Unique Selling Proposition Dengan Berbagai Macam Fungsinya

unique selling proposition

Unique selling proposition seringkali disebut pula dengan istilah singkat yaitu USP. Selain disingkat USP rupanya istilah ini juga biasa disebut pula dengan istilah lainnya yaitu unique selling point. Bagaimanapun cara Anda menyebutnya namun pada dasarnya istilah ini merujuk pada faktor yang menyebabkan produk Anda menjadi berbeda dengan produk yang dikeluarkan oleh perusahaan pesaing. Tentunya USP ini bisa menjadi kekuatan bagi produk yang diluncurkan oleh perusahaan Anda. Sebab USP menekankan adanya ciri atau karakter khusus dari produk keluaran perusahaan Anda yang berbeda dengan produk lainnya. Bahkan ciri atau karakter yang terdapat pada produk Anda tersebut bisa saja tidak dimiliki oleh produk dari berbagai perusahaan pesaing lainnya.

Tentu saja keunikan yang ada pada produk Anda akan mengiring para konsumen untuk selalu mencari produk Anda. Sebab bisa saja produk Anda merupakan produk satu-satunya yang sesuai dengan kebutuhan serta keinginan konsumen. Jika memang demikian maka sudah menjadi tugas Anda untuk selalu mempertahankan keunggulan produk Anda demi mendapatkan customer loyal yang akan memberikan keuntungan pada bisnis Anda.

Fungsi Unique Selling Proposition

Membedakan produk Anda dari lainnya

Produk yang dikeluarkan oleh perusahaan Anda bisa saja memiliki ciri khas atau karakter tertentu. Ciri atau karakter ini tampaknya bisa menjadi keunggulankompetitif pada produk Anda. Oleh karena itu sebaiknya buatlah suatu produk dengan keunggulan yang tidak dimiliki oleh berbagai produk yang lainnya. Bahkan keunikan yang ada pada produk Anda sebisa mungkin dibuat berbeda dengan berbaai macam produk milik perusahaan pesaing ataupun kompetitor. Tentunya keunikan yang terdapat pada produk Anda bisa membuat konsumen selalu ingat dengan produk Anda. Maka setiap saat konsumen membutuhkan dan menginginkan produk Anda tentunya konsumen akan membelinya.

Melayani konsumen dan pelanggan

Setiap perusahaan yang berdiri dan berkembang tentu ingin agar produk yang dikeluarkannya bisa memuaskan konsumen dan terlebih para pelanggan. Oleh karena itu usahakan agar produk Anda bisa memiliki keunggulan kompetitif yang berguna bagi para konsumen dan pelanggan. Maka konsumen yang membeli produk Anda akan merasa puas. Kepuasan yang dialami oleh konsumen dan pelanggan bisa saja karena adanya kualitas produk yang tidak mengecewakan. Atau kepuasan konsumen dan pelanggan bisa juga timbul karena harga produk Anda yang relatif lebih rendah bila dibandingkan dengan berbagai produk lainnya. Bisa juga kepuasan ini timbul karena keunggulan kompetitif pada produk Anda ternyata dibutuhkan oleh konsumen.

Meningkatkan penghasilan perusahaan

Sebuah produk yang unik dan hadir di tengah konsumen tentu akan membuat konsumen menjadi semakin tertarik. maka tak heran bila konsumen nantinya akan membeli produk tersebut. Jika memang produk tersebut berguna maka bukan tidak mungkin kehadiran produk dapat memberikan kesan positif dalam benak konsumen. Akibatnya konsumen akan selalu mencari produk Anda dan membelinya hingga konsumen tersbeut menjadi customer loyal. Bertambahnya jumlah customer loyal pada suatu perusahaan tentu akan menimbulkan dampak positif bagi perusahaan. Sebab meningkatnya customer loyal bagi sebuah perusahaan berarti akan meningkatkan hasil pendapatan bagi perusahaan.

Menciptakan Unique Selling Proposition

Melihat kondisi pasar

Untuk menciptakan suatu produk baru maka sebaiknya Anda membuat survey terlebih dahulu. Setidaknya hasil survey nantinya dapat menunjukkan produk seperti apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh masyarakat. Dengan melihat kondisi dan situasi pasar maka Anda juga bisa menciptakan produk yang sesuai dengan trend saat ini. Maka tentunya produk Anda akan lebih mudah diterima oleh pasar. Oleh karena itu sebelum menciptakan suatu inovasi produk maka sebaiknya Anda terlebih dahulu memahami bagaimana kondisi pasar saat ini. Dengan demikian Anda bisa membuat produk dengan suatu ciri atau karakter yang unik dan sesuai dengan kondisi pasar sekarang.

Memahami kebutuhan konsumen

Menciptakan sebuah produk tentu tidak luput dari kebutuhan konsumen. Dalam menghasilkan suatu produk maka sebaiknya Anda tidak mengabaikan kebutuhan konsumen. Usahakan agar Anda bisa menciptakan atau menghasilkan produk yang memang dibutuhkan oleh masyarakat. Oleh karena itu Anda perlu memahami apa yang sednag menjadi kebutuhan bagi para konsumen. Dengan demikian Anda bisa membuat target sasaran untuk produk yang Anda luncurkan. Setidaknya Anda bisa memperkirakan konsumen golongan manakah yang membutuhkan produk Anda. Atau mungkin Anda juga bisa menciptakan produk dengan beraneka ragam varian. Maka nantinya produk Anda bisa berguna bagi para konsumen dari berbagai macam golongan.

Mempelajari keunggulan bisnis pesaing

Tidak ada salahnya bila Anda melihat kompetitir atau pesaing Anda dan mempelajari berbagai strategi yang dimilikinya. Misalnya strategi yang dimilikinya dalam menciptakan keunggulan kompetitif pada produknya. Nantinya keunggulan yanga da pada produk perusahaankompetitor mungkin saja bisa menginspirasi Anda. Maka dengan ditambahkan ide kreatif dan inovasi ke depannya Anda bisa menciptakan produk dengan ciri tertentu. Bahkan ciri khas dari produk Anda bisa saja lain daripada yang lain. Prose ini sebenarnya menunjukkan bahwa Anda bisa melihat kompetitor dari sudut pandang yang bersifat positif. Demikian persaingan di dunia bisnis bisa berlangsung dengan sehat dan disertai keunggulan dari masing-masing produk.

Keuntungan Unique Selling Proposition

Unique selling proposition atau USP rupanya menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan bagi bisnis Anda. Sebab hal ini turut berperan dalam pengembangan bisnis atau usaha Anda. USP sebenarnya mengacu pada berbagai hal tertentu yang menjadi keunggulan kompetitif dari suatu produk. Jadi bisa dibilang bahwa USP nantinya akan berhubungan dengan nilai yang diberikan oleh konsumen pada berbagai produk Anda. Jika nilai yang diberikan oleh konsumen pada produk Anda semakin tinggi maka hal ini berarti bahwa USP produk Anda sesuai dengan keinginan para konsumen.

Ciri khas atau keunikan yang ada pada produk Anda juga bisa dibilang telah membuat konsumen merasa puas. Oleh karena itu unique selling proposition tidak bisa disepelekan begitu saja. Sebab dengan adanya USP inilah maka pelanggan tidak akan emninggalkan produk dari perusahaan Anda. Justru sebaliknya pelanggan akan selalu mencari produk Anda. Kondisi ini pada akhirnya akan memberikan keuntungan besar bagi bisnis yang sedang Anda jalankan.

Hal ini sama seperti saat memilih sistem absen yang paling sesuai untuk perusahaan. Salah satunya yang memberikan banyak manfaat yaitu melalui penggunaan sistem absensi yang ditawarkan oleh JojoTimes. Dengan produk ini maka tidak heran jika sistem absen dapat dilakukan lebih efektif kapan saja dan dimana saja. Perusahaan lebih mudah melakukan monitoring absensi karyawan sepenuhnya.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur yang ada pada JojoTimes. Sebut saja fitur-fitur berikut ini.

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Oleh karena itu jangan berpikir dua kali, segera daftarkan perusahaan Anda. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dan buktikan sendiri manfaat JojoTimes.