Cerita Inspiratif Sebagai Motivasi Positif Dalam Memulai Bisnis

cerita inspiratif

Cerita inspiratif jika dari namanya saja sudah bisa ditebak dengan cukup mudah. Tentunya cerita ini dihadirkan untuk memberikan inspirasi pada para pembacanya. Pada dasarnya cerita inspiratif merupakan suatu cerita yang ditulis untuk memberikan suatu ide atau gagasan sehingga dapat membantu memberikan semangat kepada para pembacanya. Jadi cerita jenis ini bisa berguna bagi siapa saja yang membacanya. Sebab membaca cerita berjenis ini dapat membuat Anda menjadi selalu penuh dengan inspirasi.

Fungsi Cerita Inspiratif

Mengembangkan simpati dan empati

Saat membaca sebuah cerita dengan jenis teks inspiratif maka bisa saja Anda akan larut ke dalam cerita. Bisa saja Anda terbawa ke dalam suasana yang dihadirkan di dalam cerita tersebut. Maka saat membacanya Anda bisa merasakan adanya simpati dan bahkan empati. Simpati dan empati ini bisa muncul saat Anda hanyut dalam perasaan yang muncul karena terbawa oleh alur cerita. Maka membaca ceritajenis ini sebenarnya sangat berguna untuk siapa saja. Sebab teks cerita seperti ini akan melatih kepekaan dan kepedulian seseorang.

Memberikan informasi

Setiap informasi sebenarnya bisa dituangkan dan disampaikan kepada pada pembaca dalam bentuk apapun. Salah satunya adalah dalam bentuk cerita berjenis inspiratif. Jadi dalam cerita ini terkandung suatu informasi yang ingin disampaikan oleh penulis kepada para pembaca. Tentunya informasi yang disampaikan tersebut diharapkan agar dapat berguna bagi para pembaca. Misalnya dapat selalu diingat sehingga bisa memunculkan motivasi pada pembaca dalam setiap kondisi.

Menceritakan kenyataan

Tidak selalu semua cerita inspiratif bersifat fiktif. Terkadang cerita ini juga bisa menceritakan kehidupan seorang tokoh yang bisa begitu menginspirasi Anda. Tentunya kehidupan yang diceritakan bersifat nyata sehingga teks inspiratif yang ada di dalam cerita memang benar adanya. Dalam hal ini cerita yang mengandung teks inspiratif bisa memaparkan kejadian sebenarnya yang mungkin bisa memberikan Anda inspirasi. Atau mungkin saja cerita tersebut memaparkan biografi seorang tokoh dan dilanjutkan dengan adanya berbagai peristiwa yang pernah dialami oleh tokoh yang diceritakan. Tentunya hal ini juga bisa menjadi inspirasi tersendiri bagi Anda yang merupakan penggemar dari tokoh yang diceritakan.

Memberi inspirasi

Pada dasarnya sebuah cerita inspiratif dihadirkan dengan tujuan untuk memberikan inspirasi pada masyarakat umum. Maka siapa saja yang membacanya dapat menjadi semakin terinspirasi. berbagai ide kreatif dan inovatif bisa muncul setelah membaca cerita yang penuh insipirasi. Tidak hanya berbagai ide saja tetapi semangat membara juga bisa saja muncul setelah Anda membaca sekumpulan cerita yang penuh dengan inspirasi.

Menyusun Cerita Inspiratif

Tentukan tema

Hal pertama yang bisa Anda lakukan saat hendak membuat cerita inspiratif adalah menentukan tema. Berikan tema yang jelas pada cerita Anda. Maka cerita Anda tersebut nantinya bisa disusun dengan bai. Setiap kalimat yang disusun tentu akan mengikuti alur dengan baik. tema pada dasarnya menjadi hal penting yang perlu diperhatikan sebab Anda bisa mengembangkan cerita setelah ada tema.

Tentukan amanat

Jika Anda telah menentukan tema cerita maka selanjutnya Anda perlu pula menentukan amanat. Yang dimaksud dengan amanat dalam hal ini adalah pesan moral yang terkandung di dalam cerita. Jadi di dalam cerita tersebut tersirat sebuh pesan yang tentunya dapat berguna bagi para pembaca. Biasanya amanat yang disampaikan dalam cerita bersifat positif dan bisa memberikan inspirasi tersendiri bagi para pembaca.

Perhatikan alur

Jika tema dan amanat telah terbentuk maka ini saatnya bagi Anda untuk mulai membuat cerita. Dalam membuat cerita tentunya Anda perlu memperhatikan alur. Apakah alur maju atau alur mundur atau bisa juga alur campuran yang akan Anda gunakan dalam menyusun cerita tersebut. Yang jelas cerita yang dibuat jangan keluar dari alur yang telah ditentukan. Sebab hal ini bisa menimbulkan rasa bingung pada pembaca sehingga cerita nantinya tidak menimbulkan kesan.

Bagi peristiwa

Ada banyak peristiwa yang terjadi dan berbagai peristiwa itu bisa dibagikan melalui sebuah bacaan. Maka di dalam sebuh cerita inspiratif juga bisa saja terkandung banyak peristiwa yang memang disajikan dan dibagikan pada pembaca. Tentunya peristiwa inidibagikan untuk mencapai tujuan dari penulis.

Ciri Cerita Inspiratif

Menimbulkan perasaan pembaca

Salah satu ciri atau karakter dari sebuah cerita inspiratif adalah dapat menimbulkan perasaan pada pembacanya. Bahkan pembaca bisa saja larut ke dalam bacaan tersebut sehingga seolah-olah turut merasakan perasaan tokoh dalam cerita.

Memberikan kesan yang mendalam

Pembaca sebuah cerita yang bersifat inspiratif tampaknya tidak berhenti pada munculnya simpati dan empati saja. Tetapi pembaca bisa saja terus teringat pada bacaan tersebut. Sebab cerita inspiratif biasanya selain dapat menimbulkan perasaan rupanya juga bisa menimbulkan kesan yang mendalam.

Mengandung motivasi

Hampir seluruh cerita inspiratif memang dibuat untuk bisa memotivasi para pembacanya.Oleh karena itu di dalam cerita tersebut harus terkandung suatu motivasi tersendiri. Cerita yang unik dan berkesan bahkan bisa saja selalu diingat oleh pembacanya sampai kapan saja. Maka cerita tersebut bisa selalu memberikan motivasi dalam diri pembaca. Dengan adanya motivasi maka pembaca dapat selalu terispirasi dalam melangkah.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Mengandung pesan moral

Seperti yang telah dibahas sebelumnya bahwa biasanya amanat yang ada padasebuah cerita mengandung suatu pesan moral. Dalam hal ini penulis ingin menyampaikan suatupesan moralkepada para pembaca. Maka bisa dibilang bahwa sebuah cerita inspiratif itu memiliki peran yang cukup besar dalam kehidupan pembaca. 

Membaca Cerita Inspiratif

Cerita inspiratif mungkin di masa sekarang ini semakin banyak diminati oleh para pembaca. Mulai dari para remaja hingga orang dewasa bisa saja menyukai cerita berjenis ini. Bahkan banyak pula anak-anak yang juga menyukainya. Sebab membaca ceritainspiratif akan menimbulkan motivasi tersendiri di dalam diri pembacanya. Jadi bila Anda merasa sedang sedih ataupun putus asa dan kehilangan semangat maka Anda bisa teringat kembali pada cerita inspiratif yang telah Anda baca. Maka dalam benak dan diri Anda akan muncul segala inspirasi yang akan menuntun Anda untuk melewati segala sesuatunya dengan baik dalam kehidupan ini.

Hal ini sama dengan saat memilih payroll yang terbaik untuk perusahaan. Cobalah untuk mempertimbangkan penggunaan JojoPayroll. Berkat produk tersebut maka nantinya sistem payroll dapat jauh lebih otomatis dan mudah. Selain itu terintegrasi dengan data karyawan secara otomatis pula. Dimana seluruh manfaat ini memang didukung oleh fitur-fitur yang menarik, di antaranya termasuk fitur berikut di bawah ini.

  • Perhitungan payroll otomatis
  • Cetak slip gaji otomatis
  • Kemudahan bank transfer
  • Laporan kehadiran otomatis
  • Slip gaji digital
  • Database komprehensif
  • Payroll berbasis Cloud
  • Komponen add payroll yang fleksibel

Jadi, tunggu apa lagi? Segera beralih pada JojoPayroll untuk sistem payroll perusahaan yang lebih efektif dan efisien. Dapatkan coba gratis selama 14 hari dengan mendaftarkan perusahaan Anda sekarang juga.