Apa itu FMCG adalah Fast Moving Consumer Goods

peran pasar modal

Barang konsumen yang bergerak cepat   adalah produk yang dijual dengan cepat dengan biaya yang relatif rendah. Barang-barang ini juga disebut barang kemasan konsumen .

FMCG memiliki umur simpan yang pendek karena permintaan konsumen yang tinggi (misalnya, minuman ringan dan permen) atau karena mudah rusak (misalnya, daging, produk susu, dan makanan yang dipanggang).

Barang-barang ini sering dibeli, dikonsumsi dengan cepat, dihargai rendah, dan dijual dalam jumlah besar. Mereka juga memiliki omset yang tinggi ketika mereka berada di rak di toko.

Barang konsumsi yang bergerak lambat, yang memiliki masa simpan lebih lama dan dibeli dari waktu ke waktu, termasuk barang-barang seperti furnitur dan peralatan.

Kata Kunci

  • Barang konsumen yang bergerak cepat adalah produk tidak tahan lama yang dijual dengan cepat dengan biaya yang relatif rendah.
  • FMCG (fmcg adalah) memiliki margin keuntungan yang rendah, tetapi mereka menyumbang lebih dari setengah dari semua pengeluaran konsumen.
  • Contoh FMCG termasuk susu, permen karet, buah dan sayuran, kertas toilet, soda, bir, dan obat-obatan yang dijual bebas seperti aspirin.

Pengertian Fast-Moving Consumer Goods (FMCG adalah)

Barang konsumsi adalah produk yang dibeli untuk dikonsumsi oleh konsumen rata-rata. Mereka dibagi menjadi tiga kategori berbeda.

Barang tahan lama, barang tidak tahan lama, dan jasa. Barang tahan lama memiliki umur simpan tiga tahun atau lebih sedangkan barang tidak tahan lama memiliki umur simpan kurang dari satu tahun. Adanya barang konsumsi yang bergerak cepat adalah segmen barang konsumsi terbesar.

Mereka termasuk dalam kategori tidak tahan lama, karena dikonsumsi segera dan memiliki umur simpan yang pendek.

Hampir semua orang di dunia menggunakan fast-moving consumer goods (FMCG) setiap hari. Mereka adalah pembelian konsumen skala kecil yang kami lakukan di stand produk, toko kelontong, supermarket, dan outlet gudang. Contohnya termasuk susu, permen karet, buah dan sayuran, tisu toilet, soda, bir, dan obat-obatan yang dijual bebas seperti aspirin.

FMCG menyumbang lebih dari setengah dari semua pengeluaran konsumen, tetapi mereka cenderung pembelian dengan keterlibatan rendah. Konsumen lebih cenderung memamerkan barang tahan lama seperti mobil baru atau smartphone yang dirancang dengan indah daripada minuman energi baru yang mereka beli seharga Rp250.000 di toko serba ada.

fmcg adalah

Jenis Barang Konsumen yang Bergerak Cepat

Seperti disebutkan di atas, barang konsumsi yang bergerak cepat adalah barang yang tidak tahan lama, atau barang yang memiliki umur pendek, dan dikonsumsi dengan cepat atau cepat.

FMCGs dapat dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda termasuk: 1

  • Makanan olahan : Produk keju, sereal, dan pasta kotak
  • Makanan siap saji : Makanan siap saji
  • Minuman : Air kemasan, minuman energi, dan jus
  • Makanan yang dipanggang : Kue kering, croissant, dan bagel
  • Makanan segar, beku, dan makanan kering : Buah-buahan, sayuran, kacang polong dan wortel beku, serta kismis dan kacang-kacangan
  • Obat-obatan : Aspirin, pereda nyeri, dan obat lain yang dapat dibeli tanpa resep
  • Produk pembersih : Soda kue, pembersih oven, dan pembersih jendela dan kaca
  • Kosmetik dan perlengkapan mandi : Produk perawatan rambut, concealer, pasta gigi, dan sabun
  • Perlengkapan kantor : Pena, pensil, dan spidol
fmcg adalah

Industri Barang Konsumen yang Bergerak Cepat

Karena barang-barang konsumsi yang bergerak cepat memiliki tingkat perputaran yang tinggi, pasar tidak hanya sangat besar, tetapi juga sangat kompetitif.

Beberapa perusahaan terbesar dunia bersaing memperebutkan pangsa pasar di industri ini termasuk Tyson Foods, Coca-Cola, Unilever, Procter & Gamble, Nestlé, PepsiCo, dan Danone.

Perusahaan seperti ini perlu memfokuskan upaya mereka pada pemasaran barang-barang konsumen yang bergerak cepat untuk menarik dan menarik konsumen agar membeli produk mereka.

Karena itulah pengemasan merupakan faktor yang sangat penting dalam proses produksi. Sistem logistik dan distribusi seringkali membutuhkan kemasan sekunder dan tersier untuk memaksimalkan efisiensi.

Paket unit atau paket utama sangat penting untuk perlindungan produk dan umur simpan, dan juga memberikan informasi dan insentif penjualan kepada konsumen.

FCMG dijual dalam jumlah besar, sehingga dianggap sebagai sumber pendapatan yang dapat dikamulkan. Volume penjualan yang tinggi ini juga mengimbangi margin keuntungan yang rendah pada penjualan individu juga.

Sebagai investasi, saham FMCG umumnya menjanjikan pertumbuhan rendah tetapi merupakan taruhan yang aman dengan margin yang dapat diprediksi , pengembalian yang stabil, dan dividen reguler.

fmcg adalah

Fmcg adalah pertimbangan Khusus

Barang Konsumen dan E-Commerce yang Bergerak Cepat

Pembeli di seluruh dunia semakin banyak membeli barang yang mereka butuhkan secara online karena menawarkan kemudahan tertentu mulai dari pengiriman pesanan langsung ke pintu hingga pilihan yang luas dan harga yang rendah yang tidak dapat dilakukan oleh toko fisik.

Kategori e-commerce yang paling populer, tidak mengherankan, adalah barang-barang yang tidak dapat dikonsumsi barang tahan lama dan produk yang berhubungan dengan hiburan.

Pasar online untuk membeli bahan makanan dan produk konsumsi lainnya sedang berkembang, karena perusahaan mendefinisikan ulang efisiensi logistik pengiriman yang mempersingkat waktu pengiriman.

Sementara kategori non-konsumsi dapat terus memimpin produk konsumsi dalam volume tipis, keuntungan dalam efisiensi logistik telah meningkatkan penggunaan saluran e-commerce untuk memperoleh FMCG.

Saat berbelanja barang tidak habis pakai di mana konsumen biasanya memikirkan sesuatu, sebagian besar ada korelasi satu-ke-satu antara pencarian online dan belanja.

Produk-produk yang dapat dikonsumsi memiliki niat jelajah/beli online yang lebih rendah daripada yang tidak dapat dikonsumsi, tetapi mereka membanggakan korelasi jelajah-untuk-beli yang sama kuatnya, yang mungkin menjadi faktor dalam peningkatan penjualan online mereka.

Contoh Barang Konsumen yang Bergerak Cepat pada fmcg adalah

Barang konsumsi yang bergerak cepat meliputi makanan kemasan, perlengkapan mandi, minuman, alat tulis, obat bebas, produk pembersih dan binatu, barang plastik, produk perawatan pribadi, serta barang elektronik konsumen yang lebih murah, seperti ponsel dan headphone.

Beberapa barang konsumsi yang bergerak cepat sangat mudah rusak, seperti daging, produk susu, makanan yang dipanggang, buah-buahan, dan sayuran. Penjualan FMCG biasanya dipengaruhi oleh diskon yang ditawarkan oleh toko, dan oleh hari libur dan periode musiman lainnya.

Bekerja di Perusahaan FMCG

Industri FMCG bernilai jutaan dolar itu kreatif dan inovatif. Perusahaan selalu mencari produk konsumen yang terjangkau dan tersedia. Produk FMCG digunakan oleh kebanyakan orang setiap hari. Sebagai karyawan, Kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi dengan industri.

Jika Kamu mencari lingkungan kerja yang mendorong berbagi ide dan kreativitas, Kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk bekerja dengan perusahaan FMCG. Dengan banyaknya pilihan produk yang ditawarkan kepada konsumen secara teratur, industri perlu mengikuti permintaan dan terus-menerus memunculkan ide-ide produk baru.

Solusi terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan aplikasi JojoTimes. Aplikasi ini dilengkapi berbagai fitur yang mampu meningkatkan performa perusahaan. Seperti contohnya fitur Mobile Leave Request and Approval, Secured Cloud Based Storage, maupun Import and Export Employee Data.

Dengan aplikasi ini akan mempermudah perusahaan menyimpan dan mengatur data-data karyawan. Dimana akses terhadap data-data tersebut dapat dicek kapan dan dimana saja. Sehingga perusahaan kinera akan lebih efektif, efisien dan rapi. Percayakan permasalahan ini dengan JojoTimes. Ayo segera coba dan buktikan manfaatnya!