Dampak Positif Globalisasi : Dampak dan Pentingnya bagi Indonesia

Dampak positif globalisasi

Dampak positif globalisasi yang dapat dirasakan adalah keterkaitan individu dan komunitas di suatu negara melalui teknologi, yaitu teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Globalisasi adalah proses integrasi ke dunia. Kemajuan teknologi dan transportasi telah menciptakan hubungan global, termasuk semua hubungan yang terjadi di luar lingkup pemerintahan nasional.

Dampak positif dari globalisasi yang dapat dirasakan adalah keterkaitan individu dan komunitas di suatu negara melalui teknologi, yaitu teknologi informasi, komunikasi, dan transportasi. Globalisasi adalah proses integrasi ke dunia. Kemajuan teknologi dan transportasi telah menciptakan hubungan global, termasuk semua hubungan yang terjadi di luar lingkup pemerintahan nasional.

Istilah globalisasi diambil dari makna universal dunia. Secara fisik, globalisasi diwarnai dengan berkembangnya kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan perkotaan dunia melalui transportasi udara. Bayangkan saja betapa cepatnya penerbangan dari Jakarta ke Kuala Lumpur, Malaysia. Atau dari Denpasar, Bali ke Sydney, Australia, dan sebaliknya.

Dari infrastruktur telekomunikasi, jaringan transportasi, perusahaan berskala internasional dan cabangnya, kita bisa melihat integrasi antar kota di seluruh dunia. Proses globalisasi pada awalnya ditandai dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Bidang ini adalah penggerak globalisasi.

Dari perkembangan bidang ini pada akhirnya mempengaruhi bidang kehidupan lainnya, seperti politik, ekonomi, kemasyarakatan, dan budaya. Ini adalah contoh sederhana dari Internet, antena satelit, dan teknologi televisi. Orang-orang di mana pun di dunia akan dapat dengan cepat mengakses berita dari belahan dunia lain.

Ini akan mengarah pada interaksi antara orang-orang di seluruh dunia, dan dengan demikian saling memengaruhi, terutama dalam budaya daerah, seperti bekerja sama satu sama lain, mengunjungi tetangga yang sakit, dll. Globalisasi juga mempengaruhi kehidupan keseharian anak muda, seperti pakaian, gaya rambut, dan budaya lainnya.

Dampak positif globalisasi

Dampak positif globalisasi

Efek positif dari globalisasi adalah kita menjadi lebih rileks dan nyaman. Globalisasi dapat menghubungkan orang di seluruh dunia. Berikut ini adalah dampak positif dari globalisasi:

Komunikasi dan transportasi personel menjadi lebih dinamis

Apakah Anda pernah ke bandara atau pelabuhan? Di sana, Anda akan melihat orang-orang bolak-balik antar negara dengan pesawat dan kapal. Teknologi perkapalan memungkinkan perdagangan internasional dengan mengangkut ribuan ton barang melalui laut. Ya, kemajuan teknologi transportasi telah mendekatkan segalanya. Jarak antar negara hanya membutuhkan waktu beberapa jam.

Buka peluang kerja adalah Dampak positif globalisasi

Karena keunggulan geografis, perusahaan asing cenderung mengalihkan operasi produksinya ke negara berkembang. Proses relokasi pabrik untuk produksi barang dan jasa tidak diragukan lagi telah menciptakan lapangan kerja bagi warga sekitar pabrik.

Membuka industri yang memproduksi alat komunikasi dan transportasi yang kompleks untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Globalisasi ekonomi membutuhkan penghapusan semua pembatasan dan hambatan arus modal, barang, dan jasa. Ketika globalisasi ekonomi terjadi, batas-batas suatu negara menjadi kabur, dan hubungan antara ekonomi nasional dan ekonomi internasional akan semakin erat.

Di satu sisi, globalisasi ekonomi akan membuka peluang pasar bagi produk-produk dari dalam negeri hingga pasar internasional secara kompetitif. Di sisi lain, hal tersebut juga memberikan peluang bagi produk global untuk masuk ke pasar domestik. Toleransi dan semangat membantu di antara orang-orang di seluruh dunia

Dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, aktivitas masyarakat menjadi lebih rileks dan mendorong pemikiran yang lebih maju. Kemajuan teknologi komputer dan internet telah memungkinkan kami untuk dengan cepat memahami informasi tentang Olimpiade di Amerika Serikat. Situs berita berkemampuan internet yang dapat menyiarkan siaran real-time ziarah Arab Saudi.

Kami juga semakin bersimpati atas penderitaan warga negara lain yang terkena bencana. Begitu pula sebaliknya. Misalnya, dalam bencana tsunami Aceh. Banyak negara dengan cepat mengirimkan bantuan makanan, obat-obatan dan tenaga medis untuk membantu para korban.

Semakin banyak negara yang menganut sistem demokrasi

Dalam pengertian kata ini, demokrasi berasal dari Yunani, dan bahasa Yunani terdiri dari demos dan kratos / cratin yang artinya pemerintahan rakyat. Demokrasi adalah salah satu bentuk pemerintahan di mana semua orang memiliki hak yang sama dalam pengambilan keputusan yang mempengaruhi kehidupan warga negara Globalisasi memberikan harapan masyarakat bahwa demokrasi mampu melahirkan sinergi positif dengan pasar bebas dalam kesejahteraan negara-bangsa.

Memperkaya unsur budaya bangsa

Interaksi antar negara telah meningkatkan pemahaman masyarakat tentang sistem nilai sosial dan budaya, gaya hidup, cara berpikir yang baik, dan iptek dari negara maju lainnya. Oleh karena itu, terjadi adaptasi budaya antara suku dan ras yang semakin memperkaya budaya tersebut.

Peran positif warga negara

Teknologi informasi memungkinkan warga negara untuk dengan cepat memahami apa yang terjadi sambil membandingkannya dengan negara lain. Di bawah peran aktif warga negara, peraturan perundang-undangan dan perumusan peraturan perundang-undangan berkeadilan dan bermanfaat bagi kepentingan rakyat. Masyarakat juga semakin membutuhkan tugas penegakan hukum yang lebih profesional, transparan, dan bertanggung jawab.

Dampak positif globalisasi bagi Indonesia

Dampak positif globalisasi

Dampak positif globalisasi terhadap kehidupan masyarakat Indonesia adalah di bidang hukum, pertahanan dan keamanan:

  • Memperkuat supremasi hukum, mendemokratisasi, dan menegakkan persyaratan hak asasi manusia.
  • Peraturan perundang-undangan serta merumuskan peraturan perundang-undangan yang adil dan tidak mementingkan diri sendiri yang bermanfaat bagi kepentingan rakyat.
  • Ada kebutuhan yang semakin meningkat akan tugas penegakan hukum yang lebih profesional, transparan, dan bertanggung jawab.

Dampak positif globalisasi pada bidang sosial dan budaya:

Semakin banyak belajar tentang nilai-nilai sosial dan budaya, gaya hidup, mentalitas yang baik, ilmu pengetahuan dan teknologi dari negara maju lainnya. Menumbuhkan etika profesional yang tinggi, suka bekerja keras, disiplin, memiliki jiwa mandiri, jiwa rasional, sportivitas, dll. Kami telah membahas dampak positif globalisasi. Sekarang, mari kita bahas efek negatifnya agar efek positif dan negatif globalisasi lebih jelas.

Kesimpulan

Dampak positif globalisasi

Lantas, apa saja dampak positif dari globalisasi? Penjelasan diatas sudah lengkap. Salah satu dampak positif dari globalisasi adalah menjadikan manusia menjadi kreatif, inovatif, terbuka terhadap perubahan dan bekerja keras untuk menyelesaikan pekerjaan dengan bantuan teknologi informasi.

Salah satu hal yang berdampak positif dari perkembangan globalisasi adalah penggunaan software JojoPayroll dalam mengelola keuangan untuk pemberian gaji karyawan dan bonus-bonusnya yang diberikan tanpa harus ribet lagi.

Ucapkan selamat tinggal pada kekacauan kertas konvensional dan sambutlah penggunaan metode manajemen yang efisien. Hanya seperangkat alat yang saling terintegrasi dapat membantu meningkatkan produktivitas dan kenyamanan.

Biarkan kebutuhan manajemen Anda pada proses otomatis dan biarkan karyawan Anda fokus pada tugas yang lebih penting yang akan membantu perusahaan Anda tumbuh secara eksponensial. Yuk pakai aplikasi payroll dari jojonomic sekarang. Dapatkan gratis demo 14 hari!