Pola Hidup Sehat Membuat Tubuh Menjadi Lebih Sehat dan Bugar

Pola hidup sehat bukan hanya diet dan olahraga . Jadi, apakah pola hidup sehat itu? Hari ini kita membahas komponen pola hidup sehat dan pentingnya menjalani hidup yang seimbang.

Saya dan banyak orang lainnya mempromosikan manfaat dari pola hidup sehat , tetapi apa sebenarnya artinya itu?

Secara umum, sebagian besar akan setuju bahwa orang yang sehat tidak merokok, memiliki berat badan yang sehat, makan makanan yang seimbang, berpikir positif, merasa rileks, berolahraga secara teratur, memiliki hubungan yang baik, dan mendapat manfaat dari keseimbangan hidup yang baik.

Mungkin saya harus mulai dengan mencoba melihat beberapa definisi untuk kata pola hidup.

Definisi dalam The American Heritage Dictionary of the English Language mengatakan: “Sebuah cara hidup atau pola hidup yang mencerminkan sikap dan nilai seseorang atau kelompok”.

Adanya definisi terakhir dari pola hidup adalah: “Kumpulan keputusan oleh individu yang mempengaruhi kesehatan mereka , dan dimana mereka kurang lebih memiliki kendali”.

Definisi Pola Hidup Sehat

Organisasi Kesehatan Dunia pada tahun 1946 mendefinisikan kesehatan sebagai ‘Keadaan mental, fisik dan sosial yang lengkap bukan hanya tidak adanya penyakit’.

Wikipedia mendefinisikan pola hidup sebagai cara hidup seseorang. Ini termasuk pola hubungan sosial, konsumsi, hiburan, dan pakaian. Pola hidup biasanya juga mencerminkan sikap, nilai, atau pandangan dunia seseorang. Pola hidup sehat umumnya dicirikan sebagai “hidup seimbang” di mana seseorang membuat “pilihan yang bijaksana”.

Apa Pengertian Hidup Sehat?

Definisi Hidup Sehat yang sebenarnya adalah langkah-langkah, tindakan dan strategi yang dilakukan seseorang untuk mencapai kesehatan yang optimal.

Hidup Sehat adalah tentang mengambil tanggung jawab atas keputusan kamu dan membuat pilihan kesehatan yang cerdas untuk hari ini dan untuk masa depan. Jadi hidup sehat terdiri dari:

Fisik (Untuk Tubuh)

  • Nutrisi yang Baik, Makan dengan Benar
  • Menjadi Bugar Secara Fisik, Latihan Bermanfaat
  • Istirahat yang Cukup
  • Manajemen Stres yang Tepat

Kamu Juga Perlu Memberi dan Menerima

  • Pengampunan
  • Cinta dan Kasih Sayang
  • Kamu  Perlu Tertawa dan Mengalami Kebahagiaan
  • Kamu  Membutuhkan Hubungan yang Menyenangkan dengan Diri Sendiri dan Orang Lain

Kesehatan Emosional (Untuk Pikiran)

  • Sikap Mendukung Diri Sendiri
  • Pikiran dan Sudut Pandang Positif
  • Citra Diri Positif

Kesehatan Spiritual

  • Ketenangan Batin
  • Keterbukaan terhadap Kreativitasmu
  • Percayalah pada Pengetahuan Batinmu

Dan semua aspek diri seseorang, harus bekerja secara harmonis untuk mencapai kebugaran, sehingga perlu menciptakan kehidupan yang seimbang.

Mengapa Penting?

Pola hidup sehat adalah sumber daya yang berharga untuk mengurangi timbulnya dan dampak masalah kesehatan, untuk pemulihan, mengatasi stresor hidup, dan untuk meningkatkan kualitas hidup. Ada semakin banyak bukti ilmiah yang menunjukkan pola hidup kita memainkan peran besar dalam seberapa sehat kita. Dari apa yang kita makan dan minum, sampai seberapa banyak olahraga yang kita lakukan, dan apakah kita merokok atau menggunakan obat-obatan, semuanya akan mempengaruhi kesehatan kita, tidak hanya dalam hal harapan hidup, tetapi berapa lama kita dapat berharap untuk hidup tanpa mengalami penyakit kronis.

Kondisi seperti penyakit jantung, kanker, diabetes, penyakit sendi, dan penyakit mental bertanggung jawab atas banyak kematian dan kecacatan. Saat ini, kami mengandalkan hampir secara eksklusif pada penyediaan perawatan klinis oleh para profesional kesehatan yang sangat terlatih sebagai strategi utama kami untuk menangani kondisi ini. Banyak masalah kesehatan yang dapat dicegah atau setidaknya ditunda kemunculannya dengan pola hidup sehat.

Mengapa kamu tidak memiliki pola hidup sehat?

Ini adalah kehidupan yang sibuk bagi kebanyakan dari kita. Dan menjaga diri kita tetap sehat jarang berada di urutan teratas daftar ‘hal yang harus dilakukan’. Kenyamanan sering kali menang – kita semua begitu sibuk sehingga kenyamanan menjadi prioritas utama.

Kesehatan Yang Baik Itu “Sederhana – Tetapi Tidak Mudah”

Sangat penting untuk menjadikan ‘menjaga kesehatan’ sebagai bagian dari kebiasaan hidup kita sehari-hari. Kesehatan kamu bergantung pada apa yang kamu lakukan sepanjang hari, setiap hari. Pola hidup sehat sangatlah penting. Ini adalah solusi yang sangat sederhana – perlahan tingkatkan pola hidup kamu dengan cara langkah demi langkah. Jika kamu mengambil satu langkah kesehatan baru setiap dua bulan, misalnya, dalam dua hingga tiga tahun kamu akan berada di antara sepuluh persen orang paling sehat di dunia Barat. Dan anak laki-laki akan kamu lihat dan rasakan manfaatnya.

Perbaikan tidak harus berupa langkah besar; ambillah satu langkah kecil untuk kesehatan kamu hari ini, pertahankan langkah itu, dan tambahkan satu langkah lagi setiap dua bulan. Miliki rencana – mungkin perkenalkan 6 peningkatan selama setahun.

Bisakah kamu Menerapkan Pola Hidup Sehat?

Berapapun usia, tingkat kebugaran atau bentuk tubuhmu, tidak ada kata terlambat atau terlalu cepat untuk mulai berpikir untuk hidup sehat. kamu dapat mengambil langkah menuju hidup sehat dengan membuat satu perubahan sekarang dalam kehidupan sehari-harimu. Itu tidak akan terlalu sulit kan?

Komponen Pola Hidup Sehat

Makan dengan Sehat

Nutrisi yang tepat diperlukan untuk menjalani pola hidup sehat. Tubuh kamu membutuhkan diet seimbang setiap hari untuk menjaga kecukupan vitamin, nutrisi dan mineral yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pola Hidup Aktif

Kamu  perlu memasukkan kebugaran sebagai bagian dari hidupmu. Kebugaran fisik menjaga berat badan kamu tetap terkendali, membantu kamu tidur lebih nyenyak di malam hari, mencegah serangan jantung dan stroke serta masalah kesehatan lainnya, dan umumnya memperpanjang hidupmu. Pada dasarnya ada begitu banyak manfaat dari berolahraga sehingga kamu tidak bisa hidup sepenuhnya tanpanya.

Manajemen stres

Stres emosional memainkan peran penting dalam banyak penyakit, baik secara langsung maupun tidak langsung. Orang juga lebih cenderung merokok, makan berlebihan, minum terlalu banyak, bekerja terlalu keras, berdebat dengan orang lain, dan sebagainya, saat mereka merasa stres. Oleh karena itu, manajemen stres adalah bagian penting dari pola hidup barumu, dan meditasi serta teknik relaksasi benar-benar merupakan bagian penting dari pola hidup sehat.

Berteman Dengan Diri Sendiri

Mencintai diri sendiri adalah kunci pola hidup sehat dan bahagia. Harga diri adalah tentang seberapa besar orang menghargai diri mereka sendiri; kebanggaan yang mereka rasakan pada diri mereka sendiri, dan betapa berharganya perasaan mereka. Harga diri penting karena merasa nyaman dengan diri sendiri dapat memengaruhi cara kamu bertindak.

Memberdayakan Pikiran Dan Tubuh kamu

Programkan pikiran kamu untuk sukses total. Kembangkan sebuah visi, masa depan yang menarik yang menggairahkan dan menginspirasimu, dan fokuslah padanya setiap hari. Jangan biarkan apa pun mengetuk kamu tentu saja, atau membuat kamu mempertanyakan kemungkinannya. Saya berjanji kepadamu, dengan mengendalikan pikiranmu, kamu akan meningkatkan hidup kamu secara besar-besaran.

Keseimbangan Hidup

Jika kamu ingin mencapai pola hidup sehat, kamu harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan kamu mempertahankan tingkat keseimbangan tertentu. Secara spiritual, fisik, emosional, sosial, mental dan finansial.

Kamu perlu menyeimbangkan pekerjaan dan keluarga, dan semua area lain dalam hidup kamu tanpa membuat diri kamu terlalu kurus dan merasa bersalah ketika kamu melakukan satu hal.

Tetapi berpikir kamu harus melakukan yang lain. Semua bidang utama kehidupan kita tumpang tindih dan saling terkait, saling memengaruhi. Kecuali jika kita menciptakan kepuasan untuk diri kita sendiri dalam setiap bagian dari kehidupan kita, kita tidak akan pernah benar-benar terpenuhi, atau menjalani hidup yang puas, bahagia dan sehat.

Untuk memperbaiki penampilan kamu bisa memakai baju yang tepat dan nyaman, mengubah gaya rambut, dan membeli aksesoris yang akan membuat penampilanmu semakin menawan. 

Wah, ternyata banyak ya cara yang yang bisa kamu terapkan untuk melakukan pengembangan diri. Selamat mencoba ya, semoga berhasil!

Di era modern ini, bukan hanya pengembangan diri saja yang penting. Namun, pengembangan aplikasi untuk memudahkan HR perusahaanmu juga sangat penting.

JojoTimes merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Jojonomic untuk mempermudah kamu dalam melakukan absensi karyawan. Aplikasi ini akan membantu kamu meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-timeanti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis.