Sifat Introvert Adalah Hal Yang Harus Dikendalikan Dan Diatasi Sejak Dini

introvert adalah

Introvert adalah suatu istilah yang dikenal dalam dunia psikologi. Mungkin istilah ini sudah banyak didengar oleh masyarakat sehingga sudah terasa tak asing lagi. Istilah ini umumnya diberikan pada seseorang yang cenderung diam. Seseorang yang introvert umumnya memang selalu tampak lebih diam daripada lainnya dan bahkan sedikit bicara. Namun jika Anda mau menelusuri lebih dalam sebenarnya kepribadian introvert cukup menarik.

Ciri Introvert Adalah Sebagai Berikut

Menyimpan perasaan sendiri

Umumnya seseorang yang berjiwa introvet sangatlah tertutup. Ia cenderung menyimpan perasaannya sendiri. Jadi apa yang sedang ia rasakan baik hal tersebut membuatnya bahagia atau sedih atau marah dan takut akan disimpannya sendiri. Hal ini mungkin tampak anehbagi beberaspaorang. Namun orang berkepribadian tertutup memang lebih nyaman dengan hanya menyimpan perasaannya sendiri.

Menarik diri dan pendiam

Seorang introvet adalah juga cenderung mengalami kesulitan dalam bersosialisasi. Oleh karena itu ia kan cenderung menarik diri agar tidak berbaur dengan banyak orang. Jika memang dalam suatu kondisi ia diharuskan berada di tengah kerumunan orang banyak maka ia akan menyendiri dan menjadi pendiam. Jika berbicara biasanya ia hanya melontarkan sedikit kata saja karena ia tak suka terlibat dalam sebuah pembicaraan.

Berpikir sebelum bertindak

Orang yang memiliki karakter introvert adalah biasanya lebih banyak berpikir daripada bertindak dan berbicara. Bahkan pemikirannya lebih tajam sehingga hal ini berpengaruh pada perilakunya. Biasanya orang yang seperti ini akan selalu berpikir berulang kali sebelm ia melakukan suatu tindakan. Ia juga akan berpikir sebelum melontarkan kata-kata.

Pengamat yang baik

Mengamati segala sesuatu yang sedang terjadi tampaknya bsia menjadi keahlian dari seorang introvert. Oleh karena itu seorang introvert adalah justru seringkali memiliki keahlian dalam segala hal yang membutuhkan kegiatan pengamatan dan analisis. Sebab seorang introvert cenderung menghabiskan waktunya sendirian. Bahkan segala sesuatunya akan dilakukannya secara sendirian pula. Aktivitas yang dilakukannya cenderung dilakukan secara mandiri termasuk dalam mengamati segala sesuatu.

Penyebab Introvert

Genetik

Genetik menjadi faktor utama bagi seseorang untuk memiliki kepribadian introvert. Jadi orang tua yang cenderung pendiam akan menghasilkan anak yang pendiam pula. Sebab faktor genetik orang tua sangat besar kontribusinya terhadap karakter keturunannya. Oleh karena itu karakter yang seperti ini sebenarnya tidak perlu terlalu dipermasalahkan.

Trauma

Bisa saja seseorang memiliki masa lalu yang tdiak baik. Bahkan pengalaman yang buruk bisa membuat seseorang menjadi trauma. Tentu saja trauma yang muncul pada diri seseorang ini akan mengakibatkannya menjadi pemaludan bahkan mider sehingga ia cenderung menarik diri dari pergaulan.

Lingkungan

Lingkungan juga turut berpengaruh pada karakter seseorang. Jika Anda hidup di tengah lingkungan yang penuh dengan orang introvert maka bisa saja Anda yang semula ekstrovert kemudian berubah menjadi introvert.

Kelebihan Introvert Adalah Seperti Di Bawah Ini

Berpikir lebih tajam

Umumnya seseorang yang pendiam dan lebih banyak meluangkan waktunya sendirian memiliki pola pikir yang lebih tajam. Ia mampu berpikir secara lebih cermat sehingga memiliki daya analisis yang baik. Maka tak heran bila seringkali muncul berbagai ide kreatif dari orang-ornag yang memiliki karakter atau kepribadian seperti ini.

Mampu meredam emosi

Selain mampu berpikir secara lebih tajam rupanya seorang introvert memiliki kelebihan lain. yaitu mampu meredam emosi. Sebab jika ia merasa marah maka kemarahannya tersebut akan disimpannya sendiri. Jadi ia tidak akan membentak atau bersuara nyaring saat sedang marah. Namun ia akan memendamnya sendiri atau mungkin menceritakan keresahannya pada orang yang dipercayanya saja.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Hidup lebih sehat

Umumnya seseorang dengan kepribadian yang tertutup dan diam cenderung lebih mudah menjauh dari kerumunan. Ia juga cenderung menghindari sosialisasi. Maka lingkungannya bisa saja saja positif. Lingkungan di rumah yang cenderung bergaya hidup sehat juga akan dimiliki oleh dirinya. Sebab orang yang tertutup dan tidak mudah bersosialisasi tidak akan terpengaruh oleh orang lain.

Penuh ide dan solusi

Kelebihan lainnya yang dimiliki oleh seseorang dengan kepribadian tertutup dan pendiam adalah pola pikirnya yang menciptakan banyak ide. Tidak hanya ide saja tetapi solusi juga muncul dan tercipta dari orang yang selalu banyak berpikir. Tentunya ide dan solusi ini bisa menjadi suatu hal yang positif bagi lingkungan di sekitarnya.

Kreatif dan inovatif

Karena kebiasannya yang suka berpikir maka seseorang yang lebih banyak meluangkan waktunya secara sendirian bisa saja lebih kreatif dan inovatif. Bahkan kreasi dan inovasinya ini bisa berguna untuk orang lain. Tentu adanya kreasi dan inovasi yang muncul ini bisa memberikan keuntungan bagi beberapa pihak.

Solusi Introvert Adalah Berikut Ini

Meningkatkan komunikasi

Jika ternyata Anda merasa bahwa diri Anda termasuk seorang introvert maka Anda bisa melakukan berbagai upaya untuk menguranginya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan komunikasi. Anda bisa memulainya dengan melakukan interaksi secara sederhana. Kemudian Anda juga bisa memperluas jaringan Anda. Maka tentunya Anda akan semakin terbiasa untuk melakukan komunikasi secara lancar.

Mendalami bidang yang diminati

Waktu yang banyak dihabiskan secara sendirian sebenarnya juga bisa saja berguna. Anda bisa menggunakan waktu untuk lebih mendalami berbagai hal. Misalnya saja berbgagai hal yang disukai maka tentunya kesendirian Anda bisa berguna. Banyak bidang yang bisa ditekuni dan hal ini tentunya perlu dilakukan sesuai dengan minat Anda.

Mengupayakan sosialisasi

Mungkin menjadi orang yang terlalu diam akan melelahkan. Maka sudah seharusnya Anda melakukan sosialisasi. Anda mungkin bsia memulai sosialisasi ini dengan sederhana. Misalnya berkumpul bersama teman-teman. Setelah itu Anda mungkin bisa membaur bersama orang lain secara lebih luas.

Menghadapi Introvert Adalah Seperti Berikut

Introvert sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Namun hal ini hanyalah sebuah karakter. Tiap orang memang memiliki karakter yang berbeda termasuk pula karakter introvert. Dalam menghadapi seseorang yang berkepribadian introvert sebaiknya kita lebih bersabar terutama saat berkomunikasi. Mungkin Anda bisa memulai komunikasi lebih dahulu atau Anda mendorong si introvert untuk lebih aktif. Jadi kepribadian ini bukanlah suatu hal yang perlu dihindari. Sebab karakter jenis ini tidaklah berbahaya. Bahkan karakter seperti ini bisa memberikan hal positif pada lingkungan sekitarnya.

Hal tersebut sama seperti saat ingin menemukan sistem absensi perusahaan yang terbaik. Sebaiknya pilih yang efektif dan efisien, contohnya JojoTimes. Produk ini terbukti dapat membantu memberikan sistem absensi perusahan yang lebih mudah. Absen dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Perusahaan juga bisa melakukan pemantauan setiap waktu secara akurat.

Semua berkat fitur-fitur yang ada di dalam JojoTimes. Beberapa di antaranya termasuk fitur-fitur berikut ini:

  • Pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat
  • Mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja
  • Tarif lembur yang dapat disesuaikan
  • Terintegrasi dengan sistem absensi yang sekarang, serta pengaturan izin cuti dan advance

Jadi, jangan ragu untuk beralih pada JojoTimes. Dapatkan sistem absensi yang lebih tepat untuk perusahaan Anda. Daftar sekarang dan dapatkan coba gratis 14 hari untuk membuktikan manfaat yang diberikan di atas.