Jenis-Jenis Artikel Listicle Berikut Manfaat dan Langkah Pembuatannya

artikel listicle

Artikel listicle bisa disebut juga sebagai artikel yang dibuat dari daftar. Tentu hal ini sudah cukup familiar bagi seorang penulis artikel. Atau mungkin juga bagi seorang penulis konten yang saat ini sedang trend. Konten yang berupa artikel bisa saja dibuat dengan menggunakan format listicle. Dengan adanya format list-article atau artikel listikel ini maka diharapkan agar artikel nantinya jadi lebih mudah dipahami.

Jenis Artikel Listicle

General listicle

Yang dimaksud dengan general article adalah artikel yang disertai dengan adanya gambar. Jadi artikel biasanya digerakkan oleh gambar yang dipilih oleh penulis. Tentunya pemilihan gambar bisa disesuaikan dengan topik artikel yang dipilih dan digunakan. Dengan adanya gambar maka artikel ini akan menjadi lebih menarik untuk dibaca.

Definitive listicle

Jenis lainnya yaitu definitive article. Saat membuat artikel jenis ini maka Anda harus banyak melakukan riset dan penggalian. Bahkan Anda harus berpikir secara lebih dalam sebelum menerbitkan artikel jenis ini. Sebab setiap list yang ada pada rtikel jenis ini umumnya memiliki konsep berdasarkan pada pengalaman seseorang.

Framework listicle

Jenis artikel listicle yang terakhir adalah framework listicle. Dalam hal ini Anda bisa mengarahkan pembaca di tajuk utama Anda dengan kata ganti orang kedua tunggal. Sedangkan Anda sendiri bisa lebih memusatkan artikel sebagai suatu solusi. Maka artikel ini bisa menjawab apa yang menjadi permasalahan bagi audiens.

Kelebihan Artikel Listicle

Dapat dipindai

Mungkin saja seorang audiens mencari artikel yang mudah untuk dipindai. Ada banyak faktor yang bisa membuatnya seperti itu misalnya karena audiens sedang terburu-buru. Amak audiens akan mencari artikel yang bisa dengan mudah dipindai. Dalam hal ini pembaca bisa dengan mudah memindai informasi yang diperolehnya dengan lebih cepat.

Mudah penulisannya

Selain mudah dipindai rupanya sebuah artikel listiclebanyak dipilih karena mudah penulisannya. Penulis memang biasanya lebih mudah untuk menulis list pada tulisannya. Sebab pada dasarnya pembuatan artikel atau konten dnegan menggunakan list ini dinilai sebagai format yang paling mudah jika dibandingkan dengan format lainnya. maka tak heran bila banyak penulis yang menyukai format list ini.

Preview

Yang dimaksud dengan preview dalam hal ini adalah mudah dipratinjau. Jadi sebuah artikel yang ditulis dalam bentuk list sebenarnya tampak lebih menarik bagi pembaca. Selain menarik rupanya adanya list bisa membuat pembaca lebih mudah mamahami isi artikel. Oleh karena itu pembaca bisa melakukan pratinjau dengan lebih mudah pada artikel berjenis list.

Komprehensif

List article juga memiliki kelebihan lainnya yaitu bersifat komprehensif. Jadi artikel yang seperti ini lebih mudah diterima dan lebih mudah menarik audiens. Sebisa mungkin buatlah list article dengan singkat. Bahkan Anda bisa membuat sebanyak satu halam saja. Maka pembaca akan sangat menyukai artikel Anda.

Menulis Artikel Listicle

Menentukan topik

Untuk menulis berbagai jenis artikel tentu langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan topik tulisan. Tentu saja hal ini juga berlaku bagi pembuatan list article. Sebaiknya topik yang diangkat untuk artikel Anda sangat menari. Sebisa mungkin juga sesuaikan topik Anda dengan kondisi sekarang. Topik juga bisa saja merupakan solusi atau jawaban dari sebuah permasalahan.

Menentukan list

Setelah Anda menentukan topik untuk artikel Anda maka selanjutnya Anda bisa menentukan list yang tepat. Untuk membuat list sebaiknya Anda mengumpulkan banyak ide. Kemudian dari berbagai ide tersebut kemudian Anda bisa membuat list. Artikel yang di dalamnya terdapat list tentu akan membuat pembaca menjadi semakin leih mudah dalam memahami isi artikel.

Melakukan shortage list

Rupanya beberapa penulis lebih memlihi jumlah list dalam artikel berjumlah ganjil. Atau terkadang penulis memilih untuk menulis list sejumlah angka prima. Sebab secara psikologis jumlah list yang demikian bisa menjadi tampak lebih menarik bagi para audiens. Maka audiens akan menyemoatkan wkatu untuk membaca artikel Anda sampai selesai.

Memilih format pengurutan list

Ada banyak format yang bisa Anda pilih untuk melakukan pengaturan list. Salah satunya adalah menulis list berdasarkan ranking. Tidak hanya itu saja tetapi Anda juga bsia membuat list dengan berdasar pada hal lainnya. Misalnya saja berdasarkan kualitas ataupun nilai ataupun berdasarkan kategori tertentu. Bagaimanapun bentuk format yang digunakan namun sebaiknya tiaplist yang ada pada artikel Anda bersifat jelas.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Memberikan label

Untukmembuat list dalam artikel sebaiknya Anda juga menggunakan label.Berikan label pada list yang Anda buat sehingga label ini bisa menarik audiens. Dengan adanya label maka audiens bisa tahu dengan lebih jelas mengenai apa saja yang terdapat dalam list.

Memberi hiasan

Sebenarnya ada beberapabentukhiasan yang bsia digunakan dalam membuat list article. Hiasan bisa saja berupa gambar atau bisa juga berupa meme. Bahkan sekarang ini ada pula animasigif yang tampak lebih keren. Ada pula website yang telah menyediakan hiasan tertentu agar bisa digunakan oleh penulis dalam membuat list. Dengan adanya hiasan ini maka artikel akan memiliki tampilan yang lebih menarik sehingga memikat audiens.

Menarget audiens

Umumnya sebuah artikel atau konten dibuat dengan adanya target audiens. Target ini bisa dikategorikan misalnya usia audiens ataupun kepentingan audiens dan sebagainya. Namun biasnaya artikel lebih banyak ditujukan untuk anak muda. Sebab anak muda merupakan golongan yang paling sering mengakses internet. Dengan adanya target maka audiens yang menjadi target Anda bisa memilih artikel Anda untuk dibaca.

Artikel Listicle Efektif

Artikel listicle tentu akan menjadi pilihan yang menarik bagi sebuah tulisan atau konten. Sebab dengan adanya list maka segala kemudahan akan didapat. Baik kemudahan untuk penulis maupun untuk pembaca. Oleh karena itu penulisan list article ini sebenarnya bisa dibilang paling efektif. Penulisan artikel berjenis list ini memang bisa dibilang lebih mudah. Selain itu adanya list bisa membuat artikel mnejadi lebih menarik. Bahkan jenis artikel ini paling banyak disuka oleh para audiens. Bentuknya yang singkat dan terkesan sederhana menjadikan artikel listicle membuatnya menjadi pilihan bagi banyak orang.

Tentunya hal tersebut seperti saat memilih absen perusahaan yang paling efektif. Salah satunya yaitu dengan menggunakan JojoTimes. Berkat produk yang satu ini tentunya absensi perusahaan dapat dilakukan lebih efektif dan efisien. Lokasi absensi karyawan dapat diketahui dengan jelas, serta datanya dapat tersimpan dengan akurat dan baik. Perusahaan lebih mudah melakukan peninjauan absen karyawan harian dan resiko penipuan absen juga lebih minim.

Hal ini berkat beberapa fitur yang ada di dalam JojoTimes. Fitur-fitur tersebut meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi, jangan ragu untuk beralih ke JojoTimes. Segera dapatkan coba gratis selama 14 hari di perusahaan Anda dan rasakan sendiri manfaat yang dijanjikannya.