Cara Terbaik Melakukan Pengembangan Diri

Pengembangan diri bagi setiap orang adalah hal yang sangat penting. Kamu bisa meningkatkan kemampuan dan kualitas dirimu dengan lebih baik daripada kamu yang sebelumnya.

Ibaratnya, segala kompetensi yang telah kamu miliki harus terus bertambah seiring dengan perkembangan zaman yang semakin canggih. Apalagi buat kamu para millennial wajib menambah skill lainnya sebagai upaya pengembangan diri.  

Hidup itu kan dinamis, kamu harus terus bergerak dan bersaing secara profesional dengan para kompetitor lainnya. Jangan sampai kamu malas melakukan pengembangan diri hingga membuatmu menyesal di kemudian hari.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Travelonomic hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Pengembangan diri akan membuat kamu memiliki kualitas diri yang lebih baik, terutama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Jadi, apakah kamu siap melakukan pengembangan diri?

Yuk simak artikel berikut ini, untuk mencari tahu bagaimana sih cara-cara pengembangan diri yang tepat untuk kamu! Baca samapai habis ya, dijamin informasinya sangat bermanfaat lho!

Pengertian Pembembangan Diri

Sebelum membahas lebih lanjut tentang bagaimana cara melakukan pengembangan diri, mari kita pelajari terlebih dahulu tentang pengertian pengembangan diri menurut para ahli, sebagai berikut:

Abraham Maslow

Menurut Abraham Maslow, pengembangan diri adalah suatu usaha individu dalam memenuhi kebutuhannya terhadap aktualisasi diri. Kebutuhan aktualisasi diri yaitu kebutuhan puncak atau tertinggi diantara kebutuhan-kebutuhan manusia.

Mc Clelland

Pengembangan diri bisa dikategorikan pada usaha pemenuhan kebutuhan untuk berprestasi (dikenal dengan n’Ach – need for achievement) yang ingin dicapai oleh setiap individu.

Prestasi di sini tidak sekadar dibatasi lingkup akademis saja, seperti nilai; Indeks Prestasi; atau banyaknya penghargaan yang telah diterima. Namun juga prestasi dalam bentuk lain, yang memberikan kontribusi positif untuk dirinya sendiri maupun orang lain.

Erik Erikson

Erik Erikson berpendapat bahwa, setiap orang menjalani serangkaian “krisis psikososial” dalam hidupnya. Sehingga, setiap orang memiliki rintangan emosional tertentu untuk mengatasinya.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi Travelonomic hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Cara mereka mengatasi rintangan dan menjalani prosesnya lah yang akan mempengaruhi perkembangan pribadi mereka.

Setelah membaca berbagai macam definisi tentang pengembangan diri, dapat kita pahami bahwa pengembangan diri atau personal development adalah sebuah proses aktualisasi diri yang dilakukan oleh seorang individu untuk bisa memiliki kualitas dan kompetensi yang baik.

Di mana hal tesebut dapat membuatnya menjadi manusia yang lebih baik dari sebelumnya.

Jenis-jenis Pengembangan Diri

Setelah memahami tentang pengertian pengembangan diri, mari kita lanjutkan pembahasan kita tentang jenis-jenis pengembangan diri. Ayo kita kupas tuntas jenis-jenis pengembangan diri yang perlu kamu ketahui, sebagai berikut:

Pengembangan Diri dalam Segi Jasmani

Pertama, kita akan membahas kebutuhan pengembangan diri yang harus dipenuhi oleh tubuh kamu, yaitu jasmani.

Kebutuhan pengembangan diri dalam segi jasmani berkaitan erat dengan kesehatan tubuh seperti olahraga, makanan dan minuman yang sehat, tempat tinggal yang layak, dan hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan fisikmu.

Pengembangan Diri dalam Segi Rohani

Kedua, kita akan membahas sisi rohani kita yang juga sangat membutuhkan pengembangan diri. 

Jenis pengembangan diri ini memang tak kasat mata, dan hanya bisa dirasakan oleh individu itu sendiri. Namun, perannya sangat penting dalam menjalankan segala kontrol kehidupan kita.

Jiwa yang tentram dan damai tentu menjadi dambaan setiap orang, bukankah begitu? Hal-hal yang berkaitan dengan pengembangan diri rohani kita adalah beribadah, menuntut ilmu, berlibur, melakukan hobi, dan aktivitas lainnya yang bisa membuat kamu bahagia.

Cara Terbaik Melakukan Pengembangan Diri

Berikut ini adalah beberapa cara terbaik untuk melakukan pengembangan diri yang bisa kamu lakukan untuk menjadi manusia yang lebih baik, yaitu:

Perkuat Hubungan dengan Tuhan

Memiliki hubungan spritual yang baik dengan Tuhanmu adalah salah satu bentuk pengembangan diri hal agama. Apapun agama yang kamu miliki, hal ini sangat penting untuk kamu lakukan demi terciptanya sebuah kedamaian di dalam hatimu.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperkat hubunganmu dengan Tuhan, yaitu:  

Rajin Ibadah

Hubungan yang baik dengan Tuhan dapat dijalin dengan melakukan ibadah dengan rajin sesuai dengan ketentuan agama yang kamu anut.

Mengkaji Ilmu Agama

Mempelajari ilmu agama akan membantumu untuk lebih memahami aturan atau hukum yang berlaku di agamamu. Tentu saja hal tersebut akan menjadi pedoman atau petunjuk untukmu dalam melaksanakan hidup.

Diskusi dengan Teman atau Ahli Agama

Berdiskusilah dengan teman atau ahli agama untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik.

Investasi Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan itu amat luas. Kamu bisa mempelajari banyak hal jika ingin menjadi seorang generalis. Atau, jika kamu ingin fokus di satu bidang saja dan menjadi seorang spesialis juga tidak masalah.

Kamu bisa menjadi apapun dengan ilmu pengetahuan yang kamu miliki. Bahkan, kedudukan sebuah ilmu dapat meningkatkan harkat, derajat, dan martabat kamu sebagai seorang manusia.

Mendapatkan ilmu di era yang sudah canggih ini, bukanlah sesuatu yang sulit. Berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mencari ilmu:

Membaca Buku

Kamu bisa membaca berbagai macam jenis buku yang sesuai dengan minat kamu. Misalkan kamu bercita-cita ingin menjadi seorang dokter, kamu bisa membaca buku tentang fungsi bagian tubuh manusia, jenis-jenis penyakit, jenis-jenis obat, dan buku lainnya yang berkaitan dengan medis.

Menonton Youtube

Di era digital ini, channel youtube menjadi lebih terkenal dan digandrungi anak muda millennial dibandingkan dengan stasiun televisi. Fenomena ini justru melahirkan banyak para youtuber hebat di luar sana.

Ada banyak sekali channel youtube yang bisa kamu tonton untuk pengembangan diri kamu berdasarkan referensi dari influencer @fellexandro, seperti: Charisma on command, One Percent Better, TED dan TeDX Talks, Big Think, Vox, Frames & Sentences, Studio Binder, dan tentu saja channel youtube lainnya yang penuh manfaat.

Mendengarkan Podcast

Sama halnya dengan kasus peralihan televisi ke youtube, hal ini pun terjadi di kalangan anak muda dari yang mendengarkan radio, lalu podcast. Bahkan sampai hadir aplikasi bernama Inspigo (Inspiration on the Go) yang menyediakan konten audio podast yang inspiratif.

Sebenarnya, podcast itu apa sih? Podcast adalah rekaman program yang berupa rekaman audio atau video yang tersedia di internet. Podcast dapat berisi pendapat pribadi dari seseorang, rekaman siaran televisi, program radio, kuliah, pertunjukan, dan lain-lain.

Datang ke Tempat Workshop atau Seminar

Untuk menambah wawasan keilmuan, kamu bisa datang ke acara workshop atau seminar yang membhas topik-topik tertentu. Ada banyak sekali pilihan workshop atau seminar hampir setiap akhir pekan di berbagai daerah. 

Mengikuti Kelas atau Les yang Sesuai dengan Minat

Ada banyak sekali kelas atau tempat les yang bisa membantu kamu mengasah skill-skill khusus, terutama yang menjadi bakat atau minat kamu. Beberapa diantaranya adalah:

Bahasa

Kamu bisa les bahasa asing untuk menambah kemampuan dan kompetensi kamu di mata recruiter. Apalagi, jika kamu ingin kuliah di luar negeri atau melamar pekerjaan yang mensyaratkan kemampuan bahasa asing.

Komputer

Keahlian komputer di era teknologi ini sangat penting untuk kamu kuasai. Jangan sampai program Microsoft Office saja kamu tidak fasih menggunakannya. 

Menulis

Teknik penulisan dan jenis tulisan banyak sekali ragamnya. Mulai dari menulis cerpen, novel, berita, naskah film, konten, ataupun jenis tulisan lainnya.

Semua jenis tulisan itu membutuhkan kemampuan khusus, oleh karena itu kamu bisa mengikuti kelas menulis yang diadakan oleh tenaga profesional baik itu offline maupun online.

Parenting

Mendidik generasi selanjutnya dibutuhkan ilmu, kamu perlu belajar tentang ilmu pengasuhan agar anakmu bisa tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan dan cita-citamu.

Pentingnya peran ayah dan ibu dalam mendidik dan membesarkan buah hati juga akan berpengaruh terhadap kecerdasan, akhlak, dan pengembangan diri anak secara menyeluruh.

Melatih Pengendalian Emosi Jiwa

Melatih pengendalian emosi jiwa itu adalah seni kehidupan. Hal ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kecerdasan emosional setiap individu.

Jika seseorang gagal mengendalikan emosinya, maka seseorang tersebut akan mengalami banyak hambatan dalam hal pengembangan diri.

Mengendalikan segala energi negatif maupun positif untuk tetap seimbang bukanlah merupakan hal yang mudah, namun kamu harus terus melatihnya demi menjadi pribadi yang baik untuk diirmu sendiri dan juga orang lain.

Menjalankan Pola Hidup Sehat

Menjalankan pola hidup sehat dapat membuat kamu memiliki angka harapan hidup yang lebih tinggi. Kamu pun bisa memiliki kondisi tubuh yang sehat untuk menjalani hari-harimu di dunia ini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu terapkan untuk menjalankan pola hidup sehat, yaitu:

Makan dan Minum dengan Gizi yang Seimbang

Penuhilah angka kecukupan gizimu dengan mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat dengan kandungan gizi yang baik. Misalnya saja, susu, daging, telur, buah-buahan dan sayur-sayuran.

Istirahat yang Cukup

Istirahat yang ideal adalah delapan jam dalam sehari. Namun jika kamu tidak bisa memenuhi waktu ideal tersebut, kamu bisa istirahat secukupnya dengan kualitas tidur yang baik. Ingatlah untuk tidak bekerja terlalu keras, karena kamu juga perlu istirahat ya!

Bangun di Pagi Hari

Udara di pagi hari dapat membuat kamu mendapatkan asupan oksigen yang baik untuk paru-paru dan tubuhmu.

Tidak Banyak Begadang

Usahakan untuk tidak begadang terlalu sering agar kamu bisa mendapatkan energi yang cukup untuk menghadapi hari selanjutnya. Terlalu banyak begadang tidak baik untuk masa depan kesehatanmu.

Kenali Dirimu dengan Baik

Mengenal diri sendiri merupakan hal yang sangat penting, karena hal ini akan sangat berguna untuk memahami gaya belajarmu atau pun kekuatan dan kelemahan yang ada dalam dirimu.

Septi Peni Wulandani seorang pendiri Institut Ibu profesional, pernah mengatakan, “Fokus pada kekuatan, siasati kelemahan”.

Maksud dari pernyataannya adalah, kita harus fokus untuk menggali dan mengembangkan kelebihan yang kita miliki. Di samping itu, meski memiliki kekurangan, kita harus mensiasatinya dengan cerdik. 

Perkuat Kelebihan Kamu

Setiap orang yang lahir ke dunia tentu diberkahi kelebihan dan potensi yang berbeda. Kamu harus jeli dalam mengenali potensi-potensi tersebut. Setelah itu, kamu bisa fokus untuk terus mengasahnya.

Misalnya, kamu punya kelebihan dalam menggambar suatu design bagunan sejak kecil, kamu bisa terus mengasah bakat tersebut hingga suatu hari kamu bisa menjadi seorang arsitek ternama yang membuat suatu gedung yang hebat di masa depan.

Siasati Kekurangan Kamu

Jika kamu memiliki kekurangan kamu bisa mensiasatinya dengan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya, kamu tidak begitu pandai menyetrika baju, kamu bisa mensiasatinya dengan belajar melipat baju tanpa disetrika ala metode konmari.

Cari Tahu Tipe Kepribadian Kamu

Tipe kepribadian ada banyak sekali macamnya, untuk mengetahuinya kamu bisa menghubungi psikolog profesional. Atau mungkin bisa mencoba tes yang ada di internet, meski tidak begitu akurat. Contohnya seperti tes MBTI yang sangat terkenal.

Rencanakan Masa Depanmu dengan Baik

Memiliki masa depan yang indah tentu impian semua orang. Untuk meraihnya tentu harus melalui usaha dan kerja keras. Maka dari itu, kamu harus merencanakannya dengan sangat baik. 

Sebagai manusia kita hanya bisa berencana dan berusaha yang terbaik, sisanya mari serahkan semuanya kepada takdir Tuhan. 

Berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu lakukan saat merencanakan masa depanmu, yaitu:

Tuliskan Tujuan Hidup dan Mimpi-Mimpimu

Tuliskanlah segala harapan dan cita-cita yang ingin kamu raih dalam hidup. Sebagai motivasi, kamu bisa menuliskannya pada selembar kertas dan menempelkannya di tembok kamar. Agar setiap kali melihat tulisan tersebut, kamu bisa terus bersemangat berusaha mewujudkan semua mimpi-mimpimu.

Buatlah Main Map your Life Plan

Peta rencana masa depanmu akan membantumu meraih masa depan dengan lebih rinci dan terstruktur.

Aturlah Strategi untuk Mencapainya

Setelah membuat peta rencana masa depanmu, aturlah strategi apa saja yang bisa kamu lakukan untuk mencapai semua hal yang kamu inginkan.

Kamu bisa mencari mentor untuk belajar bagaimana cara strategi yang bisa kamu terapkan untuk mendapatkan semua mimpi dan harapanmu selama ini. 

Mentor juga bisa dijadikan teman diskusi ketika kamu bingung langah apa yang selanjutnya kamu lakukan.

Berapa Lama Waktu yang Kamu Perlukan

Berilah tenggat waktu untuk setiap mimpi-mimpi tersebut agar targetmu lebih jelas dan terarah.

Kompetensi Apa Saja yang Harus Dimiliki

Meski telah membuat rencana dengan baik dan benar kamu juga harus mengukur kapasitasmu. Kira-kira kompetensi apa saja yang diperlukan untuk mendukung kamu meraih kesuksesan.

Misal kamu punya mimpi untuk lulus dengan predikat cumlaude, berarti kompetensi yang harus kamu miliki adalah kamu harus terus mempertahankan nilai kamu antara A atau B. Dan hindarilah mendapat nilai C, karena hal tersebut dapat menghalangimu mendapatkan predikat cumlaude saat lulus nanti.

Evaluasi dalam Periode Tertentu

Hal yang perlu kamu lakukan dalam periode tertentu adalah evaluasi. Kamu harus mengevaluasi mimpi apa saja yang sudah terwujud dan belum terwujud. Kira-kira, jika belum terwujud penyebabnya apa? Dan mungkin kamu bisa membuat strategi baru untuk mencapai mimpimu.

Perbaiki Penampilan

Setelah apa yang ada di dalam dirimu kamu perbaiki, saatnya kamu melakukan perbaikan penampilan. Inner beauty itu penting, namun tampilan luar juga tak kalah penting lho

Untuk memperbaiki penampilan kamu bisa memakai baju yang tepat dan nyaman, mengubah gaya rambut, dan membeli aksesoris yang akan membuat penampilanmu semakin menawan. 

Wah, ternyata banyak ya cara yang yang bisa kamu terapkan untuk melakukan pengembangan diri. Selamat mencoba ya, semoga berhasil!

Di era modern ini, bukan hanya pengembangan diri saja yang penting. Namun, pengembangan aplikasi untuk memudahkan HR perusahaanmu juga sangat penting.

JojoTimes merupakan salah satu aplikasi yang dibuat oleh Jojonomic untuk mempermudah kamu dalam melakukan absensi karyawan. Aplikasi ini akan membantu kamu meningkatkan kinerja tim hingga 100% dengan sistem monitoring aktivitas real-time, anti-fraud dan pengelolaan administrasi HR otomatis.