Start Up Pitch Deck Serta Langkah-Langkah Efektifnya

start up pitch deck

Start up pitch deck mungkin di awal akan tampak susah sehingga membuat Anda memerlukan banyak persiapan. Pitch deck sendiri sebenarnya merupakan suatu presentasi singkat yang di dalamnya terdapat penjelasan mengenai gambaran umum tentang perencanaan bisnis startup milik Anda. Jadi Anda bisa memperkenalkan produk Anda melalui file presentasi tersebut. Maka apa yang Anda lakukan ini akan membuahkan hasil misalnya berupa dana investasi dan sebagainya. Pitch deck perlu dibuat sedemikian rupa sehingga menarik terutama bagi siapa saja yang menjadi prospek bisnis Anda.

Cara Membuat Pitch Deck

Adapun berikut ini beberapa langkah mudah tentang cara membuat start up pitch deck.

Buat pitch deck yang terdiri dari 10 hingga 15 slide

Pada dasarnya seorang investor ataupun prospek bisnis Anda hanya ingin melihat produk Anda secara garis besar saja. Oleh karena itu Anda tidak perlu menyusun slide yang terlalu panjang karena slide Anda justru bisa membuat orang lain menjadi bosan. Berikan gambaran yang jelas dalam waktu singkat sehingga sasaran Anda bisa tercapai.

Pahami tulisan Anda di dalam pitch deck

Kebanyakan orang hanya ingin melihat bagaimana rencana Anda dalam menjalankan bisnis. Atau mungkin bagaimana Anda akan mengelola bisnis Anda. Semua hal ini bisa didapatkan melalui pitch deck Anda. Maka sudah seharusnya Anda memahami setiap isi dari pitch deck yang Anda susun agar Anda bisa memberikan gambaran yang jelas dan tepat.

Gunakan huruf yang bisa dibaca dengan mudah

Siapapun akan lebih mudah mencerna kalimat yang ditulis dengan menggunakan huruf yang jelas dan mudah untuk dibaca. Terlebih lagi dalam hal pitch deck yang tentunya hanya dibaca sekilas saja baik oleh calon investor maupun klien Anda. Jadi gunakan huruf yang bisa dibaca dengan mudah oleh orang lain dalam pitch deck yang Anda susun.

Hindari penggunaan kata rumit

Agar bisa dipahami dengan lebih mudah maka pitch deck seharusnya disusun dengan kalimat yang sederhana namun menarik. Anda tidak perlu membuat kalimat panjang yang bertele-tele namun tidak mengandung informasi tertentu. Sebaliknya gunakan susunan kata yang membuat orang yang membacanya bisa memahami maksud Anda dengan baik dan dalam waktu yang cukup singkat.

Pelajari pitch deck dari perusahaan lain

Tidak ada salahnya bagi Anda untuk belajar membuat pitch deck dengan acuan pitch deck milik perusahaan lain. Terlebih lagi jika Anda merupakan seorang founder pemula. Anda tentu bisa belajar banyak hal dari pitch deck milik perusahaan lain. Tentu Anda tidak perlu meniru pitch deck tersbeut secara keseluruhan namaun Anda bisa mendapat gambaran tentang cara penyusunannya.

Konten Di Dalamnya

Dalam start up pitch deck ini umumnya ada beberapa konten yang terdapat di dalamnya.

Founder

Di dalam pitch deck yang anda susun sebaiknya tercantum pula penjelasan mengenai Anda sebagai founder. Anda juga bisa menjelaskan setiap pengalaman yang telah diperoleh untuk mendukung apa yang Anda tulis di dalam pith deck milik Anda.

Potensi pasar

Sebuah bisnis tentu dijalankan dengan adanya terget pasar. Untuk itu diperlukan suatu pitch deck yang bisa mewakili presentasi produk sehingga Anda bisa mencapai target pasar tersebut. Potensi pasar dari produk juga harus turut dicantumkan agar orang lain bisa melihat gambaran dari pemasaran produk bisnis Anda. Dengan adanya gambaran mengenai potensi pasar yang baik maka prospek bisnis Anda akan semakin bertambah.

Resiko

Tidak hanya potensi pasar saja yang perlu tercantum dalam pitch deck tetapi juga resiko yang bisa saja dihadapi dalam bisnis Anda. Beberapa resiko utama seperti misalnya resiko produk  dan resiko tim serta resiko pasar ataupun pemasaran dan keuangan perlu turut dipertimbangkan dan dijelaskan dalam pitch deck yang disusun.

Cara Melakukan Pitching

Mengikuti kompetisi

Saat yang paling tepat untuk melakukan pitching adalah pada saat Anda mengikuti ajang kompetisi yang sedang diselenggarakan di suatu tempat. Sebeb kompetisi itu tentu dihadiri banyak orang termasuk pula para investor dan lainnya. Tentunya pitching bisa dilakukan semenarik mungkin sehingga memikat perhatian dari orang banyak dan para investor.

Berkunjung ke acara networking

Pitching juga bisa dilakukan di berbagai acara networking. Sebab sama halnya dengan di sebuah acara kompetisi maka di acara networking terdapat banyak orang. Di tempat ini juga sudah tentu terdapat beberapa investor yang mungkin saja akan tertarik dan berminat dengan bisnis Anda. Oleh karena itu persiapkan pitch deck sebaik mungkin sehingga Anda bisa mencapai sasaran prospek bisnis Anda.

Mencari referensi

Cara lainnya untuk melakukan pitching adalah dengan meminta referensi dari investor secara langsung. Atau Anda juga bisa meminta referensi dari orang yang Anda kenal dan bisa memberikan referensi terpercaya untuk produk yang Anda tawarkan. Tentu bisnis Anda akan lebih mudah untuk dilirik oleh para investor.

Penyusunan Start Up Pitch Deck

Startup pitch deck yang tentunya menjadi bagian penting dalam menjalankan bisnis tampaknya perlu Anda kuasai. Untuk itu Anda perlu membuat susunan pitch deck yang baik dengan penjelasan singkat yang menarik mengenai produk yang Anda tawarkan dalam bisnis yang akan Anda jalankan. Untuk itu penyusunan pitch deck tidak boleh dilakukan dengan sesuka hati tetapi pitch deck haruslah mewakili rincian produk serta prospek bisnis Anda. Anda bisa membuatnya ke dalam 2 slide yaitu slide utama dan slide tambahan. Pada slide utama tentunya terdapat beberapa bagian inti atau penting. Misalnya saja seperti adanya rangkuman bisnis dan produk serta permasalahan dan juga solusi untuk mengatasi masalah melalui bisnis Anda.

Selain itu Anda juga perlu mencantumkan rencana pemasaran produk yang disertai dengan traksi. Ada pula gambaran rencana ke depan yang juga perlu Anda cantumkan dipitch deck sehingga orang lain bisa mengetahuinya. Jika diperlukan maka Anda bisa memberikan slide tambahan pada pitch deck yang Anda susun. Biasanya di slide tambahan ini terdapat personel tim Anda serta daftar kompetitor bisnis berdasarkan hasil survey yang telah Anda lakukan. Anda juga bisa mencantumkan sistem pemasaran dan pengembangan produk. Selain itu testimoni pengguna produk dari customer juga bisa Anda lampirkan. Tentunya pitch deck Anda akan tampil menarik sehingga mengundang minat dari berbagai kalangan.

Tentu pentingnya startup pitch deck ini tidak kalah penting dengan sistem payroll perusahaan. Sebaiknya jangan lupa untuk memastikan penggunaan sistem payroll terbaik, misalnya dengan beralih pada JojoPayroll. Aplikasi ini dapat membantu terwujudnya payroll karyawan yang lebih efektif dan efisien, terutama berkat fitur-fiturnya seperti:

  • Cetak slip gaji otomatis
  • Perhitungan payroll akurat
  • Dan masih banyak lagi

Maka dari itu jangan ragu beralih pada sistem yang satu ini. Ayo, coba gratis JojoPayroll di perusahaan Anda sekarang juga. Jangan tunggu nanti, segera yuk.