Langkah Penerapan Teknik Affiliate Sebagai Strategi Pemasaran Terbaik

affiliate

Affiliate tentu bukan menjadi hal yang asing lagi dalam dunia marketing online. Oleh karena itu istilah ini akan banyak dijumpai jika Anda masuk ke dunia usaha atau bisnis marketing. Istilah ini sendiri merupakan suatu sistem bisnis yang yang dilakukan dengan cara membayar jasa seseorang jika orang tersebut telah berhasil menjual  produk yang dipasarkan. Atau bisa juga pembayaran dilakukan kepada merchant ataupun perusahaan yang menjualkan produk misalnya melalui layanan internet.

Melalui hal ini, jika merchant menggunakan jasa orang lain untuk menjual produk maka bisa juga merchant tersebut memperoleh pembayaran atas usaha atau jasanya. Jadi dalam hal ini jika Anda turut menjualkan produk dari sebuah brand perusahaan melalui jaringan internet maka Anda bisa mendapatkan pembayaran atau upah atau komisi. Hal inilah yang disebut dengan sistem affiliate dalam marketing.

Bergabung dalam Affiliate

Mendaftarkan diri

Jika Anda ingin menjadi seorang affiliate marketer maka hal pertama yang perlu Anda alakukan adalah mendaftarkan diri. Pendaftaran diri ini dapat dilakukan ke suatu perusahaan web afiliasi. Jika Anda telah mendaftarkan diri maka nantinya anda akan mendapatkan link afiliasi yang diberikan oleh perusahaan tempat Anda melakukan pendaftaran. Maka Anda bisa mulai menjalankan tugas sebagai seorang marketer melalui sistem online.

Promosi produk

Setelah Anda mendapatkan link dari perusahaan web afiliasi maka Anda bisa mempromosikan link tersebut. Tentu link ini bisa dipromosikan ke sebuah website atau blog Anda. Tidak hanya web atau blog saja tetapi Anda juga bisa melakukan  promosi link dengan memanfaatkan media sosial. Sebab media sosial di masa sekarnag ini smeakin populer di kalangan masyarakat. Tentu saja Anda bisa melakukan promosi dengan lebih mudah melalui jejaring sosial.

Jual produk

Melalui web atau blog atau bahkan media sosial kini Anda bisa melakukan penjualan produk. Jadi Anda bisa mempelajari lebih lanjut tentang produk yang sedang Anda jual. Dengan demikian maka penjualan produk bisa berjalan secara lebih optimal. Bahkan Anda bisa memberikan banyak informasi mengenai produk yang dijual kepada para calon konsumen.

Dapat komisi

Setelah anda berhasil menjual produk maka Anda akan mendapatkan bagian Anda. Bagian yang dimaksud disini adalah komisi atas penjualan. Tentunya besar komisi akan bergantung pada berapa jumlah produk yang Anda jual.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Ciri Affiliate

Bisnis online

Penjualan produk keluaran sebuah perusahaan dalam dunia affiliate marketing dilakukan dengan sistem marketing online. Jadi hal ini bisa juga disebut dengan bisnis online. Dalam hal ini Anda hanya membutuhkan jaringan internet untuk bisa melakukan penjualan produk. Anda juga tidak perlu melakukan pembelian produk di awal karena fokus anda hanyalah dalam hal marketing online saja.

Tanpa syarat

Umumnya sistem marketing online seperti ini dilakukan tanpa adanya syarat. Artinya untuk bergabung ke dalam perusahaan web affiliate biasanya tidak diperlukan berbagai syarat khusus. Namun hal yang harus Anda lakukan hanyalah memasarkan produk yang dikeluarkan atau dijual oleh perusahaan melalui layanan internet.

Sistem komisi

Penjualan produk secara online tentu akan memberi keuntungan bagi siapa saja. Termasuk bagi Anda yang berhasil melakukan penjualan produk secara online. Jika Anda berhasil menjual produk yang dipasarkan maka nantinya Anda akan mendapatkan komisi penjualan. Biasanya komisi yang akan diterima oleh affiliate marketer hanya sekitar 20% hingga 40% saja. Walaupun tidak begitu banyak namun tetap saja komisi yang Anda dapatkan tersebut bisa menjadi pemasukan bagi Anda.

Tips Menjalankan Affiliate

Mempelajari produk

Sebelum Anda memutuskan untuk menjual suatu produk dari sebuah brand perusahaan maka Anda harus memahami produk yang dijual terlebih dahulu. Untuk memahami produk yang akan dijual maka Anda bisa mencari informasi sebanyak-banyaknya. Mungkin Anda bisa memanfaatkan layanan customer service dari perusahaan web afiliasi untuk bisa lebih memahami produk yang akan dijual.

Memilih produk

Selanjutnya Anda juga perlu memilih produk yang akan dijual. usahakan untuk memilih produk yang sekiranya bisa laris di pasaran. Untuk itu Anda perlu memahami apa yang menjadi kebutuhan dan keinginan pasar. Maka proses pemasaran produk bisa berpeluan besar untuk berhasil.

Membuat website atau blog

langkah selanjutnya yang bisa saja menjadi hal terpenting bagi Anda adalah membuat webite atau blog. Dengan membuat website blog maka Anda bisa lebih bebas dalam melakukan penjualan produk. bahkan keunggulan produk yang dipasarkan bisa Anda paparkan secara lebih rinci. Hal ini tentu akan semakin menarik minat user internet untuk mengunjungi website atau produk Anda dan mencari informasi mengenai produk yang Anda jual.

Memberi testimoni

Jika memang sudah ada konsumen yang melakukan pembelian produk maka Anda bisa meminta penilaian konsumen tersebut mengenai produk Anda. Penilaian tersebut nantinya bisa dijadikan sebagai testimoni. Dengan adanya testimoni maka konsumen akan semakin percaya dengan produk yang Anda jual. Tidak hanya itu saja tetapi konsumen juga akan lebih percaya pada Anda sebagai penjual atau online marketer.

Memiliki konten

Promosi atau pennjualan produk juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan konten. Jadi Anda bisa mengisi website atau blog Anda dengan berbagai konten yang dibuat. Usahaka untuk membuat konten yangmenarik dan isinya tidak luput dari promosi produk yang sedang dipasarkan. Tentu hal ini akan semakin menarik minat konsumen.

Mengatur keuangan

Tips terakhir untuk anda yang ingin menjalankan bisnis affiliate adalah aturlah keuangan Anda dengan baik. pengelolaan keuangan yang baik akan mendorong Anda utuk bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis Anda.

Keunggulan Affiliate

Affiliate tentu menjadi suatu hal yang sangat menguntungkan bagi pengembangan sebuah bisnis. Sebab sistem ini menekankan adanya jasa dari seseorang atau dari merchant tertentu yang bersedia untuk menjualkan produk keluaran sebuah brand perusahaan. tentu saja pemasaran produk bisa menjadi lebih lancar dan jangkauan pemasaran lebih luas. Produk akan lebih dikenal oleh konsumen sehingga peluang timbulnya customer loyal akan semakin besar. Demikian pula jika Anda menjalankan usaha penjualan produk melalui internet maka Anda bisa mendapatkan keuntungan berupa komisi.

Tentunya affiliate sama pentingnya dengan pemilihan sistem absen yang tepat untuk perusahaan. Salah satunya yang terbukti efektif yaitu dengan menggunakan JojoTimes. Produk ini membantu terciptanya sistem absensi yang efektif dan dapat dilakukan karyawan kapan saja serta dimana saja. Selain itu juga membantu perusahaan dalam melakukan monitoring kehadiran karyawan lebih optimal.

Semua ini berkat beberapa fitur menarik yang ada di dalam JojoTimes. Contohnya yaitu fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, hingga fitur tarif lembur yang dapat disesuaikan. Sehingga dengan fitur-fitur ini tentu tidak perlu merasa ragu lagi jika ingin menggunakan JojoTimes.

Jadi, tunggu apalagi? Segera daftarkan perusahaan Anda dan dapatkan coba gratis JojoTimes selama 14 hari untuk perusahaan Anda sekarang juga.