Cara Membuat CV yang Menarik Menggunakan 8 Website Terpopuler

cara membuat CV

Cara membuat CV yang menarik adalah sebuah kunci utama bagi kamu agar diterima di perusahaan idaman. Saking banyaknya CV yang harus di-review oleh rekruiter, justru membuat mereka cenderung melihat penampilan luar CV ketimbang isinya terlebih dulu.

Perlu kamu ketahui, CV yang menarik mampu menunjukkan seberapa menariknya kepribadian sang pengirim. Melalui teknologi dan informasi yang sedemikian canggih saat ini, kamu pun tak perlu bingung lagi dalam membuat CV yang menarik. Pasalnya, ada berbagai template CV gratis yang bisa kamu unduh dan edit sesuka hati dari beberapa website terpopuler. Dengan cara membuat CV seperti ini, meraih pekerjaan impian sudah bukan hal yang mustahil lagi.

cara membuat CV

Cara membuat CV dengan mudah, gratis, dan praktis

Berikut ini daftar 8 website yang bisa membantu kamu dalam memahami cara membuat CV secara gratis sekaligus praktis, di anaranya:

1.    Resume.io

Website pertama yang akan membantu kamu dalam membuat CV yang menarik adalah Resume.io. template yang disediakan oleh website satu ini memiliki gaya minimalis yang kekinian sehingga cocok untuk kamu yang sederhana dan anti repot.

Kamu hanya perlu mengisi CV tersebut sesuai bagian yang telah disediakan, seperti pendidikan hingga pengalaman. Namun sayangnya, website ini tidak memberi pilihan untuk menambah fields lain yang mungkin dibutuhkan.

Resume.io ini juga dilengkapi dengan fitur tracking yang memungkinkan kamu untuk melihat kembali CV yang telah dibuat. Bahkan, kamu juga bisa melihat kapan pengunjung lain melihat CV milik kamu dan memungkinkan kamu untuk mengatur pelacak khusus. Misalnya, jika ada recruiter yang tertarik, maka kamu bisa melacak seberapa banyak recruiter yang telah melihat CV tersebut.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

2.    Kinzaa

Pada dasarnya, setiap website yang mampu membantu kamu membuat CV yang menarik mengharuskan untuk mengisi profil terlebih dulu. Nantinya, profil tersebut akan terintegrasi dengan resume yang dibuat.

Kinzaa memiliki template yang sedikit berbeda jika dibandingkan dengan website lain. Pada website satu ini tersedia header yang secara khusus memungkinkan kamu meletakkan foto di bagian kiri atas resume. Foto tersebut merupakan foto yang terdapat pada profil.

Selain itu, Kinzaa juga memiliki beberapa fitur menarik lainya. Salah satunya kemampuan untuk mengunduh video tentang diri kamu. Bukan hanya itu saja, dalam bagian skills, kamu pun bisa menggunakan fitur slider untuk menampilkan level keahlian dengan lebih spektakuler.

Tak ketinggalan pula di bagian personality, kamu bisa menuliskan apa yang hendak kamu cari dalam pekerjaan hingga perusahaan seperti apa yang kamu harapkan. Poin satu ini sangat berguna supaya recruiter benar-benar memahami karakter kamu.

3.    VisualCV

Cara membuat CV yang menarik berikutnya menggunakan VisualCV yang dinilai paling user friendly. Pasalnya, pada website ini tersedia fitur untuk mengimpor file dari akun LinkedIn yang dimiliki. Selain itu, kamu bisa membuat resume secara gratis ataupun berbayar apabila menginginkan fitur yang lebih lengkap. Bahkan, VisualCV ini juga memberikan contoh berbagai jenis CV yang spesifik berdasarkan industri yang digeluti pembuatnya.

Banyak orang beranggapan, mengedit CV melalui VisualCV sangat menyenangkan. Memang editing tools yang disediakan tidak terlalu banyak, tapi kamu bisa mengetik secara langsung di tiap template yang sudah dipilih. Inilah yang membuatnya tampak berbeda, karena sebagian besar website lain cenderung mengharuskan sang pembuat CV mengetik di kotak kosong sebelum kemudian masuk ke dalam template yang dimaksud.

Hal seperti ini tentu sangat menguntungkan. Sebab, tidak akan terjadi perubahan apapun saat file diekspor menjadi PDF. Jadi, kamu bisa langsung mendapatkan CV yang menarik sesuai ekspektasi.

4.    Resumonk

Website terbaik lainnya untuk membuat CV yang menarik dan nyaris sempurna adalah Resumonk. Website ini sangat cocok bagi kamu yang menyukai hal-hal sederhana dan fokus hanya kepada bagian penting dalam resume saja. Kamu bakal diberikan empat pilihan template dengan model minimalis jika memilih versi free plan, lalu lengkapi saja CV tersebut.

Apabila menginginkan fitur yang jauh lebih lengkap, kamu bisa memilih versi premium plan dengan harga sekitar USD 23. Salah satu kelebihan dari versi premium ini adalah tampilan tanpa watermark yang muncul pada template versi free plan. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan template khusus versi premium dan mengunduh CV dengan format DOC.

cara membuat CV
Young Businesswoman Reading Resume

5.    Uptowork

Website satu ini bakal memberi kamu dua pilihan, yaitu starter plan dengan harga yang dibanderol sekitar USD 4,99 atau premium plan dengan harga USD 99,9 selama 30 hari. Perbedaan kedua versi ini terletak pada ketersediaan template yang menggunakan watermark pada versi starter plan. Sementara pada versi premium plan, kamu akan mendapat sebanyak 20 template tanpa watermark Uptowork.

Bisa dibilang, Uptowork adalah salah satu website pembuat CV yang mudah dan cepat. Template yang ditawarkan pun bervariasi. Bahkan, website ini memungkinkan kamu untuk terhubung dengan akun media sosial pribadi yang sekiranya penting untuk dimuat dalam CV. Meskipun kamu diharuskan untuk membayar, tapi hasil CV yang didapatkan dijamin tidak mengecewakan.

6.    ConnectCV

Pilihan selanjutnya adalah ConnectCV yang menyediakan banyak fitur sekaligus contoh CV yang bisa dijadikan referensi. Menariknya lagi, website ini juga memberi tips beserta panduan cara membuat CV yang menarik dan efektif. Melalui ConnectCV, kamu juga bisa menempatkan gambar ataupun tabel dan menggantinya dengan mudah.

Tak hanya itu saja, website ini juga memungkinkan kamu untuk memodifikasi berbagai contoh CV yang tersedia dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan pribadi. Dengan demikian, kamu pun bisa mendapatkan CV yang menarik sesuai selera.

7.    ResumeGenius

Selanjutnya adalah ResumeGenius yang memiliki user interface nyaris sempurna dan menyediakan banyak pilihan template menarik. Bukan itu saja, website ini juga sangat mudah untuk digunakan bagi para pemula sekalipun.

Namun sayangnya, website ini memiliki beberapa kekurangan. Salah satunya, kamu harus kembali ke halaman awal dan log in ulang ketika ingin mengunduh resume yang telah dibuat sebelumnya. Selain itu, para pengguna gratis juga hanya bisa menggunakan jenis font standar yang umumnya membosankan.

8.    CV Maker

Salah satu website pembuat CV yang paling direkomendasikan adalah CV Maker karena memiliki banyak template dengan desain clean dan super praktis. Kamu hanya perlu mengisi formulir kecil yang tersedia di setiap tab sebelum beralih ke langkah berikutnya. Melalui website ini, kamu juga bisa menghubungkan berbagai akun media sosial yang dimiliki, kemudian CV Maker akan menyelaraskannya dengan CV yang dibuat.

Melalui website ini pula, kamu bisa mengekspor CV ke dalam berbagai formal, seperti TXT, HTML, dan juga PDF. Kelebihan lain yang justru menjadi daya tarik utama dari website ini adalah kamu tidak diharuskan untuk mendaftar dan mengeluarkan biaya sepeser pun.

cara membuat CV

JojoTimes memudahkan perusahaan dalam meningkatkan kerja tim

Nah, itu tadi 8 website yang bisa membantu kamu dalam membuat CV yang menarik. Tentu saja, setiap website tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun ketahuilah, bukan hanya para pencari kerja saja yang membutuhkan website dan aplikasi yang dilengkapi berbagai fitur sebagai cara membuat CV menarik. Para HR dalam suatu perusahaan juga membutuhkan aplikasi yang sama, hanya saja kebutuhannya berbeda.

Salah satu aplikasi canggih dan paling mutakhir yang dibutuhkan oleh perusahaan di era modern seperti saat ini adalah JojoTimes. Aplikasi satu ini merupakan solusi untuk kebutuhan mobile HR karena mampu memantau kehadiran karyawan kapanpun dan di manapun.

Selain itu, JojoTimes memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan data yang komprehensif dari semua karyawan yang disimpan dengan aman di dalam perangkat lunak berbasis cloud. Bahkan, JojoTimes bisa secara fleksibel mengontrol kebijakan cuti dan lembur seluruh karyawan perusahaan.

Jadi, tak ada salahnya untuk mencoba aplikasi JojoTimes demi meningkatkan kerja tim perusahaan, bukan? Lagipula, aplikasi ini menyediakan versi gratis yang memungkinkan para HR merasakan berbagai kemudahan menggunakan JojoTimes. Buruan coba dan jangan lewatkan kesempatan berharga ini, ya!