Penyelesaian Konflik: Solusi Serta Cara Penyelesaian Secara Efektif

Dalam kehidupan ini tentu tidak bisa dipungkiri bahwa kita semua pasti memiliki konflik, baik itu dalam keluarga, pekerjaan, dan juga kehidupan sosial. Namun sebesar apapun konflik yang dihadapi harus ada cara penyelesaian konflik yang mendamaikan serta baik untuk semua pihak.

Memang konflik adalah sesuatu yang tak dapat dihindari, terutama jika Anda merupakan seorang pemimpin. Anda harus mengambil keputusan terbaik sehingga tidak memunculkan masalah baru. Dalam pekerjaan, biasanya konflik terjadi saat sebagian besar anggota ingin menghasilkan kualitas kinerja yang lebih baik, namun sebagian lainnya lebih memilih untuk beristirahat dari pekerjaan. 

Bagaimana penyelesaian konflik dilakukan ?

Sebelum kita bahas bagaimana cara menyelesaikan konflik, terlebih dahulu kita ketahui dahulu apa itu konflik ? Konflik berasal dari bahasa Latin “configure” yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) di mana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya.

Dalam kehidupan bernegara, konflik muncul saat kita, warga Negara, menginginkan lebih banyak fasilitas untuk rekreasi namun pemerintah harus melihat keseimbangan dalam mempertahankan pertumbuhan pariwisata. Konflik terjadi di berbagai sektor.

Banyak juga yang menganggap konflik adalah sebuah tahapan akhir sebelum terjadinya pertengkaran, dan mereka mengesampingkannya seolah-olah konflik tersebut tidak pernah terjadi sebelumnya. Sebenarnya, konflik adalah perpotongan antara individu dan pendapat, ini tidak langsung mengarah pada pertengkaran.

penyelesaian konflik

Efektifkah Menghindari Konflik ?

Meskipun menghindari konflik terlihat sperti pilihan yang tepat. Namun pada kenyataannya tidak menyelesaikan konflik.Hal ini justru akan semakin menghantui kita dan membuat situasi semakin sulit. Selain itu, menghindari konflik juga meningkatkan kesalahpahaman antara pihak-pihak yang terkait. Ini justru akan menghambat komunikasi terbuka dan para pihak terkait lebih cenderung merahasiakannya. Tentu saja, ini akan merugikan tim.

Untuk itu perlu sikap terbuka dan pendekatan yang berfokus terhadap cara untuk membangun pengertian akan satu dengan yang lain dan juga membangun rasa hormat yang dapat memperkuat ikatan kedua belah pihak.

Tips Penyelesaian Konflik

1. Prioritaskan hubungan baik. 

Sebelum mendiskusikan masalah, pastikanlah bahwa permasalahan itu tidak sepenuhnya terjadi karena kesalahan seseorang. Setiap orang bertanggung jawab akan hal ini. Lalu, sangatlah penting untuk memberikan keterlibatan kita dalam masalah dan menyatakan dengan jelas bahwa kita mendengarkan pendapat semua orang, bukan menuduh.

Memang sangatlah mudah bagi kita untuk mengabaikan penyebab konflik dan justru menunjuk anggota tim yang memiliki pandangan berbeda. Ini adalah pola pikir yang salah. Anda lebih cenderung menyalahkan orang lain, tidak mendengarkannya. Anda akan gagal untuk mengakui masalah yang sebenarnya. Cara ini akan merusak hubungan baik diantara anggota tim dan akan memperparah masalah. 

penyelesaian konflik
Employees Office Men Suit Business Greeting Work

2. Penyebab masalah bukan orang lain

Katakan dengan jelas bahwa masalah tidak pernah terjadi sepihak. Masalah memerlukan kolaborasi. Dan yang lebih penting, masalah tidak perlu diambil secara pribadi. Kita tidak sedang menuduh seseorang, tetapi mencari cara untuk menanganinya. 

Jika hal-hal diambil secara pribadi, segalanya akan menjadi diluar kendali. Setiap orang akan bersikap tidak rasional dan mengabaikan pendapat orang lain. Lalu, kita akan sulit untuk mencari tahu masalah yang sebenarnya karena kita tidak mendapatkan gambaran yang jelas akan masalah tersebut. Ini disebabkan oleh asumsi masing-masing.

Terlepas dari perbedaan pendapat yang dimiliki, kita harus menekankan bahwa masalah bukanlah hasil yang dibuat oleh orang lain, ini hanya perbedaan perspektif. Jadi, jika kita mencoba untuk melihat masalah dari sudut pandang orang lain, kita dapat memahami perbedaan pendapat yang ada.

3. Jadi pendengar yang baik dan tidak menyalahkan

Ketika sedang menyelesaikan konflik, mintalah pendapat semua orang. Sangatlah penting untuk membuat setiap orang berkontribusi dalam diskusi. Keterlibatan setiap orang sangat dibutuhkan dalam menyelesaikan masalah agar setiap orang merasa dihargai dan didengar. 

Cara mudah untuk membuat orang merasa terlibat adalah mengundangnya untuk berbicara terlebih dahulu. Dengan begini, ia menyadari bahwa pendapatnya juga didengar. Tunjukkan juga bahwa Anda benar-benar mendengarkan mereka dengan memberikan kontak mata langsung dan anggukan. Hal yang terpenting adalah, jangan memotong pembicaraan jika seseorang belum menyelesaikannya. Jadilah pendengar yang baik terlebih dahulu, agar bisa mencari solusi dengan mendengarkan fakta dari kedua belah pihak yang berkonflik.

4. Selesaikan masalahnya bersama. 

Ketahuilah apa yang dipikirkan oleh setiap orang dan inilah waktunya untuk menyelesaikan konflik yang ada. Pada tahapan ini, setiap orang harus mengerti permasalahannya dengan baik. Jadi, setiap orang dapat memberikan solusi terbaik. Ini jauh lebih baik dibandingkan hanya meminta pendapat solusi dari satu orang saja.

Mendapatkan solusi dari setiap orang merupakan hal yang penting karena setiap orang akan merasa dilibatkan dan opini mereka dipertimbangkan. Ini juga akan menghasilkan lebih banyak pilihan solusi sehingga dapat ditemukan solusi terbaik untuk permasalahan yang ada. Setiap orang nantinya akan puas dengan keputusan yang diambil.

penyelesaian konflik

5. Mendengarkan Saran

Selalu pastikan semua orang saling mendengarkan satu dengan yang lainnya. Ini dapat dilakukan dengan memberi kesempatan berbicara secara bergiliran terlebih dahulu sebelum berlanjut ke diskusi. Sekali lagi, tekankan bahwa masalah itu bukanlah masalah seseorang dan tidak perlu membuat alasan. 

Berbicaralah secara bergantian, karena setiap orang memiliki kesempatan yang sama dan dapat saling mendengarkan satu dengan yang lainnya. Ini juga membangun kemauan seseorang untuk mendengarkan pendapat orang lain, sekalipun itu berlawanan dengan pendapat yang dimilikinya.

6. Pahami fakta yang ada dan nyatakan masalahnya.

Ketika seseorang sedang menyatakan pemikirannya, mintalah mereka untuk menuliskan fakta-fakta yang mereka ketahui. Tuliskan semua faktanya terlebih dahulu. Lalu tanyakan semua orang tentang informasi-informasi yang diketahuinya. Setelah semuanya selesai, semua fakta tersebut dapat dibagikan sehingga setiap orang memiliki pengertian yang sama akan masalah yang terjadi.

Terkadang, orang lain tidak mengetahui fakta yang kita ketahui. Melewatkan beberapa fakta penting membuat penangkapan masalah menjadi tidak akurat. Ini juga membawa setiap orang mengerti perbedaan pendapat yang dimiliki dan pada akhirnya ini dapat membantu proses penyelesaian masalah. 

Kesimpulannya

Setiap masalah atau konflik perlu adanya mediasi agar konflik tidak berkembang dan lebih buruk. Begitu juga dalam kerja team penyelesaian konflik perlu dengan kepala dingin apalagi menyangkut pekerjaan yang berhubungan dengan anggaran dan keuangan.

Bisa Anda bayangkan jika laporan keuangan tidak memiliki data yang akurat bahkan dilakukan dengan cara manual, otomatis ketika ada masalah tidak bisa dijadikan bukti karena kadang banyak data yang terselip dan susah mencarinya, harus dicek manual satu persatu.

Selain berdiskusi jika adalah masalah keuangan perlu bantuan sistem yang canggih sehingga bisa dipertanggung jawabkan berdasarkan data yang akurat. Seperti Aplikasi keuangan yang terintegrasi dengan laporan keuangan perusahaan yaitu Platform Jojonomic, dengan aplikasi keuangannya JojoPayroll.

penyelesaian konflik

Aplikasi JojoPayroll

Solusi Penggajian Perusahaan Bebas Masalah, Kelola dengan Sentuhan Jari Anda, Kapan Saja Dimana Saja. Solusi Payroll yang Berbasis Cloud mendukung bisnis Anda dan terintegrasi dengan sistem akuntansi Anda serta transfer bank yang real-time.

Aplikasi JojoPayroll memiliki fitur yang populer berbasis Cloud

  1. Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  2. Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  3. Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Tunggu apalagi segera klik Coba Gratis Sekarang dan buktikan kinerjanya !