Bisnis Tanpa Modal Hanya dengan HP, Memang Bisa?

Punya sebuah usaha mungkin menjadi mimpi sebagian besar orang. Dan peluang usaha pasti selalu ada dan tidak ada habisnya. Karena banyak sekali jenis usaha yang bisa dilakukan untuk menghasilkan keuntungan. Namun pastinya modal adalah hal yang utama dan kebanyakan orang yang ingin membangun usaha, mereka terkendala dengan modal awalnya.

Nah dengan perkembangan zaman dan pertumbuhan di dunia internet, memunculkan banyak sekali peluang baru dalam dunia bisnis, yaitu bisnis online. Bisnis online saat ini sudah bisa dibilang menjadi wadah pemasaran dengan potensi yang tertinggi.

Hanya bermodal hp, modal yang minim bahkan tanpa modal, saat ini banyak sekali peluang bisnis online yang bisa membawa keuntungan. Asalkan, anda cerdas menjalankan dan mengelola bisnnis itu ya. Bagaimana cara berbisnis lewat hp tanpa modal? Dan apa saja contoh usaha-usaha yang bisa dilakukan?

Cara Memulai Bisnis Tanpa Modal di HP

Berbicara mengenai bisnis pasti harus diimbangi dengan usaha. Sama seperti halnya bisnis pada umumnya, bisnis tanpa modal juga harus didorong dengan usaha dan beberapa prosedur agar bisa menghasilkan keuntungan sesuai yang diinginkan. Untuk memulai bisnis tanpa modal, mungkin bisa simak beberapa cara berikut ini :

1. Dimulai dari apa yang sudah dimiliki

Sebagai calon pebisnis yang sukses, tentu harus dimulai dari bagaimana cara memulai dan memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Sumberdaya itu bisa berupa keahlian, minat, aset, dan sebagainya. Mungkin jika ingin mencari ide bisnis yang sesuai dengan sumber daya yang dimiliki, bisa dengan menjawab beberapa pertanyaan seperti apa saja keahlian anda? Bidang apa saja yang anda minati dan kuasai? Aset apa saja yang anda miliki saat ini?

Karena sebagai pebisnis, harus berpikir realistis tentang peluang yang ada di depan mata, termasuk keahlian yang dimiliki. Karena jika bisnis yang dijalankan sesuai dengan keahlian dan kemampuan, pasti akan berjalan dengan mudah dan mengerjakannya dengan senang, sehingga bisnis yang dijalani bisa sukses.

Meskipun keahlian anda hanya pada kompetensi dasar seperti mengetik pun sudah bisa menjadi bekal untuk memulai bisnis tanpa modal ini. Karena itu termasuk memanfaatkan keahlian dasar dan memanfaatkan aset yang dipunyai.

Sebagai contoh, jika anda memiliki kemampuan bahasa asing yang baik, anda bisa mengawalinya dengan membuka jasa penerjemah bahasa. Atau pun jika anda memiliki bakat di bidang kepenulisan, anda bisa memanfaatkannya dengan menulis artikel atau buku-buku yang nantinya bisa diterbitkan.

2. Fokus pada Tujuan

Jika ingin menjadi pekerja bisnis yang sukses, anda harus benar-benar fokus dengan tujuan yang ingin dicapai. Sehingga lebih baik mengurangi pengeluaran yang tidak dibutuhkan, agar tidak merugikan diri sendiri. Sehingga dengan mengurangi hal tersebut, anda bisa fokus dengan bisnis yang dijalankan, dan bisnis bisa berjalan dengan lancar dan mencapai suatu target tertentu.

3. Mengandalkan platform online untuk mempromosikan bisnis yang anda jalankan

Di era seperti sekarang ini, platform online mengalami perkembangan yang pesat dan akan sangat berguna bagi sebuah bisnis yang baru dirintis. Karena dengan platform online pun anda bisa membuat bisnis online yaitu dengan membangun sebuah website yang nantinya diisi artikel-artikel.

Selain itu dengan platform online seperti media sosial, anda bisa melakukan promosi. Karena promosi sangat penting untuk mensukseskan sebuah bisnis agar bisnis anda dikenal oleh masyarakat.

4. Jangan takut gagal

Hal yang paling penting dalam memulai sebuah bisnis adalah jangan takut akan kegagalan. Karena setiap bisnis yang dijalankan pasti akan mengalami kegagalan. Sehingga seorang pebisnis sukses harus siap menghadapi kegagalan yang mungkin bisajadi dihadapi di masa-masa tertentu. Jika terlalu takut untuk gagal, maka kapan bisa maju menjadi pelaku bisnis yang sukses?

Macam-macam bisnis tanpa modal

Menjalankan bisnis yang tanpa modal bukan berarti anda akan mendapatkan sedikit keuntungan. Banyak sekali peluang untuk membuka usaha meskipun tanpa modal dan hanya menggunakan HP. Meskipun begitu, anda harus memperhatikan pula peluang yang ada di sekitar anda, baru lah memilih bisnis yang seperti apa yang dijalankan. Beberapa contoh bisnis tanpa modal yang bisa dilakukan hanya dengan mengandalkan HP adalah sebagai berikut:

1. Dropshipper

Saat ini sedang marak sekali bisnis online dan jual beli online. Salah satu bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal dan hanya memanfaatkan hp di era online ini adalah dropshipper. Dropshipper adalah usaha yang tidak mewajibkan anda memiliki barang untuk dijual, karena sistem dari usaha ini adalah menjual barang tanpa harus menyediakan atau mengirim barang.

Sebagai dropshipper, ketika anda memasarkan sebuah produk yang telah anda pilih dari distributor, dan ketika ada yang membeli produk anda, anda hanya perlu memesan ulang kepada pihak distributor sesuai dengan pelanggan anda. Kemudian proses pengemasan dan pengiriman adalah tugas distributor, dan bisa menggunakan nama anda sebagai pengirimnya. Setelah itu anda hanya perlu memasukkan atau memberikan nomor resi pengiriman ke pelanggan.

Sangat mudah sekali bukan? Nah disini kemampuan marketing anda sangat diperlukan untuk memasarkan produk yang anda jual nantinya, dan supaya bisa dikenal oleh banyak orang.

2. Social Media Freelance

Kaum milenial saat ini pastinya sudah terbiasa mengoperasikan social media. Dan dengan social media bisa menjadi salah satu bisnis online yang bisa dikembangkan. Frelancer di social media bisa dengan menjadi admin pada salah satu toko di sosial media. Disana anda memiliki tugas untuk memposting dengan caption yang menarik, membalas comment dan private message, dan sebagainya. Sehingga pekerjaan ini bisa dibilang sangat mudah namun memang banyak dibutuhkan oleh pelaku bisnis lainnya.

3. Menjadi makelar properti

Makelar properti di zaman sekarang tidak perlu melakukan survei lokasi terlebih dahulu, karena bisa dengan melalui foto atau video, karena saat ini sudah zaman serba digital dan apapun bisa dilakukan dengan smartphone. Namun jika anda ingin menjadi makelar properti, setidaknya anda harus memiliki koneksi yang cukup luas, seperti kontraktor-kontraktor untuk memperbanyak informasi anda mengenai properti yang butuh untuk diperjualbelikan.

4. Survey online

Saat ini, banyak lembaga riset atau instansi lainnya menawarkan surbei online yang berbayar. Anda hanya diharuskan untuk mengisi survey sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat. Bahkan survey online berbayar ini bisa mencapai hitungan dolar loh! Dan biasanya satu kali survey, anda bisa mendapatkan rata-raa sekitar 1 USD dengan hanya menjawab beberapa pertanyaan.

5. Menjadi Agen pulsa

Berjualan pulsa memang bisa menjadi solusi yang tepat untuk anda, karena bisnis ini sangat simpel dan tidak perlu mengeluarkan modal yang besar. Apalagi di zaman sekarang yang kebutuhan akan pulsa yang meningkat.

Saat ini, untuk menjadi agen pulsa tidak harus membeli deposit terlebih dahulu. Beberapa agen pulsa online menawarkan sistem yang sangat mudah, hanya dengan mendaftar dan mengikuti petunjuk selanjutnya, kemudian anda sudah bisa menawarkan jasa pulsa anda. Dan setiap transaksi yang anda lakukan, anda akan memperoleh komisi yang bisa ditukarkan dengan saldo dan bisa digunakan untuk berjualan kembali. Tapi perlu diingat, cari agen pulsa yang terpercaya ya!

Kesimpulan

Dari pembahasan-pembahasan tersebut, anda sudah bisa tahu beberapa bisnis online tanpa modal yang dilakukan hanya dengan menggunakan hp. Dan tentunya melakukan bisnis tanpa modal bukanlah hal yang mustahil. Mulailah dengan menggali kemampuan anda dan menciptakan ide-ide brilian, kemudian fokus dengan tujuan yang ingin anda capai. Tinggikan rasa percaya diri dan tinggalkan rasa takut gagal.

Nah tidak dapat dipungkiri pula jika anda sudah menjadi pelaku bisnis yang sukses, anda harus selalu mengontrol anggaran keuangan agar nantinya tidak mengalami kerugian. Ada suatu cara yang mudah untuk mengontrol anggaran tersebut, yaitu dengan aplikasi Jojo Expense.

Jojo Expense adalah sebuah software yang bisa anda andalkan untuk mengelola pengeluaran perusahaan, mengontrol anggaran hingga memudahkan proses pengajuan reimbursement karena bisa dilakukan secara online tanpa harus mengisi berkas-berkas. Dan dengan aplikasi ini, seluruh manajemen bisa dilakukan dengan praktis dan efisien.

Jadi tunggu apa lagi? yuk coba gunakan Jojo Expense agar pengelolaan keuangan anda bisa dipermudah.