Apa itu Financial Advisor, dan Apa yang Mereka Lakukan?

Peran financial advisor atau konsultan keuangan makin penting saat ini. Dalam beberapa kasus, Anda dapat memilih layanan yang Anda inginkan atau butuhkan berdasarkan jenis Penasihat Keuangan yang Anda pilih. Misalnya, penasihat keuangan kemungkinan akan menawarkan panduan langsung yang dipersonalisasi dengan biaya berkelanjutan. Kuncinya paham dulu apa itu financial advisor.

Konsultan keuangan tugasnya memberi jasa konsultasi untuk membantu klien (individu maupun korporat) dalam seluruh aspek finansial. Penasihat keuangan membantu Anda dalam mengelola penghasilan dan pengeluaran secara tepat untuk mencapai target atau tujuan tertentu

Tak jarang di era digital saat ini banyak yang menggunakan aplikasi alat bantu keuangan. Penasihat digital seperti ini adalah layanan manajemen portofolio otomatis berbiaya rendah, biasanya terbaik bagi mereka yang ingin membantu mengelola investasi mereka. Lalu ada layanan perencanaan keuangan online, yang menggabungkan biaya penasihat aplikasi yang lebih rendah dibandingkan konsultan keuangan umumnya.

Pertimbangan Penting Sebelum Menggunakan Jasa Financial advisor

  1. Pertimbangkan Tingkat Kerumitan Keuangan

Jika Anda masih berusia muda, belum menikah, dan belum memiliki tanggungan apa-apa sepertinya menyewa konsultan keuangan tidak terlalu diperlukan.

Namun, jika Anda menghadapi masalah keuangan yang lebih rumit dan kompleks seperti, mempersiapkan biaya kelahiran anak, resiko penyakit yang akan dihadapi dan membutuhkan biaya, dan berinvestasi pensiun, maka penasihat keuangan sangat diperlukan di sini.

2. Apa Saja Portofolio Investasi yang Dimiliki

Portofolio keuangan yang masih sederhana berupa tabungan, investasi di reksadana, emas, dan obligasi tidak terlalu kompleks dan rumit untuk dilakukan seorang diri.

Dengan semakin banyak uang yang akan Anda alokasikan ke instrumen investasi, maka akan semakin besar juga kebutuhan akan adanya penasihat keuangan.

Jangan Berharap Lebih Saat Menggunakan Jasa Konsultan Keuangan!

Maksud dari pernyataan di atas adalah jangan berpikiran bahwa penasihat keuangan memiliki kemampuan atau memiliki rahasia untuk mengalahkan pasar.

Jika Anda menggunakan pola pikir seperti ini saat akan menggunakan penasihat keuangan, maka hasilnya adalah kekecewaan di masa depan.

Hal yang perlu Anda pahami adalah hanya sedikit sekali investor dan profesional yang mampu secara konsisten mendapatkan hasil investasi di atas rata-rata pasar.

Boleh saja Anda memiliki harapan yang positif dengan penasihat keuangan, namun jangan berharap berlebihan dan berpikiran bahwa mereka bisa melipatgandakan uang dalam waktu semalam saja.

Pahami Keterampilan dan Daya Tarik Anda Terhadap Masalah Keuangan

rahasia keuangan orang terkaya - keuangan berdasarkan zodiak

Faktor terakhir yang harus dipertimbangkan, saat akan menyewa penasihat keuangan adalah bagaimana keterampilan dan ketertarikan Anda terhadap masalah keuangan.

Jika Anda memiliki keterampilan dasar tentang permasalahan keuangan atau bersedia mempelajarinya secara perlahan dan sangat menikmati waktu mengelola keuangan sendiri, maka Anda sangat tepat untuk mengelola keuangan tanpa perlu adanya penasihat keuangan.

Namun, jika Anda tidak terlalu paham tentang masalah keuangan dan pusing saat melihat berbagai data dan informasi yang ada, maka tidak ada salahnya untuk menyewa penasihat keuangan untuk membantu Anda mengelola keuangan.

Biaya yang Anda keluarkan untuk menyewa penasihat keuangan akan sebanding dengan manfaat yang akan didapatkan dan kemudahan pengelolaan keuangan di masa depan.

Di bawah ini, ikhtisar dari setiap jenis penasihat keuangan dan apa yang mereka lakukan:

Aplikasi Digital Penasihat Keuangan

Jika Anda ingin berinvestasi untuk masa pensiun atau tujuan lain, kini makin banyak aplikasi robot yang menawarkan manajamen keuangan . Bagi yang ingin gratisan penasihat keuangan robot ini bisa menjadi solusi yang bagus. Algoritme komputer mereka bisa menyiapkan dan mengelola portofolio investasi untuk Anda. Anda mungkin kandidat yang baik untuk menjadi partner aplikasi penasehat keuangan digital.

Inilah yang bisa diharapkan dari aplikasi digital robot-advisor

Interaksi pertama Anda kemungkinan besar adalah kuesioner dari perusahaan yang Anda pilih sebagai penyedia layanan investasi Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu mengidentifikasi tujuan Anda, preferensi investasi, dan toleransi risiko.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, algoritme penasihat keuangan robot akan merekomendasikan portofolio investasi yang biasanya dibuat menggunakan dana yang diperdagangkan di bursa dan dana indeks berbiaya rendah.

Layanan ini kemudian akan memberikan manajemen investasi berkelanjutan, secara otomatis menyeimbangkan kembali investasi Anda sesuai kebutuhan dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi tagihan pajak investasi Anda.

Sifat robot advisor biasanya gratis dan bagi yang ingin fitur lebih lengkap bisa saja diambil dengan tetap  berbiaya rendah. Solusi praktis ini bisa menjadikan pilihan yang baik bagi banyak konsumen.

Layanan perencanaan keuangan online

Pertimbangkan layanan perencanaan keuangan online jika bagi banyak orang, model ini sangat cocok. Model ini menggabungkan biaya yang lebih rendah dengan tingkat layanan yang tinggi. Inilah yang diharapkan dari layanan perencanaan keuangan online.

Beberapa layanan berfungsi seperti penasihat online berbasis aplikasi robot: Investasi Anda dikelola oleh algoritme komputer, tetapi Anda akan memiliki akses ke tim penasihat keuangan yang dapat menjawab pertanyaan perencanaan keuangan spesifik Anda.

Either way, Anda harus menerima manajemen investasi dan bimbingan keuangan pribadi untuk membantu Anda memenuhi tujuan Anda.

Penasihat keuangan tradisional dan perlu hadir tatap muka

Selain aplikasi robot perencana keuangan dan layanan perencanaan online, istilah “penasihat keuangan” dapat merujuk kepada orang-orang dengan berbagai sebutan, termasuk:

Pialang atau pialang saham: Membeli dan menjual produk keuangan atas nama klien dengan imbalan biaya, komisi, atau keduanya. Harus lulus ujian dan mendaftar ke Bursa Efek Indonesia.

Penasihat investasi terdaftar: Memberikan saran dan membuat rekomendasi dengan imbalan biaya. Beberapa fokus pada portofolio investasi, yang lain mengambil pendekatan perencanaan keuangan yang lebih spesifik. Pelajari lebih lanjut tentang penasihat investasi ini.

Manajer kekayaan (wealth management): Layanan manajemen kekayaan biasanya berkonsentrasi pada klien dengan kekayaan bersih tinggi dan menyediakan manajemen keuangan holistik.

Penasihat keuangan manusia umumnya lebih mahal daripada penasihat robot aplikasi dan layanan online, dan mungkin memiliki persyaratan investasi minimum. Tetapi Anda dapat memutuskan untuk melakukannya jika:

Anda sedang menjalani atau merencanakan perubahan besar dalam hidup, seperti menikah atau bercerai, memiliki bayi, membeli rumah, merawat orang tua yang sudah lanjut usia, atau memulai bisnis.

Investasi Anda telah berkembang atau kehidupan finansial Anda telah menjadi lebih kompleks di luar apa yang dapat ditangani oleh penasihat robo atau penasihat online.

Manfaatkan Aplikasi JojoExpense untuk Memudahkan Bisnis Anda

Di era digital seperti ini, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.