pendapat tersebut tidak semuanya benar, E-commerce adalah online marketplace. Apakah Anda paham maksudnya? Agar lebih mudah mengartikannya, analoginya adalah online marketplace adalah iPhone. Sedangkan e-commerce adalah Smartphone. Semua iPhone adalah Smartphone. Tetapi, tidak semua Smartphone itu iPhone.

Namun hal yang menjadi titik berat perbedaan antara E-commerce dan online marketplace adalah jumlah penjual atau vendornya.

Fungsi Marketplace Online

Berdasarkan fungsinya Marketplace Online adalah tempat yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di dunia maya. Situs marketplace bertindak sebagai pihak ketiga dalam transaksi online dengan menyediakan tempat berjualan dan fasilitas pembayaran. Bisa dikatakan marketplace adalah department store online.

Marketplace sebenarnya memiliki konsep yang mirip dengan pasar tradisional. Pada dasarnya, marketplace menyediakan tempat bagi mereka yang ingin berjualan di website mereka. Kemudian pihak marketplace akan memunculkan barang jualan itu ketika ada calon pembeli yang melakukan pencarian. Jika si calon pembeli memang mau membeli barangnya, mereka bisa melakukan pembayaran melalui marketplace itu sendiri.

Keuntungan memakai Marketplace Online

Biasanya, layanan marketplace ini menyediakan berbagai layanan untuk mencegah adanya penipuan, seperti rekening bersama. Dan untuk marketplace yang besar dan terkenal, dengan berjualan di marketplace tersebut, dapat membantu promosi bagi produk penjual. Oleh karena itulah banyak sekali penjual yang lebih memilih untuk berjualan di marketplace sekarang ini.

Lalu darimana sebuah marketplace mendapatkan keuntungan? Kebanyakan, marketplace memanfaatkan jasa iklan premium sebagai cara mencari keuntungan. Kalau Anda pernah mencari barang di Tokopedia, Anda mungkin pernah melihat beberapa pilihan barang dengan tanda megaphone. Ini adalah produk-produk yang menggunakan layanan TopAds dari Tokopedia agar produknya muncul di bagian paling atas pencarian.

Jenis Marketplace

Melihat tingginya antusiasme para pebisnis memasarkan produk mereka di marketplace, pastinya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan dari sistem penjualan via online. Secara umum terdapat dua jenis kerja sama di situs marketplace online Indonesia, yaitu marketplace murni dan marketplace konsinyasi, apakah itu ?

1) Marketplace Murni

Maksud dari kerjasama marketplace murni adalah ketika situs marketplace hanya menyediakan lapak untuk berjualan dan fasilitas pembayaran. Kemudian penjual yang melakukan kerjasama marketplace diberikan keleluasaan lebih banyak dibandingkan kerjasama konsinyasi atau titipan.

Selain itu kewajiban penjual hanya menyediakan deskripsi dan foto produk secara mandiri. Selanjutnya penjual dapat menerima penawaran harga dari pembeli. Setelah mendapatkan harga yang disepakati oleh kedua belah pihak, pembeli bisa mengirimkan sejumlah uang ke rekening yang disediakan oleh marketplace.

2) Marketplace Konsinyasi

Selanjutnya adalah sistem kerjasama konsinyasi atau istilahnya adalah titipan barang. Cara kerjasamanya jika penjual melakukan kerjasama konsinyasi dengan situs marketplace, mereka hanya perlu menyediakan produk dan detail informasi ke pihak marketplace.

Pihak situs marketplace akan mengurus penjualan dari foto produk, gudang, pengiriman barang, hingga fasilitas pembayaran. Berbeda dari jenis kerjasama sebelumnya, di jenis kerjasama ini pembeli tidak bisa melakukan penawaran harga karena alur semua alur transaksi ditangani oleh situs marketplace.

Online Marketplace

Kenyamanan transaksi berbasis teknologi

Nah, apa itu Online Marketplace sudah kami informasikan pada Anda, tentunya semua keputusan kembali pada Anda, apakah bisnis Anda akan memakai sistem penjualan Online atau konvensional. Intinya perbedaan mendasarnya terletak pada tanggung jawab penjual dan alur transaksinya.

Alur transaksi di marketplace terjadi langsung antara penjual dan pembeli, sangat berbeda jauh dengan sistem jual beli konvensional, sangat memakan waktu, biaya, tenaga dan tentu saja modal usaha yang tidak sedikit.

Dengan makin banyaknya transaksi penjualan dan pembelian di online marketplace Anda, tentunya membutuhkan prasarana yang memadai untuk memudahkan kinerja bisnis Anda. Apalagi jika Anda sering melakukan transaksi keuangan via internet banking atau mobile banking.

Kemudahan belanja via online dengan aplikasi

Perkembangan marketplace sekarang ini sudah sangat pesat, banyak marketplace baru yang bermunculan dengan menawarkan beragam fitur menarik. banyak produk yang tersedia mulai dari barang, jasa, dan kebutuhan lain dengan harga yang bersaing. Bagi pebisnis online, dengan adanya marketplace ini lebih memudahkan dalam hal penjualan serta proses transaksi dengan pembeli.

Lalu bagaimana cara menaikan kinerja usaha online Anda tanpa hatus ribet dengan cara manual ?

Artinya Anda membutuhkan sarana dan prasarana untuk menunjang manajemen keuangan Anda terutama sistem penggajian karyawan, agar bisa terpantau dengan mudah dan otomatis, selain itu teknik yang lebih baik dan simpel untuk mengatur transaksi keuangan dan bisnis perusahaan Anda. Sehingga mampu meningkatkan produktivitas karyawan Anda dan pertumbuhan perusahaan Anda — semua hanya dengan satu aplikasi JojoPayroll.

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi Payroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

FITUR POPULER JojoPayroll

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis. Hubungi kami untuk meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan metode manajemen perusahaan terbaru.
Online Marketplace

Apa kata klien kami mengenai Jojonomic?

Perusahaan dari berbagai ukuran dan industri menjadikan Jojonomic tempat di mana mereka bekerja dengan produktifitas maksimal.

Platform bisnis all-in-one untuk permudah mengelola anggaran perusahaan dan transaksi bisnis perusahaan Anda, semua sudah terbukti kinerjanya dan klien kami puas dengan aplikasi dari JojoPayroll.

Coba Gratis Sekarang Klik disini