Apa itu Penasihat Keuangan, dan Apa yang Mereka Lakukan?

Jika Anda sedang berjuang untuk mengelola uang dengan baik, Anda mungkin perlu mendapat panduan dari seorang penasihat keuangan profesional.

Berikut ini ulasan lebih lanjut tentang apa itu financial planner. Perlu juga memahami apa yang mereka lakukan, dan bagaimana mengetahui apakah Anda memerlukannya saat ini.

Penasihat profesional membantu Anda membuat rencana untuk memenuhi tujuan keuangan. Mereka memandu kemajuan Anda di sepanjang jalan menuju tercapainya tujuan. Finacial planner memberi saran menabung lebih banyak, berinvestasi dengan bijak, atau mengurangi utang.

Definisi penasihat keuangan

Penasihat keuangan menawarkan bantuan manajemen lengkap untuk mengelola keuangan Anda. Istilah umum ini digunakan untuk menggambarkan berbagai macam orang dan layanan, termasuk manajer investasi, konsultan keuangan, dan perencana keuangan. Selain itu juga bisa memberikan layanan manajemen investasi digital.

Apa yang dilakukan penasihat keuangan?

Layanan yang diberikan oleh penasihat keuangan akan bervariasi berdasarkan jenis penasihat, tetapi secara umum, penasihat keuangan akan menilai situasi keuangan Anda saat ini — termasuk aset, utang, dan pengeluaran Anda — dan mengidentifikasi area untuk perbaikan.

Penasihat profesional yang baik akan menanyakan tujuan Anda dan membuat rencana untuk membantu Anda mencapainya. Itu mungkin berarti menghitung berapa banyak yang harus Anda tabung untuk masa pensiun, memastikan Anda memiliki dana darurat yang memadai, menawarkan saran perencanaan pajak atau membantu Anda membiayai kembali atau melunasi utang. Penasihat keuangan juga membantu menginvestasikan uang Anda, baik dengan merekomendasikan investasi tertentu atau memberikan manajemen investasi yang lengkap.

Pilih Konsultan Keuangan yang Tepat

Dalam beberapa kasus, Anda dapat memilih layanan yang Anda inginkan atau butuhkan berdasarkan jenis penasihat yang Anda pilih. Misalnya, penasihat tatap muka tradisional kemungkinan akan menawarkan panduan langsung yang dipersonalisasi dengan biaya berkelanjutan.

Penasihat robo adalah layanan manajemen portofolio otomatis berbiaya rendah, biasanya terbaik bagi mereka yang ingin membantu mengelola investasi mereka. Lalu ada layanan perencanaan keuangan online, yang menggabungkan biaya penasihat robo yang lebih rendah dengan bimbingan holistik dari penasihat manusia.

Di bawah ini, ikhtisar dari setiap jenis penasihat keuangan dan apa yang mereka lakukan:

1. Robot Penasihat Keuangan

Jika Anda ingin berinvestasi untuk masa pensiun atau tujuan lain, kini makin banyak aplikasi robot yang menawarkan manajamen keuangan . Bagi yang ingin gratisan penasihat keuangan robot ini bisa menjadi solusi yang bagus. Algoritme komputer mereka bisa menyiapkan dan mengelola portofolio investasi untuk Anda. Anda mungkin kandidat yang baik untuk menjadi partner aplikasi penasehat keuangan robot jika:

  • Anda perlu menabung untuk masa pensiun tetapi tidak yakin harus mulai dari mana.
  • Anda ingin mendapatkan keuntungan dari pengembalian pasar saham tetapi tidak punya banyak waktu untuk belajar bagaimana berinvestasi.
  • Anda memiliki sejumlah uang yang ingin Anda investasikan untuk satu atau lebih tujuan keuangan masa depan.
  • Anda belum memiliki banyak uang untuk diinvestasikan

Inilah yang bisa diharapkan dari aplikasi robot-advisor:

Interaksi pertama Anda kemungkinan besar adalah kuesioner dari perusahaan yang Anda pilih sebagai penyedia layanan investasi Anda. Pertanyaan-pertanyaan tersebut membantu mengidentifikasi tujuan Anda, preferensi investasi, dan toleransi risiko.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, algoritme penasihat robo akan merekomendasikan portofolio investasi yang biasanya dibuat menggunakan dana yang diperdagangkan di bursa dan dana indeks berbiaya rendah.

Layanan ini kemudian akan memberikan manajemen investasi berkelanjutan, secara otomatis menyeimbangkan kembali investasi Anda sesuai kebutuhan dan mengambil langkah-langkah untuk mengurangi tagihan pajak investasi Anda.

Sifat robot advisor biasanya gratis dan bagi yang ingin fitur lebih lengkap bisa saja diambil dengan tetap  berbiaya rendah. Solusi praktis ini bisa menjadikan pilihan yang baik bagi banyak konsumen.

2. Layanan perencanaan keuangan online

Layanan perencanaan keuangan online menawarkan manajemen investasi yang dikombinasikan dengan perencanaan keuangan virtual. Biayanya lebih tinggi daripada yang Anda bayarkan untuk penasihat keuangan dalam bentuk aplikasi robot, tetapi lebih rendah daripada yang Anda bayarkan untuk penasihat keuangan tradisional (offline).

Pertimbangkan layanan perencanaan keuangan online jika:

  • Anda ingin bekerja dengan penasihat manusia, tetapi Anda tidak keberatan bertemu penasihat itu melalui telepon atau video. Anda akan menghemat uang dengan bertemu secara virtual tetapi tetap menerima manajemen investasi dan rencana keuangan holistik yang dipersonalisasi.
  • Anda ingin memilih nasihat keuangan mana yang Anda terima. Beberapa layanan, seperti Facet Weath, mengenakan biaya tetap berdasarkan kerumitan saran yang Anda butuhkan dan manajemen investasi yang disertakan. Lainnya, seperti Betterment, membebankan biaya untuk manajemen investasi dan menawarkan sesi perencanaan a la carte dengan seorang penasihat. (Facet Wealth and Betterment adalah mitra iklan NerdWallet.)

Bagi banyak orang, model ini sangat cocok. Model ini menggabungkan biaya yang lebih rendah dengan tingkat layanan yang tinggi. Inilah yang diharapkan dari layanan perencanaan keuangan online.

Beberapa layanan berfungsi seperti penasihat online berbasis aplikasi robot: Investasi Anda dikelola oleh algoritme komputer, tetapi Anda akan memiliki akses ke tim penasihat keuangan yang dapat menjawab pertanyaan perencanaan keuangan spesifik Anda.

Either way, Anda harus menerima manajemen investasi dan bimbingan keuangan pribadi untuk membantu Anda memenuhi tujuan Anda.

3. Penasihat keuangan tradisional dan tatap muka

Selain aplikasi robot perencana keuangan dan layanan perencanaan online, istilah “penasihat keuangan” dapat merujuk kepada orang-orang dengan berbagai sebutan, termasuk:

Profesional bersertifikat CFP: Memberikan saran perencanaan keuangan. Untuk menggunakan penunjukan CFP dari Certified Financial Planner Board of Standards, seorang penasihat keuangan harus menyelesaikan persyaratan pendidikan yang panjang, lulus ujian yang ketat dan menunjukkan pengalaman kerja.

Pialang atau pialang saham: Membeli dan menjual produk keuangan atas nama klien dengan imbalan biaya, komisi, atau keduanya. Harus lulus ujian dan mendaftar ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS.

Penasihat investasi terdaftar: Memberikan saran dan membuat rekomendasi dengan imbalan biaya. Beberapa fokus pada portofolio investasi, yang lain mengambil pendekatan perencanaan keuangan yang lebih holistik. Pelajari lebih lanjut tentang penasihat investasi.

Manajer kekayaan (wealth management): Layanan manajemen kekayaan biasanya berkonsentrasi pada klien dengan kekayaan bersih tinggi dan menyediakan manajemen keuangan holistik.

Penasihat keuangan manusia umumnya lebih mahal daripada penasihat robot aplikasi dan layanan online, dan mungkin memiliki persyaratan investasi minimum. Tetapi Anda dapat memutuskan untuk melakukannya jika:

Anda sedang menjalani atau merencanakan perubahan besar dalam hidup, seperti menikah atau bercerai, memiliki bayi, membeli rumah, merawat orang tua yang sudah lanjut usia, atau memulai bisnis.

Investasi Anda telah berkembang atau kehidupan finansial Anda telah menjadi lebih kompleks di luar apa yang dapat ditangani oleh penasihat robo atau penasihat online.

Selain itu, sebagai pengusaha yang profesional, Anda juga perlu menggunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic. Aplikasi ini dapat membantu Anda dalam memanajemen pengeluaran untuk kepentingan usaha secara efisien dan efektif. Anda dapat mengontrol anggaran usaha dengan baik hanya dengan modal smartphone.

strategi pemasaran kewirausahaan

Aplikasi JojoExpense dilengkapi dengan beragam fitur unggulan, seperti mobile approval, capture expenses, budget controlling, reimburse via app & web dan cash advanced. Beragam fitur unggulan ini berperan penting dalam mencapai tujuan sebagaimana disebut di atas.

Yuk gunakan aplikasi JojoExpense dari Jojonomic sekarang juga! Dapatkan demo gratis 14 hari dengan cara klik di sini.