Proses Pembuatan Surat Keterangan Kerja Untuk Karyawan

surat keterangan kerja

Surat Keterangan Kerja pada dasarnya merupakan sebuah dokumen penting. Terutama bagi Anda yang saat ini sednag bekerja di sebuah instansi perusahaan atau lembaga tertentu. Sudah tentu Anda sebagai karyawan atau pekerja membutuhkan adanya surat keterangan tersebut dengan tujuan untuk kelengkapan adminstratif. Maka dengan adanya surat keterangan ini nantinya Anda bisa menyelesaikan berbagai urusan Anda terutama jika urusan Anda tersebut memerlukan bentuk surat yang demikian.

Adapun jika disimpulkan maka bisa diartikan bahwa surat ini berperan sebagai suatu bukti tertulis yang menunjukkan bahwa Anda sedang aktif bekerja di suatu perusahaan. Hal ini berarti bahwa surat keterangan mengenai kerja Anda dikeluarkan oleh perusahaan yang menjadi tempat kerja Anda saat ini.

Membuat Surat Keterangan Kerja

Kop surat

Bagian pertama yang perlu dicantumkan atau dibuat pada saat Anda membuat Surat Keterangan Kerja adalah kop surat atau header. Kop surat ini umumnya berisikan nama perusahaan. Di bagian header ini tidak hanya dicantumkan nama perusahaan saja. Tetapi pada bagian kopini juga perlu dicantumkan alamat perusahaan dan juga nomer telepon perusahaan. Bila memang perusahaan memiliki alamat website maka bisa pula dicantumkan alamat website perusahaan pada bagian kop surat ini. Selain itu di bagian kop surat juga bisa dicantumkan alamat email sehingga siapa saja bisa menghubungi perusahaan tersebut dengan cepat.

Perihal surat

Bagian selanjutnya yang perlu ditulis setelah kop surat adalah perihal surat. Jika memang hal yang dicantumkan pada surat tersebut adalah keterangan kerja karyawan maka perihalsurat bisa ditulis Surat Keterangan Kerja. Melalui perihal surat inilah orang lain bisa mengetahui apa isi dari surat tersebut.

Isi surat

Bagian selanjutnya adalah isi surat. Di bagian isi surat ini tercantum nama karyawan dan seluruh data pribadi mengenai karyawan tersebut. Jaid di surat tersebut akan dicantumkan bahwa pekerja atau karyawan yang namanya tertulis tersebut benar-benar bekerja di perusahaan terkait.

Jabatan dan posisi terakhir

Pada bagian isi surat juga perlu dicantumkan jabatan dan posisi terakhir karyawan yang namanya tercantum pada surat. Selain jabatan dan posisi terakhir rupanya pada surat tersebut juga perlu dicantumkan lama waktu bekerja. lama waktu bekerja ini berarti dimulai dari karyawan bekerja di perusahaan tersebut sampai dengan karyawan mengundurkan diri.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Penilaian dari atasan

Hal penting yang juga tidak boleh ketinggalan dalam suatu Surat Keterangan Kerja adalah penilaian dari atasan. Dalam hal ini penilaian atasan umumnya diberikan dengan adanya penilaian yang baik mengenai karyawan tersebut. Biasanya perusahaan yang baru akan melihat penilaian atas pekerja. Dengan adanya penilaian tersebut maka perusahaan baru bisa memperkirakan kinerja Anda sebagai seorang pekerja.

Penutup

Bagian terakhir yang bisa dicantumkan pada Surat Keterangan kerja adalah bagian penutup. bagian ini dilengkapi dengan keterangan pengesahan surat yang ditandatangani oleh pembuat surat.

Fungsi Surat Keterangan Kerja

Keterangan kinerja

Yang dinamakan dengan Surat Keterangan Kerja tentu saja berisi tentang berbagai data diri Anda. Selain itu surat ini berisi pula tentang penilaian umum yang terkait dengan kinerja Anda sebagai karyawan. Jadi pada dasarnya surat ini memuat berbagai informasi mengenai kinerja Anda sebagai karyawan mulai dari awal masuk kerja sampai dengan masa dimana Anda mengundurkan diri. Maka perusahaan yang baru bisa melihat kinerja Anda berdasarkan pada isi surat tersebut. Sebab melalui surat keterangan yang And abuat tersebut maka kinerja Anda bisa dilihat dan dinilai oleh orang lain.

Bentuk apresiasi

Surat yang berisi mengenai data dan kinerja Anda juga bisa dijadikan sebagai bahan penilaian. Saat Anda mengundurkan diri dari sebuah perusahaan maka Anda akan mendapatkan surat ini. tentu saja surat yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda yang lama akan dipandang oleh perusahaan yang baru. Oleh karena itu bagi sebuah perusahaan tentunya surat ini penting dan perlu dibuat dengan tepat karena dapat meningkatkan kredibilitas perusahaan dan juga pekerja. Perusahaan yang baru akan memberikan apresiasi pada Anda berdasarkan pada surat tersebut.

Persyaratan tunjangan

Umumnya di dalam surat yang berisi tentang keterangan kerja tercakup pula berbagai format yang dibuat sesuai dengan tujuan atau peruntukannya. Jadi surat yang berisi tentang keterangan kerja ini dikeluarkan pada saat Anda masih bekerja di suatu perusahaan secara aktif. Sebab melalui surat ini bisa dijadikan sebagai persyaratan untuk pendaftaran jaminan sosial. Selain jaminan sosial rupanya surat ini juga bisa dijadikan sebagai syarat untuk pendaftaran pajak dan keperluan bank atau lainnya.

Syarat administrasi

Terkadang surat yang berisi keterangan kerja karyawan sangat dibutuhkan untuk memenuhi syarat atau ketentuan administrasi di beberapa lembaga. Oleh karena itu surat ini memang harus dibuat oleh sebuah perusahaan. Sebab seringkali beberapa instansi juga membutuhkan adanya surat yang berisi keterangan kerja. Misalnya saja untuk syarat administrasi dalam hal perekrutan akademik. Mungkin saja Anda sebagai karyawan ingin pula melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Maka dibutuhkan surat keterangan mengenaipekerjaan Anda dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Pengajuan beasiswa

Saat Anda berencana untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi maka mungkin saja Anda bisa mendapatkan beasiswa. Maka untuk mendapatkan beasiswa tentunya Anda memerlukan surat keterangan berisi tentang data pekerjaan Anda. Jadi surat keterangan tentang kinerja Anda dari perusahaan juga bisa digunakan untuk mengajukan beasiswa.

Pentingnya Surat Keterangan Kerja

Surat Keterangan Kerja tentu saja menjadi salah satu dokumen pribadi Anda yang sangat penting. Dengan adanya surat keterangan tersebut maka orang lain bisa mengerti apa yang Anda kerjakan selama berada di perusahaan yang bersangkutan. Oleh karena itu banyak hal atau keperluan tertentu yang membutuhkan adanya surat keterangan mengenai kinerja Anda tersebut. Dan lagi biasanya surat yang menyatakan keterangan kerja Anda ini menandakan perilaku Anda yang baik selama bekerja di perusahaan terkait. Sekalipun jika Anda mendapatkan surat keterangan ini pada saat mengundurkan diri maka tetap saja surat ini menandakan bahwa Anda telah bekerja dengan baik di perusahaan sebelumnya.

Tentunya ini seperti memilih sistem keuangan terbaik untuk perusahaan. Misalnya yaitu dengan memutuskan untuk memilih JojoExpense. Produk ini membantu mencatat secara akurat seluruh kebutuhan baik pemasukan maupun pengeluaran keuangan perusahaan Anda. Selain itu produk ini juga membantu untuk mencegah resiko adanya penipuan di dalam sistem keuangan perusahaan.

Manfaat tersebut dapat diperoleh berkat beberapa fitur andalan yang tersedia di dalam JojoExpense. Misalnya saja fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, serta feraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance. Karena itu jangan ragu untuk menggunakan JojoExpense.

Segera daftar dan dapatkan coba gratis JojoExpense t di perusahaan Anda selama 14 hari sekarang juga!