Segmentasi Pasar Dalam Bisnis Bagi Pebisnis Pemula

segmentasi pasar

Menjalankan bisnis sebenarnya secara tidak langsung membutuhkan pemahaman tentang segmentasi pasar. Sayangnya, banyak pebisnis pemula sering kali bingung jika dihadapkan pada hal tersebut. Mulai dari memilah segmen yang perlu diutamakan hingga bagaimana cara mengoptimalkan hal tersebut. Sehingga akhirnya bisnis yang dikelola tidak maksimal dan tidak bisa berhasil dalam waktu yang ditentukan.

Akan sangat disayangkan jika menjalankan bisnis tanpa perencanaan yang tepat. Sehingga ada baiknya memulai dengan mencari informasi tepat tentang segmentasi pasar tersebut. Karena parameter kesuksesan bisnis adalah banyak pelanggan tertarget yang melakukan aksi pembelian maupun penggunaan jasa yang ditawarkan oleh penjual. Sehingga otomatis hal ini perlu dipelajari dan dipahami dengan seksama saat ingin sukses dalam berbisnis. Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pemahaman dan gambaran secara umum tentang segmentasi pasar, khususnya bagi para pebisnis pemula.

Apa Itu Segmentasi Pasar

Pertama-tama pahami lebih dulu apa yang dimaksud dengan segmentasi pasar itu sendiri. Pada dasarnya hal ini merupakan aktivitas untuk memilah serta mengelompokkan calon konsumen yang ditargetkan pada bisnis yang dikelola. Dalam arti, Anda harus dapat melihat mana yang menjadi target konsumen untuk dibidik secara khusus dan mana yang bukan merupakan target utama di dalam bisnis Anda.

Meskipun terkesan sederhana dan sepele, namun melakukan hal ini sebenarnya akan membantu Anda dalam mengelola bisnis lebih efektif dan efisien. Tidak perlu lagi membuang waktu percuma pada calon konsumen yang tidak memiliki prospek tinggi dalam bisnis Anda. Bukan berarti mengabaikan tetapi mengurangi fokus Anda dan mengalihkan pada segmen yang memang Anda bidik secara khusus.

Contohnya saja jika bisnis Anda mengelola penjualan mobil mewah, maka sebaiknya fokuskan pada kalangan menengah ke atas yang sanggup melakukan pembelian dari produk tersebut. Membuang waktu untuk menjaring konsumen dari kalangan menengah ke bawah tentu membuat kesia-siaan yang kurang baik dalam pengembangan bisnis Anda. Sehingga tentunya hal tersebut harus diperhatikan secara jelas, mana yang penting untuk dibidik dan mana yang bukan.

Langkah Membuat Segmentasi Pasar

Untuk dapat membuat segmentasi pasar secara efektif, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Umumnya sebagai pebisnis pemula, lakukan saja beberapa hal berikut ini yang bisa membantu Anda membangun segmen pada bisnis Anda secara tepat dan efektif.

Mengidentifikasi Tipe Segmen

Pahami lebih dulu tipe-tipe segmen yang bisa Anda kelompokkan di dalam bisnis yang dikelola. Mulai dari misalnya demografi penduduk atau calon konsumen Anda. Kemudian rentang usia dari para target konsumen Anda, terakhir juga bisa mencari tahu detail lainnya seperti misalnya pendapatan bulanan, kebutuhan, serta strata sosial. Buatlah catatan kelompok mana yang akan Anda utamakan untuk menyasar bisnis yang Anda kelola.

Mengelompokkan Calon Konsumen

Setelah menentukan tipe segmentasi pasar di atas, maka selanjutnya segera kelompokkan target konsumen Anda menurut segmen yang telah Anda buat tersebut. Dari sini maka secara tidak langsung Anda telah mengerucutkan target konsumen serta berfokus pada calon pelanggan potensial.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengunci Sasaran

Jika Anda sudah yakin akan segmen yang Anda pilih, maka segera kunci sasaran tersebut. Seperti misalnya carilah informasi data konsumen tersebut serta informasi penting yang bisa menghubungkan bisnis Anda dengan target konsumen Anda. Dengan demikian maka Anda sudah semakin fokus dalam meraih target yang ditujukan dalam bisnis Anda.

Membuat Daftar

Supaya lebih rapi sebaiknya buatlah daftar calon konsumen yang telah Anda bidik. Dari sini maka Anda bisa merencanakan tindakan lebih lanjut yang bisa membuat calon konsumen tertarik pada produk maupun jasa yang Anda tawarkan.

Memberikan Penawaran

Setelah mendapatkan seluruh informasi di atas, maka kini saatnya bagi Anda untuk memberikan penawaran bisnis yang membuat calon konsumen Anda merasa tertarik. Misalnya pemberian promo diskon, atau pemberian hadiah gratis yang memancing para target konsumen ini untuk melakukan komunikasi. Sehingga setelahnya akan lebih mudah untuk melakukan penjualan sesuai target.

Menentukan Target Segmentasi Pasar

Tentu saja bagian yang tersulit dalam membuat segmentasi pasar untuk bisnis yang Anda kelola adalah menentukan target segmentasi itu sendiri. Diperlukan riset serta analisa yang mendalam jika ingin optimal melakukan hal tersebut. Oleh karena itu sebaiknya lakukan hal-hal berikut ini saat menentukan target konsumen yang ingin dibidik. Antara lain yaitu sebagai berikut:

  • Ketahui produk yang Anda pasarkan secara jelas, mulai dari manfaatnya serta yang paling penting adalah penggunanya. Karena dari situ maka segmentasi pasar yang tepat dapat dipilih untuk dikelola secara optimal.
  • Perhatikan faktor-faktor yang paling mempengaruhi konsumen untuk mencoba atau menggunakan produk maupun jasa yang Anda tawarkan. Bila memungkinkan lakukan saja riset lebih dulu tentang calon konsumen potensial yang tertarik pada bisnis yang Anda tawarkan.
  • Lakukan teknik pemasaran yang optimal melalui berbagai media yang efektif, contohnya di masa sekarang yaitu melalui media sosial. Menggunakan media yang tepat membantu Anda mendapatkan segmentasi pasar yang lebih tepat dan sesuai untuk bisnis Anda.

Membangun Segmentasi Pasar Yang Efektif

Tentu saja setelah menentukan seperti apa segmentasi pasar yang ditargetkan oleh bisnis yang dikelola maka selanjutnya yang lebih penting yaitu membangun serta mengusahakan hal tersebut. Memperoleh segmen yang tepat artinya harus dapat mengelola dan memelihara para calon konsumen pada segmen tersebut. Terutama jika sudah menjadi pelanggan tetap yang telah mengetahui bisnis yang Anda jalankan dan mencoba produk atau jasa yang telah ditawarkan.

Dengan pengelolaan yang baik maka tentu saja segmentasi pasar ini menjadi lebih efektif dalam berperan untuk mengembangkan bisnis yang Anda miliki. Sehingga otomatis visi misi serta target pendapatan bisnis Anda juga akan lebih mudah untuk dicapai. Oleh sebab itu tindakan yang terakhir ini adalah hal terpenting yang harus dilakukan secara terus menerus.

Hal ini seperti juga saat mencoba mencari sistem keuangan perusahaan yang paling tepat. Misalnya yaitu dengan beralih menggunakan JojoExpense. Produk yang satu ini terbukti dapat membantu mencatat seluruh pengeluaran perusahaan secara akurat termasuk juga pemasukan yang terjadi setiap harinya. Selain itu sistem yang digunakan juga otomatis dan mudah digunakan oleh siapa saja secara mudah. Sehingga tim keuangan perusahaan juga lebih mudah dalam mengatur keuangan perusahaan yang optimal dan efisien.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur menarik yang diberikan oleh JojoEpense. Misalnya saja yaitu beberapa fitur yang tercatat berikut ini.

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Dengan adanya fitur-fitur tersebut, maka tidak perlu ragu lagi jika ingin beralih pada produk yang satu ini. Jangan tunggu lagi, segera daftarkan perusahaan Anda secepatnya. Dapatkan coba gratis selama 14 hari untuk membuktikan kehebatan dari produk yang satu ini.