Pengertian Artificial Intelligence dan Penerapannya

pengertian artificial intelligence

Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan sudah menjadi sesuatu yang menjadi perhatian karena berpengaruh pada pekerjaan manusia. Pengertian Artificial Intelligence adalah istilah kecerdasan buatan yang diterapkan pada mesin apa pun yang menunjukkan sifat-sifat yang terkait dengan pikiran manusia. Teknologi kecerdasan buatan atau istilah kerennya AI (Artificial Intelligence) saat ini sudah banyak bertebaran dan diterapkan di berbagai bidang.

Bahkan AI bisa Anda jumpai dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual Google misalnya. Kecerdasan buatan memang bukan hal yang baru, namun perkembangannya selalu menjadi sesuatu yang menarik perhatian Nah, berikut ini adalah artikel yang akan membahas lebih lengkap tentang kecerdasan buatan atau AI.

Pengertian Artificial Intelligence (Kecerdasan buatan)

Pengertian Artificial Intelligence (AI) adalah buatan dari cabang ilmu yang ada di bidang komputer, dimana isi di dalamnya lebih menekankan pola pikir dan bekerja pada manusia, pengembangan dalam hal intelligence mesin, dan lain sebagainya. Contoh penerapannya yaitu seperti pemecahan suatu masalah, pengenalan suara, dll. Menurut Mcleod dan Schell,  kecerdasan buatan adalah aktivitas penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang dianggap sama cerdasnya dengan jika kemampuan tersebut ditampilkan oleh manusia.

Dengan kata lain AI merupakan sistem komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut.

pengertian artificial intelligence

Pengertian Artificial Intelligence dan fungsinya

AI sendiri merupakan teknologi yang memerlukan data untuk dijadikan pengetahuan, sama seperti manusia. AI membutuhkan pengalaman dan data supaya kecerdasannya bisa lebih baik lagi. Poin penting dalam proses AI adalah learning, reasoning dan self correction. AI perlu belajar untuk memperkaya pengetahuannya. Proses belajar AI pun tidak selalu disuruh oleh manusia, melainkan AI akan belajar dengan sendirinya berdasarkan pengalaman AI saat digunakan oleh manusia.

Artificial Intelligence (AI) dianggap sebagai salah satu penemuan besar yang membawa dampak besar bagi perubahan kehidupan manusia, selain penemuan roda, api, dan listrik. Salah satu konsep yang diprediksi akan mendorong tren produk teknologi masa depan ini juga sudah mulai diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Penerapan Artificial Intelligence (AI)

Apa saja contoh penerapan AI di kehidupan manusia saat ini ? Berikut informasinya untuk Anda :

1. Fitur Filter email di Gmail

Google menggunakan AI untuk memastikan bahwa hampir semua email yang diterima dalam kotak masuk bersifat asli. Filter email di Gmail berupaya mengurutkan email ke dalam sejumlah kategori, yakni utama, sosial, promosi, pembaruan, forum, dan spam. Program ini membantu mengorganisir email sehingga memudahkan Anda melakukan komunikasi melalui email.

Pola kerjanya adalah Gmail mengurutkan email menjadi 4 kategori tab yang berbeda, dan mengirim email spam ke dalam folder terpisah. Google juga mengklaim bahwa pemfilteran berbasis AI mencegah lebih dari 99% spam masuk ke kotak masuk Email.

2. Discover Weekly di Spotify

Bagi Anda yang sering menggunakan Spotify untuk mendengarkan musik favorit Anda, secara tidak langsung setiap harinya Anda sering berhubungan dengan Artificial Intelligence. Playlist Discover Weekly yang dirilis Spotify pada tahun 2015 lalu mampu menggabungkan rekomendasi yang sesuai dengan bantuan AI. Berdasarkan analisisnya dari apa yang telah Anda dengarkan sebelumnya. Discover Weekly di Spotify memberikan Anda playlist yang dipersonalisasi sehingga bisa menampilkan rekomendasi musik yang Anda sukai.

3. Meningkatkan Kinerja sosial media

AI memudahkan pengguna untuk mencari dan berkomunikasi dengan teman dan rekan bisnis melalui sosial media. Manfaat penggunaan AI dalam sosial media salah satunya bisa ditemukan pada LinkedIn. AI digunakan untuk membantu mencocokkan kandidat dengan pekerjaan dengan harapan dapat mensinkronkan kecocokan yang lebih tinggi antara bos dan karyawan.

4. Navigasi dan travel

Penerapan Artificial Intelligence untuk membantu aktifitas manusia sangat membantu. Misalnya saja travel dan navigasi, dimana penggunaan navigasi untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya terutama saat memesan transportasi online.

Baik Google dan Apple bersama dengan layanan navigasi lainnya menggunakan Artificial Intelligence untuk menafsirkan ratusan ribu titik data yang mereka terima untuk memberi pengguna data lalu lintas secara real-time. Saat Anda memesan ojek online, harga dan kendaraan yang cocok dengan permintaan perjalanan Anda juga ditentukan oleh AI. Dengan kata lain, AI memainkan peran yang sangat penting untuk berpindah dari satu titik ke titik lainnya.

pengertian artificial intelligence

Pengertian Artificial Intelligence Robot

Secara garis besar sebuah kecerdasan buatan dapat melakukan pekerjaan manusia dari salah satu dari keempat faktor berikut :

  1. Acting humanly, sistem yang dapat bertindak layaknya manusia.
  2. Thinking humanly, sistem yang bisa berpikir seperti halnya manusia.
  3. Act rationally, sistem yang mampu bertindak secara rasional.
  4. Think rationally, sistem yang mampu berpikir secara rasional.

Beberapa Contoh hasil kerja Robot AI

Kecerdasan buatan atau AI ini telah banyak diterapkan di berbagai bidang seperti industri, medis, pendidikan, bisnis bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini beberapa contoh dari penerapan AI, diantaranya :

1. Fitur DeepFace Facebook

Hasil kerja kecerdasan buatan atau AI adalah teknologi DeepFace yang dimiliki oleh Facebook. AI ini berfungsi untuk mengenali wajah orang yang ada pada postingan foto. Dengan teknologi ini, Anda tidak perlu lagi menandai seseorang yang ada pada foto secara manual, karena AI ini yang akan melakukannya.

Perlu Anda ketahui bahwa sebelum AI dapat mengidentifikasi bahwa orang di foto itu adalah Anda, AI akan dilatih berdasarkan data. Datanya didapatkan saat Anda menandai orang di foto sebelumnya dan dari hasil saran AI terhadap orang yang ada di foto yang Anda setujui. Setelah AI berlatih dan memiliki banyak data maka AI nantinya akan dapat mengidentifikasi seseorang yang ada di foto.

pengertian artificial intelligence

2. Rekomendasi Produk E-Commerce

Konsep penerapan AI yang biasanya sering dijumpai adalah rekomendasi produk pada e-commerce. Jika Anda sering berbelanja di salah satu e-commerce dan ketika Anda berbelanja ada tampilan produk-produk yang direkomendasikan untuk Anda. Produk rekomendasi tersebut merupakan hasil dari proses AI.

3. Kecerdasan buatan (AI) untuk Asisten Virtual

Contoh dari kecerdasan buatan berikutnya adalah asisten virtual, ada banyak penyedia asisten virtual seperti Google assistant, Siri atau Alexa. Seperti asisten pada umumnya, asisten virtual ini juga bisa kamu ajak berinteraksi. Selain itu asisten virtual dapat mencatat kapan kamu ada janji atau acara dan memberikan informasi ketika waktu acara yang ditentukan segera tiba.

Asisten virtual ini juga bisa Anda perintah untuk melakukan pengiriman pesan, memutar musik, membuka aplikasi dan lain sebagainya. Asisten virtual ini juga akan terus belajar seiring kamu menggunakannya, sehingga asisten virtual dapat mengetahui apa yang Anda sukai dan hal apa yang biasa kamu lakukan.

Software Keuangan Perusahaan berbasis Kecerdasan buatan (AI)

Saat ini kecerdasan buatan atau AI, sudah banyak mempengaruhi aktifitas manusia, seperti pola berinteraksi dan meningkatkan pengalaman serta memberikan kemudahan dan kenyamanan kita. Sampai saat ini AI akan terus berkembang, sehingga akan datang AI yang lebih canggih dimasa mendatang. Tentunya AI yang lebih baik lagi dengan lebih banyak perbaikan, pengembangan, dan penerapannya.

Kecerdasan buatan tidak selalu dikonotasikan negatif yang akan menggantikan peran manusia dan mengambil alih pekerjaan manusia. Meskipun memang ada beberapa pekerjaan yang bisa saja digantikan oleh AI, misalnya saja software untuk mempermudah kinerja keuangan perusahaan.

pengertian Artificial intelligence

JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi Payroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

FITUR POPULER dari JojoPayroll

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Metode Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Coba Gratis Sekarang