Langkah Efektif Debt Stacking Untuk Pelunasan Hutang Lebih Cepat

debt stacking

Debt stacking bisa menjadi sebuah metode ataupun strategi bagi Anda yang saat ini sedang terjerat hutang. Dengan adanya metode atau strategi ini maka Anda bisa melakukan pelunasan hutang. Istilah ini juga bisa disebut dengan debt avalanche yang dianggap sebagai suatu strategi tepat dan paling masuk akal bagi Anda yang terjerat hutang dan bermaksud untuk melunasinya. Strategi ini merupakan cara yang paling efektif untuk membebaskan Anda dari jeratan hutang.

Sebenarnya metode ini merupakan suatu metode yang dapat digunakan untuk melakukan pelunasan hutang dengan cara memprioritaskan pelunasan berdasarkan hutang dengan bunga pinjaman tertinggi hingga terendah. Jadi urutan pinjaman yang dibayar ini diprioritaskan berdasarkan besaran bunganya.

Langkah Debt Stacking

Meninjau anggaran

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan dalam melakukan metode debt stacking adalah dengan melakukan peninjauan terhadap anggaran Anda. Meninjau anggaran memang perlu untuk dilakukan terlebih dahulu sebelum melakukan pembayaran hutang. Sebab peninjauan anggaran ini dilakukan dengan tujuan untuk mencari tahu tentang berapa banyak uang tunai yang Anda miliki. Uang tunai ini nantinya akan dianggarkan untuk melunasi seluruh hutang Anda. Oleh karena itu Anda perlu memastikan berapa banyak anggaran Anda yang bisa digunakan untuk melakukan pelunasan hutang.

Membuat daftar

Setelah Anda mengetahui berapa jumlah anggaran ayang akan digunakan untuk membayar hutang maka Anda bisa mulai membuat daftar. pembuatan daftar yang dimaksud dalam hal ini adalah daftar mengenai seluruh hutang Anda beserta jumlah bunga pinjamna dari seluruh hutang tersebut. Setelah membuat daftar hutang barulah kemudian Andamengurutkan seluruh hutang tersebut.

Seluruh hutang Anda bisa diurutkan berdasarkan jumlah bunganya. Jadi Anda bisa mengurutkan pinjaman ini mulai dari pinjaman dengan bunga tertinggi sebagai prioritas Anda. Pengurutan hutang dari bunga tertinggi hingga terendah tentu perlu dilakukan dengan cermat agar tidak sampai salah. Jangan lupa pula untuk menuliskan keterangan pada tiap pinjaman berupa pembayaran minimum yang diperlukan oleh tiap pinjaman Anda.

  • Isi form berikut ini untuk mendapatkan demo gratis aplikasi HRIS hari ini.
  • This field is for validation purposes and should be left unchanged.

Lakukan pembayaran

Jika memang Anda sudah membuat daftar pelunasan hutan dan menentukan prioritas pinjaman maka Anda bisa meulai melakukan proses pembayaran hutang tersebut. Segera lakukan pembayaran minimum pada setiap pinjaman atau hutang Anda sehingga hutang Anda menjadi lunas. Pembayaran dimulai dari hutang dengan jumlah bunga tertinggi.

Gunakan sisa uang

Jika memang Anda telah membayar hutang dengan bunga tertinggi maka jika ada sisa uang tentu Anda bisa menggunakannya. Sisa uang tersebut bisa digunakan untuk membayar pinjaman lainnya dengan bunga tertinggi selnjutnya. Hal ini bisa terus dilakukan sampai akhirnya seluruh hutang Anda bisa dibayar dan dilunasi. Maka hutang Anda akan habis dan tak tersisa lagi.

Kelebihan Debt Stacking

Disiplin dan konsisten

Strategi debt stacking yang Anda terapkan dalam hal pelunasan hutang bisa menjadi cara paling efektif bagi Anda. Strategi ini sebenarnya bisa membuat Anda menjadi lebih disiplin dalam melakukan pelunasan pinjaman. Sebab seluruh pinjaman yang telah Anda cantumkan pada daftar yang dibuat akan Anda usahakan untuk segera terlunasi. Maka Anda akan melakukan pelunasan ini secara lebih disiplin. Di samping itu Anda juga bisa melakukan pelunasan hutang Anda secara bertahap. Tentunya hal ini akan Anda lakukan secara lebih konsisten sehingga hutang Anda tidak terasa nantinya akan menjadi habis.

Semakin termotivasi

Metode pembayaran hutang yang dilakukan dengan mengutamakan pinjaman berbunga tinggi akan membuat Anda lebih semangat. Tidak hanya dalam melunasi hutang saja tetapi semangat juga akan muncul bagi Anda saat akan mencari sumber pendapatan atau penghasilan. Maka Anda akan selalu terdorong untuk segera melunasi seluruh hutang. Motivasi untuk melakukan pelunasan pinjaman juga akan muncul pada saat Anda melaihat daftar dari seluruh pinjaman Anda. Daftar yang berisi banyaknya hutang Anda mulai dari bunga tertinggi hingga bunga terendah akan membuat Anda semakin termotivasi untuk segera melunasinya. Dengan adanya motivasi pelunasan hutang maka Anda akan termotivasi pula untuk selalu menambah penghasilan.

Menentukan prioritas

Saat seseorang terjebak dalam hutang mungkin saja orang tersebut akan merasa sengat bingung. Karena kebingungannya tersebut maka bisa saja Anda yang terjerat banyak hutang bingung untuk melunasinya. Agar Anda terhindar dari kebingungan maka Anda perlu menggunakan strategi untuk segera melunasi hutang. Salah satu strategi yang bisa digunakan adalah dengan melakukan cebt stacking sehingga Anda bisa mengetahui dengan tepat seluruh pinjaman Anda. Bahkan Anda bisa menentukan hutang mana dulu yang harus segera dilunasi atau diselesaikan. Jadi dalam hal ini Anda bisa menentukan prioritas Anda. Penentuan prioritas pelunasan pinjaman bisa dimulai dari hutang dengan bunga tertinggi. Jika sudah lunas maka Anda bisa beralih ke hutang selanjutnya hingga akhirnya seluruh hutan Anda selesai.

Hutang cepat lunas

Pelunasan hutang atau pinjaman akan tidak terasa bila Anda menggunakan strategi debt stacking. Sebab Anda akan selalu terpacu untuk segera melunasi hutang saat melihat daftar pinjaman Anda. Selain itu Anda juga bisa semakin terpacau untuk menambah penghasilan demi melakukan pelunasan hutang. Tentu Anda akan selalu berusaha untuk segera melunasi seluruh hutang sehingga hutang lunas dan Anda menjadi tidak terbeban lagi dengan seluruh pinjaman tersebut. Adanya prioritas hutang dari bunga tertinggi akan membuat waktu menjadi terasa tidak lama dalam melakukan pelunasan hutang sehingga hutang bisa jadi cepat lunas.

Kemudahan Debt Stacking

Debt stacking seringkali dipilih sebagai metode alternatif bagi seseorang yang sedang terjerat hutang. Metode yang mengutamakan pelunasan pinjaman dengan bunga tertinggi ini bisa menjadi cara yang lebih efektif bagi Anda yang ingin melunasi seluruh hutang Anda. Sebab melalui strategi ini maka Anda akan menentukan prioritas hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu.

Tentu dalam hal ini Anda akan melakukan pelunasan hutang dengan jumlah bunga yang tertinggi. Maka setelah mengurutkan seluruh hutang Anda mulai dari bunga tertinggi hingga terendah tentu Anda akan mendapatkan keputusan mengenai hutang yang terlebih dahulu harus dibayar. Cara ini bisa diterapkan dengan sangat mudah sehingga Anda bisa berfokus pada pelunasan seluruh hutang Anda.

Seperti juga memilih sistem absen yang terbaik dalam perusahaan. Sebaiknya gunakan saja JojoTimes sebagai sistem untuk absensi karyawan perusahaan Anda. Produk ini menjamin pelaporan absensi yang akurat, serta dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Perusahaan juga bisa melakukan pemantauan dengan mudah dan bahkan terintegrasi dengan payroll bulanan.

Manfaat tersebut berkat beberapa fitur yang diberikan oleh JojoTimes. Mulai dari fitur pengenalan wajah biometris dengan geo-locator yang akurat, mengelola laporan kehadiran, perizinan cuti dan jam kerja, hingga fitur tarif lembur yang dapat disesuaikan.

Karena itu tidak perlu ragu jika ingin beralih pada JojoTimes. Segera daftarkan perusahaan Anda sekarang juga. Nikmati coba gratis selama 14 hari secepatnya untuk membuktikan sendiri manfaat dari produk tersebut.