Cara Menjadi Wanita Karir yang Sukses di Era Digital

Wanita Karir

Dewasa ini, banyak orang dapat berkarir tanpa harus terbatas pada gender maupun seksualitasnya. Perusahaan-perusahaan besar pun membuka kesempatan secara merata bagi mereka. Baik pria maupun wanita, kini dapat bekerja dan memiliki jabatan yang sama di sebuah perusahaan.

Terlebih seiring dengan kemajuan zaman kini banyak bermunculan wanita karir yang berani dan siap bersaing dengan pekerja laki-laki di luar sana. Banyak dari mereka yang telah membuktikan bahwa menjadi seorang wanita karir bukanlah hal yang buruk dan mereka juga dapat berprestasi serta sukses di lingkungan kerjanya.

Nah, pada artikel berikut ini, Jojonomic akan memberikan Anda informasi mengenai cara sukses menjadi seorang wanita karir di era digital. Penasaran apa saja yang bisa Anda lakukan? Simak lengkap artikelnya berikut ini, ya.

Apa Itu Wanita Karir?

Definisi wanita karir

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai tips atau cara menjadi seorang wanita karir yang sukses. Terlebih dahulu, Anda harus mengetahui apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan istilah wanita karir itu?

Secara sederhana, wanita karir adalah mereka yang mengabdikan dirinya untuk bekerja dengan tujuan tak hanya mendapatkan uang, namun juga mengembangkan potensi dalam dirinya. Seorang wanita karir umumnya senang mempelajari banyak hal, terutama hal-hal baru yang belum pernah mereka ketahui sebelumnya.

Mereka akan sangat bersemangat dan antusias untuk mengembangkan keterampilannya, terlebih jika itu berkaitan dengan pekerjaan, hobi atau apapun yang mereka sukai. Wanita yang termasuk ke dalam kategori ini juga biasanya menyukai persaingan dan memiliki sifat yang kompetitif. 

Mereka yang memilih jalannya sebagai seorang wanita yang bekerja dan mengejar karirnya, biasanya memiliki tekad kuat untuk membuktikan pada orang-orang di sekitarnya bahwa mereka dapat berjuang dan mendapatkan penghasilannya sendiri. Sehingga stigma yang mengatakan bahwa wanita itu lemah serta hanya bertugas di dapur atau mengurusi rumah tangga dapat dilawan oleh mereka. Tak hanya itu, mereka juga dapat membuktikan bahwa kehidupannya tak hanya dapat bergantung pada pria atau orang tuanya.

Lantas, apa saja yang perlu dilakukan oleh seorang wanita karir dalam mencapai kesuksesannya? Di bawah ini terdapat beberapa tips yang bisa Anda coba.

Cara Menjadi Wanita Karir yang Sukses di Era Digital

Cara Menjadi Wanita karir

Di era yang serba digital seperti saat ini. Ada begitu banyak peluang pekerjaan yang terbuka lebar bagi siapapun, tak terkecuali wanita-wanita yang ingin berkarir dan bersaing dengan kaum adam. Anda bisa melihat banyak profesi yang berkaitan dengan hal-hal digital seperti social media marketing, web developer, graphic designer, content writer, SEO specialist, copywriter dan masih banyak lagi lainnya.

Profesi yang telah disebutkan di atas biasanya mencari kandidat pelamar tanpa memandang gender maupun jenis kelaminnya. Di mana prioritas utamanya adalah skill atau kompetensi yang mereka miliki.

Nah, untuk wanita karir yang ingin bersaing di era digital untuk memperebutkan profesi atau pekerjaan impiannya. Berikut adalah cara yang bisa Anda lakukan.

1. Memiliki kemauan tinggi untuk belajar

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, seorang wanita karir biasanya memiliki sifat yang kompetitif. Nah, untuk memenangkan persaingan dengan sesama wanita maupun lawan jenisnya, maka dibutuhkan sikap yang tak pernah lelah untuk belajar. Mereka harus siap untuk mempelajari hal-hal baru dan mengembangkan potensi yang dimiliki.

Terlebih sekarang ini kemajuan zaman bergerak sangat cepat. Jika Anda tak mau mempelajari dan mengikuti perkembangan zaman, skill yang Anda miliki mungkin sudah tak relevan lagi di masa mendatang. Sehingga untuk tetap beradaptasi dengan teknologi yang semakin canggih, diperlukan edukasi diri yang baik agar tidak tertinggal oleh zaman.

2. Pantang menyerah

Pantang menyerah menjadi salah satu kunci utama untuk mencapai sebuah kesuksesan. Sederhananya, sukses dibentuk dari hal-hal yang kita pelajari dengan sungguh-sungguh serta berulang. Bahkan ketika kita sering mengalami kegagalan, namun dengan tetap mencoba akan ada saatnya kita mendulang keberhasilan.

Untuk itu seorang wanita karir sangat disarankan agar tidak mudah menyerah ketika mengalami sebuah kegagalan. Karena gagal dalam berkarir atau menjalankan sebuah bisnis adalah hal yang cukup wajar. Justru dari kegagalan tersebut, Anda dituntut untuk mempelajari hal baru dan mengoptimalkannya lagi di kemudian hari.

Percayalah bahwa setiap usaha yang Anda lakukan saat ini tidak akan pernah menghianati hasil di masa mendatang.

3. Kreatif dan inovatif

Tak hanya harus memiliki kemauan untuk belajar serta sifat pantang menyerah, seorang wanita karir juga harus memiliki pola pikir yang kreatif serta inovatif. Hal ini bertujuan untuk memudahkan adaptasi dengan kemajuan zaman yang semakin progresif.

Dengan memiliki pola pikir yang kreatif, seorang wanita karir dapat melihat peluang dari setiap situasi. Nantinya lewat pemikiran tersebut dapat menghasilkan sebuah inovasi yang menarik, bermanfaat atau bahkan bisa dikomersilkan.

4. Kuasai bidang pekerjaan yang ditekuni saat ini

Berikutnya, agar tidak mudah tergantikan oleh kandidat pendatang baru. Seorang wanita karir juga dituntut untuk dapat menguasai bidang pekerjaannya secara menyeluruh. Dengan demikian, kompetensinya dapat dipertimbangkan oleh perusahaan bahkan peluang untuk mendapatkan jenjang karir pun akan terbuka lebih lebar.

5. Aktif dalam komunitas atau organisasi

Untuk memudahkan seorang wanita karir dalam mengembangkan potensi serta pengetahuan mereka, maka diperlukan bergabung dengan komunitas maupun organisasi yang berkaitan dengan profesi maupun skill yang ingin dipelajari. Misalnya saja, Anda ingin belajar tentang dunia pemasaran digital, maka Anda bisa bergabung dengan komunitas digital marketing yang ada di sosial media maupun mengelilingi diri Anda dengan orang-orang yang berprofesi sebagai seorang pemasar digital atau yang sudah ekspert di bidangnya.

Dengan demikian, pengetahuan Anda akan bertambah seiring berjalannya waktu. Bahkan Anda juga bisa berbagi mengenai kendala atau masalah yang Anda hadapi untuk mendapatkan solusi dari mereka.

6. Hindari mencampurkan urusan pribadi dengan pekerjaan

Wanita seringkali diidentikan dengan perasaannya yang sensitif. Hal ini membuat mereka kerap dianggap kurang profesional dalam lingkungan kerja karena selalu mengaitkan masalah pribadi dengan pekerjaannya. 

Jika Anda adalah seorang yang memiliki perasaan cukup sensitif dan mudah tersinggung, maka sebaiknya kontrol hal tersebut selama di lingkungan kerja. Hal ini bertujuan agar masalah pribadi entah dalam keluarga, hubungan dengan pasangan maupun dengan rekan kerja tidak akan berpengaruh terhadap kinerja Anda selama di kantor.

7. Miliki manajemen waktu yang baik

Selanjutnya, seorang wanita karir juga harus bisa mengelola waktu mereka dengan baik. Dengan demikian, setiap pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih terstruktur sekaligus tidak mengganggu tugas yang lain.

Terlebih jika selain menjadi wanita karir, Anda juga dituntut untuk menjadi seorang ibu rumah tangga. Maka kedua peran tersebut harus bisa dijalankan dengan baik agar kehidupan dapat berjalan ideal dan sesuai dengan porsinya. 

Penutup

Jojo Expense

Nah, itulah tadi informasi mengenai definisi wanita karir serta cara untuk menjadinya. Kini siapapun dapat mengejar impian mereka tanpa harus terbatas dengan aturan gender maupun jenis kelaminnya. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang wanita karir, tips dari kami di atas bisa dijadikan acuan untuk membangun karakter serta meningkatkan potensi dalam diri agar lebih bisa bersaing. 

Definisi wanita karir ini tak hanya terbatas pada mereka yang bekerja dan mengabdikan diri pada perusahaan semata. Namun juga berlaku bagi mereka yang mendirikan usaha atau bisnisnya sendiri.

Nah, dalam menjalankan sebuah bisnis kondisi keuangan menjadi salah satu komponen yang penting untuk diperhatikan. Terlebih jika hal tersebut berkaitan dengan cash flow dan omzet yang didapatkan oleh perusahaan.

Untuk membantu Anda dalam mengelola keuangan perusahaan, cobalah untuk menggunakan Jojo Expense. Sebuah aplikasi yang didesain khusus untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi manajemen pengeluaran perusahaan hingga 76 persen.

Software ini juga dibekali fitur yang lengkap dan cukup beragam seperti Budget Controlling, Cash Advance, Capture Expense, Reimbursement Online, Mobile Approval dan masih banyak lagi lainnya. Tak hanya itu, perangkat Jojo Expense juga dilengkapi teknologi mutakhir berupa Intelligence OCR dan Realtime Geotagging yang memungkinkan usaha atau bisnis Anda dapat terhindar dari risiko penipuan keuangan. Menarik, bukan?

So, tunggu apa lagi? Yuk, gunakan Jojo Expense dan permudah cara Anda mengelola keuangan perusahaan sekarang juga!