Google Meet; Fungsi dan Manfaatnya Untuk Meeting Online

Biasanya untuk semua kegiatan meeting baik itu pekerjaan maupun meeting kegiatan pendidikan, Google meet merupakan aplikasi video conference yang sangat bermanfaat untuk menunjang kegiatan pertemuan secara online. Aplikasi ini merupakan bagian dari Google Hangouts yang dirancang secara khusus, dengan tujuan untuk digunakan oleh sebuah perusahaan atau lembaga atau organisasi.

Umumnya penggunaannya dilakukan bagi orang atau kelompok yang sedang menggeluti dunia bisnis. Tentunya Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk kebutuhan video Anda dalam berbagai macam ukuran mulai dari ukuran yang kecil hingga besar. Aplikasi ini sudah tentu sangat berguna dan sangat mudah untuk dioperasikan.

Apa sebenarnya kelebihan Google Meet dibandingkan dengan aplikasi meeting lainnya, serta fungsinya apa saja, akan dibahas dalam artikel dibawah ini !

Apa Itu Google Meet ?

Kita semua mengetahui bahwa saat ini Google Meet merupakan salah satu dari sekian banyak aplikasi video telekonferensi. Uniknya layanan ini mampu menampung sekitar 100 orang dalam satu sesi rapat virtual. Menariknya, pengguna bisa menggunakan layanan Meet secara cuma-cuma baik melalui aplikasi desktop ( PC/laptop) maupun mobile ( smartphone).

Namun apa saja perbedaaan keduanya? Medcom.id sudah merangkum perbedaan Google Meet dan Zoom yang dikutip dari Android Authority. Google Meet diklaim lebih cocok untuk rapat cepat sementara Zoom lebih ditujukan bagi rapat berukuran besar. Google Meet mendukung jumlah peserta higga 250 sementara Zoom hinga 500 peserta

Fungsi dari Aplikasi Google Meet

Aplikasi Google Meet sebenarnya penggunaannya bisa dibilang mudah karena Anda dapat mengaplikasikannya melalui media apapun. Bahkan Anda bisa menggunakannya melalui desktop atau PC yang biasanya terdapat di perusahaan dan digunakan oleh masing-masing pegawai yang bergelut dengan segala tugas komputasi.

Selain itu Anda juga bisa menggunakannya melalui mobile atau telepon seluler yang selalu Anda bawa kemana saja. Jadi penggunaannya bisa dibilang bersifat fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan. Bahkan untuk menggunakan aplikasi ini tidak perlu mengeluarkan sejumlah uang. Sebab Anda dapat menggunakannya secara gratis atau cuma-cuma tentunya dengan proses operasional yang sangat sederhana sehingga bisa lebih mudah untuk dimengerti.

Sejarah Google Meet

Sejarah dari kehadiran Gppgle Meet tergolong unik, karena setelah menjadi aplikasi khusus undangan dan merilis aplikasi iOS secara diam-diam pada Februari 2017, Google akhirnya secara resmi meluncurkan Meet pada Maret 2017. Layanan ini diluncurkan sebagai aplikasi konferensi video untuk maksimal 30 peserta, yang dideskripsikan sebagai versi Hangouts yang ramah perusahaan. Ini telah diluncurkan dengan aplikasi web, aplikasi Android, dan aplikasi iOS.

Meskipun Google Meet memperkenalkan fitur di atas untuk meningkatkan aplikasi Hangouts asli, beberapa fitur Hangouts standar tidak digunakan lagi, termasuk melihat peserta dan melakukan chat secara bersamaan. Jumlah umpan video yang diizinkan pada satu waktu juga dikurangi menjadi 8 (sementara hingga 4 umpan dapat ditampilkan dalam tata letak “tiles”), dengan memprioritaskan peserta yang terakhir menggunakan mikrofon mereka. Selain itu, fitur seperti kotak obrolan diubah untuk menghamparkan umpan video, daripada mengubah ukuran yang terakhir agar sesuai.

Karena banyak sekali yang usaha bisnis atau perusahaan yang terkena imbas COVID-19, membuat sebagian besar karyawannya menggunakan fasilitas Google Meet untuk kegiatan kerja dirumah atau WFH (Work From Home). Sehingga akhirnya selama tahun 2020 pandemi COVID-19, penggunaan Meet tumbuh dengan faktor 30 antara Januari dan April 2020, dengan 100 juta pengguna dalam sehari mengakses Meet, dibandingkan dengan 200 juta penggunaan harian untuk Zoom pada minggu terakhir bulan April 2020.

Fitur yang ada dalam Google Meet

  1. Panggilan audio dan video dua arah dan multi-arah dengan resolusi hingga 720p
  2. Panggil enkripsi antara semua pengguna
  3. Filter audio pembatalan kebisingan
  4. Mode cahaya rendah untuk video
  5. Kemampuan untuk bergabung dalam rapat melalui browser web atau melalui aplikasi Android atau iOS
  6. Integrasi dengan Google Kalender dan Google Kontak untuk panggilan rapat sekali klik
  7. Berbagi layar untuk mempresentasikan dokumen, spreadsheet, presentasi.
  8. Kemampuan untuk menelepon ke pertemuan menggunakan nomor dial-in di Amerika Serikat
  9. Host dapat menolak masuk dan menghapus pengguna selama panggilan
google meet

Google Meet menggunakan protokol kepemilikan untuk transcoding video, audio, dan data. Namun, Google telah bermitra dengan perusahaan Pexip untuk menyediakan interoperabilitas antara Google Meet dan perangkat lunak dan peralatan konferensi berbasis SIP/H.

Akun Google Workspace

Fitur untuk pengguna yang menggunakan akun Google Workspace meliputi:

  1. Hingga 100 anggota per panggilan untuk pengguna Google Workspace Starter, hingga 150 untuk pengguna Google Workspace Business, dan hingga 250 untuk pengguna Google Workspace Enterprise
  2. Kemampuan untuk mengadakan pertemuan dengan nomor dial-in dari negara-negara tertentu
  3. Nomor dial-in yang dilindungi sandi untuk pengguna edisi Google Workspace Enterprise
  4. Real-time teks tertutup berdasarkan pengenalan ucapan
  5. Latar belakang buram

Pada bulan Maret 2020, Google memperluas sementara fitur lanjutan yang ada dalam edisi perusahaan kepada siapa saja yang menggunakan Google Workspace atau edisi G Suite for education.

Akun Gmail

Panggilan Meet gratis hanya dapat memiliki satu host dan maksimal 100 peserta, dibandingkan dengan batas 250 penelepon untuk pengguna Google Workspace dan batas 25 peserta untuk Hangouts. Tidak seperti panggilan bisnis dengan Meet, panggilan konsumen tidak direkam dan disimpan, dan Google menyatakan bahwa data konsumen dari Meet tidak akan digunakan untuk penargetan iklan.

Meskipun data panggilan dilaporkan tidak digunakan untuk tujuan periklanan, berdasarkan analisis kebijakan privasi Meet, Google berhak mengumpulkan data tentang durasi panggilan, siapa yang berpartisipasi, dan alamat IP peserta.

Pengguna membutuhkan Akun Google untuk melakukan panggilan dan seperti pengguna Google Workspace, siapa pun yang memiliki akun Google dapat memulai panggilan Meet dari dalam Gmail. Setelah Maret 2021, rapat gratis akan dibatasi masing-masing hingga 60 menit.

Bedanya Google Meet dan Google Hangout

Para pengguna Google sebelumnya adalah perusahaan atau lembaga yang menggunakan platform Google hangout untuk membantu dan mempermudah pekerjaannya. Namun ternyata sampai saat ini bisa kita jumpai bahwa tidak sedikit perusahaan yang mengalami kemajuan dan perkembangan sehingga membutuhkan aplikasi yang lebih canggih dari sebelumnya.

Oleh karena itu saat ini untuk membantu pekerjaan dan bisnis mereke semakin banyak perusahaan yang memilih untuk menggunakan aplikasi Meet dari Google ini dalam memperlancar segala jenis pekerjaannya. Patut diakui bahwa memang Meet ini merupakan alternatif dan solusi bagi Anda yang memiliki perusahaan dan mengalami kemajuan.

Inovasi berbasis Aplikasi Video yang terus Berkembang

Sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan zaman, masa depan dari aplikasi ini tampaknya terlihat lebih menjanjikan daripada sebelumnya sehingga aplikasi ini sangat layak untuk digunakan dalam dunia bisnis. Wajar saja karena dunia bisnis memang selalu mengikuti perkembangan zaman. Tidak hanya visi perusahaan saja yang turut berkembang seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini tetapi juga proses yang dilakukan oleh perusahaan tersebut.

Semakin berkembangnya inovasi dibidang teknolohi maka akan semakin canggih pula teknologi yang digunakan oleh perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Terutama di era digital seperti sekarang ini yang tentunya membutuhkan media modern berkualitas tinggi untuk memperlancar proses jalannya bisnis.

Untuk itu Google memberikan Hangouts Meet ini sebagai salah satu media yang dapat membantu Anda dalam mencapai visi perusahaan. Anda kini bisa menggunakan video conference tidak hanya dari layar komputer saja. Namun Anda juga bisa menggunakannya melalui telepon seluler Anda. Tentu saja hal ini jadi terkesan lebih praktis dan tidak akan menghambat aktivitas Anda yang lain di luar kantor.

Cara Menggunakan Google Meet

Bagi Anda yang tertarik untuk menggunakan produk yang satu ini, berikut beberapa langkah dan cara untuk menggunakannya secara tepat.

1. Install aplikasi

Untuk menggunakan suatu aplikasi tentu saja langkah awal yang harus dilakukan adalah menginstall aplikasi yang ingin digunakan. Jika memang Anda menggunakan layanan Google Meet pada komputer maka Anda bisa menginstallnya di komputer Anda. Namun bila Anda menggunakan telepon seluler atau smartphone maka Anda bisa menginstallnya di smartphone Anda. Jika aplikasi ini sudah terinstall maka Anda bisa mulai menggunakannya.

2. Login dengan akun Gmail

Ketika Anda akan memulai mengoperasikan aplikasi ini maka sebelumnya Anda harus login terlebih dahulu. Cara login dapat dilakukan dengan mendaftar menggunakan akun Gmail Anda. Jika memang Anda memiliki beberapa akun maka pilihlah salah satu saja. Setelah itu Anda mulai bisa menggunakannya dengan menekan tombol bertanda plus yang terletak di sisi kanan bahwa layar smartphone.

3. Share ke teman

Ketika sudah masuk atau login, kemudian Anda akan memperoleh tautan. Tidak hanya tautan saja yang akan diperoleh tetapi juga nomor dan PIN. Nomor dan PIN ini bisa digunakan oleh Anda untuk mengundang teman yang lain. Jika Anda memang telah mendapatkan nomor dan PIN maka Anda hanya tinggal melakukan share ke teman mengenai hal ini. Anda bisa segera menghubungi teman Anda yang bersedia untuk melakukan video conference. Untuk melakukannya maka Anda hanya tinggal menekan tombol share saja.

4. Pilih media berbagi

Setelah selesai maka Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan cara mengirimkan pesan pada orang yang ingin Anda jumpai. Anda bisa memilih media berbagi sehingga bisa digunakan pula untuk mengirimkan pesan biasa. Namun setelahnya jangan sampai lupa untuk menambahkan pesan personal yang bersifat memberikan penjelasan maksud dari undangan tersebut. Selanjutnya Anda hanya tinggal meneruskan saja langkah-langkah berikutnya untuk mengunakan aplikasi Google Meet ini. Anda bisa mengikuti setiap petunjuk yang muncul di layar PC atau smartphone. Tentu saja cara ini sangat simple atau sederhana sebab aplikasi yang satu ini terbukti lebih canggih daripada aplikasi yang sebelumnya.

5. Penggunaan aplikasi

Setelah melalui berbagai macam tahapan di atas maka Anda bisa mengoperasikan aplikasi tersebut dengan baik. Hangout Meet bisa digunakan untuk berbagai macam hal yang berkaitan dengan komputasi dan video conference. Tentu saja menggunakannya bisa dilakukan dengan sangat mudah. Maka tak heran bila penggunaan media atau aplikasi ini sudah semakin menjamur dan banyak dijumpai di beberapa organisasi atau perusahaan.

Kelebihan Menggunakan Google Meet

Karena kebutuhan akan aplikasi yang lebih simpel dan efektif penggunaanya, maka kebutuhan akan aplikasi seperti Google Meet kini tampaknya semakin meluas. Seiring dengan perkembangan zaman maka fitur yang ada pada layanan aplikasi ini tampaknya semakin memadai dan seolah lebih memahami kebutuhan masyarakat. Terlebih lagi bagi Anda sekalian yang sedang menggeluti dunia usaha atau bisnis tentu Anda bisa menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah dan memperlancar pekerjaan Anda. Tidak hanya kecanggihannya saja yang menjadikannya semakin diminati oleh masyarakat.

Tidak hanya fasilitasnya yang inovatif, tetapi aplikasi ini juga diminati oleh masyarakat karena kualitasnya yang tergolong tinggi. Aplikasi ini memang memiliki kualitas suara dan video yang bagus dan jelas serta jernih. Selain itu proses operasional Meet yang cenderung mudah akan membuat banyak orang lebih memilihnya daripada layanan aplikasi lainnya.

Fitur Lengkap dengan Teknologi Tinggi

Tidak bisa dipungkiri bahwa pada masa pandemi COVID-19 seperti sekarang ini, rapat virtual tentunya menjadi pilihan dan salah satu platform yang dapat digunakan adalah Google Meet. Dalam pembaruan terbarunya, Google Meet akan segera memberikan fitur tambahan. Pengguna Google Workspace dapat menikmati beberapa opsi baru dalam memulai rapat setelah pembaruan teraktual ini. Fitur tersebut mencakup untuk membuat rapat untuk nanti, memulai rapat instan, serta menjadwalkan rapat di Google Calendar.

Tentunya opsi ini akan muncul ketika pengguna mengklik ‘New Meeting’. Apabila pengguna memilih opsi memulai rapat untuk nanti, mereka dapat menyimpan informasi ini dan secara cepat akan dapat memulai rapat di Google Meet dengan pengguna yang sama di lain waktu.

Jika memilih opsi rapat instan, pengguna akan dnegan mudah bergabung dengan rapat dengan sekali klik tanpa harus masuk ke ruang rapat virtual terlebih dahulu. Pengguna juga dapat mengundang orang lain dengan membagikan tautan undangan rapat yang tersedia. Namun perlu dicatat, ketika pengguna bergabung, secara otomatis mikrofon dan kamera akan aktif, walau dapat dinonaktifkan ketika membuka aplikasi.

Fitur Google Calender

Untuk memulai rapat yang dijadwalkan pada Google Calender, pengguna dapat menjadwalkan rapat terlebih dahulu dan memberikan undangan ke peserta-peserta meeting lainnya. Opsi baru memulai rapat di Google Meet ini tersedia bagi pengguna Google Workspace, pengguna G Suite, dan mereka yang memiliki akun Google. Bagi pelanggan Workspace Essential, mereka dapat membuat rapat instan atau menjadwalkan rapat lain waktu, tetapi tidak dapat menjadwalkan rapat di Google Callendar.

Opsi tools rapat baru ini juga tidak memiliki kontrol admin atau setelan pengguna akhir dan akan tersedia untuk pengguna tanpa membuat perubahan apa pun pada setelan Google Meet. Penggunaan Google Meet memang sangat bermanfaat, sama halnya dengan penggunaan produk pendukung sistem keuangan perusahaan yang sesuai. Misalnya melalui penggunaan JojoExpense, dimana produk yang satu ini akan membantu memberikan beberapa macam manfaat dalam proses laporan keuangan perusahaan.

google meet

Seperti manfaat pengaturan keuangan perusahaan yang sesuai dan detil, catatan pengeluaran dan pemasukan yang akurat, hingga sistem reimburse yang cepat dan sistematis. Beragam manfaat yang dimiliki oleh JojoExpense tersebut terbukti berkat adanya berbagai macam fitur yang menarik mulai dari fitur :

  1. Expense Plafond
  2. Add on Description Form to verify Expense
  3. Multiple Disbursed Transaction by Finance
  4. Specific Finance Approval Assignment
  5. Export Expense Report (Excel/CSV and PDF)

Serta masih banyak lagi fitur yang lain. Oleh sebab itu jangan ragu untuk beralih ke JojoExpense.

Segara dapatkan dengan klik coba gratis sekarang di perusahaan Anda sekarang juga. Dapatkan berbagai manfaat yang telah disebutkan di atas, dan pastikan sistem keuangan perusahaan lebih efektif dan efisien hanya bersama JojoExpense.