Dana Darurat Perusahaan Yang Wajib Tersedia

dana darurat perusahaan

Dana darurat perusahaan bisa pula diartikan sebagai dana atau aset likuid lainnya yang bisa digunakan sewaktu-waktu oleh perusahaan dalam menghadapi masalah finansial. Jadi dana ini semacam dana pengaman yang biasanya digunakan untuk menutup berbagai macam pengeluaran yang bisa saja muncul tanpa adanya prediksi. Besar dana ini sebenarnya relatif dan bergantung pula pada kondisi keuangan di tiap perusahaan. Namun sebaiknya dana jenis ini dipersiapkan setidaknya sebanyak tiga kali pengeluaran bulanan dalam bisnis Anda. Untuk lebih jelasnya maka Anda bisa membaca berbagai informasi mengenai dana yang berguna untuk bisnis Anda ini.

Manfaat Dana Darurat Perusahaan

Membangun pertahanan

Kondisi perekonomian suatu perusahaan bisa saja tidak menentu. Hal ini dikarenakana danya beberapa faktor baik faktor internal maupun eksternal. Maka saat terjadi penurunan kondisi ekonomi tentunya diharapkan ada dana darurat. Dengan adanya dana darurat inilah maka nantinya pertahanan bisnis Anda akan tetap kuat sekalipun dalam kondisi yang tidak menentu.

Mengurangi hutang

Beberapa bisnis mungkin dibangun dengan adanya hutang. Saat hutang telah terlunasi kemudian bisa saja Anda mengajukan hutang lagi untuk mengadakan pengembangan bisnis. Sebaiknya Anda menggunakan dana darurat untuk kepentingan bisnis yang bersifat mendesak. Hal ini jauh lebih baik daripada Anda melakukan hutang yang belum tentu bisa dilunasi tepat waktu.

dana darurat perusahaan

Memastikan cash flow

Cash flow nampaknya menjadi masalah umum yang dihadapi oleh perusahaan. Banyak perusahaan yang tidak memiliki cash flow yang sehat. Bahkan hal ini membuat perusahaan mengalami kegagalan. Oleh karena itu diperlukan adanya dana darurat untuk menghindari kerugian akibat cash flow yang tidak sehat.

Mencegah kasus hukum

Dana darurat perusahaan juga bisa difungsikan sebagai dana yang menyelamatkan Anda di kemudian hari. Sebab bisa saja di kemudian hari Anda gagal memenuhi suatu perjanjian atau kesepakatan dengan pihak lain hingga tersandung kasus perdata. Maka Anda bsia menggunakan dana darurat untuk melakukan kompensasi dengan pihak lain.

Menutup biaya perbaikan

Perbaikan yang dilakukan pada bisnis untuk mengembangkan usaha juga pasti memerlukan biaya. Bila perbaikan ini dilakukan secara mendadak maka Anda bisa menggunakan dana darurat untuk membiayainya. Dana darurat ini bisa menggantikan dana perawatan yang mungkin saja tidak ada. Mungkin saja bisnis Anda tidak mendapatkan profit besar maka perawatan sementara bisa dilakukan dengan menggunakan dana darurat.

Menangkap peluang bisnis

Anda mungkin saja menemukan beberapa peluang bagi bisnis Anda. Misalnya untuk melakukan ekspansi perusahaan dan lainnya. Bila Anda perlu menangkap peluang untuk bisnis Anda sewaktu-waktu maka Anda bisa gunakan dana darurat. Hanya saja hal ini harus dilakukan secarahati-hati dna penuh perhitungan. Jangan sampai dana darurat habis hanya untuk melakukan ekspansi bisnis.

Mengelola keuangan

Pada dasarnya dana darurat dapat berfungsi untuk membantu perusahaan dalam melakukan pengelolaan keuangan. Dengan adanya dana darurat ini maka perusahaan akan jadi semakin terbantu dalam memberikan prioritas secara jelas. tentunya prioritas ini berhubungan dengan keuangan perusahaan yang pada akhirnya berpengaruh pada laba rugi perusahaan.

Melindungi investasi

Investasi pada dasarnya terdiri dari dua macam. Yang pertama adalah investasi milik perusahaan. Sedangkan yang kedua adalah investasi yang sudah ditanamkan untuk menjalankan bisnis Anda. dengan adanya dana darurat maka seluruh investasi Anda bisa tetap terlindungi. Sebab penegeluaran yang mendadak bisa dilakukan dengan menggunakan dana darurat tanpa harus mengurangi dana investasi.

Menjaga produk

Produktivitas yang dimaksudkan disini adalah produktivitas karyawan. Produktivitas ini akan meningkat jika karyawan bekerja dengan rasa aman dan tenag tanpa khawatir akan kesejahteraan hidupnya. Maka dana darurat dapat membantu Anda untuk menimbulkan rasa aman pada karyawan. Para karyawan akan merasa bahwa keberadaan perusahaan Anda bisa dijamin karena adanya dana darurat yang dapat digunakan untuk antisipasi kerugian bisnis.

Meminimalkan kerugian

Mungkin saja bisnis anda pada suatu waktu hampir mengalami kerugian. Namun dengan adanya dana darurat maka Anda bisa tetap menjalankan usaha Anda tersebut sekalipun kondisi sudah mulai tak menentu. Setidaknya dana darurat ini bisa digunakan sebagai dana alokasi perusahaan dan menekan timbulnya kerugian pada bisnis Anda.

Mempersiapkan Dana Darurat Perusahaan

Memahami kondisi keuangan

Kondisi keuangan yang ada pada bisnis Anda haruslah menjadi titik fokus Anda dalam mempersiapkan dana darurat. Kondisi keuangan ini nantinya akan menentukan besarna dana yang bisa dipersiapkan sebagai dana darurat untuk usaha Anda.

Menentukan dana

Setiap usaha atau bisnis pasti memiliki kebutuhan yang berbeda. Oleh karena itu dana yang dibutuhkan oleh tiap perusahaan berbeda-beda. Maka Anda bsia menentukan berapa besar dana yang dibutuhkan untuk tetap menjaga kelangsungan bisnis Anda pada saat terjadi kondisi buruk.

Membuka rekening khusus

Sebaiknya dana persiapan untuk bisnis disimpan di rekening yang berbeda. Buatlah sebuah akun rekening baru yang ditujukan secara khusus untuk menyimpan dana darurat. Jadi keuangan bisnis Anda bisa lebih teratur.

Memulai secara perlahan

Anda bisa menyimpan dana untuk dijadikan sebagai dana darurat secara perlahan. Dana darurat ini sebenarnya bersifat jangka panjang. Maka Anda bisa mengalokasikan sebagaian uang yang diperoleh untuk dijadikan dana darurat secara rutin dan konsisten.

Menekan pengeluaran

Untuk mendapatkan uang lebih maka sudah tentu Anda perlu melakukan pengiritan atau hemat biaya. Anda bisa mulai menekan perngeluaran agar memiliki sisa dana untuk kemudian disimpan.

Pentingnya Kesiapan Dana

Dana darurat perusahaan bisa menjadi solusi alternatif bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha. Sebab dana ini bisa menjadi penyelamat bagi Anda terutama saat menghadapi sebuah kondisi darurat. Memang tidak ada yang bisa memprediksi kapan datangnya bencana termasuk pada bisnis Anda. Oleh karena itu saat memiliki sebuah bisnis maka Anda juga harus memiliki perencanaan dan persiapan yang matang agar persiapan ini bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda ke depannya. Dengan adanya dana darurat maka keamanan bisnis akan lebih terjamin. Jadi dalam keadaan apapun maka bisnis Anda akan tetap bisa berlangsung. Bahkan dalamkeadaan tersulit bisnis Anda juga akan tetap eksis.

Hal ini kurang lebih sama pentingnya untuk diperhatikan dengan pemilihan sistem keuangan perusahaan yang sesuai. Misalnya dengan memilih beralih pada JojoExpense. Produk yang satu ini merupakan produk yang dapat membantu memonitor keuangan perusahaan dengan baik, termasuk pemasukan maupun pengeluaran secara akurat. Sehingga dapat terhindar dari resiko penipuan dalam keuangan perusahaan.

Tentu saja hal ini berkat adanya fitur-fitur menarik pada JojoExpense, misalnya saja seperti yang tertulis berikut ini:

  • Monitor disbursement uang panjar kerja di manapun kapan pun
  • Proses pelaporan dan pengarsipan reimbursement otomatis dan dapat disesuaikan
  • Peraturan budget yang disesuaikan untuk reimbursement dan Cash Advance

Oleh sebab itu jangan ragu untuk memilih JojoExpense, dapatkan coba gratis selama 14 hari dan buktikan sendiri seluruh manfaatnya.