AFTA adalah: Latar Belakang, Tujuan dan Anggotanya

asian stock

AFTA adalah: Latar Belakang, Tujuan dan Anggotanya ー Dalam mendirikan suatu perserikatan bangsa, maka hal utama yang perlu diperhatikan dan diutamakan adalah bagaimana perserikatan tersebut dapat bermanfaat bagi rakyat dan sebuah bangsa dikemudian hari.

Dengan adanya pemikiran atau objektif seperti itu maka nantinya akan membuahkan suatu kerjasama yang dapat dilakukan oleh berbagai Negara untuk dapat mencapai kesepakatan dan keuntungan bersama. Jika telah terciptanya keuntungan dan manfaat tersebut, maka hal ini akan berdampak besar bagi Negara bahkan dunia.

Dan dari situ terbentuklah AFTA, yang di ciptakan untuk dapat membuat Negara-negara terus mendapatkan keuntungan atau manfaatnya. Organisasi ini lahir sebagai kesepakatan bersama untuk mendukung perdagangan bebas di kawasan regional ASEAN dengan tujuan tujuan strategis untuk meningkatkan keunggulan komparatif negara ASEAN sebagai satu kawasan atau unit produksi tunggal dan juga sebagai pasar tunggal.

Dan pada artikel ini Jojonomic akan kupas tuntas mengenai latar belakang AFTA, tujuan dibentuknya, anggota, hingga pengaruh atau manfaatnya bagi Negara kita Indonesia, yuk simak artikel berikut:

Latar Belakang Terbentuknya AFTA

AFTA merupakan sebuah kesepakatan bersama 6 negara ASEAN untuk menciptakan zona perdagangan bebas di kawasan Negara-negara anggota ASEAN. Semangat lahirnya organisasi ini berasal dari upaya Negara anggota ASEAN untuk mencapai tujuan menciptakan pasar regional, meningkatkan daya saing ekonomi dan menarik investasi asing juga menjadi pusat produksi pasar dunia di kawasan regional ASEAN.

Dalam perkembanganya, beberapa anggota ASEAN terus menarik anggota ASEAN lainnya untuk bergabung, seperti  Vietnam yang masuk pada 1995, Laos dan Myanmar yang masuk pada 1997, serta Kamboja yang masuk pada tahun 1999 dan hingga saat ini telah ada 10 negara anggota ASEAN yang menyepakati adanya perjanjian kerjasama perdagangan bebas AFTA.

AFTA dibentuk dengan harapan agar perekonomian di ASEAN memiliki daya saing ekonomi yang lebih baik dalam waktu 9 tahun (1993 – 2002). Pengahapusan bea masuk barang sebesar 0-5 % diberlakukan  oleh 6 anggota ASEAN sebagai bagian dari kesepakatan organisasi sejak tahun 1993 dan mulai sepenuhnya diberlakukan pada tahun 2008.

Serba Serbi AFTA

Dalam perjalanannya, kerjasama AFTA nyatanya mengalami berbagai hambatan dalam mengaplikasikan perjanjian perdagangan bebas ini. Banyak anggota ASEAN lainnya yang memproteksi barang yang dianggap penting dari negaranya dan dianggap tidak memungkinkan untuk menerapkan penurunan tarif.  Hambatan lainnya, adalah adanya persaingan barang komoditas yang umumnya dilakukan oleh industri kecil memiliki kualitas yang rendah sehingga tidak memiliki daya saing.

Banyak juga anggapan yang menyatakan bahwa AFTA hanya menghasilkan persaingan yang tidak seimbang bagi para negara anggota ASEAN itu sendiri. Penurunan tarif barang yang masuk menimbulkan kerugian, pasar yang tidak siap pada industri lokal juga menjadi kendala pada penerapan AFTA dan penerapan penurunan tarif. Ketidak stabilan situasi politik di beberapa Negara anggota juga turut mempengaruhi kondisi perekonomian di negara -negara ASEAN lainnya.

Tujuan didirikannya AFTA

Terbentuknya AFTA bukan semata-mata tanpa alasan. Terdapat beberapa faktor yang melatarbelakangi didirikannya organisasi yang dinaungi oleh ASEAN ini, berikut adalah diantaranya:

  • Munculnya perubahan eksternal, yakni masa transisi terbentuknya tatanan dunia baru,
  • Keinginan untuk saling memajukan ekonomi negara anggota ASEAN,
  • Keinginan untuk meningkatkan Investasi asing langsung ke ASEAN,
  • Cita-cita untuk menggalang persatuan regional untuk meningkatkan posisi dan daya saing. Sebelumnya pembentukan kerjasama regional semacam ini sudah lebih dulu terbentuk di Eropa dan Amerika.

    • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
    • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Sebagai tindak lanjut dari terbentuknya organisasi ini, salah satu kebijakan yang dijalankan adalah dengan menghapuskan biaya tarif (bea masuk) bagi anggota ASEAN. Dengan cara ini, diharapkan ASEAN akan menciptakan suatu basis produksi dalam pasar dunia serta menciptakan pasar regional bagi lebih dari 500 juta penduduknya.

Terdapat sejumlah tujuan dari didirikannya AFTA. Diantaranya dapat terjadi peningkatan ekspor antar sesama anggota dan diluar anggota ASEAN serta meningkatkan perdagangan dan kerja sama ekonomi di kawasan ASEAN. Tak hanya itu, AFTA juga bertujuan untuk meningkatkan investasi di semua sektor ekonomi.

Logo ASEAN Free Trade Area (AFTA)

Negara Anggota AFTA

Pada awalnya organisasi ini berjumlah 6 negara yang secara resmi yaitu Indonesia, Thailand, Singapura, Brunei Darussalam, dan Filipina. Negara yang menjadi anggota ini semakin bertambah dengan seiring bergabungnya Negara lain kedalam ASEAN yaitu Vietnam di tahun 1995, Myanmar dan Laos di tahun 1997, serta Kamboja di tahun 1999. Ini membuat Negara yang menjadi anggota AFTA menjadi sepuluh Negara.

Pengaruh dan Manfaat AFTA bagi Indonesia

Disepakatinya perjanjian perdagangan bebas AFTA mendorong Indonesia untuk memanfaatkannya dengan baik. Indonesia menilai kehadiran organisasi ini mampu memberikan manfaat untuk menciptakan peluang pasar baru yang semakin besar atas produk-produk Indonesia di pasar regional ASEAN. AFTA juga diharapkan mampu menekan biaya produksi dan pemasaran dengan penerapan tariff bea masuk 0-5%.

Hadirnya AFTA juga memunculkan variasi produksi produk dalam negeri yang dibutuhkan pangsa pasar regional ASEAN. Perjanjian ini dinilai Indonesia juga dapat memberikan kemudahan dalam perihal perijinan berbagai sektor. dan Dengan semakin banyaknya ekspor ke berbagai Negara anggota, tentunya akan menambah potensi pendapatan devisa  dan semakin membuka lebar potensi investasi yang masuk ke Indonesia dari luar negeri. AFTA juga memberikan peluang untuk memasukan produksi asli dalam negeri di pasar Negara ASEAN.

Keterlibatan Indonesia dalam AFTA

ndonesia yang merupakan salah satu sponsor pendirian ASEAN yang dominan menjadi tolok ukur dari gerakan ASEAN dan bahwa konstitusi dan komitmen ASEAN adalah hal yang mutlak dijaga agar investor asing dan dunia internasional dapat melihatnya untuk merencanakan program – program investasi dan relokasi industri ke kawasan ASEAN. Keikutsertaan Indonesia dalam mewujudkan tujuan organisasi AFTA dapat dilihat melalui beberapa poin berikut ini:

  • Tahapan – tahapan dalam AFTA sudah dimulai sejak tahun 1993 setelah KTT ASEAN IV melalui CEPT yang disertai dengan program penurunan tarif sampai tahun 2003.
  • Pada konferensi AEM di Chiangmai tahun 1995, dihasilkan kesepakatan bahwa produk – produk industri yang belum dapat bersaing di pasar ASEAN akan masuk ke dalam lingkup CEFT-AFTA secara bertahap.
  • Produk industri yang paling lambat masuk ke dalam lingkup CEPT pada tahun 2000 dengan tarif maksimum 20%.
  • Untuk produk pertanian yang belum diolah masuk ke lingkup CEPT paling lambat pada tahun 2003 dengan tarif maksimim 5%.

Penutup

Itulah penjelasan mengenai latar belakang terbentuknya AFTA, beserta anggota negara dan tujuan didirikannya, dan dapat kita simpulkan, Negara yang baik adalah negara yang berusaha unggul dalam sekotr apapun khususnya dalam bidang ekonomi, hal ini sama pentingnya untuk Anda dapat terus memajukan bisnis untuk agar unggul dalam persaingan pasar yang ada, dan salah satu yang dapat membantu mewujudkannya adalah dengan menggunakan JojoExpense.

 

integrasi nasional

Melalui produk ini maka tentunya sistem reimburse dan penyediaan dana dapat berjalan lebih efektif. Selain itu mampu menghindarkan resiko terjadinya penipuan dalam keuangan perusahaan. Hal ini berkat beberapa fitur pada JojoExpense, meliputi sebagai berikut:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Jadi tunggu apalgi lagi, yuk segera coba gratis JojoExpense! dan dapatkan sistem keuangan perusahaan yang jauh lebih baik dan lebih efektif!