4 Platform Aplikasi Webinar Terbaik Tahun 2021

Di era pandemi seperti sekarang ini, kegiatan kita banyak dilakukan secara online sehingga membutuhkan aplikasi webinar untuk menunjang aktivitas bisnis. Baik itu berupa pekerjaan, proses belajar mengajar, Hingga seminar-seminar.

Program kerja yang seharusnya diimplementasikan secara langsung haru diubah melalui sistem Daring. Terutama untuk hal yang berhubungan dengan edukasi. Bagi Anda yang duduk dibangku perkuliahan pasti tidak asing lagi dengan kegiatan seminar-seminar. Program ini diisi oleh nara sumber yang kompeten dibidang nya dan biasanya dijadikan agenda bulanan.

Setelah Virus covid19 menyebar luas diindonesia kegiatan tersebut berubah nama menjadi Webinar atau sistem seminar yang dilakukan melalui website-website tertentu. Saat ini banyak sekali aplikasi untuk webinar yang dibuat para pembuat apps terkhusus diera covid.

Semakin ke sini zaman semakin maju. Segalanya bisa dilakukan lewat online, termasuk kegiatan webinar. Tak heran apabila saat ini banyak sekali aplikasi webinar yang bermunculan untuk melaksanakan kegiatan tersebut.

Kehadiran webinar disambut dengan antusias oleh banyak orang lantaran kegiatan ini sangat efektif.

Pasalnya kamu dapat melaksanakan seminar, workshop, ataupun pengajaran secara online tanpa perlu mengundang banyak orang ke suatu tempat.

Cukup di depan komputer/laptop saja kamu sudah bisa berbagi ilmu dengan banyak orang dari berbagai daerah melalui webinar.

Lantas kira-kira aplikasi apa saja sih yang dapat digunakan untuk webinar?

Macam-Macam Webinar

Dalam kegiatan virtual tidak semua hal berbasis diskusi online adalah webinar. Ada beberapa istilah khusus untuk webinar. Untuk lebih memahami jenis-jenis webinar dan istilah pentingnya agar Anda tidak salah lagi membedakan istilah tersebut :

  • Web ConferenceWeb Conference adalah istilah umum untuk berbagai jenis konferensi online dan layanan kolaboratif termasuk webinar, webcast, dan pertemuan web. Namun terdapat perbedaan pasalnya jika dilihat dari sisi arah komunikasi maka webinar umumnya hanya dilakukan dalam satu arah saja. Berbeda dengan telekonferensi yang umumnya penonton dapat memberikan pertanyaan lewat pembicaraan mereka.
  • Web BroadcastPenyiaran yang dilakukan melalui internet disebut sebagai webcasting karena tidak menular secara luas melalui sarana nirkabel. Merupakan sebuah siaran web yang berbeda dengan webinar. Pasalnya dengan web broadcast seseorang bisa menghadiri hingga ribuan atau lebih pengguna. Berbeda dengan webinar yang hanya dapat dihadiri oleh puluhan atau ratusan orang pengguna saja.
  • EzTalksEzTalks Webinar memungkinkan Anda menyelenggarakan webinar langsung, otomatis, atau sesuai permintaan dengan hingga 100 peserta video interaktif dan hingga 10.000 audiens. Aplikasi ini memang dibuat khusus sebagai software untuk penyelenggaraan webinar. Berbeda dengan yang lain yang bisa multifungsi untuk kegiatan meeting saja.

ezTalks Webinar

Aplikasi ezTalks Webinar menjadi salah satu aplikasi webinar yang populer di dunia saat ini. Bagaimana tidak, aplikasi ini mudah digunakan sehingga banyak orang yang memakainya.

Dilansir dari ezTalks, aplikasi ini memang dirancang dengan mudah dan fleksibel sehingga dapat digunakan oleh individu, perusahaan baru, ataupun perusahaan multinasional.

Dengan menggunakan ezTalks Webinar, kamu akan mendapatkan berbagai macam kenyamanan saat melakukan webinar.

Misalnya, ezTalks Webinar ini menyajikan video HD serta audio yang jernih sehingga pelaksanaan webinar-mu berjalan dengan nyaman.

Tak hanya itu, ezTalks Webinar didesain dengan sedemikian rupa agar dapat menjalankan webinar dengan baik. Kamu bisa melakukan screen sharing atau berbagi layar ke peserta webinar.

Selain itu, kamu juga bisa melaksanakan survei di akhir webinar untuk mendapatkan feedback dari para peserta.

Kamu juga bisa menghasilkan uang dari webinar-mu dengan menggunakan fitur ezTalks Webinar berbayar.

Zoom

Selain digunakan untuk kegiatan meeting online, Zoom juga bisa digunakan untuk melaksanakan kegiatan webinar.

Seperti halnya ezTalks aplikasi webinar ini juga menyajikan video dengan kualitas HD serta suara audio yang jernih sehingga dapat menciptakan kenyamanan dalam kegiatan webinar-mu.

Zoom dapat menampung hingga 100 peserta webinar sehingga dapat menciptakan suasana yang interaktif.

Sama seperti halnya saat meeting, peserta pun dapat mematikan microphone saat mereka sedang tidak berbicara di dalam webinar.

Selain itu, kamu dapat membuat siaran langsung dari webinar-mu lewat Facebook atau YouTube Live sehingga memungkinkan untuk dilihat banyak orang.

Demio

Aplikasi webinar lainnya yang bisa kamu gunakan adalah Demio. Sama seperti halnya Zoom dan ezTalks Webinar, Demio menawarkan berbagai macam fitur menarik yang bisa kamu gunakan dalam kegiatan webinar.

Kamu bisa menggunakan Demio dengan gratis pada layanan uji coba. Namun, kamu juga bisa memakai fitur canggih lainnya dari Demio dengan melakukan pembayaran.

Dilansir dari Demio, aplikasi webinar ini memiliki berbagai macam paket yang bisa kamu gunakan untuk menikmati fitur-fitur lainnya.

Ada tiga paket dari Demio, yaitu paket starter, growth, dan business. Dari ketiga paket tersebut terdapat berbagai macam fitur, salah satunya fitur yang memungkinkan dapat menggunakan 4 hos.

Demio juga menawarkan layanan chat bagi peserta ataupun publik jika ada yang ingin disampaikan tanpa harus mengganggu pembicara.

Kesimpulan dan Penutup

Setelah Anda berhasil menyusun konsep webinar, maka pastikan juga Anda sudah menyiakan profil untuk meyakinkan para peserta yang nantinya akan mengikuti webinar. Apapun jenis webinar yang Anda jadikan pilihan, perlu diingat bahwa semuanya perlu dipersiapkan dengan matang sehingga Anda dapat menghadirkan webinar dengan hasil akhir yang maksimal. Jadi, apakah Anda siap untuk mengadakan kelas-kelas webinar. Anda bisa mulai menyiapkannya agar mendapatkan target yang sesuai dengan kebutuhan. Berbagai jenis webinar yang ada saat ini justru semakin kreatif semenjak pandemi. orang berlomba-lomba untuk menawarkan seminar terbaiknya agar tetap produktif selama pandemi.

Anda juga tak perlu khawatir jika Anda merupakan Anak organisasi yang menuntut harus mempunyai Proker selama pandemi. Membuat webinar dapat dijadikan alternatif pilihan. Anda dapat memakai salah satu aplikasi diatas. Karena aplikais tersebut yang mempunyai feedback paling baik dan pastinya Aman untuk digunakan. Jika kebanyakan aplikasi  berbayar aplikasi diatas merupakan aplikasi gratis yang dapat Anda install sendiri pada perangkat Anda. Jangan lupa untuk memastikan peserta webinar Anda karena beberapa aplikasi biasanya berbeda dalam menampung jumlah pesertanya.

Selain aplikasi webinar diatas, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.