Syarat Perpanjang SIM Yang Dapat Mempermudah Proses

perpanjang sim online

Syarat perpanjang SIM sudah tentu harus diketahui terutama oleh setiap orang yang memiliki kendaraan baik mobil maupun motor. SIM A dan SIM C sudah tentu harus dimiliki sebagai tanda bahwa Anda memang telah memperoleh izin untuk mengendarai kendaraan tersebut. Oleh karena itu perpanjangan SIM harus dipahami secara lebih lanjut agar setiap orang yang ingin melakukan perpanjangan SIM bisa melakukannya dengan tepat dan tanpa adanya kendala.

Dokumen Untuk Syarat Perpanjang SIM

Formulir

berbagai dokumen sudah tenttu harus disiapkan oleh Anda sekalian yang akan emlakukan perpanjangan SIM. Salah satunya adalah formulir yang tentunya sudah diisi oleh pemohon pengajuan perpanjang SIM. Formulir haruslah diisi dengan menggunakan data yang memang sesuai dengan KTP atau KK sehingga bersifat valid dan dapat dipertanggungjawabkan. Pengisiannya juga sebaiknya dilakukan secara lengkap agar proses perpanjang SIM tidak ada kendala.

KTP

Selain formulir yang berisi data lengkap dari pemohon pengajuan perpanjang SIM rupanya KTPjuga menjadi dokumen yang dibutuhkan. KTP atau Karta Tandu Penduduk itu sendiri merupakan suatu tanda pengenal diri seseorang sehingga harus dibawa ke mana saja. Maka dimana saja Anda bisa dikenali identitasnya.

SIM lama

selain formulir pengajuan permohonan perpanjang SIM dan KTP maka Anda juga harus menyiapkan dokumenlainnya yaitu SIM lama. SIM lama ini tentu saja sudah habis masa berlakunya sehingga sudah tidak berlaku lagi. Maka SIM lama ini bisa dibawa untuk dikembalikan ke Satpas terdekat. Nantinya SIM lama ini akan diganti dengan SIM baru yang disertai dengan masa berlaku yang baru.

Surat kesehatan

Poin ini menjadi salah satu syarat dokumen yang perlu dilengkapi oleh seseorang yang ingin mengajukan permohonan perpanjangan SIM. Surat ini merupakan surat keterangan sehat dari dokter yang nantinya juga akan turut dilampirkan dalam mengurus perpanjangan SIM. Oleh karena itu surat sehat ini juga harus disiapkan agar sudah ada jika sewaktu-waktu ibutuhkan.

Surat keterangan lulus uji simulator

Dokumen terakhir yang juga tidak bisa disepelekan dan jangan sampai tertinggal adalah surat keterangan lulus uji simulator. Surat keterangan lulus uji simulator ini merupakan bukti nyata bahwa orang yang memilikinya telah lulus ujian ketrampilan mengemudi yang dilakukan dengan melalui simulator.

Ketentuan Syarat Perpanjang SIM

Dilakukan sebelum masa berlaku berakhir

Proses perpanjangan SIM tentu saja harus dilakukan tepatnya sebalum masa berlaku SIM lama telah habis. Jadi jangan sampai perpanjangan Surat Izin Mengemudi ini dilakukan setelah masa berlaku SIM yang lama habis. Sebab hal ini tidaklah dibenarkan sehingga setiap orang yang ingin berkendara wajib mematuhinya.

Bertempat di Satpas

Mungkin bagi pemula bisa saja belum tahu dimana tempat yang tepat untuk melakukan pengajuan permohonan perpanjangan SIM. Sebenarnya proses memperpanjang SIM bisa dilakukan di Satpas atau Satuan penyelenggara Administrasi SIM. Satpas ini bisa saja dilakukan secara berkeliling sehingga menjadi Satpas keliling. Namun Satpas juga bsia saja berbentuk gerai yang ada di tempat umum. Misalnya di plasa atau mungkin di tempat umum tertentu yang ramai dan bisa diakses dengan mudah dari sisi mana saja.

Persiapkan seluruh dokumen

Syarat selanjutnya yang juga harus dipenuhi untuk memperpanjang SIM adalah mnyiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan dan diminta oleh petugas. Maka persiapkan segala dokumen yang diperlukan agar Anda nantinya tidak sampai kerepotan dalam mengurus perpanjangan SIM.

Persiapkan biaya

Syarat terakhir yang juga harus diketahui dengan tepat adalah persiapan biaya untuk mengajukan perpanjangan SIM. Di tahun ini tarif untuk perpanjangan SIM A adalah 80ribu rupiah. Sedangkan tarif untuk perpanjangan SIM C adalah 75 ribu rupiah. Tarif selengkapnya bisa dicari informasinya dan didapatkan baik melalui situs tertentu ataupun langsung dari Satpas.

Syarat Perpanjang SIM Online

Buka website

Perpanjangan SIM juga bsia dilakukan secara online sehingga lebih praktida dna tentu saja lebih mudah. bahkan setiapornag bisa melakukan proses perpanjangan ini dari mana saja dan kapan saja. Langkah pertama untuk melakukannya adalah dengan membuka situs website resmi.

Isi formulir

Setelah membuka situs website yang resmi maka sleanjutnya Anda bisa langsung mengisi formulir yang tersedia. Pengisian formulir dilakkan dengan cara mengisikan data secara lengkap dan sesuai dengan identitas diri pribadi.

Masukkan kode verfikasi

Jika memang formulir permohonan untuk proses perpanjang SIM telah diisi maka selanjutnya Anda bisa menuju ke proses verifikasi. Untuk melakukan hal ini hanya tinggal memasukkan kode verifikasi saja. Lalu nantinya akan muncul tombol Kirim pada layar. Klik tombol Kirim tersebut untuk melangkah ke tahap selanjutnya.

Lakukan pembayaran

tahapan selanjutnya adalah melakukan proses pembayaran. Proses pembayaran ini bisa dilakukan di EDC atau bisa juga melalui ATM. Bahkan pembayarannya jga bisa dilakukan secara langsung ke teller bank. Hal ini sebenarnya akan mempermudah Anda dalam melakukan proses pembayaran.

Datang ke tempat gerai pelayanan

Jika memang telah dilakukan proses pembayaran maka selanjutnya datanglah ke Satpas terdekat atau ke tempat gerai pelayanan perpanjangan SIM. Jangan lupa untuk membawa bukti formulir dan seluruh dokumen yang diperlukan. Selain itu bukti pembayaran juga perlu dibawa.

Pengambilan foto

Setelahnya setiap pemohon perpanjang SIM akan melakukan antrian. Dalam hal ini antrian dilakuakn untuk proses pengambilan foto diri. Maka mengantrilah dengan sabar hingga nantinya nama Anda akan dipanggil untuk menjalani sesi pengambilan foto di tempat yang telah disediakan.

Cetak SIM baru

Jika seluruh tahapan di atas telah dilalui maka berarti proses perpanjang SIM telah selesai dan Anda hanya menunggu SIM yang baru.

Pentingnya Syarat Perpanjang SIM

Syarat perpanjang SIM haruslah dipenuhi oleh Anda yang memang ingin mengajukannya. Perpanjangan SIM memang menjadi suatu keharusan jika memang masa berlaku SIM lama milik Anda telah habis. Sebuah SIM menandakan bahwa pemilik SIM telah lihai dalam berkendara sehingga diizinkan oleh negara untuk berkendara di wilayah mana saja termasuk jalan raya. Maka dari itu perpanjang SIM harus dilakukan sebab SIM sendiri merupakan bagian dari dokumen pribadi.

Melakukan perpanjangan pada SIM seperti saat memilih sistem absen perusahaan. Sebaiknya lakukan dengan optimal dan seksama. Misalnya dengan menggunakan aplikasi JojoTimes yang terbukti dapat meningkatkan efektifitas karyawan dalam melakukan absen. Hal tersebut karena adanya fitur yang terdapat di dalam aplikasi tersebut, antara lain yaitu fitur berikut ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance
Jojonomic

Jadi, jangan ragu untuk mencoba dan beralih pada aplikasi absen dari Jojonomic tersebut. Segera dapatkan demo gratis selama 14 hari sekarang juga. Buktikan manfaatnya dan gunakan sistem absen yang lebih baik.