Manfaat Menggunakan Sistem Slip Gaji Online dalam Bisnis

Slip Gaji Online

Dewasa ini, ada begitu banyak teknologi digital yang dibuat untuk memudahkan kita dalam melakukan suatu hal. Baik untuk keperluan komunikasi, hiburan hingga bisnis sekali pun. Salah satu aplikasi atau sistem yang cukup penting dalam operasional bisnis dan banyak digunakan saat ini adalah aplikasi slip gaji online.

Apa Itu Aplikasi Slip Gaji Online?

Slip Gaji Online

Pada dasarnya, aplikasi ini menyediakan layanan atau service pembuatan slip gaji secara daring yang dapat dilakukan dengan cara yang lebih mudah dan praktis. Anda hanya perlu terhubung pada internet saja untuk menggunakan layanan yang diberikan. Dalam penggunaannya, Anda pun tak perlu melakukan perhitungan manual karena seluruh data yang diinput akan terhitung secara otomatis dengan hasil yang lebih akurat.

Aplikasi atau sistem penggajian online kerap dijadikan pilihan bagi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnisnya. Selain digadang-gadang lebih praktis dan memberikan hasil yang akurat, software seperti ini juga cenderung lebih efisien atau hemat waktu. Sehingga Anda dapat menggunakan waktu yang tersisa untuk menyelesaikan pekerjaan yang lain dan tetap produktif.

Seberapa Penting Peran Slip Gaji dalam Bisnis?

Pentingnya slip gaji

Pada dasarnya, slip gaji merupakan sebuah bukti dari pembayaran upah yang dilakukan oleh perusahaan pada karyawannya. Dalam slip gaji ini biasanya mengandung informasi berupa penghasilan yang didapatkan, tunjangan atau bonus, potongan apa saja yang diberlakukan hingga jumlah bersih gaji yang didapat.

Dengan adanya slip ini, transparansi gaji antara perusahaan dan karyawan akan terlihat lebih jelas. Sehingga, pihak karyawan pun tidak perlu bertanya-tanya kemana saja perginya potongan gaji yang dilakukan oleh perusahaan. Hal ini juga berlaku apabila karyawan mendapatkan upah di atas gaji pokok yang ditentukan. Mereka dapat mengetahui dari mana asalnya kelebihan gaji tersebut. Apakah dari tunjangan, bonus penjualan, reward dan lain sebagainya.

Nah, jika dilihat dari sisi perusahaan, slip gaji dapat digunakan sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan pembayaran upah pada karyawan yang bersangkutan. Selain itu, eksistensi slip gaji ini juga dapat mencegah terjadinya salah paham antara perusahaan dengan karyawan dan juga dapat digunakan sebagai arsip dokumentasi pengeluaran. Sehingga jika suatu waktu dibutuhkan, perusahaan memiliki track record kemana saja perginya uang operasional tersebut.

Kenapa Perusahaan Harus Beralih ke Sistem Penggajian Online?

Alasan perusahaan harus beralih ke sistem penggajian online

Di era yang serba digital seperti saat ini, muncul banyak teknologi yang memang diciptakan untuk mempermudah kerja manusia dalam melakukan berbagai macam hal. Salah satunya adalah keberadaan aplikasi atau software penggajian yang menyediakan fitur pembuatan slip gaji online.

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, aplikasi penggajian online menawarkan berbagai macam kemudahan dalam perhitungan gaji hingga distribusinya. Hal ini akan sangat berguna dan menghemat banyak waktu dibandingkan Anda melakukannya dengan cara manual.

Tak hanya dapat membantu dalam menghitung gaji secara akurat, template slip gaji pun juga cukup beragam dan dapat disesuaikan dengan preferensi Anda. Selain itu, aplikasi penggajian online ini biasanya juga dilengkapi dengan fitur perhitungan komponen yang lain seperti kalkulasi BPJS, pajak pph 21 dan masih banyak lagi lainnya.

#1 Aplikasi HR Suites di Indonesia

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Manfaat Menggunakan Sistem Slip Gaji Online dalam Bisnis

Manfaat Sistem Slip Gaji Online

Selain lebih mudah digunakan dan hemat waktu, ada banyak lagi kelebihan yang ditawarkan oleh sistem aplikasi slip gaji online. Nah, berikut beberapa di antaranya:

1. Menghemat pengeluaran perusahaan

Kelebihan pertama dari menggunakan aplikasi penggajian online adalah secara efektif dapat menghemat pengeluaran perusahaan. Jika menggunakan cara penggajian yang konvensional, Anda membutuhkan print serta kertas fisik untuk mencetak slip upah yang akan diberikan pada karyawan.

Sedangkan dengan slip online, seluruh keperluan penggajian dapat dilakukan lewat media digital secara daring. Anda pun bisa mengirimkan bukti tersebut ke email masing-masing dari karyawan. Cara ini cenderung jauh lebih cepat sekaligus hemat untuk dilakukan. Anda tak perlu lagi membuang-buang kertas hanya untuk mencetak slip gaji setiap bulannya.

2. Kemudahan akses

Dengan menggunakan aplikasi sistem penggajian online ini, karyawan dapat mengecek slip mereka dari mana saja dan kapan saja. Selama perangkat yang digunakannya terhubung dengan internet, tentu tidak akan ada masalah dari hal tersebut.

3. Lebih mudah untuk dicadangkan

Tak perlu khawatir jika slip gaji hilang, jatuh atau sobek.  Dengan slip gaji online, baik perusahaan atau karyawan dapat dengan mudah mencadangkan data tersebut. Sebut saja jika slip dikirimkan melalui email, karyawan dapat menyimpannya di akun surel tersebut dan mengunduhnya berulang kali atau kapan pun ia mau.

Sedangkan dari sisi perusahaan, Anda tidak perlu repot-repot lagi menyimpan arsip fisik dari setiap penggajian karyawan. Karena seluruh data yang tersimpan secara online bisa diakses kembali meskipun perangkat smartphone atau laptop yang Anda gunakan rusak maupun hilang. Yang terpenting akses ke akun aplikasi penggajian tersebut harus selalu diingat.

4. Lebih mudah didistribusikan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, slip gaji online dapat dengan mudah disampaikan atau dikirimkan melalui alamat email masing-masing karyawan. Dengan cara ini, slip gaji bisa sampai dengan lebih cepat. 

Apalagi di era pandemi seperti saat ini. Di mana banyak perusahaan yang mempekerjakan karyawannya dari rumah. Sehingga penyampaian slip gaji tidak bisa dilakukan secara langsung. Nah, slip gaji online dapat dijadikan pilihan untuk memudahkan Anda dalam mendistribusikan informasi mengenai detail upah yang diterima oleh setiap karyawan.

5. Privasi dan keamanan data terjamin

Meski dapat diakses secara online, bukan berarti keamanan privasi menjadi hal yang harus dikorbankan. Pihak penyedia aplikasi sistem penggajian dan slip gaji online ini tidak sembarangan dalam menyediakan layanannya. 

Mereka menyadari bahwa informasi gaji merupakan privasi penting dalam perusahaan yang harus selalu dijaga. Sehingga untuk mengakses hal tersebut, disediakanlah kolom password atau kata sandi yang harus diisi. Dengan demikian, orang-orang yang mau mengakses ke akun tersebut harus mengetahui kata sandinya terlebih dahulu.

Anda juga harus memastikan bahwa orang-orang yang dapat mengakses aplikasi atau sistem penggajian yang Anda gunakan hanyalah orang-orang tertentu. Hindari menggunakan kata sandi yang mudah tertebak dan jangan memberikan akses pada karyawan yang tidak memiliki kaitan atau peran terhadap pemberian gaji.

Kesimpulan

Itulah tadi informasi singkat mengenai manfaat menggunakan sistem slip gaji online. Tak perlu repot-repot mencari vendor atau penyedia layanan penggajian yang kredibel dan berkualitas. JojoPayroll bisa dijadikan pilihan bagi Anda untuk menangani permasalahan dalam sistem penggajian.

Aplikasi ini merupakan solusi tepat bagi Anda dalam memudahkan pembayaran gaji karyawan. Dilengkapi dengan fitur yang lengkap seperti perhitungan gaji secara otomatis, lemburan, absensi, pinjaman, tunjangan, THR, kalkulasi BPJS bahkan hingga pph 21. Membuat Anda tak perlu menggunakan aplikasi yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Masih ragu untuk mempercayakan kebutuhan sistem penggajian bisnis Anda pada JojoPayroll? Coba demo GRATIS dari kami selama 14 hari dan perpanjang kapan pun Anda mau.