Brand Guidelines : Definisi, Cara Buat, dan Manfaatnya

Brand Guidelines

Ingin memiliki Brand Guidelines yang konsisten dan mudah diingat oleh publik? Jika demikian, pedoman merek adalah sesuatu yang harus diperhatikan. Brand guide atau yang biasa disebut dengan brand style guide merupakan elemen penting dari sebuah brand. Ini terutama benar jika Anda ingin membentuk identitas atau identitas merek.

Setiap merek harus memiliki pedoman yang jelas agar proses branding dapat berjalan secara konsisten. Jika Anda sudah memiliki panduan merek, ini dapat dilakukan dengan mudah. Jadi, apa sebenarnya panduan merek itu? Apa manfaat dari merek dan bagaimana Anda membuatnya?

Pengertian Brand Guidelines

Brand Guidelines

Pedoman merek adalah pedoman untuk mengelola komposisi merek, desain, dan tampilan keseluruhan yang dilaporkan oleh HubSpot. Oleh karena itu, ketika sebuah merek memiliki panduan merek, ia dapat dengan mudah menentukan tampilan konten blog, konten media sosial, atau logo dan iklan.

Pedoman merek juga akan membantu desainer grafis, pemasar, pengembang web, dan tim konten mengikuti pedoman yang sama. Hal ini sejalan dengan definisi yang dikemukakan oleh Ruby Porter.

Dalam pandangannya, brand guide merupakan bagian yang tidak terpisahkan dan dapat digunakan sebagai panduan bagi seluruh tim saat mewakili brand. Singkatnya, panduan gaya merek adalah seperangkat aturan yang menjelaskan seperti apa merek ketika ditampilkan ke publik.

Aturan itu mencakup banyak hal. Misalnya, dari memilih palet warna untuk berbagai desain, memilih font, foto, susunan kata, dll. Dengan kata lain, brand guide merupakan acuan yang digunakan untuk membuat tampilan brand konsisten di mata publik.

Misalnya, beberapa merek memiliki aturan untuk menggunakan warna pastel sebagai warna dasar untuk setiap desain. Setiap tim yang bertanggung jawab untuk membuat konten di Instagram, blog atau website harus menggunakan warna-warna pastel.

Pasalnya sudah menjadi aturan dan sudah masuk dalam panduan gaya merek. Oleh karena itu, setiap tim harus menerapkannya agar selalu konsisten dan tidak berbeda di setiap platform. Ketika sebuah brand selalu bisa konsisten, baik itu konten atau metode pemasarannya, tentu publik akan lebih mudah mengingatnya.

Cara Membuat Brand Guidelines

Brand Guidelines

Menurut laporan dari 99designs, langkah-langkah membuat brand guide antara lain:

Kumpulkan inspirasi

Cara pertama untuk membuat brand guide adalah dengan mengumpulkan inspirasi terlebih dahulu. Coba diskusikan dengan tim apakah logo, font, atau kata-kata merek sesuai dengan target pasar.

Bandingkan juga dengan apa yang dimiliki pesaing Anda. Cari tahu apakah logo mereka lebih unik dan apakah cara mereka menyampaikan pesan kepada pelanggan lebih menarik. Setelah memahami kelebihan dan kekurangan desain dan nada merek, pasti akan membawa inspirasi baru.

Identifikasi elemen penting dari pedoman merek


Saat merumuskan pedoman merek, jelas bahwa enam elemen penting harus disertakan. Keenam elemen tersebut adalah cerita merek, panduan logo, palet warna, tipografi dan panduan font, panduan gambar dan suara merek.

Anda dapat berdiskusi dengan tim untuk membahas masing-masing elemen tersebut secara detail. Oleh karena itu, Anda akan mengetahui panduan apa yang paling tepat untuk digunakan merek tersebut. Misalnya, saat mengembangkan pedoman logo, Anda bisa berdiskusi langsung dengan desainer. Kemudian, untuk brand voice, Anda bisa berdiskusi dengan tim konten untuk menemukan tone yang tepat untuk brand tersebut.

Buat panduan untuk setiap produk dalam merek

Cara membuat brand style guide selanjutnya adalah dengan membuat guide untuk setiap produk yang dimiliki brand tersebut. Misalnya, merek Anda hanya memiliki produk digital. Tentu saja, Anda perlu mengembangkan pedoman untuk menyesuaikan tata letak gambar atau pemilihan tampilan di situs web.

Selain itu, jika Anda memiliki produk fisik, jangan lupa untuk membuat pedoman desain kemasan produk. Setiap produk pasti memiliki pedoman tersendiri agar bisa konsisten dari waktu ke waktu.

Buat garis besar pedoman merek

Setelah membahas setiap elemen pedoman merek dan menentukan pedoman untuk setiap produk, langkah selanjutnya adalah membuat garis besar. Misalnya, untuk elemen cerita merek, Anda dapat membuat garis besar dengan menuliskan visi, misi, dan nilai merek.

Kemudian, untuk elemen logo, perhatikan ide di balik pemilihan logo. Jadi, bagaimana cara menggunakan tanda yang benar dan apa saja yang melarang pembuatan tanda. Jangan lupa untuk menguraikan setiap elemen pedoman merek sehingga setiap karyawan dapat memahaminya.

Ini seperti SOP (Standard Operating Procedure), setiap pegawai selalu harus menjalankan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, harus dinyatakan sejelas mungkin agar tidak membingungkan karyawan lain yang membacanya.

Setelah membuat outline, sebaiknya segera tentukan apakah panduan tersebut berupa file digital seperti PDF atau versi cetak. Ingat, pedoman merek adalah dokumen kerja yang penting, jadi harus selengkap mungkin.

Manfaat Brand Guidelines

Brand Guidelines

Setelah memahami arti dari pedoman merek, lihat dulu manfaatnya bagi perusahaan seperti berikut ini.

Menetapkan standar

Manfaat pertama dari pedoman merek adalah menetapkan standar untuk merek. Seperti disebutkan di atas, standar ini dirumuskan untuk memungkinkan karyawan perusahaan menghasilkan karya yang sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Dimulai dengan standar posting di Instagram, Twitter atau blog. Selain itu, pengaturan standar ini juga dapat diterapkan saat membuat iklan. Hal ini sangat penting karena periklanan dimaksudkan sebagai sarana promosi merek dan mengajak pelanggan untuk menggunakan produk tersebut. Oleh karena itu, iklan harus dibuat sesuai dengan aturan dalam pedoman merek, mulai dari warna, font, dan bahkan nada.

Merek lebih mudah diingat

Ada banyak cara untuk meningkatkan brand awareness, dimulai dengan membuat logo yang menarik atau slogan yang unik. Strategi-strategi peningkatan brand awareness di atas akan lebih efektif jika dirumuskan sesuai dengan pedoman merek yang dimiliki oleh merek tersebut.

Misalnya, saat membuat logo, seorang desainer grafis harus memperhatikan aturan yang ditetapkan dalam pedoman merek. Selain itu, dalam proses pembuatan slogan yang unik juga harus sesuai dengan bahasa brand. Oleh karena itu, brand style guide disini merupakan panduan untuk membakukan tampilan brand agar lebih mudah diingat oleh masyarakat.

Kesimpulan Brand Guidelines

Demikian penjelasan mengenai pedoman brand, mulai dari pengertian dan manfaat hingga cara membuatnya. Konsistensi adalah kuncinya, agar brand mudah diingat oleh masyarakat. Jadi, jangan meremehkan pentingnya mengembangkan pedoman merek.

Tingkatkan Efisiensi Manajemen Pengeluaran Perusahaan Anda Hingga 76%

Kumpulkan data secara otomatis, tingkatkan produktivitas dan cegah penipuan keuangan serta pegang kendali penuh anggaran perusahaan dengan mudah dan kapanpun dimanapun dengan JojoExpense. Lebih cepat, mudah, tanpa perlu repot.

Mengelola Data Klien Menjadi Lebih Mudah

JojoExpense memberi Anda akses mudah menuju keuangan perusahaan Anda tidak peduli tempat dan waktu.
 
Baik Anda mau mengajukan request reimbursement atau mengizinkan cash advance, semua dapat dilakukan melalui telepon genggam Anda.
 
Anda dapat mengajukan request Anda secara langsung atau simpan untuk nanti, misalnya Anda ingin cek ulang aplikasi Anda. Semuanya tergantung Anda—Anda yang berkuasa soal manajemen finansial Anda sendiri.
 
Ketika Anda sudah duduk di meja Anda, Anda bisa fokus sepenuhnya pada tugas-tugas penting dan serahkan manajemen sampingan pada proses otomatis. “Yuk pakai aplikasi expense management dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari”