Pertumbuhan Ekonomi, Pengertian sampai Fasenya

Apa Pertumbuhan Ekonomi?

Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa ekonomi, dibandingkan dari satu periode waktu ke waktu lainnya. Ini dapat diukur dalam istilah nominal atau riil (disesuaikan dengan inflasi). Secara tradisional, pertumbuhan ekonomi agregat diukur dalam produk nasional bruto (GNP) atau produk domestik bruto (PDB), meskipun metrik alternatif kadang-kadang digunakan.

POIN PENTING

  • Pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan produksi barang dan jasa dalam suatu perekonomian.
  • Peningkatan barang modal, tenaga kerja, teknologi, dan modal manusia semuanya dapat berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.
  • Pertumbuhan ekonomi biasanya diukur dalam hal peningkatan nilai pasar agregat dari barang dan jasa tambahan yang diproduksi, dengan menggunakan perkiraan seperti PDB.

Memahami Pertumbuhan Ekonomi

Secara sederhana, pertumbuhan ekonomi mengacu pada peningkatan produksi agregat dalam suatu perekonomian. Seringkali, tetapi tidak harus, perolehan agregat dalam produksi berkorelasi dengan peningkatan produktivitas marjinal rata-rata. Itu mengarah pada peningkatan pendapatan, menginspirasi konsumen untuk membuka dompet mereka dan membeli lebih banyak, yang berarti kualitas hidup atau standar hidup material yang lebih tinggi

Dalam ilmu ekonomi, pertumbuhan biasanya dimodelkan sebagai fungsi dari modal fisik, modal manusia, tenaga kerja, dan teknologi. Sederhananya, meningkatkan kuantitas atau kualitas penduduk usia kerja, peralatan yang mereka miliki, dan resep yang mereka miliki untuk menggabungkan tenaga kerja, modal, dan bahan mentah, akan mengarah pada peningkatan output ekonomi.

Metode Menghasilkan Pertumbuhan Ekonom

Ada beberapa cara untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi.

1. Peningkatan jumlah barang modal fisik dalam perekonomian

Menambahkan modal ke perekonomian cenderung meningkatkan produktivitas tenaga kerja. Alat yang lebih baru, lebih baik, dan lebih banyak berarti bahwa pekerja dapat menghasilkan lebih banyak output per periode waktu. Sebagai contoh sederhana, seorang nelayan dengan jala akan menangkap lebih banyak ikan per jam daripada nelayan dengan tongkat runcing.

Namun ada dua hal yang penting untuk proses ini. Seseorang dalam perekonomian pertama-tama harus melakukan beberapa bentuk tabungan (mengorbankan konsumsi mereka saat ini) untuk membebaskan sumber daya untuk menciptakan ibu kota baru, dan ibu kota baru haruslah jenis yang tepat, di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat. agar pekerja benar-benar menggunakannya secara produktif.

Metode kedua untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi adalah peningkatan teknologi.

Contohnya adalah penemuan bahan bakar bensin. Sebelum ditemukannya tenaga penghasil energi bensin, nilai ekonomis minyak bumi relatif rendah. Penggunaan bensin menjadi metode yang lebih baik dan lebih produktif untuk mengangkut barang dalam proses dan mendistribusikan barang akhir dengan lebih efisien.

Teknologi yang ditingkatkan memungkinkan pekerja untuk menghasilkan lebih banyak output dengan stok barang modal yang sama, dengan menggabungkannya dengan cara baru yang lebih produktif. Seperti pertumbuhan modal, tingkat pertumbuhan teknis sangat bergantung pada tingkat tabungan dan investasi, karena tabungan dan investasi diperlukan untuk melakukan penelitian dan pengembangan.

Cara lain untuk menghasilkan pertumbuhan ekonomi adalah dengan menumbuhkan angkatan kerja.

Semuanya sama, lebih banyak pekerja menghasilkan lebih banyak barang dan jasa ekonomi. Selama abad ke-19, sebagian dari pertumbuhan ekonomi AS yang kuat disebabkan oleh masuknya tenaga kerja imigran yang produktif dan murah. Namun, seperti pertumbuhan yang didorong modal, ada beberapa syarat utama untuk proses ini.

Meningkatkan angkatan kerja juga akan meningkatkan jumlah output yang harus dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan dasar para pekerja baru, sehingga pekerja baru harus setidaknya cukup produktif untuk mengimbangi ini dan bukan menjadi konsumen bersih. Juga seperti penambahan modal,

Metode terakhir adalah peningkatan modal manusia. Ini berarti para pekerja menjadi lebih terampil di bidang kerajinan mereka, meningkatkan produktivitas mereka melalui pelatihan keterampilan, coba-coba, atau sekadar lebih banyak praktik. Tabungan, investasi, dan spesialisasi adalah metode yang paling konsisten dan mudah dikontrol.

Modal manusia dalam konteks ini juga dapat merujuk pada modal sosial dan kelembagaan; kecenderungan perilaku ke arah kepercayaan sosial dan timbal balik yang lebih tinggi dan inovasi politik atau ekonomi seperti perlindungan yang lebih baik untuk hak milik adalah jenis modal manusia yang dapat meningkatkan produktivitas ekonomi.

Cara untuk Memacu Pertumbuhan Ekonomi

Jika suatu negara tidak diberkati dengan faktor produksi, ia harus mencari cara lain untuk memacu pertumbuhan. Pemerintah ingin meningkatkan pertumbuhan karena meningkatkan penerimaan pajak. Pertumbuhan memungkinkan bisnis untuk mempekerjakan pekerja, meningkatkan pendapatan mereka. Ketika orang merasa makmur, mereka memberi penghargaan kepada para pemimpin politik dengan memilih kembali mereka.

Pemerintah mendorong pertumbuhan dengan kebijakan fiskal ekspansif. Entah membelanjakan lebih banyak, memotong pajak, atau keduanya. Karena politisi ingin terpilih kembali, mereka menggunakan kebijakan fiskal ekspansif untuk merangsang perekonomian.

Tetapi kebijakan fiskal yang ekspansif membuat ketagihan. Jika pemerintah terus membelanjakan lebih banyak dan memungut pajak lebih sedikit, itu menyebabkan pengeluaran defisit. Hal ini bekerja untuk sementara tetapi pada akhirnya mengarah ke tingkat hutang yang lebih tinggi.

Seiring berjalannya waktu, rasio utang terhadap PDB mendekati 100%, hal itu memperlambat pertumbuhan ekonomi. Investor asing berhenti menginvestasikan dananya di negara dengan rasio utang tinggi. Mereka khawatir tidak akan dibayar kembali atau uang itu akan berkurang nilainya.

Pemerintah kemudian harus berhati-hati dengan kebijakan fiskal yang ekspansif. Mereka hanya boleh menggunakannya saat ekonomi sedang kontraksi atau resesi. Ketika ekonomi tumbuh, para pemimpinnya harus mengurangi pengeluaran dan menaikkan pajak. Kebijakan fiskal yang konservatif ini memastikan pertumbuhan ekonomi tetap berkelanjutan.

Sebuah bangsa bank sentral juga dapat memacu pertumbuhan dengan kebijakan moneter. Ini dapat meningkatkan jumlah uang beredar dengan tingkat bunga yang lebih rendah. Bank memberikan pinjaman untuk mobil, sekolah, dan rumah lebih murah. Mereka juga menurunkan suku bunga kartu kredit . Semua ini meningkatkan belanja konsumen dan pertumbuhan ekonomi.

Fase Pertumbuhan Ekonomi

Analis mengamati pertumbuhan ekonomi untuk menemukan di tahap mana dari siklus bisnis  ekonomi itu. Fase terbaik adalah ekspansi. Ini adalah saat ekonomi tumbuh secara berkelanjutan. Jika pertumbuhan terlalu jauh melampaui tingkat pertumbuhan yang sehat, ia akan menjadi terlalu panas. Itu menciptakan gelembung aset. Inilah yang terjadi pada sektor perumahan pada 2005-2006. Karena terlalu banyak uang mengejar terlalu sedikit barang dan jasa, inflasi pun masuk. Ini adalah fase “puncak” dalam siklus bisnis.

Pada titik tertentu, kepercayaan pada pertumbuhan ekonomi menghilang. Ketika lebih banyak orang menjual daripada membeli, ekonomi  berkontraksi . Ketika fase siklus bisnis itu berlanjut, itu menjadi  resesi . Depresi ekonomi adalah resesi yang berlangsung selama satu dekade. Satu-satunya saat ini terjadi adalah selama  Depresi Hebat tahun 1929 .

Pelaku ekonomi atau industi kreatif dalam masyarakat ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk menghasilkan ide, tidak hanya melakukan hal-hal yang rutin dan berulang. Hal ini bertujuan untuk memberikan produk dan jasa sesuai dengan kebutuhan dan kelancaran bisnisnya.

Jojo Expense

Nah, tapi untuk mendukung kesuksesan bisnismu, juga harus disertai dengan pencatatan atau laporan keuangan yang baik dan akurat. Karena itu, kamu sebagai pertumbuhan ekonomi yang mau atau sedang melakukan usaha pastinya juga mau kan, supaya tetap mempunyai banyak waktu untuk mencari ide dengan laporan keuangan tetap terurus dan lengkap?

Kalau begitu, serahkan saja semua pada aplikasi JojoExpense dari Jojonomic ini! Dijamin laporan keuangan kamu bisa teratur, akurat, dan lebih cepat dan efisien dengan sistem otomatisnya, sehingga hemat waktu dan biaya. Kamu bisa cek laporan keuangan kamu dengan cepat dan praktis di aplikasi JojoExpense ini sehingga bisa lebih produktif! Mantapkan? Tertarik mencoba aplikasi ini? Yuk, coba demo gratisnya sekarang!