Wawancara Kerja Remote Oleh Perusahaan Di Masa Pandemi

wawancara kerja remote

Wawancara kerja remote sebenarnya sama saja dengan wawancara untuk para pelamar kerja seperti biasanya. Hanya saja dalam hal ini pelamar yang diwawancara adalah pelamar untuk sistem kerja remote. Dewasa ini tampaknya semakin banyak perusahaan yang menggunakan sistem kerja remote untuk para karyawannya. Oleh karena itu tak menutup kemungkinan bahwa perusahaan membutuhkan pekerja remote yang dapat memberikan kontribusi bagi perusahaan itu sendiri. Jika Anda merupakan pribadi yang tertarik dengan sistem kerja remote ini maka tak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba menjadi pekerja remote di perusahaan yang membutuhkan. Namun saat melakukan proses melamar kerja tentu Anda akan melalui proses wawancara sebelum akhirnya diterima oleh perusahaan. Bahkan proses wawancara ini menjadi point penting yang menentukan apakah Anda akan diterima sebagai pekerja remote di perusahaan tersebut ataukah tidak. Oleh karena itu Anda sebaiknya mempersiapkan diri dalam menghadapi proses wawancara tersebut. Dengan adanya persiapan yang baik maka tentunya Anda dapat melewati proses wawancara dengan sukses.

Meyakinkan Perusahaan dalam Wawancara Kerja Remote

Pelajari alat kolaborasi

Pekerja remote tentunya selalu diharapkan agar memiliki kemampuan dalam mengoperasikan media digital. Sebab komunikasi antara pekerja remote dan perusahaan hanya bisa dilakukan melalui sarana digital yang ada. Oleh karena itu pekerja remote sudah seharusnya semakin ahli dalam melakukan kolaborasi berbagai sarana digital. Oleh karena itu saat sedang menjalani proses wawancara sebaiknya Anda menunjukkan keahlian Anda dalam menggunakan berbagai software ataupun aplikasi. Dengan adanya kemampuan dalam mengoperasikan seluruh media digital maka perusahaan akan semakin melirik Anda. Maka tak ada salahnya jika sejak dini Anda mulai banyak belajar mengunakan berbagai aplikasi sehingga Anda bisa mengoperasikannya dengan sangat mudah dan tanpa kendala.

Kerja dari rumah

Bagi Anda yang pernah memiliki pengalaman bekerja dari rumah mungkin bisa menjadi nilai tambah jika Anda ingin melamar pekerjaan dengan sistem remote. Sebab Anda yang pernah mengalaminya tentu memiliki pengalaman tersendiri dalam mengatasi berbagai pekerjaan di rumah. Dengan adanya pengalaman bekerja dari rumah maka Anda bisa menunjukkan bahwa Anda merupakan seorang pekerja remote yang bertanggung jawab. Selain itu Anda juga bisa menunjukkan kepada perusahaan bahwa Anda merupakan seorang pekerja yang produktif. Anda bisa mengutarakan pengalaman Anda ini saat sedang menjalani proses wawancara sehinggapengalaman anda tersebut bisa menjadi pertimbangan bagi perusahaan.

Tingkatkan keahlian menulis

Pekerja remote tentu harus memiliki dan mengembangkan segudang keahlian. Mulai dari keahlian menggunakan berbagai media digital dan melakukan komunikasi dari jarak jauh hingga kemampuan dalam melakukan komunikasi tertulis. Dalam melakukan komunikasi secara tertulis tentunya Anda perlu memiliki keahlian menulis yang cukup baik. Sebab dengan adanya sistem kerja remote maka Anda akan diharuskan untuk melakukan komunikasi tertulis baik dengan pihak atasan di perusahaan maupun dengan rekan kerja. Bahkan Anda juga perlu melakukan komunikasi secara tertulis dengan para klien. Oleh karena itu kemampuan menulis ini bisa saja turut menjadi pertimbangan bagi perusahaan. Setidaknya Anda bisa meningkatkan kemampuan menulis dengan melakukan banyak cara. Misalnya berlatih untuk menulis kalimat baku melalui email dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa mengembangkan kemampuan dalam menulis kalimat dengan menggunakan bahasa yang resmi dan sopan di berbagai aplikasi yang sedang populer.  

Persiapkanlah referensi

Seorang pekerja akan menjadi lebih dipercaya jika pekerja tersebut menyertakan referensi. Memang menjadi pekerja remote tidaklah mudah. Sebab bila Anda menjadi seorang pekerja remote maka Anda haruslah bisa menyelesaikan segala pekerjaan dari rumah atau dari tempat lain di luar perusahaan secara tepat waktu. Anda harus tetap produktif dan memiliki disiplin kerja yang tinggi. Selain itu hasil kerja Anda haruslah baik sehingga Anda bisa memberikan kontribusi bagi perusahaan sekalipun Anda bekerja di luar kantor atau di luar perusahaan. Bekerja dari rumah tidak boleh membuat Anda menjadi semakin malas. Justru sebaliknya Anda harus memberikan hasil kerja yang terbaik. Oleh karena itu saat wawancara kerja remote maka persiapkanlah beberapa referensi dari beberapa orang yang pernah bekerja sama dengan Anda. Hal ini akan membuat Anda mendapatkan rekomendasi yang baik. Tentunya perusahaan akan menjadilebih percaya pada kemampuan Anda sekaligus kepada karakter Anda yang bisa dipercaya. Pastikan pula bahwa referensi Anda tersebut memiliki pandangan dan penilaian yang baik mengenai cara Anda dalam bekerja.

Karakter Pekerja Remote

Tanggung jawab

Menjadi seorang pekerja remote tentu harus memiliki tanggung jawab yang tinggi. Sebab sebagai pekerja remote maka Anda akan bekerja secara mandiri. Oleh karena itu Anda harus mampu bertanggung jawab terhadap segala pekerjaan Anda secara penuh. Pekerjaan harus selesai dengan baik dan diakhiri dengan hasil yang baik pula.

Disiplin

Tanggung jawab pada dasarnya berkaitan dengan sikap disiplin. Sikap disiplin memang harus dimiliki oleh seorang pekerja remote. Sebab Anda yang melakukan pekerjaan di luar kantor atau perusahaan tetap harus menyelesaikan seluruh tugas Anda secara tepat waktu. Pekerjaan tidak boleh melebihi deadline yang telah ditetapkan. Oleh karena itu kembangkanlah sikapdisiplin kerja yang tinggi agar Anda bisa mengelola pekerjaan Anda dengan baik.

Inovatif

Bekerja di luar kantor sebenarnya akan menjadi hal yang menyenangkan. Bahkan Anda bisa mengerjakan seluruh pekerjaan Anda di tempat yang nyaman dan membuat Anda bisa bekerja dengan betah. Maka tentu saja Anda bisa menemukan banyak inovasi di luar kantor. Dengan demikian maka Anda bisa memiliki banyak inspirasi dan mengembangkan kreasi Anda dalam bekerja.

Pentingnya Wawancara

Wawancara kerja remote sebenarnya merupakan sebuah metode penting dalam menemukan kandidat pekerja terbaik. Melalui adanya wawancara ini maka perusahaan bisa mendapatkan informasi mengenai pelamar kerja. Jadi perusahaan bisa mendapatkan kandidat yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Demikian pula dengan perusahaan yang ingin mencari pekerja remote untuk perusahaannya. Mencari pekerja remote akan menjadi lebih mudah dengan adanya proses wawancara kerja. Sebab melalui proses wawancara kerja ini maka perusahaan akan lebih dipermudah dalam melakukan identifikasi pelamar kerja yang sekiranya layak untuk dipekerjakan di perusahaan.

Tentunya menyeleksi calon pekerja sama pentingnya dalam memutuskan sistem payroll terbaik untuk perusahaan. Oleh sebab itu saat ini tersedia solusi terbaik yaitu JojoPayroll. Dengan produk yang satu ini tentunya sistem pembayaran gaji karyawan dapat dilakukan lebih baik, sistematis, dan lebih optimal. Tentunya hal ini berkat beberapa fitur menarik yang ada pada JojoPayroll. Mulai dari fitur perhitungan payroll otomatis, slip gaji digital hingga pelaporan kehadiran karyawan otomatis yang terkoneksi dengan sistem payroll. Dengan fitur-fitur ini maka sebaiknya tidak perlu ragu jika ingin menggunakan JojoPayroll. Segera coba gratis produk ini selama 14 hari di perusahaan Anda dan lihat sendiri bagaimana produk ini bekerja dalam memastikan sistem payroll yang lebih efektif.