Tugas Presiden : Tugas, Tanggung Jawab, dan Wewenang Presiden

tugas presiden

Presiden Indonesia adalah kepala negara dan kepala pemerintahan Indonesia. Sebagai kepala negara, presiden merupakan lambang resmi Indonesia di dunia. Sebagai kepala pemerintahan, tugas presiden dibantu oleh wakil presiden dan menteri kabinet, dan memiliki kewenangan untuk menjalankan tugas pemerintahan sehari-hari.

Tugas Presiden (dan wakil presiden) menjabat hanya selama 5 tahun, setelah itu mereka dapat dipilih kembali untuk masa jabatan yang sama. Jokowi kembali memerintah negara sebagai Presiden Republik Indonesia dari 2019-2024. Jelasnya, sebagai kepala negara dan pemerintahan, tanggung jawab presiden sangat banyak.

Misalnya, sebagai kepala negara, presiden bertanggung jawab atas kekuasaan tertinggi atas angkatan darat, laut, dan udara. Sebagai kepala pemerintahan, tugas presiden adalah mengontrol kekuasaan pemerintahan. Selain itu, pengangkatan dan pemberhentian menteri dan pejabat kementerian (seperti Kapolri dan Jaksa Agung) merupakan tugas presiden. Tentu saja presiden bisa memberi perintah kepada pembantunya.

Misalnya, pada pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pemerintah Pusat dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah 2019 yang digelar di Sentul, Bogor, Presiden Jokowi memerintahkan Kapolri dan Jaksa Agung untuk memecat orang yang memeras polisi dan jaksa peserta Bisnis.

Presiden Jokowi berkata: “Saya memerintahkan Kapolri, Jaksa Agung, Jaksa Agung, Kemendagri, Polda, saya minta bantuan untuk memeriksa, memindahkan, dan tidak lebih.” UUD 1945 mengatur tugas-tugas presiden lainnya. Berikut tugas dan wewenang presiden sebagai kepala negara dan pemerintahan:

Tugas presiden sebagai kepala negara

tugas presiden
  • Presiden memiliki kekuasaan tertinggi Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara (Pasal 10).
  • Presiden mengangkat duta besar dan konsul (Pasal 13 ayat 1).
  • Setelah mempertimbangkan pertimbangan DPR, Presiden menerima duta besar negara lain (Pasal 13 ayat 3).

Tanggung Jawab Presiden sebagai Kepala Pemerintahan

  • Presiden memiliki kewenangan pemerintah berdasarkan Konstitusi (Pasal 4 ayat 1).
  • Merumuskan peraturan pemerintah untuk menegakkan hukum dengan baik (Pasal 5 ayat 2).
  • Presiden mengangkat dan memberhentikan menteri (Pasal 17 ayat 2).
  • Presiden mengesahkan RUU yang disepakati bersama untuk menjadi undang-undang (Pasal 20 ayat 4).
  • Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Nasional diusulkan oleh Presiden, dengan memperhatikan pertimbangan panitia perwakilan daerah, dan membahasnya dengan DPR (Pasal 23 ayat 2).
  • Anggota komite audit dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat dan dengan pertimbangan dewan perwakilan daerah, presiden yang akan menjabat (Pasal 23F, ayat 1).
  • Calon hakim agung diusulkan oleh Panitia Kehakiman, disetujui oleh DPR, dan selanjutnya diangkat oleh Presiden sebagai hakim Mahkamah Agung (Pasal 24A ayat 3).
  • Pejabat kehakiman diangkat dan diberhentikan oleh Presiden dengan persetujuan DPR (Pasal 24B ayat 3).
  • Mahkamah Konstitusi memiliki sembilan hakim konstitusi yang diangkat oleh Presiden, tiga diusulkan oleh Mahkamah Agung, tiga diusulkan oleh DPR, dan tiga diusulkan oleh Presiden (Pasal 24C ayat 3).

Wewenang dari Tugas Presiden

tugas presiden
  • Presiden berhak mengajukan RUU kepada DPR (Pasal 5 ayat 1).
  • Menyatakan perang dengan persetujuan DPR, berdamai dan memperlakukan negara lain (Pasal 11 ayat 1).
  • Presiden harus mendapat persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat ketika merumuskan perjanjian internasional lainnya yang berkaitan erat dengan kehidupan masyarakat dan terkait dengan beban keuangan negara serta berdampak luas dan mendasar, dan / atau saat meminta perubahan atau pengesahan undang-undang. (Pasal 11, paragraf 1, 2).
  • Presiden menyatakan bahwa dia dalam bahaya. Kondisi dan konsekuensi dari situasi berbahaya ditentukan oleh hukum (Pasal 12).
  • Presiden mempertimbangkan pertimbangan Mahkamah Agung dan memberikan keringanan hukuman dan layanan rehabilitasi (Pasal 14 ayat 1).
  • Pengampunan dan pembatalan diberikan Presiden dengan memperhatikan pertimbangan Dewan Perwakilan Rakyat (Pasal 14 ayat 2).
  • Presiden menganugerahkan gelar, layanan, dan penghargaan lainnya sesuai hukum (Pasal 15).
  • Presiden telah membentuk panitia penasehat yang bertugas memberikan nasehat dan pertimbangan kepada Presiden, yang diatur lebih lanjut dalam undang-undang (Pasal 16).
  • Dalam keadaan yang meyakinkan, Presiden memiliki kekuasaan untuk menetapkan peraturan pemerintah sebagai pengganti undang-undang (Pasal 22, ayat 1).

Pemilihan – Pemberhentian Seorang Presiden

tugas presiden

Menurut Pasal 6A Perubahan Ketiga UUD 1945, presiden dan wakil presiden dipilih langsung oleh rakyat sebagai pasangan melalui pemilihan presiden dan wakil presiden (Pilpres). Sebelumnya, presiden (dan wakil presiden) dipilih melalui Musyawarah Rakyat.

Menurut UUD 1945 Amandemen UUD 1945, presiden tidak lagi bertanggung jawab kepada MPR, dan kedudukan antara presiden dan MPR adalah sederajat. Calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh parpol atau gabungan parpol peserta pemilu sebelumnya. Indonesia mengadakan pemilihan presiden pertamanya pada tahun 2004.

Jika pemungutan suara dalam pemilihan presiden tersebar di lebih dari separuh jumlah provinsi di Indonesia di setiap provinsi untuk memperoleh> 50% dari jumlah pemilih total, dan setidaknya 20% di pemilu, maka dinyatakan terpilih sebagai presiden dan wakil presiden.

Jika tidak ada pasangan calon presiden dan wakil presiden yang terpilih, maka pasangan suara terbanyak pertama dan kedua dalam pemilihan presiden akan dilakukan setelah pemilihan presiden putaran kedua. Artinya, terpilihlah presiden dan wakil presiden yang memperoleh suara terbanyak pada putaran kedua pemilihan presiden.

Pelantikan Presiden

Menurut Pasal 9 UUD 1945, Presiden terpilih dan Wakil Presiden mengucapkan sumpah atas dasar agama. Atau berjanji secara sungguh-sungguh di hadapan perwakilan MPR dan MPR. Jika MPR atau DPR tidak bisa menggelar sidang.

Maka presiden terpilih dan wakil presiden berjanji dengan sungguh-sungguh di hadapan pimpinan MP. Yang disumpah secara agama atau dihadiri oleh pimpinan Mahkamah Agung untuk menggelar pelantikan seorang presiden terpilih nantinya.

Penghentian Presiden

Dalam hal ini Rakyat berpendapat bahwa Presiden / Wakil Presiden melanggar undang-undang atau tidak lagi memenuhi persyaratan Presiden / Wakil Presiden (dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan), Rakyat dapat mengajukan permintaan ke Mahkamah Konstitusi.

Jika mendapat dukungan dari minimal 2/3 dari anggota yang hadir dalam rapat paripurna. Setidaknya 2/3 dari anggota yang hadir dalam rapat, dukungan tersebut didukung. Apabila terbukti Rakyat dapat mengajukan permohonan impeachment ke Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia sesuai dengan Pasal 7A Undang-Undang Dasar 1945.

Dapat dikukuhkan kepada DPR atau dinyatakan penolakan pendapat DPR setelah sidang dilangsungkan. Sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi RI MPR-RI bersidang untuk melaksanakan putusan Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia.

Kesimpulan Tugas Presiden

Demikianlah tugas dari seorang presiden yang menjadi kepala negara sekaligus sebagai kepala pemerintahan Republik Indonesia yang berdaulat dan menjadi simbol negara di hadapan negara-negara didunia yang patut untuk dijunjung tinggi sebagai pemimpin sebuah bangsa yang merdeka.

JojoExpense Membantu Anda Mengelola Pengeluaran Perusahaan dengan Lebih Efisien dan Hemat Waktu. Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah, JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda. Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!