Partnership Adalah Sistem Kerja Sama Terbaik Dalam Bisnis

partnership adalah

Partnership adalah suatu kosakata yang tentunya sudah sangat familiar terutama bagi Anda sekalian yang merupakan seorang pebisnis. Kosakata ini memang seringkali dilontarkan sehingga banyak orang yang mengenal dan memahami arti dari kata tersebut. Istilah partnership pada dasarnya mengacu pada suatu bentuk perjanjian yang terjalin secara formal antara dua pihak.

Perjanjian formal di antara kedua belah pihak ini dilakukan dengan maksud untuk menjalankan dan mengelola sebuah bisnis sehingga bisa dihasilkan keuntungan dari jalannya bisnis tersebut. Keuntungan yang dihasilkan kemudian akan dibagi sesuai dengan perjanjiaan atau kepakatan yang telah ditetapkan oleh kedua belah pihak. Maka tentunya partnership menjadi suatu hal yang cukup membantu seseorang dalam usahanya menjalankan bisnis.

Jenis Partnership Adalah Di Bawah Ini

General partnership

Salah satu jenis partnership yaitu generalpartnership atau GP. Jenis GP ini dijalankan secara merata oleh kedua belah pihak pebisnis. Jadi masing-masing partnersama-sama aktif dalammelakukan aktivitas operasional sehari-hari. Maka kedua belah pihak saling bertanggung jawab penuh atas segala permasalahan yang terjadi pada perusahaan dan bersifat mengikat secara hukum.

Limited partnership

Jenis yang kedua adalah limited partnership atau LP. Pada jenis LP ini rupanya salah satu pihak dari kedua belah pihak pebisnis rupanya ada yang menjadi silent partner. Silent partner ini tidak akan menjalankan operasional perusahaan. Maka misalnya saja terjadi utang oleh perusahaan tentunya silent partner ini tidak bertanggung jawab untuk melunasi utang tersebut. Namun tetap saja keuntungan perusahaan akan dibagi sesuai dengan porsi yang harus diterima oleh masing-masing pihak.

Limited liability partnership

Jenis terakhir yang akan dibahas kali ini adalah jenis limited liability partnership atau LLP. Pada jenis ini rupanya menekankan pada adanya perlindungan hukum yang diterapkan pada masing-masing partner. Biasanya masing-masing pihak yang menjalankan partnership jenis ini bekerja dalam satu bidang yang sama.

Ciri Partnership Adalah Seperti Berikut Ini

Ada kerja sama

Dalam suatu hubungan sudah pasti akan ditemukan jalinan kerja sama di antara kedua belah pihak. Biasanya hubungan kerja sama ini dijalin oleh perusahaan besar dengan perusahaan yang lebih kecil. Hubungan kerja sama ini akan dijalankan sesuai dengan kesepakatan perjanjian yang telah dilakukan secara formal.

Pengembangan bisnis

Ciri selanjutnya dari partnership adalah adanya pengembangan bisnis. Dalam hal ini bisnis yang mengalami perkembangan umumnya bisnis yang lebih kecil. Sebab biasanya perusahaan yang lebih kecil akan mendapatkan bantuan dari perusahaan besar. Termasuk pula bantuan dalam hal pembinaan bisnis dan lain sebagainya. Perkembangan yang dialami oleh perusahaan kecil ini bisa memberikan keuntungan pula bagi perusahaan besar yang telah menjadi partnernya.

Saling menguntungkan

Hubungan partner antara pebisnis yang satu dengan yang lainnya memang dilakukan dengan dasar motivasi tertentu. Biasanya motivasi yang dimiliki oleh masing-masing pebisnis bersifat menguntungkan bagi masing-masing pihak. Namun bagaimanapun juga motivasi yang timbul pada masing-masing pihak juga seharusnya mengacu pada keuntungan bersama.

Cara Kerja Partnership Adalah Sebagai Berikut

Memilih jenis kerja sama

Hal pertama yang perlu dilakukan oleh masing-masing pihak pebisnis yang menjalin hubungan partner adalah memilih jenis kerja sama. Bila memang Anda telah mengetahui dengan pasti tentang jenis kerja sama yang akan dilakukan maka perusahaan bisa dijalankan oleh Anda secara lebih lancar.

Membuat MoU

MoU pada dasarnya merupakan singkatan dari Momerandum of Unserstanding. Pada MoU ini biasanya terdapat berbagai hak dan kewajiban serta tanggung jawab yang dimilikioleh kedua belah pihak. Jadi seluruh hak dan kewajiban serta tanggung jawba ini ditulis pada MoU agar bisa bersifat mengikat secara hukum. Dengan adanya MoU ini maka kedua belah pihak bisa selalu mengerti apa saja hal yang menjadi hak dan kewajibannya.

Menjalankan tugas masing-masing

Jika memang MoU sudah disusun maka hal ini berarti kedua belah pihak yang mengadakan hubungan partner bisa melakukan setiap tugasnya dengan baik. Setiap hal yang menjadi tugas dari masing-masing pihak bisa mulai dilakukan. Tugas yang dijalankan oleh masing-masing pihak tentunya harus berdasarkan pada kontrak yang memang sudah ditandatangani bersama.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Membayar pajak

Dalam hubungan partnership sekalipun kedua belah pihak saling bekerja sama namun tentunya pembayaran pajak mnejadi tanggung jawab masing-masing pihak. Pembayaran pajak dilakukan sesuai dengan besar penghasilan yang diterima oleh masing-masing pihak. Jadi perhitungan pajak masing-masing pihak bisa saja berbeda.

Tujuan Partnership Adalah Seperti Ini

Membangun usaha

Umumnya hubungan kerja sama kedua pihak dalam menjalankan bisnis dilakukan dengan harapan agar kedua pihak bisa membangun usaha dengan baik. Pendirian usaha diharapkan agar bisa berlangsung dengan lancar dan proses menjalankan bisnis bisa lancar. Maka usaha yang dibangun ini bisa berlangsung sesuai dengan harapan dari kedua belah pihak dan memberi keuntungan.

Mengalami pertumbuhan

Usaha yang dibangun dan didirikan dengan sistem partnership juga selalu diharapkan agar bisa mengalami pertumbuhan. Pertumbuhan bisnnis ini nantinya akan menyebabkan terjadinya perkembangan ekonomi kedua belah pihak pebisnis. Pertumbuhan ekonomi suatu perusahaan memang bisa saja diraih dengan lebih mudah jika pendirian bisnis dilakukan dengan melibatkan dua pihak pebisnis atau lebih.

Meningkatkan hubungan

Hubungan yang dijalin antara pihak pebisnis yang satu dengan pihak pebisnis lainnya memang bertujuan untuk saling memberikan keuntungan. Namun di lain hal tentunya hubungan yang terjalin di antara kedua belah pihak diharapkan agar dapat meningkatkan hubungan sosial di antara keduanya. Hubungan sosial yang baik dengan pebisnis lainnya tentu turut menjadi kebutuhan bagi para pebisnis.

Pelaksanaan Partnership

Partnership adalah salah satu jenis bentuk kerja sama yang dibangun oleh dua pihak. Tentunya hubungan kerja sama ini dilakukan dengan adnaya harapan agar kedua belah pihak bisa sama-sama mendapatkan keuntungan. Hubungan kerja sama yang dijalin oleh dua belah pihak dalam menjalankan bisnis ini bisa meliputi berbagai macam hal. Mulai dari pengaturan dan pengelolaan pekerjaan yang dilakukan di setiap hari hingga penetapan sistem bagi hasil. Setiap hal yang telah disepakati bersama tentunya harus dilakukan oleh kedua belah pihak dengan penuh tanggung jawab sekaligus sesuai dengan perjanjian yang sudah tertuang di kontrak.

Pastinya penjelasan di atas layaknya pemilihan sistem keuangan yang tepat untuk perusahaan. Sebaiknya serahkan saja pada JojoExpense. Produk ini dijamin bisa membantu pencatatan keuangan perusahaan yang lebih baik dan efisien. Selain itu juga membantu menghemat keuangan perusahaan secara optimal serta mempermudah proses reimbursement kapanpun dan dimanapun.

Manfaat tersebut berkat adanya fitur-fitur menarik yang dapat ditemukan pada JojoExpense. Mulai dari fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun hingga fitur proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis yang dapat disesuaikan. Jadi sebagai pengguna tidak perlu merasa cemas dan khawatir.

Serahkan sepenuhnya pada JojoExpense dan segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Nikmati bonus coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan sendiri kehebatan dari produk yang satu ini.