Fungsi Serta Langkah Penerapan Protokol Kesehatan Sehari-Hari

protokol kesehatan

Protokol kesehatan belakangan ini tampaknya semakin sering didengar oleh siapa saja. Terutama di musim pandemi yang tidak tahu kapan akan berakhir. Dengan menjalankan segala macam ketentuan yang dituangkan ke dalam suatu protokol kesehatan maka diharapkan agar seluruh warga dapat menjaga diri.

Istilah protokol sebenarnya memiliki arti prosedur atau sistem aturan yang resmi danbersifta mengatur segala sesuatu yang berkaitan dengan negara. Jadi dalam hal ini warga diharapkan agar bisa mengikuti segala macam peraturan atau prosedur yang telah ditetapkan oleh pihakpemerintah berkaitan dengan penanganan masalah kesehatan. Tentunya hal ini dimaksudkan agar bisa dicapai masyarakat dengan kondisi kesehatan yang lebih baik lagi sekalipun mungkin dalam kondisi pandemi.

Fungsi Protokol Kesehatan

Mewujudkan perilaku hidup bersih dan sehat

Adanya protokol kesehatan terutama di musim yang tidak baik bisa menjadi salah satu jalan keluar terbaik bagi pemerintah dan bagi masyarakat. Memang protokol yang dibuat di bidang kesehatan ini merupakan cara yang paling efektif untuk bisa menyadarkan masyarakat agar terus menjaga diri dan menjaga lingkungan demi mencapai hidup sehat.

Memang sebenarnya salah satu fungsi dari adanya protokol ini adalah untuk mewujudkan perilaku hidup bersih dan juga hidup sehat. Oleh karena itu protokol haruslah dijalankan dengan kesadarna yang matang demi tujuan bersama.

Meningkatkan komunikasi melalui media digital

Fungsi selanjutnya dari adanya protokol yang diberlakukan di bidang kesehatan adalah untuk meningkatkan komunikasi walaupun hanya dilakukan melalui media digital. Komunikasi bahkan bisa terjadi antara pihak pimpinan atau jajaran pemerintah dengan masyarakat sekalipun hal ini terjadi di dunia digital.

Maka perhatian dari pemerintah akan semakin tampak dengan jelas melalui adanya komunikasi tersebut. Hal ini pada akhirnya juga semakin membuat masyarakat dapat mengoperasikan media digital secara lebih lihai sehingga komunikasi dengan siapa saja bisa dilakukan seamakin lancar.

Menerapkan perilaku ramah lingkungan

Umumnya peraturan yang ada di dalam protokol kesehatan menganjurkan setiap orang untuk melakukan jaga jarak atau social distancing agar tidak bisa tertular berbagai macam jenis penyakit. Selain itu di dalam protokol kesehatan juga selalu ada aturan agar masyarakat sebaiknya berdiam di rumah saja dan keluar rumah jika memang sangat perlu.

Hal ini pada akhirnya bisa mewujudkan sikap hidup yang ramah lingkungan. Polusi kendaraan mulai berkurang dan sampah di jalanan juga akan berkurang. Maka lingkungan akan menjadi semakin bersih dan sehat.

Melanjutkan pembangunan masyarakat

Dengan adanya ssegala macam norma ddan aturan yang diberlakukan oleh pemerintah maka pada akhirnya setiap warga diharapkan agar memiliki kehidupan yang semakin berkualitas. manusia yang berkualitas ini nantinya akan dapat melanjutkan hidupnya dengan lebih baik sehingga kehidupannya enderung lebih sejahtera.

Pembangunan masyarakat dalam hal kualitas ini diharapkan dapat terwujud secara adil dan merata. Maka dari itu diharapkan pula setiap warga secara merata juga dapat menerapkan apa yang sudah menjadi norma dan aturan dari pemerintah.

Mengasah jiwa solidaritas

Fungsi terakhir dari adanya protokol kesehatan adalah untuk menyadarkan masyarakat mengenai pentingnya menjaga diri dan orang lain. Kesehatan adalah milik semua orang dan kesehatan ini menjadi hak bagi setiap orang. Untuk itu setiap orang sudah seharusnya menjalankan aturan mengenai kesehatan yang berlaku agar hak dari setiap orang untuk menjaga kesehatannya bisa selalu terpenuhi.

Melakukan Sosialisasi Protokol Kesehatan

Sosialisasi di seluruh media

Sebuah protokol kesehatan yang di dalamnya terdapat berbagai amcam aturan dan kebijakan serta norma tertentu haruslah diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali. Maka protokol ini haruslah disosialisasikan dengan benar kepada semua orang di semua tempat secraa merata. Untuk melakukannya maka sosialisasi bisa dilakukan di seluruh media yang ada. Mulai dari media internet hingga media elektronik dan bahkan media cetak.

Pemberian contoh penerapan protokol

Adanya protokol kesehatan yang diberlakukan pada seluruh masyarakat tidak hanya disosialisasikan saja. Tetapi segala peraturan yang diberlakukan secara merata ini haruslah bisa diterapkan dengan baik. Bahkan penerapannya ini seharusnya dilakukan mulai dari jajaran pemerintah.

Pihak pemerintah bisa memberikan contoh pada masyarakat mengenai bagaimana menjalankan protokol tersebut agar tujuan pada akhirnya bisa tercapai. Maka dari itu pemberlakukn protokol di bidang kesehatantidak boleh hanya menjadi teori saja. Tetapi pemerintah juga sebaiknya menerapkannya secara lebih dahulu agar bsia menjadi contoh dan teladan bagi seluruh warga tanpa terkecuali.

Tegakkan sanksi bagi pelanggar

Pemberlakukan peraturan dan segala kebijakan megenai berbagai hal yang dilakukan oleh semua orang dalambidang kesehatan harus dijalankan dengan tegas. Peraturan ini haruslah ditegakkan dengan baik terhadap seluruh lapisan masyarakat. Maka pemerintah bisa memberlakukan pula hukum terutama bagi warga yang tidak menjalankan aturan yang berlaku.

Bahkan sanksi bisa diberikan dengan tegas untuk membuat orang yang melanggarnya menjadi jera. Dengan adanya pemberian sanksi ini maka nantinya segala macam aturan yang berlaku di tengah masyarakat dinilai memang harus dijalankan. maka semua orang akan selalu berusaha untuk menerapkan protokol kesehatan tersebut secara lebih disiplin.

Apresiasi bagi warga yang disiplin

Apresiasi bisa diberikan pada warga yang memang telah menjalankan protokol kesehatan secara disiplin. Namun tentunya apa yang dilakukannya ini membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan. Pemberian apresiasi bisa dilakukan secara kolektif jika memang suatu kelompok masyarakat telah mencapai hasil yang diharapkan karena telah menjalankan seluruh protokol kesehatan dengan baik dan dengan disiplin.

Pentingnya Penerapan Protokol Kesehatan

Protokol kesehatan tentu saja dibuat dan diberlakukan oleh pemerintah dengan maksud dan tujuan tertentu. terlebih lagi di saat pandemi melanda maka protokol ini menjadi suatusolusi yang menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam melakukan perlindungan terhadap seluruh lapisan masyarakat.

Setiap aturan yang menjadi bagian dalam protokol diharapkan agar dapat dipatuhi dan dijalankan oleh seluruh warga tanpa terkecuali. Sebab berjalannya peraturan tersebut dipercaya bisa menjadi jalan terbaik bagi masyarakat dan negara dalam menciptakan masyarakat yang sehat dan sejahtera. Oleh karena itu setiap protokol yang berlaku di bidang kesehatan sangat perlu untuk diterapkan secara rutin.

Penerapan protokol kesehatan sama pentingnya dengan penerapan sistem payroll perusahaan yang tepat. Sebaiknya pilih sistem yang memberikan banyak manfaat contohnya JojoPayroll. Dengan aplikasi yang satu ini, tentu saja pembayaran payroll karyawan dapat dilakukan dengan akurat dan otomatis.

Seluruh manfaat tersebut didukung oleh berbagai macam fitur menarik dari aplikasi JojoPayroll, di antaranya yaitu sebagai berikut.

  • Sistem payroll yang terkalkulasi dengan otomatis dengan slip gaji yang dikeluarkan secara otomatis.
  • Sistem Penggajian Terhitung Otomatis dengan slip gaji yang dihasilkan secara otomatis.
  • Integrasi yang mudah ke sistem HRIS saat ini, Basis Data Komprehensif untuk Analisis.

Jadi jangan ragu, yuk segera gunakan aplikasi payroll dari Jojonomic ini. Dapatkan demo gratis 14 hari dan rasakan sendiri seluruh keuntungannya segera.