Tips Menciptakan Ruang Kerja yang Nyaman dan Ideal

ruang kerja

Untuk meningkatkan semangat kerja terkadang desain Ruang kerja sangat berpengaruh pada mood kita, selain itu kondisi yang nyaman dan sehat tentu sangat berpengaruh juga pada kinerja kita. Selain itu dapat meningkatkan produktivitas Anda. Terutama, ketika Anda merasa bosan, ruang kerja yang nyaman bisa menjadi solusi.

Nah, dalam artikel berikut ini, kita akan bahas secara lebih detail, apa saja syarat ruang kerja yang nyaman sehingga mampu menaikkan kinerja serta produktifitas kerja, baik dikantor atau di rumah (Work From Home).

Ruang Kerja yang ideal dan efektif

Memiliki ruang kerja yang nyaman memang impian semua orang apalagi ketika Work From Home. Pekerjaan dari rumah yang penuh distraksi apalagi tidak ada batasan jelas antara bekerja dan aktivitas rumah kadang membuat pekerja remote memiliki anomali produktivitas.

Nah, salah satu cara untuk menstabilkan bahkan meningkatkan produktivitas adalah dengan membuat ruang kerja yang nyaman.  Sehingga mampu meningkatkan emosi dan kreativitas saat bekerja hasilnya pekerjaan dapat selesai dengan baik. Lalu apa saja syarat atau kriteria membuat ruang kerja yang nyaman saat work from home?

1. Pemilihan warna yang tepat di ruang kerja

Seorang psikolog Angela Wright, mengungkapkan bahwa warna dapat memberikan efek khusus kepada para pekerja kantoran. Untuk itu Wright menyarankan menggunakan perabotan berwarna biru karena warna biru bisa berperan sebagai stimulan kecerdasan. Selain biru, Angela juga merekomendasikan warna kuning, yang merupakan warna terang sehingga memberikan efek menginspirasi kreativitas. Bisa juga warna merah yang dapat memengaruhi kondisi fisik. Serta hijau yang bisa menciptakan unsur ketenangan.

ruang kerja

2. Sentuhan personal di meja kerja

Seorang mahasiswa psikologi dari University of Exeter pernah melakukan penelitian dan mempelajari efek sentuhan personal di meja kerja. Penelitian tersebut mencoba membandingkan antara kelompok yang tidak diizinkan untuk mempersonalisasi ruang kerja dengan kelompok yang diizinkan untuk menghias ruang kerja. Kelompok yang diberikan izin untuk menghias ulang ruang kerja mereka menunjukkan hasil yang paling positif. Mereka dilaporkan mengalami peningkatan konsentrasi, suasana, organisasi, dan produktivitas.

3. Ruang Kerja perlu memiliki jendela

Tidak hanya mengurangi pengap, keberadaan jendela ini erat hubungannya dengan pencahayaan dan sirkulasi udara. Sebuah ruangan dengan jendela yang terbuka tentu lebih menyehatkan jika dibandingkan dengan dengan yang tertutup, begitu juga dengan ruang kerja. Jendela yang tertutup menyebabkan seseorang yang berada di dalamnya hanya terpapar cahaya lampu artifisial saja, hal ini berdampak buruk bagi kesehatan.

ruang kerja

4. Hiasi ruang kerja dengan tanaman hijau

Adanya tanaman hijau di ruang kerja atau kantor, menurut beberapa survey dapat menyegarkan suasana dan membuat mood menjadi lebih baik. Survey tersebut memang sesuai dengan fakta, bagaimana desain kantor yang dirancang dengan pendekatan natural dapat memberikan efek positif dan peningkatan produktivitas pekerjanya.

5. Efek Tanaman Hidup di ruang kerja

Bekerja di ruang tertutup terkadang membuat beberapa orang menjadi bosan dan stres. Jika Anda memiliki ruang kantor yang tertutup, Anda bisa menambahkan tanaman hijau sebagai hiasan di meja. Carilah tanaman yang cocok di ruangan tertutup dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Dengan menambahkan tanaman di ruang kerja, Anda akan mendapatkan energi positif dan meningkatkan produktivitas Anda.

6. Pilih Warna yang Produktif

Warna telah terbukti dapat mempengaruhi produktivitas di tempat kerja. Walaupun setiap orang memiliki ketertarikan sendiri terhadap warna, namun ada beberapa warna yang ternyata memiliki efek memengaruhi. Misalnya warna biru merangsang pikiran, kuning mendorong penciptaan ide atau kreativitas, merah mempengaruhi fisik, hijau menciptakan keseimbangan yang membuat ketenangan, atau merah muda yang dapat memberikan keceriaan dan senyuman.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

7. Pakai Pencahayaan

Cahaya yang masuk dalam ruangan kerja biasanya tidak terlalu banyak, penerangan dari dalam ruangan pun terkadang belum cukup. Karena itu, Anda bisa menambahkan sedikit cahaya lebih di atas meja. Cobalah pasang lampu kecil atau desk lamp di samping meja kerja Anda, dengan begitu suasana kerja akan terasa lebih hangat dan nyaman. Meja dengan pencahayaan yang cukup juga bisa membuat Anda lebih produktif, kreatif, dan tidak mudah mengantuk.

ruang kerja

8. Lengkapi dengan Bantal Kursi

Kursi yang Anda gunakan ternyata sangat berpengaruh dalam kenyamanan kerja. Di kursi itulah Anda menyelesaikan pekerjaan, mencari inspirasi, hingga membuat sebuah inovasi. Karena itu, tempat duduk yang nyaman akan mendukung produktivitas dan suasana kerja Anda. Untuk membuat kursi yang nyaman, Anda bisa menambahkan bantal pada kursi, sehingga Anda dapat bekerja lebih nyaman dan bersender dengan mudah. Anda juga bisa menambahkan bantal kecil pada permukaan kursi untuk menghindari pegal-pegal akibat kursi yang terlalu keras.

9. Tambahkan Foto Keluarga

Keluarga adalah salah satu alasan yang dapat membuat Anda lebih semangat bekerja. Jadi, cobalah mulai pilih foto keluarga dan atur posisi yang mudah dilihat, serta tidak mengganggu pekerjaan Anda. Jika ruangan atau meja kerja Anda tidak cukup untuk menyimpan foto, Anda bisa menjadikan foto keluarga di dalam layar komputer atau laptop. Dengan begitu, semangat kerja Anda akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

10. Atur Suhu ruangan

Anda pasti bisa merasakan perbedaan jika bekerja di suhu ekstrim dan suhu normal. Baik ekstrim dingin maupun ekstrim panas. Atur suhu di ruang kerja Anda dengan sebaik-baiknya. Jika memiliki ruang privat, tentu lebih mudah mengatur suhu ruangan sesuai yang diinginkan. Namun jika menempati ruang kerja bersama dengan rekan yang lain maka kompromikan pengaturan suhu AC. Jumlah dan posisi AC juga bisa disesuaikan kondisi ruang kerjanya, terutama jika satu ruangan terdiri lebih dari sepuluh orang dan membutuhkan lebih dari satu AC.

11. Rapikan Meja Kerja

Banyak orang yang saking sibuknya hingga membuat meja kerja berantakan dengan tumpukan barang yang terlalu banyak. Hal ini tentu sangat mengganggu kerja dan membuat tingkat produktivitas menurun. Oleh karena itu, Anda bisa mulai membuang atau menyimpan barang-barang yang tidak terpakai, dan sisakan beberapa barang penting seperti jam, kalender, catatan penting, dan tempat alat tulis.

12. Kebisingan/suara aktifitas

Bekerja di lokasi yang berisik tentu sangat tidak nyaman. Jika bekerja di gedung perkantoran, bisa jadi Anda akan jarang menemui kebisingan. Lain halnya jika yang bekerja di perusahaan industri, tentu akan sering terkendala masalah kebisingan dari suara mesin produksi. 

Ruangan kerja atau ruang kantor yang ideal adalah yang jauh dari ruang produksi. Namun masih bisa memantau kinerja karyawan melalui sebuah teknologi terbaru berupa aplikasi Human Resources.

Produk populer JojoTimes untuk meningkatkan produktivitas perusahaan
Hemat waktu, uang, dan tenaga dengan otomasi sekaligus streamlining tugas HR & Finance.

ruang kerja

Aplikasi dari Jojonomic human resources terbaik yang akan disukai tim Anda. Produk Human Resource kami siap digunakan, mudah dipakai dan memiliki ROI besar untuk semua jenis bisnis.

Aplikasi Human Resource Suites JojoTimes
Solusi lengkap dan praktis manajemen sumber daya manusia perusahaan

Aplikasi JojoTimes

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan

Memiliki Fitur yang Populer

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Kenali dan buktikan kinerja Aplikasi JojoTimes dengan klik Coba Gratis Sekarang