Semangat Bangun Pagi : Cara Untuk Memulai Hari

Apakah masih perlu minum dua cangkir kopi setiap pagi agar bisa melek sepanjang hari dan Semangat Bangun Pagi? Menurut Organisasi Kopi Internasional, sekitar 1,6 miliar cangkir kopi dikonsumsi setiap hari di seluruh dunia.

Minum kopi secara teratur tidak baik untuk kesehatan. Asupan harian lebih dari 500-600 mg kafein dapat menyebabkan insomnia, gugup, lekas marah, lekas marah, mulas, jantung berdebar-debar, dan bahkan tremor otot. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa kafein dalam kisaran normal masih memiliki efek negatif pada tubuh.

Menurut Medicalnewstoday.com, 300 miligram kafein sehari selama kehamilan meningkatkan risiko bayi kecil (lebih rendah dari berat badan normal saat lahir), sementara penelitian lain menunjukkan bahwa empat cangkir kopi sehari meningkatkan risiko kematian dini. Berikut cara sederhana untuk membuat Anda lebih energik saat semangat bangun pagi tanpa bantuan kopi.

Semangat Bangun Pagi dengan notifikasi alarm

Jika Anda telah menggunakan nada dering sebagai jam alarm, itu akan membiasakan Anda dengan suara dan sering menunda bangun di pagi hari. Ubah ke nada dering alarm yang berbeda, seperti seminggu sekali, untuk mengejutkan Anda di pagi hari. Jauhkan jam weker dari tempat tidur Anda, misalnya di meja rias atau di dekat pintu kamar tidur. Saat alarm berbunyi di pagi hari, mau tidak mau Anda harus benar-benar bangun dan berjalan-jalan untuk mematikan alarm. Dengan cara ini, Anda akan lebih rela melanjutkan aktivitas pagi Anda daripada mengklik tombol “tidur siang” dan tertidur kembali.

Buang napas perlahan

Tidak apa-apa untuk keluar dan bermain sebentar, tetapi luangkan waktu sejenak untuk duduk di tepi tempat tidur dan mengayunkan kaki sambil menarik napas dalam-dalam. Sedikit pemanasan ini membantu mempersiapkan tubuh Anda untuk bangun, tetapi tetap tenangkan kepala Anda.

Semangat Bangun Pagi dengan Buka tirai atau nyalakan lampu kamar segera setelah Anda bangun

Begitu Anda mulai merasa segar, segera buka tirai kamar atau nyalakan lampu kamar, dan matikan AC kamar secara bersamaan. Sinar matahari mengirimkan sinyal ke otak Anda bahwa sudah waktunya bagi Anda untuk bangun dan bergerak. Berada di ruangan yang gelap dan dingin dalam waktu lama sebenarnya bisa menggoda Anda untuk tertidur kembali.

Minum air, jangan minum kopi

semangat bangun pagi

Sebaiknya minum air putih setiap malam sebelum tidur. Itu sama di pagi hari. Minum segelas air dingin saat perut kosong ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, salah satunya untuk menyeimbangkan kerja sistem limfatik yang berfungsi melawan infeksi. Air akan meningkatkan metabolisme Anda untuk mulai bekerja, sehingga Anda akan bangun lebih cepat dan tetap waspada. Jadi, selalu taruh segelas air di meja kamar di pagi hari untuk menyambut Anda.

Motivasi pagi

Jika Anda hanya membayangkan setumpuk pekerjaan yang belum selesai setiap kali Anda pergi tidur dan bangun di pagi hari, maka rutinitas pagi Anda tentu tidak akan terlalu menarik. Otak Anda akan mengasosiasikan bangun pagi dengan rasa takut kantor sebagai satu hal yang harus Anda hindari, yang membuat Anda tidak bangun sepanjang waktu dan akhirnya merusak hari Anda. Kembangkan rutinitas pagi yang akan selalu Anda nantikan, seperti bernyanyi karaoke di kamar mandi, sarapan saat berkencan dengan rekan kerja di kafe, atau mengikuti kelas olahraga pagi di gym. Mulailah hari baru dengan hal-hal yang memuaskan Anda, alih-alih menyambut hari baru dengan pekerjaan berat.

Manfaat Kesehatan Bangun Pagi

Kapan kamu biasanya bangun? Apakah ini jam tujuh atau delapan pagi? Tidak sulit bagi pekerja kantoran untuk bangun pagi, apalagi jika harus mengejar jadwal kereta atau bus yang digunakan sebagai alat transportasi. Namun, jangan hanya bangun lebih awal karena alasan ini, mungkin jika kantor atau kampus libur, Anda akan bangun lebih siang.

Padahal, bangun pagi baik untuk kesehatan. Pelajari tentang manfaat bangun pagi di artikel ini. Kapan Anda bangun di pagi hari? Bangun lebih awal berarti bangun antara pukul 4:30 dan 6:00. Padahal, banyak hal yang bisa kamu dapatkan saat bangun pagi. Udara yang masih sejuk dan segar pasti membuat Anda bersemangat saat bangun pagi.

Apa Saja Manfaatnya?

Banyak orang bekerja hingga larut malam dan tidak terbiasa bangun pagi. Padahal bangun pagi memiliki beberapa manfaat, terutama untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat bangun pagi.

  1. Membuat orang lebih sukses
    Sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of Texas pada tahun 2008 menemukan bahwa orang yang bangun pagi memiliki nilai IPK atau IPK yang lebih tinggi dibandingkan siswa yang begadang dan jarang bangun pagi.
  2. Orang yang bangun di pagi hari lebih bahagia
    Bahagia di sini bukan berarti merasa bahagia dalam waktu 15 menit setelah bangun pagi, tapi membuat seseorang merasa lebih bahagia setiap harinya. Penelitian menunjukkan bahwa orang yang lebih tua cenderung lebih bahagia daripada orang muda karena mereka bangun lebih awal. Pada saat yang sama, anak muda dan orang dewasa yang sering bekerja dan bermain larut malam, jarang bangun pagi, merasa lebih buruk setiap hari.
  3. Memiliki tubuh yang lebih sehat
    Bangun pagi membuat orang lebih bersemangat untuk berolahraga dan menghirup udara segar. Tentu saja, ini membuat tubuh mereka lebih sehat. Kebanyakan orang sukses memiliki kebiasaan bangun pagi. Berolahraga dan menghirup udara segar di pagi hari dapat meningkatkan mood dan memberikan energi untuk beraktivitas.
  4. Lebih efisien
    Bangun pagi akan membuat seseorang lebih efisien. Ini karena bangun pagi punya waktu untuk bersiap-siap bekerja, sementara yang lain masih tidur. Mereka memiliki periode waktu yang tenang, yang kondusif untuk konsentrasi. Sebuah studi yang dilakukan oleh seorang profesor biologi di Universitas Pendidikan Heidelberg menemukan bahwa bangun pagi lebih energik.
  5. Jadikan pikiran Anda lebih sehat dan lebih positif
    Orang yang bangun pagi memiliki suasana hati yang lebih baik dan lebih optimis. Mereka juga lebih mudah untuk dipuaskan. Pada saat yang sama, orang yang terbiasa bangun malam dan tidur di pagi hari, meskipun terkait dengan kecerdasan dan kreativitas, cenderung memiliki emosi negatif, seperti depresi dan pesimisme.

Kesimpulan

Tentu saja, tidak semua orang bisa bangun di pagi hari. Mungkin pekerjaan memaksa orang untuk bangun larut malam dan tidur di pagi hari. Namun, jika Anda ingin mendapatkan manfaat bangun pagi, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk bangun pagi, atau setidaknya luangkan waktu untuk bangun pagi.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%. Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah. JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu. Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”!