Background Check Karyawan Pada Proses Rekrutmen

background check karyawan

Background check karyawan umumnya banyak dilakukan oleh perusahaan. Terutama saat sebuah perusahaan berusaha untuk mencari pekerja atau pegawai atau karyawan baru. Upaya ini sebenarnya merupakan bagian dari proses rekrutmen yang sudah seharusnya dikauasai oleh HRD. Adanya cek background ini memang perlu dilakukan karena dapat menghindarkan perusahaan dari berbagai hal yang tidak diinginkan.

Tujuan Background Check Karyawan

Menyorot catatan kriminal

Perusahaan umumnya melakukan background check untuk karyawan agar bisa menandai catatan kriminal dari seorang pelamar. Jadi Anda bisa berjaga-jaga dan menjauhkan perusahaan milik Anda dari sekumpulan orang yang berbahaya dan pernah memiliki catatan kriminal. Dengan adanya informasi mengenai pelamar maka perusahaan bisa terhindar dari suatu hal yang bersifat membahayakan.

Melakukan uji tuntas

Perusahaan sebenarnya wajib untuk melakukan uji tuntas. Hal ini perlu dilakukan agar perusahaan bisa menemukan kandidat yang cocok untuk perusahaannya. Jadi perusahaan bisa mengerti benar mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan pekerjanya. Uji tuntas juga perlu dilakukan oleh perusahaan agar perusahaan bisa terhindar dari segala kemungkinan buruk yang bisa saja terjadi pada karyawannya.

Mendapatkan gambaran lengkap

Sebenarnya dengan melakukan background check terhadap karyawan maka perusahaan bisa mendapatkan gambaran lengkap mengenai calon pekerjanya. Melalui proses ini maka perusahaan bisa mencari tahu siapakah pelamar kerja yang sedang diwawancarainya sebenarnya. Hal yang lebih penting bisa didapatkan oleh perusahaan adalah gambaran mengenai potensi karyawan. Perusahaan bisa memperkirakan apakah karyawannya memang cocok untuk bekerja di perusahaannya.

Mewujudkan rasa aman

Anda tidak mungkin bisa mengetahui masa lalu dari seorang pelamar kerja. Bisa saja orang yang sedang melamar pekerjaan di perusahaan Anda sekarang ini merupakan orang yang membahayakan. Atau bahkan bisa saja orang tersebut merupakan seorang penjahat atau buronan. Oleh karena itu Anda perlu mencari tahu mengenai calon pekerja agar perusahaan Anda tidak sampai mempekerjakan seorang kriminal.

Menciptakan lingkungan bebas narkoba

Banyak orang yang pernah terlibat narkoba namun tetap mampu melakukan pekerjaan dengan baik. Sebenarnya hal ini cukup berbahaya sebab seorang pecandu narkoba dapat mempengaruhi rekan kerjanya untuk terlibat dengan narkoba. Selain itu produktivitas juga bsia berkurang. Maka dari itu Anda sudah seharusnya menghindarkan perusahaan Anda dari pekerja yang terlibat narkoba.

Menemukan ketidakjujuran

Melalui proses interview atau wawancara maka Anda bisa melakukan background check yang tentunya sangatlah penting. Pengecekan yang dilakukan oleh perusahaan bisa membantu Anda untuk menemukan ketidakjujuran pada pelamar kerja. Jadi dengan melakukan pengecekan maka Anda bisa mendapatkan pekerja yang jujur dan tentunya memiliki karakter yang baik.

Memverifikasi pendidikan

Seringkali sebuah posisi atau jabatan di perusahaan memerlukan pekerja dengan kualifikasi pendidikan tertentu. Oleh karena itu Anda perlu mencari tahu mengenai riwayat pendidikan calon karyawan Anda. Berikan orang yang tepat untuk posisi di perusahaan Anda agar pekerja dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan Anda. Setidaknya mencari orang yang tepat bisa dilakukan dengan mengetahui latar belakang pendidikan pelamar kerja.

Memastikan karyawan yang tepat

pada akhirnya backroun check yang dilakukan pada setiap pelamar kerja bertujuan untuk mencari karyawan yang tepat. Sebuah perusahaan tentu menginginkan pekerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Tentunya proses mencari karyawan yang tepat ini bisa dilakukan melalui proses pengecekan latar belakang pelamar kerja.

Tips Melakukan Checking

Cek ijazah pendidikan

Banyak orang yang rupanya mendapatkan ijazah pendidikan dengan cara yang salah. Misalnya dengan cara memalsukan ijazah dan sebagainya. Tentu hal ini berbahaya bagi perusahaan. Oleh karena itu perusahaan wajib memverifikasi keaslian ijazah karyawan. Setidaknya pastikan bahwa karyawan ijazah calon karyawan memang asli dan ia telah menempuh pendidikannya dengan baik.

Tes narkoba

Tidak seidkit karyawna yang terlibat dengan narkoba sehingga kehidupannya menjadi semakin rusak. Maka sebaiknya perusahaan melakukan tes narkoba pada calon karyawan. Pastikan bahwa calon karyawan yang akan diterima di perusahaan Anda bebas narkoba. Sebab penggunaan narkoba akan memberikan dampak yang sangat buruk pada karyawan lain.

Tinjau catatan kriminal

Untuk melakukan cek terhadap catatan kriminal pada calon karyawan maka Anda bisa memberikan kualifikasi berupa SKCK. Dengan adanya SKCK inilah maka bisa dipastikan catatan kriminal seseorang. Meninjau SKCK sangatlah penting agar perusahaan mendapatkan karyawan yang bersih dari catatan kriminal. Dengan demikian maka Anda akan menghindarkan perusahaan Anda dari segala tindakan berbahaya.

Pemeriksaan kredit

Pemeriksaan kredit atau credit check juga tak kalah penting dari bagian lainnya dalam proses rekrutmen. Sebaiknya pastikan bahwa calon pekerja Anda memiliki riwayat kredit yang baik. Pastikan pula bahwa calon karyawan Anda terbebas dari catatan buruk yang berhubungan dengan masalah keuangan atau finansial dari suatu lembaga keuangan. Jadi untuk ke depannya karyawan tidak akan merugikan posisi keuangan perusahaan.

Menghormati setiap pelamar

Sudah tentu setiap pelamar kerja berhak mendapatkan perlakuan yang baik dari perusahaan. Dalam hal ini HRD bisa bersikap dengan baik dan tidak diskriminatif. Seorang perekrut yang baik tentunya bisa memberikan rasa hormat dengan tepat pada setiap pelamar kerja tanpa pandang bulu.

Lakukan klarifikasi

Mungkin saja ada keraguan di benak Anda saat melakukan proses interview pada calon karyawan. Jika memang Anda menemukan suatu hal yang cukup meragukan dan mengkhawatirkan maka Anda perlu melakukan klarifikasi. Setiap klarifikasi yang Anda dapatkan nantinya bisa menjadi bahan evaluasi bagi Anda. Jadi dengan adanya proses klarifikasi ini maka Anda bisa memastikan segala hal berkaitan dengan karyawan.

Pentingnya Background Check Karyawan

Background check karyawan sangat perlu dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam rangka mendapatkan karyawan baru untuk sebuah posisi. Dengan adanya pengecekan latar belakang kepada setiap pelamar kerja maka perusahaan bisa menetukan kandidat yang terbaik bagi perusahaan. Jadi melalui hal ini perusahaan bisa terhindar dari segala resiko termasuk pula resiko kerugian. Oleh karena itu setiap perusahaan hendaknya melakukan cek background pada pelamar kerja misalnya pada saat proses interview. Upaya ini akan menghantarkan perusahaan Anda pada berbagai hal yang menguntungkan.

Tentu saja melakukan cek pada latar belakang karyawan akan sama pentingnya dalam menentukan sistem keuangan perusahaan yang paling tepat sasaran. Misalnya dengan beralih pada produk JojoExpense, dimana produk ini adalah pilihan tepat untuk memastikan sistem keuangan perusahaan yang lebih terkontrol dan jauh dari resiko penipuan. Tentu saja hal ini berkat beberapa fitur andalan yang bisa ditemukan saat memutuskan penggunaan JojoExpense. Mulai dari fitur monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun, proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan, serta peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih pada produk tersebut. Segera daftar dan dapatkan coba gratis untuk perusahaan Anda sekarang juga. Selamat mencoba!