Prive : Pengertian, Pengelolaan dan Metode yang Digunakan

Prive

Apakah anda sebagai pengusaha cukup familiar dengan istilah prive Namun, jika memperhatikan laporan keuangan beberapa perusahaan, biasanya terdapat perhitungan prive di dalamnya, dan perhitungan tersebut sesuai dengan standar akuntansi pemerintahan.

Bagi orang awam yang tidak bergelut di dunia bisnis, mungkin masih banyak orang yang jarang mendengar atau mengetahui arti dari prive. Namun bagi yang benar-benar berjuang untuk itu, kata prive pasti sudah tidak asing lagi.

Dalam dunia bisnis, hak istimewa akuntansi tidak dapat dibagi. Hal ini dikarenakan prive berkaitan dengan aset, investasi atau modal yang dimiliki oleh seseorang (investor). Selain itu, nilai perusahaan juga akan mempengaruhi perhitungan ekuitas akhir tahun.

Apa itu Prive ?

Prive

Banyak orang yang masih awam dengan arti prive, namun tentunya kata prive sudah tidak asing lagi di dunia bisnis. Pengusaha tahu arti prive secara khusus. Istilah swasta mengacu pada modal atau aset yang dimiliki oleh seseorang.

Dalam sebuah resume atau grup perusahaan, tentunya membutuhkan dana dari beberapa investor. Bentuk modal dan aset pun bermacam-macam, tidak hanya berupa uang tunai.

Lantas, apa arti prive dalam dunia bisnis? Prive adalah modal atau aset yang ditarik oleh investor. Penarikan dana adalah untuk memenuhi kebutuhan individu, bukan untuk perusahaan.

Proses keluar tidak sembarangan dan harus disetujui oleh komisaris. Jika disetujui panitia, maka modal atau aset bisa digunakan sendiri oleh investor. Seperti yang disebutkan sebelumnya, hak istimewa dapat berupa aset variabel atau aset tetap. Bukan hanya berupa aset, tapi juga produk badan hukumnya.

Dengan kata lain, investor dapat dengan leluasa menarik modal awal mereka. Apakah prive mempengaruhi operasi resume? Pada dasarnya penarikan modal tentunya akan berpengaruh pada ekuitas perusahaan.

Jika banyak investor diprivatisasi, penghitungan ekuitas akan berkurang pada akhir tahun. Alasannya, harga termasuk dalam bidang saldo debit di pembukuan perusahaan. Meski mempengaruhi ekuitas perusahaan, kepemilikan swasta merupakan hak investor. Karena posisi pribadi yang berbeda, aset selain kepemilikan saham ditarik.

Kategori Transaksi Prive

Prive

Selain dalam bentuk uang, prive juga dapat berupa aset tetap dan aset tidak tetap, atau dalam bentuk komoditas pada organisasi komersial. Ada beberapa grup transaksi lain untuk penggunaannya. Empat transaksi dapat dibagi menjadi transaksi pribadi, antara lain:

  1. Berbagi keuntungan dengan reputasi dalam bentuk apapun.
  2. Upah yang dibayarkan kepada rekanan aktif dan pasif yang modalnya tidak dibagi menjadi saham.
  3. Anggota perseroan komanditer yang menggunakan dana untuk keuntungan pribadi.
  4. Sekutu aktif atau pasif dengan divestasi aktif.

Seperti yang Anda ketahui, prive dapat ditukarkan kapan saja, dan Anda disarankan untuk menggunakan faktur terperinci. Namun, perhitungan yang benar akan dikurangkan dari laba bersih dan modal untuk periode tersebut pada setiap akhir tahun.

Pengelolaan Prive

Prive

Mengingat prive berpengaruh pada operasi perusahaan, Anda dapat mengelola penarikan modal yang sesuai. Anda dapat mengambil setidaknya langkah berikut ini untuk mengelola izin dengan benar:

Jangan melebihi profit yang didapat

Sangat penting untuk menerapkan aturan ini ke perusahaan. Jika Anda tidak ingin keuangan perusahaan Anda bermasalah, harap ikuti aturan dengan ketat. Jumlah modal atau aset yang ditarik tidak boleh melebihi nilai keuntungan. Sejak awal berinvestasi, setiap pemangku kepentingan harus memiliki nilai keuntungan. Anda bisa mengetahuinya dari awal agar tidak menjadi masalah.

Batasan utama

Mengingat bahwa hak istimewa adalah hak semua investor, Anda tidak dapat bertindak semaunya. Investor juga berhak menarik modal atau asetnya. Namun, akan lebih baik jika modal tidak ditarik dengan hati-hati. Nilai modal yang ditarik harus dibatasi dalam jangka waktu tertentu, misalnya tidak lebih dari 50% dari modal awal. Alasannya, harga tidak termasuk pajak, sehingga sangat memberatkan perusahaan.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cadangan

Menyediakan cadangan untuk kebutuhan darurat. Kalaupun dana tersebut tidak bisa digolongkan sebagai dana pribadi, setidaknya Anda harus mempersiapkannya saat penarikan dana dalam jumlah besar. Jika Anda tidak ingin operasi perusahaan Anda runtuh setengahnya, semua perusahaan harus melakukannya. Dengan menyiapkan cadangan, Anda juga dapat memastikan bahwa perusahaan tetap aman saat investor melakukan penarikan secara rutin.

Evaluasi

Investor biasanya menggunakan hak istimewa secara tidak bijaksana. Ini berdampak semakin serius pada saldo debet. Agar tidak menemui masalah besar, harap evaluasi prive secara berkala. Pastikan dana yang ditarik investor tidak melebihi dana yang dimilikinya.

Pemisahan transaksi

Jangan bingung urusan pribadi dan perusahaan. Investor harus menggunakan dana pribadi dan perusahaan dengan bijak. Memastikan keamanan pengelolaan keuangan pribadi adalah hal yang baik, jadi Anda tidak perlu menarik dana. Meskipun kepemilikan pribadi adalah hak investor, harap minimalkan kepemilikan pribadi untuk memastikan keuangan pribadi. Termasuk mewujudkan gaya hidup yang selalu menguras dana investor.

Metode Prive dalam laporan perubahan modal

kalkulator

Akuntansi adalah salah satu alasan perubahan modal dalam laporan perubahan modal. Untuk menemukan atau menghitung hak istimewa, Anda dapat menggunakan 3 metode untuk melaporkan perubahan modal, termasuk:

Catat Prive sebagai pengurang modal

Metode ini dapat digunakan ketika investor mencapai privatisasi dengan mengurangi modal secara langsung.

Catat Prive sebagai piutang

Pencatatan hak istimewa sebagai piutang sangat kecil, karena hak istimewa diperlakukan sebagai piutang dari investor kepada perusahaan terkait. Investor harus mengembalikan dana atau modal yang ditempati sehingga diperlukan komitmen yang kuat agar tidak mengganggu permodalan dan arus kas perusahaan.

Jangan masukkan laporan laba rugi

Perusahaan biasanya tidak memasukkan istilah pribadi dalam laporan laba rugi mereka. Debit dan kredit tidak akan dimasukkan dalam biaya dalam laporan laba rugi, tetapi dimasukkan dalam pengurangan modal, dan pengurangan modal secara langsung dihitung dalam laporan perubahan modal. Ini karena hak istimewa akuntansi bukan bagian dari operasi bisnis.

Kesimpulan

Setelah Anda memiliki pemahaman yang lebih dalam tentang kepemilikan dan tata kelola pribadi, langkah selanjutnya adalah menerapkannya ke perusahaan Anda. Investor yang baru mengenal dunia bisnis harus memahami informasi ini. Selain berguna bagi investor, mereka yang bergelut dengan akuntansi bisa belajar banyak dari hal ini.

Anda juga perlu mencatat semua pengeluaran dan pemasukan kepada perusahaan, termasuk pengeluaran pribadi, karena ini menyangkut aset perusahaan. Jika perusahaan Anda cukup besar, maka akan merepotkan jika Anda menggunakan pembukuan manual untuk membuat laporan keuangan dengan cepat, terutama saat menghitung aset atau pajak. Belum lagi pembukuan manual yang rawan kesalahan, karena biasanya pencatatan hanya dilakukan di atas kertas atau di program Excel.

Anda bisa menggunakan software akuntansi seperti JojoExpense yang memiliki fungsi terlengkap dan harga yang terjangkau. JojoExpense merupakan software akuntansi yang telah digunakan oleh 300.000 pengguna dari berbagai jenis usaha di Indonesia, mulai dari usaha kecil menengah hingga perusahaan manufaktur besar.

Dengan fungsi terlengkap dan harga yang terjangkau, JojoExpense telah menjadi software akuntansi di Indonesia. Sejak tahun 2019, JojoExpense berhasil meraih top brand award untuk kategori software akuntansi. Anda dapat mencoba JojoExpense gratis selama 14 hari melalui tautan ini.