Peran Pasar Modal dalam Perdagangan dan Bagi Suatu Negara

peran pasar modal

Dalam dunia investasi dan pergerakan pertumbuhan ekonomi suatu negara, pasar modal menjalankan dua fungsi, yaitu pertama sebagai sarana bagi pendanaan usaha atau sebagai sarana bagi perusahaan untuk mendapatkan dana dari masyarakat pemodal (investor). Untuk itu peran pasar modal sangat penting bagi sirkulasi bisnis investasi. 

Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan pasar modal saat ini, baik di Indonesia maupun mancanegara. Simak saja pembahasannya dalam artikel dibawah ini.

Apa yang dimaksud Peran Pasar Modal ?

Berdasarkan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah Indonesia, dan diatur oleh oleh UU nomor 8 tahun 1995. Menurut Undang-undang tersebut, pasar modal diartikan sebagai suatu kegiatan perdagangan efek dan penawaran umum, serta lembaga, perusahaan, maupun profesi yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya.

Definisi lainnya yaitu Pasar modal (capital market) merupakan pasar untuk berbagai instrumen keuangan jangka panjang yang bisa diperjualbelikan, baik surat utang (obligasi), ekuiti (saham), reksa dana, instrumen derivatif maupun instrumen lainnya.. Surat-surat ini dibuat oleh pemerintah maupun perusahaan swasta dan dalam pelaksanaan perdagangannya melibatkan sebuah jasa komisioner, perantara, dan juga underwriter.

peran pasar modal

Sejarah berdirinya Pasar Modal di Indonesia

Pada awal abad ke 19, adalah merupakan permulaan dari aktivitas jual beli saham ataupun obligasi. Dalam buku Effectengids disebutkan bahwa jual beli efek ini sudah berlangsung sejak tahun 1880. Namun baru pada tahun 1992 tepatnya tanggal 14 Desember Amserdamse Effectenbueurs membuka cabang bursa efek untuk pertama kalinya di Indonesia yang bertempat di Batavia atau sekaarang dikenal dengan nama Jakarta.

Pasar modal ini merupakan yang tertua keempat untuk tingkat Asia setelah Bombay, Hongkong, dan juga Tokyo. Awal mula kenapa pihak pemerintahan belanda mendirikan bursa efek di Batavia ini karena pada awal abad ke 19 tersebut berbagai perkebunan sedang dibangun secara besar-besaran.

Supaya proses pembangunan bisa berjalan dengan baik, maka pemerintah kolonial Belanda tentu saja membutuhkan modal. Salah satu sumber modal yang digunakan saat itu adalah tabungan dari orang-orang Eropa dan juga Belanda yang mempunyai penghasilan di atas rata-rata.

Atas dasar itulah pada tanggal 14 Desember 1912 tersebut resmi berdiri pasar yang satu ini dengan nama Vereniging voor dee Effectenhandel. Jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia Namanya adalah Asosiasi Perdagangan Efek. Pasar ini terletak di Batavia (Jakarta) dengan efek yang diperjualbelikan berupa saham dan juga obligasi.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Fungsi Pasar Modal

Ada 6 (enam) fungsi pasar modal yang penting diketahui oleh semua orang. penjelasan lengkapnya seperti dibawah ini :

1. Sarana Pemerataan Pendapatan

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa salah satu fungsi dari pasar modal adalah untuk pemerataan pendapatan. Jadi dalam jangka waktu tertentu, saham yang telah dibeli oleh masyarakat tersebut akan memberikan sebuah dividen. Deviden ini merupakan hak pemilik saham jika suatu perusahaan telah memperoleh keuntungan.

Jadi masyarakat yang sebelumnya telah membeli saham akan memperoleh bagi hasil dari keuntungan yang dimiliki perusahaan. Semakin banyak orang yang sadar dengan hal yang satu ini maka diharapkan pendapatan juga akan bisa merata.

2. Menambah Modal Usaha

Fungsi pertama yang wajib diketahui oleh semua orang yaitu sebagai sarana untuk menambah modal usaha. Para pelaku bisnis harus mengetahui hal ini sebab tidak menutup kemungkinan jika di kemudian hari membutuhkan modal usaha tambahan. Selain meminjam ke bank, para pengusaha juga bisa memilih untuk terjun di dalam pasar ini dalam rangka mencari modal.

Jadi perusahaan atau sebuah bisnis bisa menjual sebagian saham nya di tempat ini. Saham yang dijual tersebut nantinya akan dibeli baik oleh masyarakat, suatu lembaga, atau bisa juga oleh pemerintahan. Dari sanalah para pebisnis bisa mendapatkan modal usaha tambahan.  

peran pasar modal

3. Mampu Menciptakan Lapangan Pekerjaan

Fungsi yang satu ini memang memiliki efek yang cukup luas, bahkan bisa dikatakan bahwa efek yang ditimbulkannya juga merupakan efek domino. Selain akan menguntungkan perusahaan dan pemilik saham, rupanya pasar yang satu ini juga bisa membuka untuk menciptakan lapangan pekerjaan.

Hal ini dikarenakan dengan suntikan modal yang didapatkan oleh perusahaan, maka aktivitas dari perusahaan itu sendiri juga akan meningkat. Seiring peningkatan aktivitas yang terjadi pasti membutuhkan tenaga kerja yang baru. Jadi tidak salah jika dikatakan bahwa salah satu fungsinya untuk membuka lapangan pekerjaan baru.

4. Sarana Untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi

Para pelaku bisnis atau pengusaha tentunya akan sangat diuntungkan dengan adanya saham yang bisa diperjual belikan. Dari saham yang telah terjual, maka perusahaan akan mendapatkan suntikan modal. Nah, jika modal yang dimiliki sudah meningkat otomatis produktivitas dari perusahaan juga akan meningkat pula. Jadi bisnis yang dijalankan bisa semakin maju.

5. Meningkatkan Pendapatan Negara

Fungsi penting selanjutnya yaitu dapat meningkatkan pendapatan negara. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab pemerintah akan menerima pajak dari dividen yang dibagikan perusahaan kepada pemilik atau pemegang saham. Nah dari sana otomatis pendapatan pemerintah pun bisa meningkat.

6. Sebagai Indikator Perekonomian Suatu Negara

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengukur perekonomian dari suatu negara bisa dilihat dari aktivitas di pasar modal. Semakin banyak transaksi yang terjadi, berarti hal tersebut menandakan bahwa aktivitas perekonomian di negeri tersebut memang baik.

peran pasar modal

Apa Saja Peran Pasar Modal ?

Beberapa peran pentingnya dari adanya pasar modal yaitu :

  1. Sebagai lembaga perantara keuangan selain Bank.
  2. Sarana untuk melakukan transaksi jual beli surat-surat berharga atau saham yang memang legal dan terbuka untuk siapa saja.
  3. Menyediakan kesempatan bagi siapa saja yang memiliki modal untuk ikut terlibat dan berpartisipasi dalam berbagai kegiatan bisnis.
  4. Para pelaku bisnis bisa mendapatkan dana atau modal tambahan sebagai upaya untuk ekspansi atau memperluas bisnis yang sedang dijalankannya tersebut.
  5. Saat akan menjual surat berharga yang dimiliki, para pemegang saham atau pemilik surat berharga akan memperoleh likuiditas.
peran pasar modal

Bisnis investasi dan perdagangan memang menarik dan sangat menantang, untuk itu jika ingin bergabung dalam bursa pasar modal, hal pertama yang harus Anda lakukan membenahi pembukuan sesuai standar pada bisnis dan mampu membuat laporan keuangan yang berisi informasi keuangan bisnis yang faktual dan bisa dipertanggungjawabkan.

Anda perlu memiliki sistem administrasi keuangan dan manajemen SDM berbasis aplikasi digital. Tidak lagi memakai cara manual, agar Anda bisa lebih fokus dalam bisnis pasar modal tanpa diganggu oleh permasalahan kinerja perusahaan yang buruk. Cukup memantaunya dalam software yang terintegrasi.

Aplikasi HR terlengkap dan akurat JojoTimes

Solusi Sistem HR Termudah untuk Memantau Kehadiran Karyawan Kapan Saja Di Mana Saja, JojoTimes meningkatkan kinerja perusahaan hingga 98% untuk mendukung perkembangan perusahaan, dengan mengelola administrasi secara otomatis dan memonitor karyawan.

Fitur Populer dari JojoTimes

  1. Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  2. Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  3. Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  4. Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Untuk menguji kinerja aplikasi JojoTimes Coba Gratis Sekarang

Untuk memudahkan kedua hal ini, Anda bisa mencoba menggunakan software akuntansi seperti JojoTimes yang memiliki fitur terlengkap dan mudah digunakan oleh siapapun.