Operation Research : Definisi Hingga Manfaat Untuk Bisnis Anda

Ada banyak jenis research untuk menguatkan produk anda. Baik dari segi jenis produk, penentuan target market, hingga strategi marketing. Semua ini dikemas dalam satu bentuk research yang biasa disebut market research. Namun, jika ditelusuri lebih lanjut, berjalannya usaha dengan lebih efektif tidak hanya cukup market research saja. Terutama untuk perusahaan, operation research menjadi tidak kalah penting.

Rasanya cukup asing mendengar isitilah ini bukan? Dalam perputaran bisnis yang dikenal umum, istilah operation research memang tidak begitu populer. Namun sebetulnya jenis research ini memiliki peran penting bagi berjalannya produktivitas bisnis. Proses ini jelas sangat kontras dengan data yang diperoleh market research untuk mendorong penjulan produk.

Bagi anda yang masih belum terbayang bagaimana seluk beluknya, inilah saat yang tepat. Pada artikel kali ini, Jojonomic berkesempatan untuk memberikan pemahaman yang lebih utuh tentang operation research. Mulai dari definisi, karakteristiknya, manfaat, sampai pentingnya melakukan research. Jika perusahaan anda masih belum memiliki sistem ini, ada baiknya untuk pahami terlebih dahulu dengan artikel di bawah ini. Jangan sampai terlewat, ya!

Apa Itu Operation Research?

Operation Research

Dalam pengertian umum, operation research merupakan metode yang mencakup berbagai teknik untuk memberikan pengaruh pada pengambilan keputusan. Bisa dikatakan metode ini menjadi salah satu dasar pengambilan keputusan selain dari faktor-faktor kualitatif. Mengapa?

Untuk menjalankan operation research, dibutuhkan data-data kuantitatif sebagai bahan analisis. Data tersebut selanjutnya akan dikolaborasikan dengan problem manajerial yang disajikan melalui model matematis. Dari pemodelan inilah nantinya akan dicapai suatu solusi terbaik yang direspon dalam berbagai bentuk keputusan dan aktivitas.

Meski demikian, tidak semua orang bisa menjadi operator pelaksana research ini. Mereka adalah orang-orang yang memang memiliki pengetahuan mumpuni dan keahlian khusus untuk meng-handle paduan bidang ilmu. Seperti pemahaman teori, metode matematis, probabilitas, statistik, hingga operasi komputer.

Untuk menjamin hasil operation research diterapkan optimal sesuai dengan keputusan, sistem akan berlanjut diterapkan dalam seluruh step pelaksanaan. Mulai dari proses identifikasi, formulasi, sampai praktik kontrol pengambilan keputusan

Pentingnya Melakukan Operation Research

Operation Research

Bisa disimpulkan operation research mampu mensinergikan proses pemikiran manusia dengan metode khususnya yang ilmiah-matematis. Pendekatan yang cukup berbeda daripada teknik research lainnya ini menawarkan kepastian bagi pengambil keputusan. Karena metode ini menyajikan hasil yang memperhatikan berbagai kemungkinan, memprediksi segala hasil yang dapat dicapai, dan memperkirakan risiko kedepan.

Selain itu, research ini dapat anda lakukan secara menyeluruh atau cukup pada bagian tertentu yang dirasa perlu. Hasil yang diperoleh nantinya akan memberikan insight lebih dalam mengenai teknik pemecahan masalah apa yang paling tepat untuk diterapkan.

Karakteristik Melakukan Operation Research

Operation Research

Setiap research tentu memiliki cirinya tersendiri meski memiliki tujuan yang sama dengan pola research lainnya. Tak terkecuali dengan pelaksanaan operation research yang berdiri karena ciri khasnya. Beberapa ciri di bawah ini perlu diperhatikan dengan teliti agar research tidak salah metode apalagi salah perumusan hasil.

Mengutamakan optimasi

Operation research memiliki corak kerja untuk mengoptimalkan praktik dari keputusan yang diambil. Untuk itu maka research harus menyediakan analisis-analisis terbaik dalam keadaan tertentu untuk memberikan hasil yang diharapkan. Caranya adalah dengan membandingkan dan mengerucutkan opsi-opsi yang potenial menjadi bahan pertimbangan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Adanya simulasi terlebih dahulu

Ciri yang satu ini mungkin hanya dimiliki oleh model operation research. Berbekal data-data objektif dan proses yang tidak sederhana, operator juga harus mampu membuat percobaan terhadap hasil analisisnya. Ini dilakukan tidak lain agar menjadi bukti dapat digunakannya gagasan tersebut secara praktis dan meluas. Terlebih untuk lingkup bisnis, keliru sedikit saja sudah cukup berefek pada kerugian perusahaan. Maka harus dilakukan dengan penuh hati-hati.

Adanya probabilitas dan data statistik

Untuk membuat hasil yang tepat guna, research ikut memanfaatkan proses algoritma matematis dan data. Dari proses ini juga menghasilkan data angka yang rigid dan pasti sehingga tidak memberikan penafsiran meluas. Hasil ini selanjutnya akan membantu para stakeholder mendapatkan informasi penting dan risiko yang dihadapi.

Tak hanya itu, nantinya data seluruh informasi dapat dituangkan dalam bentuk yang lebih teknis. Seperti penciptaan prediksi yang terukur dan percobaan pemecahan masalah atas temuan research.

Problem Apa Saja Yang Bisa Diselesaikan Operation Research?

Operation Research

Pada operation research, problem yang dapat diteliti terbatas pada kasus tertentu. Hanya problem-problem yang memiliki kaitan erat pada pemproresan nilai yang bisa menjadi bahan. Untuk bisnis anda, setidaknya manfaatkan mekanisme operation research pada bagian-bagian usaha seperti berikut :

Mengatur manajemen waktu dan sistem penjadwalan

Dalam operasional riset, sistem waktu dan jadwal yang tersusun rapi menurut prioritas akan mengatur semua kaitan dalam setiap lini di suatu oerusahaan. Misalnya, saat dijadwalkan produksi pada tanggal tertentu, jadwal ketat dimulai dari penerimaan bahan baku, pemrosesan, hingga pengemasan. Di luar itu, terukurnya waktu juga mencakup aktivitas-aktivitas administratif, keuangan, hingga penyimpanan.

Perencanaan sumber daya perusahaan dan manajemen supply chain

Untuk menunjang produktivitas perusahaan, banyak terlibat sumber daya di saat yang bersamaan. Sumber daya seperti pekerja, modal serta bahan baku, aspek pemrosesan hingga marketing harus diperhitungkan dengan baik. Dengan formulasi yang jeli, masing-masing perhitungan akan memberikan nilai yang seimbang pada keseluruhan operasional bisnis.

Termasuk juga untuk urusan supply chain, hasil matematis yang jelas akan memberikan ketepatan nilai. Dengan begitu keputusan-keputusan yang diambil dari tahap perencanaan hingga distribusi produk tidak menimbulkan sisa yang sia-sia. Keuangan perusahaan pun tetap aman dan teralokasi dengan baik.

Manajemen inventory

Sistem pengaturan persediaan barang juga penting untuk dianalisis secara matematis. Bukan apa-apa, namun masalah ini berkaitan langsung dengan pengalokasian dana dan proyeksi profit usaha. Dengan hasil yang terukur maka pemangku kepentingan dapat mengambil keputusan yang juga terukur. Seperti, seberapa banyak produksi barang yang dapat distok dan pengamanan persediaan barang di pasaran.

Risk Management

Bagi dunia bisnis, menganalisis risk management adalah langkah yang krusial. Iklim persaingan kompetitif dan kondisi ekonomi nasional yang ikut mempengaruhi perlu diantisipasi dengan baik. Salah satunya melalui data yang bernilai dalam pengaturan risk management ketika beberapa kemungkinan buruk menghantam operasionalitas perusahaan.

Data matematis akan lebih memudahkan untuk pengambilan keputusan dengan tepat ditengah keadaan yang tidak mendukung. Maka agar perusahaan tetap selamat dalam menghadapi semua tantangan yang ada, proses menganalisa operational research pun harus dilakukan dengan ketelitian tinggi dan penuh kehati-hatian.

operation research

Tips dan Trik untuk Menghasilkan kerja Praktik Riset Operation yang Baik

Riset operation merupakan ilmu analisa yang berasal pada matematika dengan dasar yang kuat. Saat ini riset operation merupakan pekerjaan yang banyak dibutuhkan daalam berbagai bidang. Berikut ini adalah tips dan trik yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan kerja praktik operation research (OR) yang baik.

Gunakan Data yang Penting

Riset operation biasanya berkerja untuk proses pengoptimalan, salah satunya yaitu dengan mengoptimalkan sejumlah data yang ada. Data awal berjumlah jauh lebih banyak sehingga memerlukan adanya pengoptimalan sehingga data tersebut dapat terlihat ‘lebih baik’. Tips dan trik yang dapat anda lakukan dalam menganalisa sebuah data yaitu dengan membatasi model data yang sekiranya penting dan membawa informasi yang dibutuhkan. Pilihan kedua yaitu dapat dilakukan pembatasan dalam data awal suatu perusahaan. Data sebelum diproses yang digunakan untuk pengoptimalan bisa dioptimalkan dengan pembatasan dari sekian banyak data awal atau masukan yang ada.

Memperbanyak Model untuk Membuat Prototipe

Model pengoptimalan data – beserta hasilnya dapat ‘dipercaya’ apabila sebelumnya telah melewati pengujian menggunakan data – data yang relevan. Salah satu resiko pembuatan model matematika yang dapat anda dapatkan jika terdapat keterlambatan pengambilan data adalah data tersebut berkemungkinan untuk tidak terskala atau bahkan menimbulkan banyak data – data yang ‘tersembunyi’.

Tips dan trik yang dapat anda lakukan yaitu dengan mendapatkan data yang meyakinkan secepat mungkin. Operation research harus mampu membuat model kompleks yang dapat dijadikan tantangan. Sangat penting bagi OR untuk mendapatkan kumpulan data yang dapat diuji dengan layanan ini, saat mendapati model yang kabanyakan linier dan hanya menyisakan satu atau dua kasus yang tidak berkelanjutan.

operation research

Gunakan Ulang Model

Dalam benak banyak orang tentu saja menginginkan perpustakaan atau penyimpanan pribadi sehingga memudahkan OR jika suatu saat mulai menangani suatu proyek. Ini adalah tips dan trik yang baik yang dapat menghindarkan anda memulai dari nol. Dan hal ini tentu saja dapat memberikan dampak baik bagi anda dengan meningkatkan ketahan dan kemudahan anda dalam menyelesaikan proyek lainnya yang sejenis.

Anda bisa mempermudahnya dengan menggunakan lingkungan penguji yang ada, sehingga memungkinkan anda fokus untuk mencari penyelesaian, tanpa memerlukan adanya perubahan kode dan menggunakan kerja mesin untuk menganlisis model dari mesin itu sendiri.

Menulis Ulang Model

Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan RO yang baik yaitu dengan menulis ulang model. Banyak kita temui model yang sejenis memang memiliki cara matematis yang relative sama juga, namun ada beberapa hal yang membuat mereka berbeda. Anda harus memberikan fokus yang lebih disini. Misalnya suatu masalah  linier, anda dapat meminimalisir penggunaan ekspresi yang sangat Panjang yang nantinya justru akan mmenyusahkan anda.

Tentunya dalam relitasnya, kita dapat menemukan peningkatan saat mengubahnya menjadi model delta. Tips yang dapat anda gunakan yaitu dengan tidak perlu menjumlahkan atau menggunakan sekian banyak suku dari awal sampai akhir, namun anda dapat melakukan improfisasi atau dengan mengubah semua tersebut kedalam Bahasa atau penjelasan anda sendiri.

Menganalisis Masalah

Selanjutnya yang dapat anda lakukan untuk menghasilkan RO yang baik yaitu dengan melakukan analisis masalah yang ada. Analisis masalah tentu saja dibutuhkan dimana-mana, karena jika tidak terjadi pengontrolan suatu masalah, maka masalah tersebut dapat semakin membesar dan berakhir membuat kesalahan yang fatal. Dengan layanan CPO yang ada dapat memudahkan anda untuk menganalisis masalah – masalah yang terjadi dari model awal atau aslinya. Dengan hasil analisis ini anda dapat men-debug model awal dan sekaligus menganalisis masalah yang ada didalamnnya.

operation research

Dokumentasikan data dan model matematika

Sudah kita ketahui sebelumnya jika model data dan model matematika memiliki hubungan keterkaitan antar keduanya. Tips dan trik selanjutnya yang dapat anda lakukan yaitu dengan memastikan ke duanya untuk didokumentasikan. Pastikan anda mendokumentasikan keduanya dengan baik, dan akan lebih baik lagi jika anda melakukan pemeliharaan yang baik terhadap ke duanya. Anda dapat menambahkan dengan mencari atau memikirkan jalan keluar atau alternatif lain yang dapat menjadi pengganti tim pengembangan asli.

Riset operasional snagat bermanfaat dalam menangani berbagai permasalahan yang ada pada suatu perusahaan atau organisasi dengan menerapkan batasan – batasannya masing – masing. Banyak dari perusahaan – perusahaan besar di dunia yang telah menggunakan teknik atau pengetahuan dari riset operasional itu sendiri. Bahkan dalam beberapa pelajaran teknik yang diikuti oleh mahasiswa mengharuskan syarat kelulusan minimal dalam mata kuliah riset operasional. Diharapkan dengan penjelasan yang telah diuraikan akan mampu membuat anda mengerti seberapa penting ilmu atau teknik riset operasional bagi suatu perusahaan atau organisasi itu sendiri.

Banyak pengusaha selalu berpikir untuk mendapatkan efisiensi terbaik dari segala proyek yang mereka kerjakan. Berpikir untuk mengganti sesuatu dengan yang lebih efisien merupakan salah satu keharusan dalam meningkatkan suatu keunggulan kompetitif itu sendiri.

Meski hal tersebut terlihat simple namun pada kenyataannya, bahkan ide tersederhana sekalipun kaang sulit untuk diimplementasikan pada kehidupan nyata. Anda harus mengenal dan memahami bahwa terdapoat batasan – batasan atau constrain tertentu dalam setiap tindakan yang akan diambil.

operation reseacrh

BenchMarking

Salah satu trik dalam menganalisa riset operasional dengan baik adalah dnegan menetapkan modul yang berbeda – beda sesuai dengan tes optimasinya masing – masing. Hal ini diharapkan akan mampu meningkatkan data dari penelitian sesuai dengan umur proyek itu sendiri. Anda akan bisa menganalisa tingkat stabilitas dari optimasi yang ingin dilakukan. Anda juga bisa mengidentifikasi indikator kunci dari tingkat keberhasilan proyek itu sendiri.

Jika menemukan satu atau dua hal yang justru menghambat perkembangan yang akan dilakukan, anda bisa cepat – cepat memutus rantainya atau menggunakannya sebagai alarm tanda bahaya bagi setiap langkah yang mungkin sudah anda lakukan sebelumnya.

Tetapkan patokan yang sesuai dan jangan lupa menambahkan batasan – batasan yang ada. Karna dengan batasan – batasan itulah pengoptimalan akan berjalan dengan semestinya tanpa harus menjadi angan – angan saja.

Seorang praktisi riset operasional bisa memainkan peran yang sangat penting dalam membuat teknik matematika yang nantinya akan berguna bagi rencana yang telah di susun dalam pengembangan perusahaan.

Sediakan Mekanisme Jawaban yang Cepat dan Tepat

Ketika pengaplikasian riset telah dilakukan, yang harus dilakukan oleh pekerja pengoptimalan selanjutnya adalah mengeksekusi premis dari para pelanggan. Sediakan jawaban terbuka mengenai apa yang harus dilakukan ketika proyek yang telah dilakukan mengalami kegagalan. Atau apa yang harus dilakukan jika proyek tersebut mengeluarkan hasil yang tidak diharapkan. Kebiasan inilah yang dibutuhkan untuk dianalisa bagian riset operasional developer. Dengan menggunakan konteks yang sama ketika proyek tersebut pertama kali diluncurkan atau dipasarkan kedalam bisnis yang berlaku.

Mengharapkan sesuatu yang buruk dari suatu proyek memang tidak menyenangkan. Namun menutup mata dari egala kemungkinan terburuk yang ada justru sangat merugikan. Hal ini bukan hanya akan menghambat perusahaan anda untuk terus berkembang, namun juga membuat anda tidak sadar dimana letak kesalahan yang dapat diperbaiki atau diteliti itu sendiri.

Kesimpulan

Setelah membaca artikel di atas, tentunya setuju bukan untuk melakukan operation research pada bisnis anda? Nyatanya tidak hanya data bersifat kualitatif saja yang mampu menunjang. Data dengan nilai akurat justru lebih dipertimbangkan karena tingkat kepastiannya yang tinggi. Agar penerapan operation research lebih terjamin, ada baiknya untuk bekerja sama dengan profesional yang ahli.

Sama seperti me-research, bisnis juga perlu ahlinya dalam menangani keuangan perusahaan. Kebutuhan keuangan adalah salah satu hal yang sangat riskan dimanfaatkan untuk penipuan. Dan cara paling efektif untuk mencegahnya tentu Jojo Expense adalah ahlinya yang bisa diandalkan.

Jojo Expense

Menyiapkan fitur fraud detection pada sistem aplikasi, pengeluaran karyawan jadi selalu ternotifikasi setiap ada transaksi mencurigakan. Ditambah dengan Real-time Geotagging, lokasi transaksi pun ikut terlacak secara akurat. Dan melalui aplikasi Jojo Expense anda pun dapat memonitor setiap transaksi tanpa takut kehilangan kendali. Pengalokasian dana menjadi lebih terkontrol menggunakan fitur budget controlling yang siap dalam genggaman.

Yuk, jangan lewatkan kesempatan gratis 14 hari untuk kelola keuangan secara lebih praktis dengan Jojo Expense. Menjaga keuangan perusahaan tetap aman dan terjamin!