Point Of Sale Lacak Perkembangan Penjualan 

Mungkin bagi yang memiliki perusahaan terkait retail sudah tidak asing dengan adanya point of sale ini. Manfaat dari POS sendiri sangat beragam tidak hanya bisa dipergunakan untuk proses transaksi saja. Walaupun keberadaannya memang cenderung di mesin kasir sehingga orang sering mengaitkan POS dengan kasir.

POS ini sangat beragam dan akan disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan. Semakin kompleks transaksi dan maintain equipment yang dibutuhkan oleh perusahaan. Maka bentuk POS akan menyesuaikan. Seperti yang dapat anda lihat secara langsung pada beberapa perusahaan retail bentuk POS utama adalah sebagai perangkat lunak pencatat transaksi.

Lalu apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh perusahaan pengguna point of sale. Berikut akan kami sajikan beberapa manfaat lain, dimana belum terlalu banyak orang yang memahami kegunaan sebenarnya dari POS ini. Dengan informasi ini anda bisa mengoptimalkan penggunaan POS bagi perusahaan.

Point Of Sale Permudah Perusahaan Untuk Menjual

point of sale

Pelayanan adalah inti dari sebuah marketing maka dengan adanya point of sale. Perusahaan bisa melakukan pelayanan terbaiknya melalui POS ini. Terutama dengan ketersediaan dan pencarian barang. Bahkan tidak menutup kemungkinan perusahaan bisa membuat sebuah konsep pelayanan dimana konsumen bisa melayani dirinya sendiri. Ini lebih dikenal dengan self service.

Sebelum adanya POS perusahaan akan sangat sulit untuk memberikan pelayanan prima terhadap para pelanggannya. Terutama pada calon konsumen yang belum mengetahui pelayanan perusahaan. Biasanya para pelanggan baru ini akan menuntut kecepatan dan ketepatan dalam pelayanan.

Hadirnya kemudahan melalui point of sale begitu disambut baik oleh para pelaku bisnis. Terutama yang berjenis retail, sebab mereka bisa menyediakan sebuah perangkat yang mempermudah pelayanan para karyawannya. Dengan pelayanan maksimal ini perusahaan akan cenderung dipilih menjadi pilihan utama oleh para konsumen ketika mereka memiliki kebutuhan.

Point Of Sale Sebagai Sarana Mengetahui Stock Product

Manfaat dari point of sale selanjutnya adalah sebagai alat untuk mengetahui stock product. Kegunaan POS ini mungkin dikhususkan untuk bagian gudang ataupun pihak manajemen. Sebab yang bertanggung jawab untuk stock adalah para pengurus. Tidak seperti manfaat POS yang pertama sebagai sarana memberikan pelayanan.

Kegunaan POS dalam segi monitoring stock cukup krusial. Tentu saja POS tidak hanya berperan sebagai sarana monitoring. Tapi juga berfungsi untuk retur barang dan pemesanan produk ke pusat. Dengan jalur informasi yang lebih efisien karena pemesanan dan retur barang melalui aplikasi POS. Maka pemesanan dan pengembalian produk ke pusat akan lebih jelas.

Sebenarnya point of sale sudah sangat lama digunakan oleh perusahaan. Mungkin bisa dibilang bahwa POS ini berkembang semenjak dikenalnya berbagai mini dan super market di dunia. Untuk di Indonesia mungkin POS masih sangat terbatas penggunaanya. Hanya dipergunakan dalam beberapa perusahaan dan bisnis saja yang berhubungan dengan penjualan.

Integrasi Sistem Cloud Semakin Mempermudah Bisnis

point of sale

Point of sale dapat mengoptimalkan manajemen marketing ataupun perusahaan. sebab sekarang ini sedang ramai integrasi cloud didalam POS. sehingga untuk melakukan perombakan sesuatu perusahaan bisa langsung melakukannya melalui POS. ketika manajemen harus mengadakan audit terkait flow dari penjualan yang dilakukan oleh perusahaan.

maka ia bisa langsung melakukannya melalui POS ini. tinggal menyamakan stock didalam POS dengan ketersedian didalam gudang. jika memang waktu tidak sempat, maka audit bisa terlebih dahulu untuk melakukan pengecekkan via POS. jalur penyimapanan data melalui cloud juga sangat massive. sehingga memungkinkan untuk perusahaan menyimpan informasi dalam jumlah besar.

kemudahan inilah yang menjadikan point of sale selalu digunakan untuk kepentingan transaksi perusahaan. sampai sejauh ini sudah banyak perusahaan yang telah terbantu dengan kehadiran POS. tanpa harus direpotkan lagi oleh jalur manajemen perusahaan yang secara tradisional akan menghabiskan waktu.

Informasi Client Atau Pelanggan Akan Terjaga Dengan Aman

jika pernah berbelanja ke beberapa mini market pasti anda pernah ditawari untuk membuat member card. sebenarnya fungsi member card ini sebagai informasi minat dan juga seberapa kompeten mini market tersebut. lalu permasalahan baru hadir yaitu, apakah data yang telah diberikan oleh konsumen akan terjaga dengan baik ketika diserahkan ke pihak mini market?.

tentu saja, sebab para pengusaha mini market akan menggunakan point of sale. sebagai pelantara untuk menyimpan data penting member. tentu saja penyimpanan ini menggunakan basis cloud juga. jika tidak keamanannya akan sangat fragile dan mudah diketahui oleh pihak tidak bertanggung jawab.

dengan berbekal member card konsumen bisa diuntungkan, sedangkan bagi pihak retail. ia akan menerima sejumlah data penting untuk meningkatkan produknya. biasanya berupa produk apa saja yang paling sering dibeli. lalu seberapa optimis tanggapan konsumen ketika diberlakukan berbagai promo menarik didalam mini market tersebut.

perlunya untuk membangun hubungan yang sangat baik antara perusahaan dan konsumen. adalah salah satu alasan dari terciptanya point of sale. berupa pembuatan member card ini. mungkin zaman dahulu untuk sekedar pembuatan member card ini konsumen dikenakan biaya. karena dalam prosesnya belum menggunakan basis penyimpanan cloud yang begitu simple.

Menyederhanakan Seluruh Laporan Penjualan

Dalam tahap akhir sebuah marketing pasti akan diperlukan sebuah laporan penjualan. ini berguna sebagai acuan tindak lanjut yang perlu diambil oleh perusahaan. jika perusahaan masih melakukan pembuatan laporan penjualan dengan cara manual. maka efisiensi waktu yang perlu dilakukan oleh masing-masing pihak terkait akan sangat lama.

Untung saja telah ditemukannya point of sale ini. dengan seluruh data penjualan yang telah terekam didalam perangkat lunak ini. perusahaan bisa dengan mudah membuat sebuah laporan penjualan tanpa harus repot. menguntungkan memang dan cukup efisien karena pihak yang bertanggung jawab dalam pembuatan laporan penjualan tidak perlu lagi kerepotan.

secara garis besar pemanfaatan point of sale sangatlah banyak. tidak hanya berfokus kepada transaksi saja. melainkan juga meliputi stock dan kepentingan lainnya. sudahkah perusahaan anda mulai menggunakan kemudahan ini?. jika belum gunakan saja JojoExpense sebagai sarana point of sale perusahaan.

JojoExpense Dengan Segala Keuntungannya

menggunakan perangkat lunak dari Jojonomic adalah cara termudah untuk mendapatkan akselerasi pada perusahaan. JojoExpense adalah perangkat lunak dengan penyimpanan cloud. dimana fasilitas ini bisa anda manfaatkan untuk berbagai kepentingan penyimpanan data perusahaan terkait penjualan. jadi dokumen penting tidak akan hilang jika sudah tersimpan dengan baik didalam perangkat lunak.

pergunakan JojoExpense untuk mendapatkan keuntungan monitoring finansial perusahaan dimana saja. dengan teknologi yang mutakhir pengusaha tidak perlu direpotkan lagi ketika hendak melakukan monitoring. sebab cukup menggunakan perangkat lunak ini saja, dengan begitu ia bisa langsung melakukan keputusan terkait cash advance.

Flow cash akan terpantau sepenuhnya dengan begini anda akan terhindar dari berbagai tindak percobaan penipuan oleh pihak oknum tidak bertanggung jawab. ketika sudah menerapakan JojoExpense didalam perusahaan anda.

rasakan seluruh keuntungan memakai JojoExpense dengan mendownload versi demo gratisnya di Jojonomic sekarang juga.