7 Cara Mudah Usaha Tanpa Modal, Paling Menjanjikan

local seo

Usaha tanpa modal, apakah mungkin? Banyak orang yang berpikir untuk memulai usaha dibutuhkan dana dan modal yang besar, Padahal, banyak usaha yang sebenarnya dapat dijalankan hanya dengan modal yang kecil bahkan tanpa perlu modal sepeserpun.

Membuka usaha tanpa modal menjadi mungkin, karena saat ini adalah eranya digital, dimana kita dapat merintis usaha tanpa modal bahkan saat kita berada dirumah saja. Hal ini menjadi jadi solusi ampuh karena mengumpulkan biaya investasi besar untuk modal awal memang bukanlah perkara yang mudah.

Kunci terpenting saat Anda ingin memulai usaha tanpa modal adalah, Anda harus pintar memanfaatkan sumber daya yang Anda miliki saat ini, dan tentu saja kreatif, tekun dan tetap relevan dengan jaman juga menjadi catatan yang tak kalah penting.

Pada artikel kali ini, Jojonomic akan memberikan ide dan juga tips bagaimana cara memulai usaha tanpa modal dengan mudah namun sangat menjanjikan, yuk langsung dibaca ulasannya dibawah ini!

memulai bisnis rumahan

7 Ide Usaha Tanpa Modal yang Wajib Anda Coba

Berikut ini beberapa ide usaha yang menjanjikan dan menguntungkan yang wajib Anda coba:

1. Bisnis Dropshipper

Salah satu usaha yang bisa Anda jalankan yaitu membuka Online Shop. Terdapat cara agara Anda tidak mengeluarkan modal pada bisnis online ini, yaitu dengan menggunakan cara dropship.

Untuk memulainya, Anda harus mencari supplier terlebih dahulu yang menawarkan harga termurah di pasaran, setelah itu barang langsung dikirim dari supplier ke pembeli tanpa melalui Anda.

Sebagai dropshipper, Anda hanya perlu memasarkan produk melalui media sosial. Manfaatkan ponsel pintar dan internet yang Anda miliki untuk mendapatkan pundi-pundi rupiah dari usaha ini.

2. Usaha Online ‘Google Adsense’

Dalam bisnis ini Anda berperan sebagai publisher, sebagai pemilik media. Contohnya, paling mudah, media Anda adalah Blog. Cara kerja Adsense mirip seperti media tradisional dimana pemasang iklan menempatkan slot iklan di media Anda dan Anda memperoleh komisi atas penayangan iklan tersebut.

Tetapi ada sedikit perbedaan di Adsense soal cara pembayaran iklan. Anda akan menerima pembayaran dari Adsense hanya jika pengunjung blog mengklik iklan di blog Anda tersebut. Jadi, berbeda dengan media tradisional, dalam Adsense pengunjung harus klik iklan untuk Anda bisa menerima penghasilan dari iklan.

Setiap klik ada harganya. Google sudah menentukan harga klik tersebut. Semakin banyak pengunjung ke blog, semakin banyak kemungkinan orang mengklik iklan, harga klik yang tinggi, semakin besar penghasilan Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

3. Jasa Penulis Lepas

Saat ini, banyak perusahaan yang mencari freelancer untuk menulis artikel di dalam blog mereka. Biasanya, tema tulisannya berkaitan dengan gaya hidup, bisnis dan juga kesehatan.

Sehingga dapat dikatakan, menjadi seorang penulis lepas merupakan sebuah peluang yang menjanjikan bagi Anda yang ingin menghasilkan uang tanpa modal.

Untuk memulainya Anda dapat langsung mencarinya pada situs website freelance yang terpercaya, seperti: fastwork.id, projects.co.id, fiverr, sribulancer dan yang lainnya yang dapat Anda cari dengan mudah di internet.

Kunci dalam memulainya adalah Anda perlu berpikir secara kreatif dan memiliki keahlian dalam menulis konten khususnya artikel.

4. Bisnis Thrift Shop

Thrift shop adalah jenis bisnis berupa jual beli produk fashion bekas. Umumnya yang diperjualbelikan bukan pakaian biasa, melainkan produk fashion import bekas tapi bermerk, yang harganya mahal jika kondisinya baru.

Untuk memulai bisnis ini, ada baiknya Anda menentukan terlebih dulu produk fashion jenis apa yang akan dijual secara spesifik. Misalnya, hoodie, celana, sweater, dan lain-lain.

Memfokuskan produk pada 1 model akan jadi identitas/ciri khas yang akan membedakan store milik Anda dengan store lainnya. Di samping itu, menonjolkan satu produk yang spesifik juga akan membuat store menjadi rujukan konsumen ketika mereka ingin mencari produk dengan model tertentu. Menentukan target pasar yang sesuai juga menjadi kunci untuk sukses memulai bisnis ini.

5. Menjual Template Design

Salah satu bidang yang tumbuh cepat di bisnis online adalah design. Dan design tersebut ternyata memiliki banyak sekali aspek yang Anda bisa jual, bisa monetisasi. Salah satunya adalah situs Creativemarket yang merupakan marketplace untuk penjualan produk – produk desain, seperti template, fonts, icon, graphics dan lain – lain.

Selama ini, jika butuh design, orang harus memesan secara eksklusif kepada designer, yang tidak hanya lebih mahal, tetapi juga butuh waktu untuk membuat dari awal. Adanya marketplace design membantu klien mendapatkan produk yang sesuai dengan lebih cepat.

Buat designer yang ingin usaha online, dengan adanya marketplace semacam Creativemarket, bisa lebih mudah dikenal dan ujungnya lebih mudah menjual. Contoh template yang banyak dibutuhlan adalah template design presentasi atau power point dan juga template design untuk social media khususnya Instagram.

6. Bisnis Bimbingan Belajar

Peluang bisnis tanpa modal dan bisa dikerjakan dari rumah berikutnya adalah bisnis bimbingan belajar. Anda bisa memberikan pelajaran tambahan atau les privat kepada pelajar SD, SMP, atau SMA dan membantu mereka memperdalam materi pelajaran. Sesuaikan materi pelajaran dengan keahlian yang Anda miliki.

7. Bisnis Affliate Marketing

Bisnis yang paling mudah dan banyak sekali penggemarnya ini merupakan bisnis favorit yang bisa dijalankan oleh kaum rebahan. Untuk memulainya sangatlah mudah, cukup bermodal sebuah website maupun sosial media uang akan masuk ke kantong dengan sendirinya.

Bisnis affiliate marketing ini adalah sebuah program kerjasama antar seseorang dan sebuah perusahaan untuk mencantumkan iklan di halaman website atau situs media sosialnya. Seseorang akan dibayar bila pengunjung dari website atau sosial medianya itu mengklik iklan baik itu iklan poster atau apapun. Pengunjung jika mengklik iklan tersebut akan diarahkan langsung ke situs atau aplikasi dari perusahaan.

Sejauh ini, bisnis inilah yang paling mudah dan menjanjikan, untuk lebih jelasnya Anda dapat mencari tips dan juga cara kerja lebih jelasnya dengan mencarinya di internet.

Tips Memulai Usaha Tanpa Modal

Jika Anda antusias untuk menemukan cara memulai usaha tanpa modal, Anda harus siap melakukan apapun untuk mencapainya. Karena otomatis kalau Anda tidak mempunyai modal, persaingan bisnis bisa semakin ketat. Makanya, demi menghemat biaya, Anda harus rela melakukan semuanya sendiri. 

Dan salah satu alat yang dapat membantu Anda untuk mempermudah bisnis saat ini adalah JojoExpense. Melalui produk ini maka tentunya sistem keuangan dan penyediaan dana dapat berjalan lebih efektif. Selain itu mampu menghindarkan resiko terjadinya penipuan dalam keuangan bisnis atau perusahaan Anda.

Nah, jadi tunggu apalagi lagi, yuk segera dapatkan coba gratis JojoExpense! Dapatkan sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih baik dan lebih efektif!